Apa Kelebihan iPhone 14 Pro Ini Hasil Foto Kamera HP Terkini Apple

Kamis, 01 Desember 2022 | 17:44
Digital camera world

Apa saja kelebihan iPhone 14 Pro yang menjadi kamera HP terkini dari Apple. Yuk, kita simak ulasan hasil foto kamera HP ini.

Fotokita.net - Apa kelebihan iPhone 14 Pro? Inilah hasil foto kamera HP terkini dari Apple.

Sebagian besar pembaca ulasan ini yang memiliki iPhone mungkin akan tertarik untuk meningkatkan ke inkarnasi terbaru dari perangkat kesayangan mereka. Tugas tinjauan ini adalah untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat tentang apakah akan meningkatkan ke iPhone 14, bertahan untuk iPhone 15, atau mengambil lompatan (dan pukulan finansial) untuk menjadi pro dengan iPhone 14 Pro atau iPhone 14 Pro Max. Tentu saja, panduan kami untuk iPhone terbaik untuk fotografi juga akan membantu.

Seperti model lain dalam kisaran 14, iPhone 14 menawarkan Deteksi Kecelakaan. Ini dapat mendeteksi dampak tabrakan yang tiba-tiba karena berbagai faktor termasuk akselerometer g‑force tinggi baru yang mendeteksi akselerasi atau deselerasi ekstrem hingga 256 Gd. Giroskop rentang dinamis tinggi memantau perubahan drastis pada orientasi mobil Anda dan mikrofon dapat mengidentifikasi suara tabrakan.

Barometer internal bahkan dapat mendeteksi perubahan tekanan yang disebabkan oleh pengembangan kantung udara. Semua fitur ini memungkinkan iPhone 14 mengenali kerusakan, menghubungi layanan darurat, dan menyiarkan lokasi Anda.

Dalam situasi darurat tanpa sinyal, iPhone juga menawarkan opsi untuk menghubungi layanan darurat melalui satelit, meskipun fitur ini mungkin belum tersedia di semua wilayah saat ini.

Jika saat ini Anda memiliki iPhone 13 maka iPhone 14 akan terasa sangat mirip karena menempati ruang lebar dan tinggi yang sama di telapak tangan Anda. Pada kedalaman 7,80 mm (0,31 inci), iPhone 14 sedikit lebih tebal dari iPhone 13 yang 7,65 mm (0,30 inci), tetapi perbedaan ukuran ini dapat diabaikan, karena iPhone 14 lebih ringan 1 gram!

Memang, iPhone 13 dan 14 juga memiliki layar OLED semua layar berukuran 6,1” yang identik yang menampilkan foto Rentang Dinamis Tinggi (HDR) Anda sebagai bidikan berwarna kaya yang menonjolkan detail di seluruh bayangan, rona tengah, dan sorotan. Dengan rasio kontras 2.000.000:1 bidikan Anda benar-benar 'menonjol' saat dilihat di layar iPhone 13 dan 14!

Satu perbedaan antara iPhone 14 dan iPhone 13 pendahulunya adalah iPhone 14 hadir dalam rentang warna yang berbeda, termasuk Biru yang lebih terang dan Ungu unik yang akan membedakannya dari iPhone 13.

Kedua model juga tersedia dalam Midnight, Starlight, dan Product Red yang menarik perhatian. Tentu saja, skema warna baru dengan sendirinya tidak membenarkan peningkatan tetapi ada beberapa hal yang memberi 14 keunggulan dibandingkan 13 seperti yang akan kami jelaskan.

Baca Juga: Cara Foto di iPhone Agar Tak Terbalik, Ini Trik Setting Kameranya

Digital camera world

Apa saja kelebihan iPhone 14 Pro yang menjadi kamera HP terkini dari Apple. Yuk, kita simak ulasan hasil foto kamera HP ini.

Berkat bodi aluminium tingkat kedirgantaraan dan pelindung keramik depan dan belakang, Anda harus merasa percaya diri untuk tidak menyembunyikan pembelian mahal Anda dalam wadah pelindung.

Saya menyimpan iPhone 13 Pro Max saya tanpa casing sepanjang tahun lalu dan meskipun menjatuhkannya berkali-kali, tidak perlu mengunjungi bengkel. IPhone 14 Anda dirancang untuk dilihat, bukan dibungkus – terutama jika Anda menggunakan model 'lihat saya!' Produk Merah!

Sistem kamera ganda canggih pada iPhone 14 menjadi daya tarik tersendiri bagi para fotografer. Panjang fokus 13mm dari kamera Ultra Wide memungkinkan Anda menangkap lebih banyak lingkungan perkotaan sebagai foto berukuran 12 MP, yang pada 3024 x 4032 cukup besar untuk menghasilkan cetakan berukuran layak.

Panjang fokus 26 mm kamera utama sangat bagus untuk potret (dan tidak memiliki properti peregangan orang dari lensa kamera Ultra Lebar, meskipun distorsi lensa ini kurang terlihat pada iPhone 14 karena koreksi lensa dalam kamera).

Dengan aperture f1.5, Anda dapat menggunakan Kamera Utama untuk menangkap bidikan dalam ruangan bebas bintik dengan level ISO serendah 100. Stabilisasi gambar optik pergeseran sensor juga membantu mengurangi kemungkinan buram akibat guncangan saat mengambil gambar dalam kondisi rendah ringan, serta menjaga agar video genggam terlihat mulus dengan gimbal. Dibandingkan dengan kamera depan True Depth iPhone 13, iPhone 14 dapat menangkap selfie yang terlihat lebih baik (dan lebih dekat) berkat sistem fokus otomatis barunya.

Jika Anda adalah pengguna iPhone 13 Pro dan tertarik dengan iPhone 14 karena harganya yang relatif terjangkau dibandingkan dengan 14 Pro, pikirkan dua kali. Jika Anda senang menggunakan kamera telefoto 3x kamera tambahan 13 Pro, maka Anda akan merasa dibatasi oleh kurangnya zoom optik pada 14 Pro.

Digital camera world

Apa saja kelebihan iPhone 14 Pro yang menjadi kamera HP terkini dari Apple. Yuk, kita simak ulasan hasil foto kamera HP ini.

Anda dapat melakukan 3x digital zoom pada kamera utama iPhone 14 tetapi hasil yang diperbesar secara digital akan lebih rendah kualitasnya daripada yang dihasilkan oleh lensa telefoto 3x optik 13 Pro.

Pengguna 13 Pro juga akan kehilangan opsi untuk memotret dalam RAW (format .dng) jika mereka meningkatkan ke iPhone 14. iPhone 14 membatasi Anda untuk menangkap file .jpeg atau HEIF terkompresi yang membatasi kemampuan Anda untuk mendapatkan lebih banyak detail tonal menggunakan pos -Aplikasi produksi seperti Adobe Photoshop atau Lightroom.

IPhone 14 juga tidak memiliki opsi pemotretan dalam mode pemotretan Makro (yang pada 13 Pro memungkinkan Anda mendapatkan tampilan jarak dekat yang lebih baik dengan subjek seperti serangga dan bunga.)

Baca Juga: Cara Foto Agar Terlihat Tinggi di iPhone dan Android, Ini Rahasianya

Digital camera world

Apa saja kelebihan iPhone 14 Pro yang menjadi kamera HP terkini dari Apple. Yuk, kita simak ulasan hasil foto kamera HP ini.

Reservasi dan batasan tersebut selain iPhone 14 secara umum menangkap bidikan yang tampak hebat berkat lensa 7 elemen kamera utama dan pemrosesan 'di bawah kap' yang cerdas.

Photonic Engine baru adalah saluran gambar yang disempurnakan yang unik untuk seri 14. Ini membantu iPhone 14 menangkap bidikan yang tampak lebih baik dalam cahaya redup.

IPhone 14 juga memungkinkan peningkatan kualitas dengan menerapkan manfaat komputasi Deep Fusion di awal proses pencitraan untuk memberikan lebih banyak detail, mempertahankan tekstur halus, memberikan warna yang lebih baik, dan mempertahankan lebih banyak informasi dalam foto.

Terlepas dari Mesin Fotonik, iPhone 14 terkadang menghasilkan hasil cahaya redup yang mengecewakan selama bidikan uji kami.

Ini menampilkan artefak noise berbutir menonjol yang diperburuk oleh kecepatan ISO tinggi seperti 1250. Noise lebih kentara pada kamera Ultra Wide yang memiliki nilai aperture maksimum f2.4, memaksa iPhone 14 untuk menggunakan kamera yang lebih cepat (dan lebih berbintik).

Saat memotret di lokasi dalam ruangan yang sama dengan apertur f1.5 kamera Utama yang lebih lebar, kami mendapatkan kecepatan ISO yang lebih rendah dan hasil yang jauh lebih bersih.

Digital camera world

Apa saja kelebihan iPhone 14 Pro yang menjadi kamera HP terkini dari Apple. Yuk, kita simak ulasan hasil foto kamera HP ini.

Untuk uji pemotretan iPhone 14 kami, kami menyewa seorang model dan mengambil foto di berbagai lokasi perkotaan. Saya juga mengambil beberapa bidikan dari subjek yang sama pada iPhone 13 Pro Max lama saya untuk perbandingan.

Setelah foto disinkronkan melalui iCloud dan digabungkan menjadi satu di Perpustakaan Foto saya, saya kesulitan membedakan antara foto yang diambil di iPhone 13 Pro Max dan diambil oleh iPhone 14. Ini adalah bukti kualitas tinggi kamera dan kekuatan pemrosesan iPhone 14 secara umum.

Salah satu fitur baru yang menarik yang saya nikmati saat memotret dalam Mode Potret aplikasi Kamera iPhone 14 adalah adanya keburaman latar depan dan latar belakang dalam foto.

IPhone 14 secara instan dapat mengidentifikasi wajah subjek kami dan membuatnya terlihat bagus dan tajam sambil memburamkan tangan latar depan dan bangunan latar belakangnya. Ini membantu meniru bokeh alami DSLR secara lebih efektif daripada versi Mode Potret sebelumnya.

Baca Juga: Cara Foto Otomatis di iPhone, Cukup Pakai Fitur Tersembunyi Ini

Digital camera world

Apa saja kelebihan iPhone 14 Pro yang menjadi kamera HP terkini dari Apple. Yuk, kita simak ulasan hasil foto kamera HP ini.

Pemburaman latar depan dan latar belakang yang lebih realistis ini sebenarnya adalah hasil dari iOS 16. Jika Anda memutakhirkan ke versi, Anda dapat menikmati efek fokus selektif ini menggunakan model iPhone lama juga tanpa perlu memutakhirkan ke iPhone 14.

Satu area di mana iPhone 14 unggul dari pendahulunya adalah dalam mode Aksi barunya. Ini memungkinkan Anda untuk merekam klip video halus gimbal sambil membawa iPhone 14 dalam perjalanan.

Saat Anda mengaktifkan Action Mode di iPhone 14, ia beralih ke lensa Ultra Wide 0,5x. Hal ini memungkinkan untuk menangkap lebih banyak area di sekitar tepi subjek sehingga dapat memangkas gambar dan memposisikan ulang posisi subjek secara frame-by-frame agar mereka tetap bergerak dengan lancar.

Digital camera world

Apa saja kelebihan iPhone 14 Pro yang menjadi kamera HP terkini dari Apple. Yuk, kita simak ulasan hasil foto kamera HP ini.

Dalam bidikan percobaan kami, subjek terlempar ke kiri dan ke kanan karena goyangan kamera saat kami mengejarnya melalui lapangan (lihat video pendukung ulasan ini).

Klip mode Aksi yang diproses membuat pelari tetap berada di tengah bingkai saat kamera meluncur dengan mulus. Stabilisasi dalam kamera ini akan menghemat waktu dan kerepotan pembuat film dalam menggunakan alat stabilisasi pascaproduksi di iMovie atau Final Cut Pro, memungkinkan mereka untuk membagikan klip film mereka saat itu juga.

Satu-satunya downside ke Mode Aksi adalah bahwa itu akan menurunkan resolusi Anda dari 4K ke 2.8K, tetapi itu akan tetap terlihat bagus dalam proyek HD 1080 standar.

Nilai jual lain untuk iPhone 14 adalah opsi baru untuk merekam rekaman mode Sinematik 4K pada laju bingkai yang lebih filmis 24 fps (serta 25 fps untuk PAL atau laju umum 30 fps untuk keluaran media umum seperti web).

Digital camera world

Apa saja kelebihan iPhone 14 Pro yang menjadi kamera HP terkini dari Apple. Yuk, kita simak ulasan hasil foto kamera HP ini.

Mode sinematik menambahkan kekaburan bokeh pascaproduksi ke latar belakang rekaman video Anda, menciptakan kedalaman bidang yang dangkal bergaya Hollywood. Anda juga dapat merekam rekaman dengan resolusi full HD saat memotret dalam mode Slo-Mo pada 120 fps, sehingga rangkaian gerakan lambat Anda akan terlihat bagus saat ditambahkan ke garis waktu proyek 1080 HD.

IPhone 14 memiliki keunggulan pada iPhone 13, tetapi mungkin tidak cukup keunggulan bagi Anda untuk meningkatkan dari 13 ke 14. Kedua model memiliki chip A15 Bionic, CPU 6-inti, dan mesin saraf 16-inti. IPhone 14 memiliki GPU 5-inti dibandingkan dengan GPU 4-inti iPhone 13, sehingga harus menawarkan kinerja dan efisiensi yang lebih baik untuk beban kerja yang berat.

Anda juga mendapatkan satu jam tambahan pemutaran video di iPhone 14 dibandingkan dengan 13, tetapi sekali lagi ini tidak menjadikan 14 sebagai 'harus dimiliki'.

Baca Juga: Cara Mengubah Foto Jadi Mirror Selfie di iPhone, Hasilnya Aesthetic!

Digital camera world

Apa saja kelebihan iPhone 14 Pro yang menjadi kamera HP terkini dari Apple. Yuk, kita simak ulasan hasil foto kamera HP ini.

Namun jika Anda masih menggunakan model lama seperti iPhone 12, Anda akan melihat perbedaan dalam masa pakai baterai dan kinerja pemrosesan umum karena chip A14 Bionic model lama.

IPhone 12 menawarkan pemutaran tampilan hingga 17 jam dibandingkan dengan 20 jam iPhone 14, yang menjadikan iPhone 14 pembelian yang lebih menarik bagi pemilik iPhone lama.

Dari sudut pandang fotografi, iPhone 14 adalah kit yang hebat, terutama jika Anda hanya ingin mengarahkan, memotret, dan berbagi bidikan hebat melalui media sosial tanpa melakukan banyak pasca-pemrosesan.

Namun, fotografer yang lebih serius akan kehilangan kemampuan memotret dalam format RAW (.dng) sehingga mereka dapat menikmati penyempurnaan tampilan gambar mereka di kamar gelap digital seperti Adobe Camera Raw.

Gambar di layar Super Retina XDR iPhone 14 terlihat bagus, tetapi Anda mungkin perlu melihatnya di layar yang lebih besar jika ingin menemukan dan menghilangkan artefak noise atau memperbaiki potret dengan lebih efektif.

Mode Aksi baru iPhone 14 menghasilkan rekaman genggam yang luar biasa halus yang mengurangi kebutuhan untuk menstabilkannya dalam aplikasi pengeditan non-linier, tetapi pembuat film yang serius mungkin juga menginginkan opsi untuk merekam dalam HDR Dolby Vision, yang akan mengarahkan mereka ke arah iPhone 14 Pro atau Pro Max. Kurangnya kamera Telefoto dan mode Makro pada iPhone 14 juga akan menyebabkan banyak fotografer mengeluarkan uang ekstra untuk iPhone model Pro.

Baca Juga: Tanpa Ribet, Begini Cara Foto Beruntun alias Burst Mode di iPhone

Digital camera world

Apa saja kelebihan iPhone 14 Pro yang menjadi kamera HP terkini dari Apple. Yuk, kita simak ulasan hasil foto kamera HP ini.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya