9 Cara Foto Selfie yang Bagus Pakai Kamera HP Hingga DSLR, Mudah Kok!

Senin, 31 Oktober 2022 | 23:17
Ist

Ini cara mengambil foto selfie agar kamera apa pun yang Anda gunakan, dari kamera HP hingga DSLR, hasilnya terlihat sebaik mungkin.

Fotokita.net - Berikut ini adalah 9 cara foto selfie yang bagus dengan kamera HP dan DSLR. Mudah aja kok!

Apakah Anda terkadang menemukan diri Anda di suatu tempat di mana Anda ingin mengambil foto diri yang bagus tetapi tidak tahu bagaimana cara mendapatkannya?

Nah, 9 cara foto selfie ini akanmemberi Anda beberapa tip dan saran tentang cara mengambil foto diri Anda yang lebih baik. Terutama,beberapa cara untuk mengambil foto selfie agar kamera apa pun yang Anda gunakan, dari smartphone hingga DSLR, hasil akhirnya terlihat sebaik mungkin.

9 Cara Foto Selfie yang Bagus dengan Kamera dan DSLR

1. Pegang kamera sejauh mungkin

Jika Anda ingin memegang kamera sendiri, Anda ingin memegangnya sejauh mungkin dari diri Anda sendiri. Di sinilah tongkat selfie pada smartphone sangat berguna.

Alasannya adalah karena sebagian besar lensa kamera pada ponsel cerdas, dan lensa yang akan Anda gunakan pada kamera biasa untuk mengambil selfie genggam, akan bersudut lebar. Ini berarti bahwa mereka bisa mendapatkan banyak bidikan, tetapi mereka juga sedikit mendistorsi gambar.

Distorsi ini biasanya tidak terlihat, tetapi ketika Anda memegang lensa ini terlalu dekat ke wajah Anda, itu dapat menghasilkan efek seperti karikatur yang aneh, di mana bagian wajah Anda tiba-tiba tampak lebih besar daripada bagian lainnya.

Ini adalah efek yang cukup standar, dan kami lebih memperhatikannya pada wajah hanya karena otak kami sangat baik dalam pengenalan wajah, dan perubahan apa pun dari pola normal akan muncul pada kami.

Jadi, jika Anda menyusuri rute memegang kamera dengan tangan, rentangkan lengan Anda sejauh mungkin dari Anda untuk meminimalkan efek mata ikan ini.

Namun, ketika Anda melakukan ini, jangan membuat kesalahan dengan mendorong kepala Anda secara tidak wajar ke belakang bahu Anda – ini bisa menjadi reaksi alami untuk mendorong lengan kita keluar dan mencoba menjauh dari kamera, tetapi ini akan membuat kepala Anda terlihat aneh. Jadi setelah Anda memegang kamera, pastikan kepala Anda dalam posisi alami.

Baca Juga: Tinggal Tambahi Filter Aesthetic, Begini Cara Foto Selfie di TikTok

2. Posisikan kamera sedikit di atas Anda

Oke, mari kita beralih dari perangkat keras dan mulai berbicara tentang bagaimana memastikan bahwa gambar yang Anda ambil dari diri Anda terlihat sebaik mungkin.

Cara pertama saya, terlepas dari metode mana yang Anda gunakan, adalah memiliki kamera sedikit di atas Anda. Foto secara alami terlihat lebih baik bila diambil dari sedikit di atas (tidak ada yang menginginkan gambar dagu terlebih dahulu), jadi jika Anda bisa mendapatkan kamera sedikit di atas Anda, ini akan memberi Anda hasil yang lebih baik.

Pengecualian untuk panduan ini adalah jika Anda memotret ke dalam cermin – memegang kamera di bawah diri Anda sendiri dapat mempermudah untuk mengedit kamera. Ingatlah untuk memiringkan dagu Anda dan memastikan postur Anda tidak tidak menarik.

3. Pastikan cahayanya tepat

Cahaya sangat penting dalam hal fotografi, dan ini tidak kalah pentingnya dalam hal memotret diri sendiri.

Pertama, Anda perlu memastikan ada cukup cahaya yang tersedia untuk menerangi fitur Anda, sehingga Anda tidak berakhir dengan gambar buram dan bising yang tidak akan mengesankan siapa pun.

Ini pasti akan lebih mudah jika Anda berada di luar pada siang hari karena biasanya akan ada lebih banyak cahaya yang tersedia (bahkan jika mendung).

Selanjutnya, Anda perlu mempertimbangkan sudut dan arah cahaya. Sumber cahaya yang lebih rendah, seperti saat matahari lebih rendah di cakrawala, akan menerangi fitur Anda secara lebih merata.

Sumber cahaya yang tinggi, seperti saat matahari berada tepat di atas kepala, akan menyebabkan bayangan lebih tajam yang akan menciptakan area kontras gelap dan hasil yang kurang bagus.

Anda juga ingin mencoba melihat ke arah sumber cahaya jika memungkinkan, meskipun tidak sampai membuat Anda menyipit tentunya! Memiliki cahaya yang berada di belakang kamera saat Anda melihat ke dalam kamera akan menerangi wajah Anda secara lebih merata.

Baca Juga: 6 Cara Foto Selfie yang Dijamin Aesthetic Buat Isi Konten Instagram

Ist

Ini cara mengambil foto selfie agar kamera apa pun yang Anda gunakan, dari kamera HP hingga DSLR, hasilnya terlihat sebaik mungkin.

Akhirnya, kualitas cahaya sangat penting. Cahaya terbaik datang dari matahari rendah yang bagus, dekat matahari terbit atau terbenam, ketika memiliki cahaya kuning itu.

Cahaya hangat ini akan memberi Anda warna kulit yang lebih lembut, dan sudut bawah matahari akan menyinari wajah Anda dengan baik.

Berhati-hatilah terhadap sumber cahaya titik seperti kilatan, yang dapat menghilangkan fitur Anda, memberi Anda mata merah yang menakutkan, dan umumnya merusak bidikan yang bagus.

Cahaya alami hampir selalu menghasilkan hasil yang lebih baik kecuali Anda berinvestasi dalam kit flash yang serius dan pengetahuan untuk menggunakannya.

Jika Anda memotret di dalam ruangan, cobalah untuk tetap diam untuk meminimalkan kekaburan gerakan, dan manfaatkan cahaya apa pun yang dapat Anda temukan, mungkin berdiri di dekat jendela sehingga cahaya dari luar menerangi Anda. Jika tidak, coba gunakan sumber cahaya paling terang yang Anda bisa!

4. Pikirkan komposisinya

Apa pun yang Anda ambil fotonya, baik itu selfie atau bidikan lanskap, Anda perlu memikirkan komposisinya. Apa yang saya maksud dengan itu? Nah, beberapa hal. Anda perlu memikirkan keseluruhan gambar, dan apa yang Anda inginkan di dalamnya.

Anda perlu memikirkan penempatan subjek utama (kemungkinan besar Anda!), serta subjek lain dalam bidikan – mungkin lanskap di latar belakang, pameran museum, bagel yang Anda pegang, atau atraksi yang Anda kunjungi . Pastikan semuanya akan jelas bagi pemirsa.

Jangan lupa bahwa gambar itu bahkan tidak harus menyertakan setiap bagian dari Anda – Anda cukup menyertakan bagian dari Anda seperti tangan atau kaki Anda. Itu masih fotomu!

Anda juga ingin mempertimbangkan berbagai teknik komposisi seperti aturan sepertiga, pembingkaian, dan warna, yang semuanya dapat digunakan untuk membantu Anda membuat gambar yang menonjol dari yang lain.

Baca Juga: 10 Cara Menggunakan Filter IG, Dijamin Foto Makin Aesthetic!

Ist

Ini cara mengambil foto selfie agar kamera apa pun yang Anda gunakan, dari kamera HP hingga DSLR, hasilnya terlihat sebaik mungkin.

5. Tersenyumlah!

Jadi, Anda telah mempertimbangkan semua hal di atas, dan akhirnya tiba saatnya untuk benar-benar memotret diri Anda sendiri. Saatnya untuk bersinar!

Kenyataannya adalah banyak dari kita tidak suka difoto, bahkan jika kita yang mengambil gambar kita. Jadi, kuncinya adalah mencoba untuk bersantai, menikmati diri sendiri, dan sedikit bersenang-senang dengannya.

Jika Anda tersenyum, Anda pasti akan menemukan bahwa foto Anda akan terlihat lebih menyenangkan, baik bagi Anda, maupun bagi siapa pun yang melihatnya. Foto yang bahagia dan tersenyum selalu menyenangkan, dan ketika Anda tersenyum, kemungkinan besar Anda juga akan merasa rileks secara alami.

Ambil beberapa foto, dan semakin banyak Anda berlatih, semakin alami dan santai Anda akan terlihat, dan semakin baik hasilnya. Jangan khawatir jika itu membutuhkan waktu – mempelajari cara terlihat bagus dalam gambar jelas merupakan sesuatu yang bisa memakan waktu.

6. Gunakan timer atau intervalometer

Jika Anda dapat mengatur kamera Anda pada tripod, atau di tempat lain di mana Anda tidak perlu memegangnya secara fisik, Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik jika kamera diatur untuk mengambil beberapa foto selama periode waktu tertentu.

Ini akan memungkinkan Anda bereksperimen dengan pose yang berbeda, pastikan mata Anda terbuka, dan pada dasarnya masuk ke dalamnya sedikit lebih banyak. Jika Anda harus berlari bolak-balik ke kamera Anda di antara pemotretan, hasilnya pasti tidak akan sebaik itu.

Mayoritas kamera mirrorless dan DSLR mendukung remote nirkabel, yang memungkinkan Anda memicu kamera sendiri, atau intervalometer yang lebih canggih, yang dapat Anda atur untuk mengambil urutan foto dari waktu ke waktu.

Beberapa kamera saat ini bahkan dilengkapi dengan WiFi, sehingga Anda dapat mengontrolnya dari jarak jauh, dan dengan demikian menggunakan ponsel cerdas Anda sebagai remote.

Jika Anda melakukan ini, kami tetap menyarankan Anda untuk menggunakan fungsi pengatur waktu, sehingga Anda memiliki waktu antara menekan tombol dan foto diambil – waktu di mana Anda dapat menyembunyikan ponsel cerdas Anda dan berpose dengan benar!

Baca Juga: 13 Cara Foto Instagram Aesthetic Hanya dengan Kamera Ponsel, Sekarang Jangan Ngeluh Lagi

Ist

Ini cara mengambil foto selfie agar kamera apa pun yang Anda gunakan, dari kamera HP hingga DSLR, hasilnya terlihat sebaik mungkin.

7. Gunakan mode pemotretan khusus

Salah satu kamera kami, Panasonic Lumix GX8, memiliki mode pemotretan khusus yang disebut mode Foto 4K. Ini memungkinkan Anda merekam video dari suatu adegan, dan kemudian Anda dapat menarik gambar beresolusi tinggi dari video tersebut. Ini seperti intervalometer yang sangat canggih – alih-alih mendapatkan bidikan setiap beberapa detik, Anda sebenarnya mendapatkan 30 bidikan setiap detik.

Ini berarti Anda mendapatkan banyak pilihan, dan Anda juga tidak memerlukan peralatan yang rumit – Anda cukup mengatur kamera dan menekan tombol rekam. Fitur ini tersedia di sebagian besar model Lumix terbaru Panasonic seperti ini.Merek kamera lain mungkin memiliki mode pemotretan khusus lainnya seperti ini, jadi periksa kamera Anda sendiri untuk melihat apa yang dapat Anda lakukan!

8. Pelajari cara mengedit foto Anda

Seperti beberapa tips dalam posting ini, yang satu ini pasti tidak hanya berlaku untuk memotret diri sendiri. Mempelajari cara mengedit foto Anda adalah keterampilan fotografi utama, dan akan membantu Anda mendapatkan yang terbaik dari foto Anda, apa pun itu.

Bahkan penyesuaian sederhana pada kontras, kecerahan, dan saturasi sering kali dapat meningkatkan gambar, sementara memangkas bidikan dapat membantu jika komposisinya tidak tepat saat Anda menekan tombol rana.

Anda juga dapat melangkah lebih jauh tentunya – menghilangkan noda kulit, memutihkan gigi dan sebagainya. Ini benar-benar terserah Anda. Ada sejumlah opsi dalam hal pengeditan fotografi. Di ponsel, saya suka dan menggunakan Snapseed, yang memiliki beberapa mode bagus untuk potret khususnya.

Di komputer, saya menggunakan dan merekomendasikan Adobe Lightroom jika Anda ingin lebih serius. Lihat panduan lengkap saya untuk perangkat lunak pengedit foto terbaik untuk rekomendasi lebih lanjut, termasuk produk gratis dan berbayar.

Ist

Ini cara mengambil foto selfie agar kamera apa pun yang Anda gunakan, dari kamera HP hingga DSLR, hasilnya terlihat sebaik mungkin.

9. Pelajari semua Fitur di Kamera Anda

Kamera apa pun yang Anda miliki, baik itu smartphone atau DSLR profesional, kemungkinan besar memiliki banyak fitur dan opsi. Penting untuk memahami apa saja fitur dan opsi ini dan apa fungsinya, sehingga Anda selalu dapat memastikan bahwa kamera telah diatur dengan benar untuk bidikan apa pun yang ingin Anda ambil.

Saat memotret diri sendiri, beberapa kamera misalnya mungkin memiliki mode selfie atau potret, yang akan membantu memastikan kamera mengetahui bahwa ia seharusnya mencari seseorang untuk dijadikan fokus.

Baca Juga: Gak Perlu Aplikasi, Ini 4 Cara Lihat Foto Profil Instagram Gebetan

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya