Ditangkap Nyabu Bareng Teman Wanita, Kombes Yulius Bambang Punya Bisnis Moncer, Foto Sosoknya Muncul

Sabtu, 07 Januari 2023 | 15:55
Istimewa

Kombes Yulius Bambang Karyanto yang ditangkap karena narkoba ternyata punya bisnis moncer ini.

Fotokita.net - Kombes Yulius Bambang Karyanto ditangkap jajaran Polda Metro Jaya terkait kasus penyalahgunaan narkoba. Anggota Baharkam Mabes Polri ini tertangkap basah nyabu bareng teman wanita di hotel Jakarta Utara.

Saat ini, Kombes Yulius terusdiperiksa secara intensif di Polda Metro Jaya. Perwira menengah Polri ini ternyata punya bisnis moncer. Foto sosoknya muncul di jagat maya.

Dari foto yang beredar di kalangan awak media, Kombes Yulius sedang mengenakan kaus berwarna biru. Identitas kartu tanda anggota (KTA) Kombes Yulius pun disita penyidik.

Dalam keterangan di kartu anggota itu ditulis bahwa yang bersangkutan adalah anggota Polda Papua. Kombes Yulius diketahui sempat menjabat sebagai Dirpolair Polda Papua.

Polda Metro Jaya menangkap anggota Baharkam Polri, Kombes Yulius Bambang Karyanto (Kombes YBK), terkait kasus narkoba. Status hukum Kombes Yulius akan ditentukan dalam 3x24 jam ke depan.

"Kita lakukan upaya penangkapan dan tentukan status (hukum) 3x24 jam," kata Dirnarkoba Polda Metro Jaya Kombes Mukti Juharsa kepada awak media, Sabtu (7/1/2023).

Istimewa

Kartu Tanda Anggota (KTA) milik Kombes Yulius yang ditangkap nyabu bersama teman wanitanya.

Kombes Yulius ditangkap di sebuah kamar hotel daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Jumat (6/1/2023) pukul 15.36 WIB. Dia ditangkap bersama seorang wanita inisial R.

Mukti mengatakan pihaknya juga menemukan barang bukti narkoba jenis sabu di kamar Kombes Yulius. Ada dua klip sabu yang turut disita di lokasi penangkapan.

"Barang buktinya 0,5 gram sama 0,6 gram (sabu)," terang Mukti.

Baca Juga: Siapa Kombes YBK? Foto KTA Polisi yang Positif Narkoba Beredar

Istimewa

Foto penampakan Kombes YBK atau Yulius Bambang Karyanto di Polda Metro Jaya usai ditangkap terkait narkoba.

Menurut Mukti, penangkapan Kombes Yulius berawal dari laporan masyarakat. Dia menegaskan kasus narkoba Kombes YBK tidak terkait kasus narkoba Irjen Teddy Minahasa, yang juga ditangani Polda Metro Jaya.

"Nggak ada hubungannya sama TM (Teddy Minahasa). Dan perintah dari Kapolda juga ini dituntaskan," ucap Mukti.

Kombes Yulius dan teman wanitanya yang berinisial R saat ini telah diamankan ke Polda Metro Jaya. Hasil tes urine keduanya positif narkoba.

"Tes urinenya positif. Metamfetamin dan amfetamin," tutur Mukti.

Selain itu, Mukti mengatakan sosok perempuan inisial R yang berada di kamar hotel bukan istri Kombes Yulius. Keberadaan keduanya di hotel tersebut pun tidak ada kaitannya dengan tugas kedinasan dari Kombes Yulius.

"Ada laporan dari masyarakat. Dia di situ juga dari tanggal 5 (Januari) udah dua hari," pungkas Mukti.

Dalam kesempatan terpisah, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan Kombes Yulius saat ini berdinas di Baharkam Polri.

Istimewa

Setelah bertugas di Polda Papua, Kombes Yulius berdinas di Baharkam Mabes Polri. Tapi, saat ini ditangkap katena narkoba.

"Saya membenarkan bahwa itu hasil penindakan dari Serse Narkoba Polda Metro Jaya. Yang bersangkutan (dinas) di Baharkam," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan kepada awak media yang menghubunginya pada Sabtu (7/1/2023).

Zulpan belum memerinci soal jabatan yang diemban oleh Kombes YBK di Baharkam Polri. Namun, Kombes YBK diketahui sempat bertugas sebagai Dirpolair Polda Papua.

"Mantan Dirpolair Polda Papua, sekarang di Baharkam," jelas Zulpan.

Baca Juga: Pasok Pil Ekstasi ke Bandung, Ini Profil AKP Edi Nurdin Massa yang Ikut Bongkar Kasus Penyelundupan 1 Ton Sabu, Foto Wajahnya Jadi Sorotan

Istimewa

Kombes YBK berpengalaman di bidang Polair. Karirnya tercoteng karena narkoba.

Ditangkap nyabu bareng teman wanitanya, Kombes Yulius Bambang ternyata punya bisnis moncer ini. Foto sosoknya usai dicokok polisi akhirnya muncul di jagat maya.

Kombes Yulius Bambang Karyanto merupakan pria kelahiran Juli 1966. Bambang berpengalaman di bidang di Polair.

Dia pernah menjabat Kasubdit Binops Ditpolair Polda Papua (2016), Dirpolair Polda Kalsel (2009), Dirpolair Polda Jambi (2013), Dirpolair Polda Papua (2016), dan saat ini menjabat Kasubdit Fasharkan Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri.

Instagram

Kafe Kebun Mertua bisnis moncer milik Kombes Yulius yang ditangkap terkait narkoba bersama teman wanitanya.

Kombes Yulius rupanya memiliki bisnis di bidang kuliner. Pada Juli 2022, polisi yang malang melintang di Polair ini membuka kafe yang diberi nama Kebun Mertua.

Bisnis kuliner Kombes Yulius berada di daerah Jatirangga, Bekasi, Jawa Barat. Kafe ini menyediakan aneka penganan dan kopi yang nikmat. Pamen Polri ini kerap mengundang kerabatnya untuk menikmati sajian kafe yang dikelolanya bersama keluarga.

Baca Juga: Ditangkap Narkoba, Tampang Asli Selebgram Bikin Syok, Foto Sosoknya Auto Viral

Instagram

Kafe Kebun Mertua adalah bisnis kuliner yang dimiliki Kombes YBK atau Yulius Bambang yang kini positif narkoba jenis sabu.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya