13 Tempat Wisata Air di Purwakarta yang Bukan Sekadar Main Basah-basahan, Hunting Foto Aesthetic Jadi Bonus!

Selasa, 01 November 2022 | 19:08
Yoga Pramuja

Inilah 13 tempat wisata air di Purwakarta yang bukan sekadar main basah-basahan. Hunting foto aesthetic jadi bonusnya.

Fotokita.net - Berikut ini adalah informasi 12 tempat wisata air di Purwakarta yang bukan sekadar main basah-basahan. Hunting foto aesthetic jadi bonus.

Saat menyebut nama Purwakarta, pikiran kita akan melayang ke sate maranggi. Sebetulnya, wilayah banyak dikelilingi perbukitan ini menyimpan banyak tempat wisata yang menarik buat dikunjungi.

Lokasinya yang tak begitu jauh dari Jakarta dan Bandungmembuat sejumlah tempat wisata Purwakarta menarik untuk didatangi pada akhir pekan atau momen liburan lainnya. Nah, berikut ini 13 tempat wisata air di Purwakarta yang bukan sekadar menawarkan aktivitas main basah-basahan. Hunting foto aesthetic jadi bonusnya.

Kabupaten Purwakarta di Jawa Barat disebut sebagai kota pensiun karena menawarkan suasana yang jauh dari hiruk pikuk dan keramaian. Meski begitu, Purwakarta menawarkan potensi wisata yang juga tak kalah saing dari kota-kota lainnya.

Jika menggunakan mobil, perjalanan ke Purwakarta melalui tol hanya memakan waktu sekitar satu jam setengah. Melakukan touring singkat dengan motor menuju Purwakarta pun tidak butuh waktu lama, cukup 2 jam perjalanan saja.

Berikut daftar 13 tempat wisata air yang dapat Anda kunjungi ketika bermain ke Purwakarta.

1. Pasir Langlang Panyawangan

Pasir Langlang Panyawangan atau disebut juga Ujung Aspal merupakan hutan pinus dengan panorama indah dan udara sejuk.

Alternatif destinasi wisata Purwakarta ini memiliki luas lahan sekitar 43 hektar dan berada tak jauh dari pusat Kota Purwakarta, tepatnya di Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta.

Selain area berkemah, ada pula Pusakamulya Bike Park yang merupakan trek khusus olahraga downhill, Curug Pamoyanan, Goa Jepang, dan spot foto.

Baca Juga: 4 Tempat Wisata Curug atau Air Terjun di Purwakarta, Dijamin Dapat Foto Estetik di Instagram

2. Sungai Cidomas

Sungai Cidomas dikenal juga sebagai blue river karena memiliki air sungai yang sangat jernih berwarna biru.

Sungai dengan air bersih dan biru ini terletak di Kampung Babakan, Desa Parakan Garokgek, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta.

Sungai ini sangat cocok menjadi pilihan wisata Purwakarta yang digunakan untuk bersantai dan melepas penat, karena menawarkan suasana yang begitu asri dan udara sejuk.

Pengunjung dapat berenang di sungai merasakan air biru yang begitu menyegarkan, bersantai menikmati suasana, serta berfoto-foto di sunga indah ini.

3. Curug Tilu

Curug Tilu juga merupakan salah satu pilihan destinasi wisata Purwakarta. Tempat ini tergolong mudah dijangkau, tepatnya terletak di Desa Cirirp, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat,

Curug Tilu merupakan area yang dikelola warga setempat dan baru dibuka pada 2016. Tilu berarti tiga dalam Bahasan Sunda.

Dulu, dikatakan bahwa terdapat tiga air terjun di sana. Namun, dua aliran hilang seiring waktu dengan tumbuhan dan bebatuan.

Aktivitas yang dapat dilakukan di sini seperti berenang di kolam air yang menyegarkan, sekedar berendam, atau bersantai menikmati suasana dan udara yang sejuk.

Baca Juga: Masuk Daftar Liburan Keluarga, Ini 7 Tempat Wisata di Bogor Bisa Sekaligus Foto Aesthetic

Yoga Pramuja

Inilah 13 tempat wisata air di Purwakarta yang bukan sekadar main basah-basahan. Hunting foto aesthetic jadi bonusnya.

4. Curug Cipurut

Curug Cipurut memiliki ketinggian sekitar 25 meter dengan tebing tinggi, serta dihiasi tanaman dan lumut dengan pemandangan yang indah.

Curug ini berada di kawasan Cagar Alam Gunung Burangrang, yakni di Kampung Cileungsing, Desa Sumurugul, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Puwakarta.

Suasana di Curug Cipurut begitu asri dan sejuk, sehingga sangat cocok untuk melepas penat dari kesibukkan sehari-hari.

Pengunjung dapat berenang di kolam menikmati kesegaran air, bersantai, atau berkemah di area camping tak jauh dari lokasi.

Instagram

Inilah 13 tempat wisata air di Purwakarta yang bukan sekadar main basah-basahan. Hunting foto aesthetic jadi bonusnya.

5. Curug Suhada

Curug Suhada memiliki ketinggian tujuh meter dan berada tak jauh dari Gunung Bongkok, tepatnya terletak di Desa Sidanglaya, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta.

Curug ini dihiasi batuan besar dan dikelilingi pepohonan, sehingga cocok sekali untuk tempat berburu foto.

Pengunjung dapat berenang di kolam atau sekadar menikamti suasana alam dan udara yang sejuk.

Harga tiketnya gratis, hanya perlu membayar parkir kendaraan saja.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Kuliner di Bogor yang Wajib Dicicipi, Baru Lihat Foto Menunya Auto Ngiler

Instagram

Inilah 13 tempat wisata air di Purwakarta yang bukan sekadar main basah-basahan. Hunting foto aesthetic jadi bonusnya.

6. Curug Cisomang

Curug Cisomang terletak di Desa Sepok, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, tepatnya berada di bawah jembatan perbatasan antara Kecamatan Darangdan dan Bandung Barat.

Curug ini cukup tersembunyi, sehingga akses jalan ke sana tergolong cukup sulit dan memerlukan tenaga lebih.

Kesulitan akses dapat terbayarkan dengan suasana alam di Curug Cisomang yang begitu asri dan pas untuk melepas penat dari kesibukan kota.

7. Taman Air Mancur Sri Baduga

Taman Air Mancur Sri Baduga terletak di Jalan K.K Singawinata, Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta.

Taman air mancur ini menawarkan atraksi air mancur yang menari indah dan penuh warna, sehingga menjadi primadona di Purwakarta.

Atraksi air mancur ini dilengkapi teknologi canggih berupa sinar laser yang dapat membentuk berbagai macam animasi dan efek cahaya untuk membuatnya makin cantik.

Pengunjung dapat berkunjung ke taman setiap hari secara gratis. Namun, air mancur hanya beratraksi setiap malam minggu.

Hunting foto aesthetic di tempat wisata air Purwakarta jadi bonusnya.

Baca Juga: 15 Tempat Wisata di Malang yang Cocok Buat Healing Bareng Keluarga, Bonusnya Foto Estetik!

Instagram

Inilah 13 tempat wisata air di Purwakarta yang bukan sekadar main basah-basahan. Hunting foto aesthetic jadi bonusnya.

8. Cikao Park

Cikao Park merupakan tempat rekreasi yang cocok untuk keluarga. Lokasinya ada di Desa Cisalada, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta.

Pilihan tempat wisata air di Purwakarta ini mengusung konsep kearifan lokal dengan berbagai wahana cocok untuk wisata edukasi, seperti taman air, taman satwa, rumah ilusi, dan wahana permainan lainnya.

Dengan wahana yang tersedia pengunjung dapat berwisata air, melihat taman burung dan reptil, berfoto-foto keren, sampai bermain ATV.

Instagram

Inilah 13 tempat wisata air di Purwakarta yang bukan sekadar main basah-basahan. Hunting foto aesthetic jadi bonusnya.

9. Green Valley Waterpark

Green Valley Waterpark terletak di Jalan Ipik Gandamanah nomor 41, Ciseureuh, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta.

Di sini, terdapat beberapa wahana, seperti water slide, lazy river, kiddy pool, ember tumpah, bioskop lima dimensi, planetarium, sepeda udara, kereta anak, dan kora-kora. Fasilitas yang tersedia di Green Valley Waterpark, antara lain area parkir, toilet, kamar ganti, gazebo, mushala, loker, spot foto, dan kantin.

10. Jatiluhur Water World

Jatiluhur Water World berada dekat dengan Waduk Jatiluhur, tepatnya di Jatimerkar, Jatiluhur, dengan menawarkan pemandangan alam yang indah.

Wahana yang tersedia di sini, di antaranya kolam anak, kolam ombak, kolam dewasa, water slide setinggi sekitar 12 meter. Fasilitas di Jatiluhur Water World, antara lain toilet, kamar mandi, kamar ganti, gazebo, sampai kafetaria.

Tempat wisata Purwakarta ini sangat cocok bagi penyuka aktivitas air dan mencari tempat wisata dengan pemandangan alam yang memukau.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Kuliner di PIK, Perut Kenyang Bikin Foto Aesthetic Pun Tenang

11. Taman Batu Purwakarta

Taman Batu Purwakarta berada lereng Gunung Burangrang, tepatnya di Cipeundeuy, Bojong, Kabupaten Purwakarta.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan sekitar yang indah, begitu asri, dan menyejukkan.

Alternatif destinasi wisata Purwakarta ini merupakan kolam renang alami dihiasi bebatuan besar yang berada di antara persawahan, perbukitan dan sungai.

Kolam renang di sini memiliki air yang jernih dan tidak mengandung bahan kimia, sehingga tidak akan membuat mata perih.

Kolam ini juga dihiasi dengan air terjun buatan yang membuat suasana semakin lebih terasa dengan gemercik air dari air terjun. Harga tiket masuknya Rp 20.000 per orang.

12. Green Valley Waterpark

Memiliki berbagai seluncuran air yang ketinggiannya berbeda-beda, Green Valley Water Park menyuguhkan pengalaman bermain air yang seru di Purwakarta.

Awalnya, Green Valley Waterpark merupakan sarana bagi penghuni di kawasan perumahan Pesona Panghegar. Namun, waterpark ini dibuka untuk umum pada 2017.

Untuk menambah pengalaman berlibur yang menyenangkan, pengelola Green Valley Waterpark pun menambah berbagai titik foto, flying fox, motor ATV, dan terapi ikan.

Harga Tiket Masuk: Rp30.000 (hari kerja) dan Rp40.000 (akhir pekan).

Alamat: alan Ipik Gandamanah 41, Kecamatan Ciseureuh, Kabupaten Purwakarta. Jam Operasional: 09.00-17.00 WIB (hari kerja) dan 08.00-17.00 (akhir pekan). Hari Jumat libur.

Baca Juga: View Cantik Cocok Buat Foto Aesthetic, Ini 6 Tempat Wisata Kuliner di Sentul yang Bikin Ketagihan

13. Waduk Jatiluhur

Siapa yang tidak mengenal Waduk Jatiluhur? Salah satu ikon Purwakarta ini menjadi daya tarik utama karena beragam aktivitas yang dapat dilakukan disini.

Berolahraga, bersantai, dan berfoto ria menjadi aktivitas yang paling sering dilakukan oleh pengunjung Waduk Jatiluhur.

Untuk berkunjung ke Waduk Jatiluhur, dari Stasiun Purwakarta, gunakan angkutan kota (angkot) 04 tujuan Ciganea untuk turun di pertigaan sebelum pertigaan Ciganea. Setelah itu Anda perlu lanjut naik angkot 11 tujuan Waduk Jatiluhur.

Harga Tiket Masuk: Rp5.000 (hari kerja) dan Rp20.000 (akhir pekan)

Alamat: Jatimekar, Kec. Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta

Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Kuliner Legendaris di Surabaya, Lihat Foto Menunya Bikin Ingin Cicipi

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya