Salah Besar! Dapur Sempit Tampak Kacau Karena Perabotan, Lakukan Ini Agar Potretnya Segar Lagi

Senin, 16 Januari 2023 | 13:05
Instagram

Perabotan di area memasak dengan ukuran sempit diatur dengan cara yang tak biasa.

Fotokita.net - Tampilan dapur sempit yang tampak kacau membawa korban perabotan masak. Padahal, anggapan ini ternyata salah besar. Pemilik rumah minimalis segara lakukan ini agar potret area memasak ukuran mungil terlihat segar lagi.

Memiliki ruang dapur sempit acap kali menjadi tantangan bagi setiap pemiliknya, sehingga biasanya mereka harus memutar otak untuk mengakali segala sesuatu.

Jika dapur di rumah minimalis memiliki luas yang sempit, maka kita perlu mengetahui beberapa masalah yang bisa terjadi, sehingga kita bisa antisipasi.

Banyak pemilik rumah yang menuding perabotan masak sebagai biang keladi atas kekacauan yang terjadi di tempat mengolah makanan bagi anggota keluarga.

Padahal, tudingan terhadap perabotan yang terlihat berantakan itu adalah salah besar. Kita bisa segera lakukan ini agar potret area masak kembali bersinar. Artikel ini mengulasbeberapa solusi untuk menyelesaikan kekacauan di dapur sempit.

Merujuk informasi dari laman Renonation, Senin (16/1/2023), kekacauan di area memasak terjadi bukan karena perabotan. Ada 5 masalah yang kerap muncul dan berikut ini cara mengatasinya.

1. Tidak ada cukup ruang lemari untuk menyimpan panci dan wajan

Tidak memiliki ruang penyimpanan yang cukup selalu menjadi masalah besar dengan ruang kecil.

Dengan dapur sempit, kekurangan ruang penyimpanan untuk peralatan memasak besar biasanya jadi masalah.

Tetapi, ketika berbicara tentang penyimpanan, pikirkan untuk meletakkan di luar lemari.

Baca Juga: Efek Pasang Rak Terbuka Terasa, Tampilan Dapur Sempit Terlihat Begini, Potretnya Dikulik

Instagram

Jangan salahkan perabotan sebagai biang kekacauan di area masak ukuran sempit. Bikin potretnya segera kembali seperti ini.

Lihatlah dapur kita secara menyeluruh, apakah ada potongan dinding yang tak terpakai?

Jika demikian, kita bisa kaitkan dengan jaring kawat, papan pegboard, dan batang logam untuk menggantung wajan dan panci.

2. Dapur sempit kekurangan ruang untuk meletakkan meja

Selain penyimpanan, desain dapur sempit kemungkinan juga bisa membuat kita akan kesulitan untuk memiliki ruang peletakkan meja.

Simpan banyak barang atau jika kita tidak memiliki ruang lemari, gunakan ruang vertikal untuk mengaturnya.

Pada akhirnya, sederhanakan peralatan dan perangkat elektronik area masak, karena kita tidak memerlukan yang mewah untuk memasak seperti seorang profesional.

Cukup gunakan perangkat elektronik yang umum saat kamu memiliki dapur kecil. Selain itu, kita mungkin perlu mengurangi ukuran kompor dan wastafel.

Kita tidak memerlukan wastafel ganda yang besar atau kompor 4 tungku setinggi 90 cm yang akan menghabiskan banyak ruang.

Ada beberapa cara untuk menambahkan ruang meja. Pertama, pertimbangkan meja tarik yang bisa ditutup seperti laci tipis setelah digunakan.

Sebagai alternatif, belilah troli dapur ukuran kecil dan bergerak yang dilengkapi dengan meja untuk menyiapkan makanan.

Ini sangat berguna untuk ruangan kecil karena kita bisa mengeluarkannya dari dapur setelah digunakan.

Baca Juga: Jangan Main Rombak, Dapur Sempit Lebih Segar dengan 5 Cara Murah, Foto Tampilannya Ditiru

3. Terlalu banyak yang berantakan

Kekacauan atau berantakan bukanlah sebuah hal yang terjadi di dapur sempit, tetapi dapur kecil dapat menjadi berantakan dengan cepat karena kurangnya ruang.

Pada tahap desain, meminimalkan warna yang digunakan dan menempel dengan warna netral adalah beberapa cara untuk mengurangi kekacauan visual di dapur sempit.

Memilih keluar dari perangkat keras kabinet dan tetap menggunakan lemari tanpa pegangan adalah cara lain untuk mengurangi tampilan yang berantakan.

Agar dapur tetap teratur dan rapi, berinvestasilah pada pengatur dapur sejak awal.

Alih-alih menyeimbangkan mangkuk dan piring yang disusun tinggi pada bagian dalam lemari dapur, aturlah rak atau rak internal untuk menumpuk barang-barang kita dengan rapi.

4. Tidak ada cukup ruang untuk makan

Dengan rumah yang lebih kecil, ruang serbaguna menjadi sangat populer. Dan dapur, sebagai jantung rumah, adalah salah satu area multifungsi utama.

Jika kita berpikir apakah mungkin untuk makan, bekerja, atau menghibur sambil mempertahankan fungsi ruang memasak di dapur kecil seperti milik kita, kemungkinan besar memang begitu.

Meja lipat hanya menempati sisi meja atau dinding kosong. Jika mampu mengorbankan beberapa ruang lemari, kita dapat menghapus sebagian dan mengatur tempat duduk counter-height untuk tempat sarapan bergaya kafe.

Meja tarik yang tersembunyi adalah cara lain untuk membuat dapur kecilmu lebih multiguna.

Baca Juga: Cocok Buat Ibu-ibu, Foto Tampilan Dapur Sempit Tetap Rapi Jali Karena 5 Trik Mujarab

5. Dapur sempit terasa tertutup dan terlalu gelap

Skema warna sangat penting dalam memengaruhi perasaan kita di suatu ruang.

Palet warna terang dan permukaan reflektif sangat bagus untuk membantu memantulkan cahaya ke sekitar dan meningkatkan kesan ruang di area memasak ukuran sempit.

Tidak harus putih, kayu pucat dan baja tahan karat adalah pilihan yang bagus untuk dapur sempit.

Meskipun konsep terbuka atau semi terbuka membantu mengurangi perasaan tertutup, ini bukan untuk semua orang terutama jika kita berencana untuk memasak cukup banyak.

Rak terbuka adalah salah satu pilihan untuk nuansa yang ringan dan lapang, sementara lemari dapur yang tinggi dari lantai ke langit-langit secara visual membuat dapur kecil terasa lebih mulus.

Pencahayaan yang tepat juga diperlukan. Kita tentu ingin memastikan jendela yang membawa cahaya matahari tidak terhalang.

Rencanakan juga pencahayaan buatan yang cukup. Pencahayaan tersembunyi yang terdistribusi secara merata menjadi sumber cahaya ambien yang baik di dapur.

Baca Juga: Sering Terabaikan, Begini Trik Manjur Agar Desain Dapur Sempit Terlihat Luas, Foto Hasilnya Bikin Pangling

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya