Ungguli Sony Xperia 1 III, Kamera HP Samsung Galaxy S22 Ultra Bisa Buat Foto Begini, Sayang Punya Kelemahan Ini

Minggu, 20 November 2022 | 14:50
Future

Kamera HP Samsung Galaxy S22 Ultra mampu mengungguli Sony Xperia 1 III dengan mampu membuat foto begini.

Fotokita.net - Apabila kita bandingkan dengan ponsel Sony Xperia 1 III, kamera HP Samsung S22 Ultra bisa buat foto begini. Sayang, Samsung S22 Ultra punya kelemahan ini.

Samsung Galaxy S22 Ultra adalah juara kamera HP dengan zoom yang luar biasa. Tidak ada ponsel yang lebih dari Galaxy S22 Ultra.

Kameranya memperbesar lebih jauh, layarnya bersinar lebih terang, S Pen-nya lebih responsif, dan sementara itu, Ultra tidak melewatkan hal-hal mendasar seperti pengisian daya nirkabel.

Itu mahal, bagaimanapun, rangkaian fiturnya mencerminkan harganya, dan dari sudut pandang pencitraan, quad-camera-nya menjadikannya pengalaman fotografi terlengkap di smartphone hingga saat ini.

Samsung Galaxy S22 Ultra adalah ponsel kamera terbaik tahun 2022 sejauh ini. Sistem kameranya sangat lengkap, dengan empat panjang fokus tertutup – ultra-wide, wide, telephoto, dan super-zoom.

ISP barunya juga membantunya melampaui Galaxy S21 Ultra (terbuka di tab baru) dalam hal pemrosesan, dan bahkan kamera selfie-nya menonjol, dengan beberapa fitur potret terbaik yang pernah kami lihat di smartphone unggulan.

Sekarang kami telah menyingkirkan keputusan kamera HP, perlu dicatat bahwa ponsel lainnya juga menarik. S22 Ultra juga menampilkan desain baru, yang mengedepankan banyak hal yang kami sukai dari Samsung Galaxy Note 20 Ultra (terbuka di tab baru) dan membawanya ke seri-S.

Itu juga memuat telepon dengan set internal baru yang lebih kuat, kinerja layar yang ditingkatkan, dan antarmuka One UI merek dagang Samsung. Mungkin yang paling menarik dari semuanya, S22 Ultra mengintegrasikan S Pen kesayangan Samsung, dan memutakhirkannya, pada akhirnya, menjadikannya anggota terbaru dari keluarga Note dalam segala hal kecuali nama.

Jika Anda pernah melihat Galaxy Note 20 Ultra dari depan, Anda telah melihat S22 Ultra. Keduanya menampilkan layar lengkung hampir ujung ke ujung, resolusi QHD+, bagian atas datar dan bagian bawah datar, dan varian warna perunggu yang mencolok.

Sedangkan untuk bagian belakang ponsel, tidak seperti Note 20 Ultra, S22 Ultra membuang kamera mandiri yang mendukung setiap lensa yang menonjol keluar, masing-masing dibingkai oleh pelek perak.

Layar dan panel belakang S22 Ultra telah ditingkatkan ke Gorilla Glass Victus Plus, versi kaca Corning yang eksklusif untuk Samsung. Sedangkan rangkanya terbuat dari Samsung Armor Aluminium.

Baca Juga: Pakai Trik Simpel, 8 Kamera HP Rilisan 2022 Bikin Foto Kian Aesthetic, Tapi Punya Kelemahan Begini

Future

Kamera HP Samsung Galaxy S22 Ultra mampu mengungguli Sony Xperia 1 III dengan mampu membuat foto begini.

Sama seperti Note 20 Ultra dan S21 Ultra, S22 Ultra adalah ponsel yang sangat besar. Sisi sudutnya menambah ukurannya, dan meskipun layar yang lebih persegi itu bagus untuk anotasi S Pen, itu membuatnya sangat terlihat di telapak tangan atau saku.

Di sisi kanan bawah S22 Ultra terdapat slot untuk S Pen kesayangan Samsung. Di bagian bawah terdapat port USB-C dan slot SIM, sedangkan di bagian atas ponsel terdapat flat top bebas gangguan.

Bobot S22 Ultra sebagian besar berkat layar 6,8 inci. Yang terbesar dari ketiga ponsel S22, tapaknya sangat membantu ponsel menarik perhatian dan terasa sangat imersif, terutama dipadukan dengan teknologi Samsung Dynamic AMOLED 2X.

Tidak seperti beberapa ponsel 120Hz lainnya dengan resolusi QHD+, S22 Ultra mampu menampilkan resolusi tinggi dan kecepatan refresh secara bersamaan. Layar juga menikmati beberapa pengoptimalan lainnya selama Galaksi masa lalu.

Sebagai permulaan, ada Vision Booster, yang menganalisis kecerahan gambar dan meningkatkan piksel satu per satu daripada seluruh layar untuk membuatnya lebih mudah dilihat di lingkungan yang terang.

Bahkan tanpa Vision Booster, S22 Ultra bersinar dengan kecerahan maksimal 1.750 nits, menjadikannya tampilan paling terang di smartphone mainstream mana pun.

Sementara di atas kertas, kecepatan refresh 120Hz bukanlah hal baru, Samsung telah memperbarui ponsel dengan rentang kecepatan refresh adaptif yang lebih luas, sehingga juga harus menghemat baterai saat menampilkan konten statis. Memang, layarnya terlihat fantastis sehari-hari. Ini adalah tampilan yang indah untuk menonton konten, memadukan kejernihan dengan kualitas gambar.

Future

Kamera HP Samsung Galaxy S22 Ultra mampu mengungguli Sony Xperia 1 III dengan mampu membuat foto begini.

Kekuatan super layar S22 Ultra adalah fakta bahwa ia mendukung input S Pen, ditingkatkan untuk mengurangi latensi jika dibandingkan dengan Note 20 Ultra – 2,8 ms versus 9 ms.

Jika Anda seorang fotografer dan menurut Anda S Pen tidak cocok untuk Anda, kami sarankan Anda untuk mencobanya saat menggunakan kuas di Lightroom – jauh lebih canggung daripada jari.

Ini juga alat sketsa yang bagus, dan perangkat lunak bawaan Samsung juga menambahkan banyak utilitas, mulai dari pemilihan teks yang cepat hingga terjemahan.

Samsung Galaxy S22 Ultra menghadirkan kembali banyak hal yang kami sukai dari Galaxy S21 Ultra. Ada kamera utama 108MP di kemudi, dimuat dengan aperture f / 1.8, Dual Pixel AF, dan bidang pandang 85 derajat.

Baca Juga: Cara Foto Keren dengan Kamera HP Oppo A77s Wajib Aktifkan Fitur Ini

Future

Kamera HP Samsung Galaxy S22 Ultra mampu mengungguli Sony Xperia 1 III dengan mampu membuat foto begini.

Sayangnya, kamera ultra lebar 12MP memiliki aperture f/2.2 dan bidang pandang 120 derajat. Sedangkan untuk pengaturan telefoto, ada kamera telefoto 10MP dengan zoom setara tiga kali lipat (f/2.4) dan kamera telefoto 10MP lainnya, kali ini dengan zoom 10 kali lipat (f/4.9). Bahkan kamera depannya pun dispesifikasikan, dengan resolusi 40MP, bukaan f/2.2, dan pengambilan video 4K.

Samsung membuat banyak unit prosesor saraf (NPU), khusus untuk video malam hari. Ini membantu S22 Ultra melakukan berbagai hal lebih cepat, dan juga membantunya menangkap file RAW multi-bingkai 16-bit, serta video malam yang superior, sebuah ponsel area yang kesulitan sejak pertama kali membanggakan kamera video.

Untuk menangkap fitur RAW 16-bit, Anda perlu mengunduh aplikasi baru bernama Expert Raw dari Galaxy Store. Ini berfungsi di ketiga lensa, dan file disimpan sebagai JPEG dan DNG, sehingga dapat diedit di Lightroom juga.

Pengambilan video dan selfie grup di Galaxy S22 Ultra bahkan mendapat manfaat dari fitur pintar yang membingkai ulang rekaman, sehingga kamera belakang dapat menangkap hingga lima orang dengan sempurna dalam bingkai, dan Anda dapat bergerak di sekitar bingkai sambil merekam video selfie, mirip dengan Panggung Tengah iPad.

Selain Expert Raw, ada banyak mode pemotretan pada S22 Ultra, termasuk Potret, Foto, Video, Pro, Video Pro, Pengambilan Tunggal, Malam, Makanan, Panorama, Gerakan Super Lambat, Gerakan Lambat, Hyperlapse, Video Potret , dan Pandangan Direktur.

Dengan ponsel seperti Sony Xperia Pro-I (buka di tab baru) yang melayani para ahli dan penggemar secara eksklusif dengan pemrosesan foto yang netral dan klasik, Samsung mencapai keseimbangan yang jauh lebih utama dengan S22 Ultra.

Sebagai permulaan, memiliki rentang fokus yang luas sangat cocok untuk pemula yang ingin sepenuhnya mencubit layar, atau profesional yang mengandalkan panjang fokus lensa prima.

Digital Camera World

Kamera HP Samsung Galaxy S22 Ultra mampu mengungguli Sony Xperia 1 III dengan mampu membuat foto begini.

Mode otomatis menangkap gambar yang sangat diproses – mereka dipertajam, ditingkatkan, dan benar-benar mengubah malam menjadi siang jika ponsel dibiarkan menggunakan perangkatnya sendiri.

Yang mengatakan, Anda dapat meluncurkan Pro Mode atau Expert RAW dan mengesampingkan pemrosesan bersemangat Samsung dengan mudah jika Anda tahu apa yang Anda lakukan.

Kamera utama terdengar seperti pengulangan di atas kertas dengan resolusi 108MP yang sama seperti yang ditemukan pada S21 Ultra, namun, pemrosesan baru Samsung jelas membuatnya bersinar.

Foto dari S22 Ultra lebih akurat warna dan dikemas lebih jelas. Meskipun dipertajam secara berlebihan, tampilan ini kemungkinan akan menarik bagi sebagian besar penggemar fotografi smartphone biasa, dan terlihat megah pada layar Samsung Galaxy S22 Ultra.

Baca Juga: Dijamin Aesthetic! Begini Cara Foto Kamera HP Seperti DSLR di Android

Digital Camera World

Kamera HP Samsung Galaxy S22 Ultra mampu mengungguli Sony Xperia 1 III dengan mampu membuat foto begini.

Kamera utama juga menangkap video terbaik dari kumpulan itu, dengan video malamnya yang sangat mengesankan. Itu meningkatkan eksposur terlalu banyak untuk selera kita, tetapi rekamannya mengemas banyak detail. Sementara beberapa ponsel kamera seperti Xperia 1 III mungkin menangkap pemandangan gelap gulita, S22 Ultra akan merekam rekaman yang dapat digunakan dengan detail yang dapat dilihat.

Kamera ultra lebar melakukan pekerjaan di seluruh kondisi pencahayaan dalam foto, meskipun tidak memiliki fokus otomatis, sehingga tidak dapat bersaing dengan ponsel seperti Find X3 Pro, dengan ultra lebar 50MP, IMX 766. Konon, dalam pemandangan cerah, videonya sangat stabil.

Sedangkan untuk kamera zoom, keduanya bekerja dengan baik, terutama dalam pemandangan yang cerah, tetapi kami sangat terkejut dengan kamera telefoto super-zoom, dengan jangkauan setara 10x kamera utama – 230mm. Genggam, kami dapat menangkap foto bulan paling jelas yang pernah kami ambil di smartphone.

Kamera 230mm juga merupakan lensa potret yang mumpuni untuk ponsel, atau Anda dapat mengaktifkan mode potret ponsel yang ditingkatkan, yang menggunakan NPU untuk menangkap pemisahan latar belakang dan latar depan yang lebih akurat.

Ini bekerja dengan baik untuk wajah, dengan kamera depan dan belakang ponsel dapat menangkap beberapa foto yang bagus dan tajam, namun, hit dan miss untuk objek lain – seperti kebanyakan mode potret.

Digital Camera World

Kamera HP Samsung Galaxy S22 Ultra mampu mengungguli Sony Xperia 1 III dengan mampu membuat foto begini.

Dengan video hingga 8K di bagian belakang, video 4K yang stabil dari depan dan belakang, dan pengambilan video Full HD yang sangat stabil, S22 Ultra tidak ketinggalan dengan videografi. Mode video manual juga luar biasa, dan Video Potret juga sangat akurat.

Semua sorotan foto dan video ini menjadikan S22 Ultra ponsel kamera tengara yang nyata, seperti S21 Ultra sebelumnya.

Samsung Galaxy S22 Ultra menghadirkan kekuatan yang besar ke seri ini – Exynos 2200 4nm untuk pasar global dan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 di AS dan China. Itu cocok dengan penyimpanan hingga 1TB dan RAM 12GB.

Kami meninjau penyimpanan 256GB, RAM 12GB, versi Ultra Exynoss 2200, dan menemukan bahwa tugas sehari-hari ditangani dengan lancar tanpa perlambatan.

Digital Camera World

Kamera HP Samsung Galaxy S22 Ultra mampu mengungguli Sony Xperia 1 III dengan mampu membuat foto begini.

Menariknya, ponsel kami tidak melakukan benchmark setinggi smartphone pesaing Snapdragon 8 Gen 1, dan kami mengalami beberapa penurunan frame saat memainkan Genshin Impact pada mode standar.

Mengaktifkan mode kinerja membantu ini. Jika Anda khawatir dengan ini, kami tidak akan khawatir. Pengembang mungkin hanya perlu mengoptimalkan chip Exynos – ada banyak kekuatan mentah di dalam Ultra.

Baca Juga: Ikuti Trik Jitu Ini, 4 Cara Memperbaiki Foto Blur di Kamera iPhone

Digital Camera World

Kamera HP Samsung Galaxy S22 Ultra mampu mengungguli Sony Xperia 1 III dengan mampu membuat foto begini.

Meskipun tidak ada power brick di dalam kotak untuk pengisian daya, Galaxy S22 Ultra mendukung pengisian daya hingga 45W yang dapat dibeli secara terpisah. Ini juga pengisi daya cepat yang sama yang digunakan oleh Galaxy Tab S8 Ultra.

Ponsel ini juga memiliki baterai 5000mAh yang besar – lebih besar dari Note 20 Ultra, dan kapasitas yang sama dengan S21 Ultra tahun lalu.

Menariknya, S22 Ultra tidak bertahan selama S21 Ultra, meski masih bisa melewati hari yang nyaman, terutama jika Anda memutar ulang resolusi layar, mengaktifkan kecerahan otomatis, dan memastikan mode kinerja dimatikan.

Ponsel ini dikirimkan dengan One UI 4.1 dan Android 12, jadi jalankan perangkat lunak Google dan Samsung terbaru, dan Samsung juga melakukan lebih dari produsen mana pun untuk menggabungkan ekstra eksklusif Galaxy, sehingga Anda dapat mengharapkan nilai tambah seperti Disney Plus selama 12 bulan untuk pelanggan baru di Inggris, misalnya.

Digital Camera World

Kamera HP Samsung Galaxy S22 Ultra mampu mengungguli Sony Xperia 1 III dengan mampu membuat foto begini.

Kecepatan 5G menggunakan Exynos S22 Ultra juga cocok dengan iPhone 13 Pro Max, dengan EE SIM kami mendaftarkan kecepatan unduh 250Mbps di wilayah London Barat, yang sangat terhormat.

Samsung Galaxy S22 Ultra mengambil semua yang kami sukai dari S21 Ultra, menggabungkannya dengan hal-hal favorit kami yang dihadirkan Note 20 Ultra, dan menyempurnakan seluruh paket dengan indah. Ponsel pecinta gadget terbaik, satu-satunya hal yang tidak dilakukannya adalah melipat.

Dengan pengalaman desain dan pena yang ditingkatkan, fotografi yang unggul, zoom terdepan di kelasnya, dan rangkaian fitur yang andal di seluruh perangkat, meski kehilangan masa pakai baterai terbaik di kelasnya, ia melakukan semuanya setidaknya dengan baik.

Sayangnya, Samsung Galaxy S22 Ultra punya kelemahan ini.Ultra itu mahal, apalagi iPhone yang paling mahal sekalipun. Tetapi dengan fitur yang jauh lebih banyak, tampilan yang lebih mengesankan, sistem kamera yang lebih lengkap, dan tentu saja S Pen itu, bagi banyak orang, harganya kemungkinan besar dapat dibenarkan.

Baca Juga: Cara Foto Gerhana Bulan Total Pakai Kamera HP, Bisa Coba di Rumah Kok!

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Sumber : Digital Camera World

Baca Lainnya