Cara Foto yang Tajam di Kondisi Gelap, Bisa Langsung Dicoba Sendiri

Sabtu, 28 Januari 2023 | 23:37
Istimewa

Begini cara memotret gambar yang tajam dalam kondisi minim cahaya atau gelap. Kita bisa langsung mencobanya sendiri.

Fotokita.net -Bagi kita yang ingin mengambil gambar terbaik namun suasana dari penerangan cahaya sangat minim, tentunya beberapa cara foto yangtajam pada kondisi gelap akan sangat dibutuhkan.

Bagi sebagian orang yang masih baru dalam fotografi tentunya ada beberapa yang kesulitan dalam mendapatkan gambar terbaik saat sedang dalam keadaan malam hari dan kondisinya tentu sangat gelap.

Ketika memotret atau mengambil foto di malam hari tentunya kita akan sangat kesulitan dalam menentukan dan mendapatkan fokus terbaik dari sebuah foto.

Tanpa menggunakan flash tentunya memang gambar yang diambil pada malam hari akan menjadi gelap dan kekurangan cahaya.

Untuk bisa menghadapi foto yang kekurangan cahaya ataupun foto yang terlalu gelap, akan ada 5 cara foto yangtajam di kondisi gelap.

Tips memotret tajam pada kondisi gelap yang pertama adalah menggunakan tripod.

Tripod memang menjadi salah satu hal utama yang harus dimiliki para fotografer. Penggunaan alat dengan kaki tiga ini juga akan sangat membantu saat kita sedang mengambil gambar dalam keadaan ruangan yang terlalu gelap ataupun saat di luar pada malam hari.

Dengan menggunakan tripod setidaknya juga akan membantu kita untuk bisa mengambil foto dalam jangka waktu yang lebih lama karena kita tidak harus memegang kamera menggunakan tangan kita sendiri.

Bagi yang malas menggunakan tripod, mengingat pentingnya benda yang satu ini dalam memudahkan mengambil gambar atau foto dalam kondisi gelap tetap disarankanuntuk menggunakan tripod, walaupun ukurannya besar dan agak berat.

Baca Juga: Cara Foto Estetik di Tempat Gelap, Cocok Buat Kamera Smartphone

Istimewa

Ini cara memotret gambar yang tajam dalam kondisi minim cahaya atau gelap. Kita bisa langsung mencobanya sendiri.

Namun bila dirasa kurang ringkas, maka dapat menggunakan bantuan alat lainnya yangdisarankan pada tips selanjutya di bawah ini.

Tips cara memotret tajam pada kondisi gelap yang kedua adalah dengan menggunakan monopod.

Bagi yang masih tidak ingin menggunakan tripod untuk mengambil foto, maka menggunakan monopod akan bisa dijadikan penggantinya.

Berbeda dengan tripod, untuk monopod sendiri mempunyai bentuk yang lebih kecil dan hanya berkaki satu saja.

Dengan badan yang kecil tentunya lebih memudahkan monopod untuk dibawa kemanapun dibandingkan dengan tripod tentunya.

Yang menjadi keuntungan lain dari menggunakan monopod yang lainnya adalah lebih ringkas dari segi kaki yang ada di monopod itu sendiri.

Dengan hanya menggunakan kaki satu saja tentunya akan bisa menghindari banyaknya orang yang akan menyandung kaki monopod apalagi kalau kita menggunakan monopod ini untuk mengambil gambar atau foto di malam hari dan di tempat yang cukup ramai.

Tips memotret tajam pada kondisi minim cahaya yang ketiga yang akan bisa kita gunakan adalah dengan menggunakan alat yang ada di sekitar kita.

Bagi yang tidak mempunyai tripod ataupun monopod, maka jangan sedih. Kita juga bisa menggunakan barang lain yang mudah untuk ditemukan sebagai pengganti dari fungsi tripod ataupun monopod tentunya.

Benda penggantinya diantaranya adalah kursi, meja, ataupun benda lainnya yang akan bisa membuat kamera akan tetap mengambil foto secara stabil tentunya.

Baca Juga: Cara Foto Selfie di Tempat Gelap, Anti Gagal Buat Dicoba Sendiri

Cara memotret tajam pada kondisi gelap yang keempat adalah menggunakan tangan sebagai penyangga kamera saat mengambil foto.

Kalau tripod, monopod ataupun barang yang bisa menyangga kamera untuk tetap stabil tidak kita temukan, maka jalan satu-satunya yang akan bisa kita gunakan adalah menggunakan tangan.

Untuk menggunakan tangan, kita bisa mengempit dua tangan kita di dada dalam kondisi tahan napas agar kamera nantinya akan tetap stabil saat mengambil foto.

Dalam cara memotret tajam pada kondisi minim cahaya ini, jangan lupa untuk menyender di tembok yang ada di sekitar kita agar tidak terjatuh atau tidak mudah oleng nantinya.

Cara memotret tajam pada kondisi gelap yang terakhir adalah gunakan fitur image stabilizer. Untuk fitur ini bisa kita atur dalam pengaturan yang ada di kamera ataupun yang ada di bagian lensa kamera.

Nah, itu tadi beberapa tips agar bisa mendapatkan foto terbaik meskipun keadaan cahaya yang sangat minim.

Bagi yang masih pemula dalam mengambil foto, cara foto yangtajam dikondisi gelapbisa langsung dicoba sendiri.

Baca Juga: Cara Foto yang Bagus dalam Keadaan Gelap, Pakai Settingan Begini

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya