8 Cara Foto yang Lebih Bagus dengan HP Android, Gak Ada Kata Sulit!

Kamis, 03 November 2022 | 23:01
Instagram

Ini 8 cara foto yang lebih bagus dengan HP Android. Ternyata nggak ada kata sulit kok. Yuk coba sekarang!

Fotokita.net - Begini 8 cara foto yang lebih bagus dengan HP Android kesayangan. Nggak ada kata sulit kok!

Cara mengambil foto yang lebih baik dengan HP Android kesayangan kita.Saatnya untuk meningkatkan permainan fotografi HP yang ada di saku kita.

Kamera smartphone telah berkembang pesat dalam dekade terakhir. HP Android terbaik kini hadir dengan sensor kamera beresolusi lebih besar dan lebih tinggi, yang membuat cara pengambilan foto hebat lebih mudah dari sebelumnya.

Jika ada, Anda akan kesulitan mengambil bidikan berkualitas kentang, mengingat kemajuan dalam pemrosesan gambar.

Bagaimana Anda dapat mengambil gambar yang lebih baik dari ponsel Android Anda? Kamera yang bagus hanya sebaik orang yang menggunakannya.

Jadi, inilah saatnya untuk meningkatkan keterampilan fotografi Anda jika Anda ingin mengambil beberapa bidikan menakjubkan dari ponsel Android Anda.

1. Selalu tahu di mana sumber cahayanya

Saat mengambil foto menggunakan ponsel cerdas Anda, sangat penting untuk mengetahui posisi sumber cahaya.

Kamera HP Android hanya dapat mengambil cahaya dalam jumlah terbatas. Banyak cahaya dapat membanjiri sensor. Itu juga dapat membuang eksposur mereka, terutama jika itu adalah pemandangan yang menantang.

Anda harus selalu memastikan bahwa cahaya jatuh langsung pada subjek. Jadi, saat mengklik gambar di dalam ruangan, pastikan subjek berdiri menghadap sumber cahaya. Cahaya seharusnya tidak pernah datang dari belakang. Itu akan menyebabkan subjek Anda kurang terang.

Lihatlah foto di bawah ini. Itu diambil di siang hari bolong, tetapi dengan matahari di belakang subjek, kamera ponsel tidak dapat menyeimbangkan eksposur dengan benar, menyebabkan subjek menjadi sangat kurang cahaya.

Baca Juga: 9 Cara Foto Keren yang Dijamin Banjir Likes, Padahal Cuma Pakai Kamera Ponsel

Instagram

8 cara foto yang lebih bagus dengan HP Android. Ternyata nggak ada kata sulit kok. Yuk coba sekarang!

Berdiri dengan matahari di belakang subjek, Anda dapat melihat bagaimana warna t-shirt luntur.

Untuk bidikan berikutnya, subjek menghadap matahari, dan hasilnya berbicara sendiri. Memang, hal ini tidak selalu mungkin, terutama ketika mencoba menangkap lanskap seperti di latar belakang gambar di bawah ini.

Dalam kasus seperti itu, Anda dapat menurunkan level eksposur beberapa takik sebelum mengambil bidikan.

2. Menghadapi matahari, warnanya jauh lebih baik

Anda dapat secara dramatis meningkatkan foto akhir dengan memastikan subjek berada pada posisi yang benar di depan sumber cahaya.

Juga, gunakan cahaya alami sebanyak mungkin, karena itu memberikan hasil terbaik kecuali Anda mengklik foto di lingkungan studio yang terkontrol.

Saat memotret di dalam ruangan, jika cahaya yang tersedia lebih sedikit, nyalakan beberapa bohlam untuk melengkapi cahaya alami yang terbatas.

Dan jaga agar tangan Anda tetap stabil, karena ponsel cerdas cenderung mengimbangi cahaya yang terbatas dengan membuka rana lebih lama.

Jika subjek atau ponsel bergerak, hal itu dapat menimbulkan keburaman gerakan, terutama pada ponsel Samsung.

Baca Juga: 9 Cara Foto Selfie yang Bagus Pakai Kamera HP Hingga DSLR, Mudah Kok!

Instagram

8 cara foto yang lebih bagus dengan HP Android. Ternyata nggak ada kata sulit kok. Yuk coba sekarang!

3. Jaga kebersihan lensa kamera HP Android

Lensa kamera ponsel Anda pasti akan kotor dan ternoda seiring waktu. Lensa kamera yang kotor dapat menyebabkan masalah suar, silau, dan fokus yang tidak diinginkan.

Cara tercepat untuk meningkatkan kualitas foto ponsel Anda adalah dengan membersihkan kaca kamera sebelum mengambil bidikan. Dan Anda tidak memerlukan solusi khusus untuk ini.

Cukup bersihkan lensa menggunakan kain bersih. Itu akan cukup untuk membersihkan noda dari kaca. Idealnya, yang terbaik adalah menggunakan kain mikrofiber, tetapi t-shirt Anda bisa digunakan dalam keadaan darurat.

Hindari menggunakan celana jins atau kain kotor untuk membersihkannya, karena Anda bisa menggores lensa, yang akan lebih berbahaya daripada menguntungkan.

Peningkatan kualitas gambar dengan lensa bersih mungkin tidak terlihat saat mengambil foto di siang hari, tetapi langsung terlihat dalam kondisi minim cahaya dan menantang.

4. Perbesar subjek Anda

Sampai beberapa tahun yang lalu, smartphone tidak memiliki kamera dengan zoom optik. Jadi, disarankan agar Anda tidak memperbesar subjek saat mengambil foto, karena menggunakan zoom digital hanya akan menimbulkan noise dan memengaruhi kualitas gambar secara keseluruhan.

Itu tidak lagi terjadi, dengan sebagian besar smartphone unggulan sekarang menampilkan kamera khusus dengan zoom optik. Misalnya, pada Galaxy S22 Ultra, Anda mendapatkan dua sensor telefoto dengan zoom optik 3x dan 10x, masing-masing.

Ini berarti Anda dapat memperbesar subjek dengan dampak minimal pada kualitas foto. Manfaat lain dari sensor telefoto adalah memungkinkan Anda mengambil foto dengan bingkai yang lebih rapat, sehingga menempatkan fokus sepenuhnya pada subjek.

Kiri: Dibidik menggunakan kamera utama. Kanan: Pemandangan yang sama lebih menonjol saat ditangkap menggunakan sensor telefoto.

Baca Juga: 10 Cara Menggunakan Filter IG, Dijamin Foto Makin Aesthetic!

Instagram

8 cara foto yang lebih bagus dengan HP Android. Ternyata nggak ada kata sulit kok. Yuk coba sekarang!

Hindari penggunaan sensor telefoto dalam kondisi minim cahaya, karena tidak dapat menyerap banyak cahaya seperti kamera utama.

Dalam situasi seperti itu, ambil foto menggunakan kamera utama dan potong sesuai kebutuhan.

Bahkan jika HP Android Anda tidak memiliki sensor zoom optik, Anda dapat memperbesar 2x hingga 3x menjadi pemandangan tanpa perubahan kualitas gambar yang nyata.

Itu karena smartphone modern menggunakan sensor kamera beresolusi lebih besar dan lebih tinggi yang dapat menangkap lebih banyak detail.

5. Edit foto untuk membuatnya menonjol

Aplikasi pengeditan foto untuk ponsel telah berkembang pesat. Mereka menjadi sangat kuat berkat AI dan pembelajaran mesin (ML).

Anda dapat mengubah warna, kontras, sorotan, dan banyak lagi menggunakan salah satu aplikasi pengeditan foto terbaik untuk ponsel atau tablet Anda.

Anda bahkan tidak perlu repot mengutak-atik aspek ini secara manual. Semua aplikasi saat ini memiliki fitur one-touch enhancer yang secara otomatis mengubah foto agar terlihat lebih baik.

Dalam contoh foto di bawah ini, Anda dapat melihat bagaimana warna pada foto asli sedikit diredam. Pengeditan cepat kemudian, foto-foto lebih banyak muncul.

Padahal bukan itu. Anda dapat menghapus objek yang tidak diinginkan dari foto Anda dengan Penghapus Ajaib Google. Dan jangan khawatir jika Anda tidak menggunakan Pixel; ada banyak alternatif Magic Eraser yang bisa kamu coba di ponsel Android kamu.

Baca Juga: 8 Cara Foto yang Keren dalam Setiap Momen, Tak Perlu Jadi Fotografer Pro!

6. Pegang HP Android Anda dengan stabil

Saat mengambil foto dalam cahaya redup atau menggunakan mode Malam, letakkan ponsel Anda di permukaan yang stabil.Hal ini memungkinkan kamera untuk membuka kecepatan rana lebih lama dengan menghilangkan sentakan dan getaran yang tidak diinginkan dari tangan Anda.

Pada gilirannya, sensor menyerap lebih banyak cahaya, yang seharusnya membantu meningkatkan hasil foto akhir.

Memang, ini tidak selalu mungkin, dan dalam beberapa kasus, Anda harus sedikit inovatif dan menopang ponsel Anda dengan botol soda di atas meja. Namun, hasilnya bisa sepadan dengan usaha. Lihatlah contoh di bawah ini.

7. Jadilah inovatif dengan lensa dan sudut

Ponsel cerdas dilengkapi dengan banyak kamera: sensor lebar, ultra lebar, makro, dan telefoto. Jangan selalu memotret pemandangan menggunakan kamera utama.Jadilah inovatif dengan lensa dan sudut kamera. Kamera ultrawide dapat memuat lebih banyak pemandangan dan dapat digunakan untuk mengambil beberapa foto yang menakjubkan.

Kiri: Dibidik dari kamera utama. Kanan: Pemotretan pemandangan yang sama menggunakan kamera ultrawide.

Demikian pula, tidak setiap foto perlu diklik dengan subjek yang langsung melihat ke kamera. Balikkan ponsel Anda atau tekuk sedikit untuk membuat sudut baru saat mengambil gambar. Hasil akhir bisa menjadi jauh lebih dramatis.

8. Keluarkan kamera HP Android dan rekam kenangan Anda

Tips di atas tidak terlalu sulit untuk diikuti. Tapi begitu Anda menguasainya, Anda akan melihat gambar yang Anda klik dari ponsel Android Anda keluar jauh lebih baik.

Setelah itu, untuk mengelola perpustakaan foto Anda yang terus berkembang dengan lebih baik, lihat tips dan trik Google Foto terbaik untuk mendapatkan bantuan.

Baca Juga: 6 Cara Foto Keren dengan Kamera HP, Komposisi Jadi Trik Kuncinya

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya