Dekorasinya Penuh Tanaman Segar, Desain Dapur Menyatu dengan Ruang Cuci Jadi Sorotan, Lihat Foto Hasil Aplikasinya

Kamis, 27 Oktober 2022 | 08:05
Instagram @damaricha

Desain dapur menyatu dengan ruang cuci yang dekorasinya penuh dengan tanaman segar jadi sorotan. Lihat foto hasil aplikasinya.

Fotokita.net -Desain dapur menyatu dengan ruang cuci milik Ibu-ibu penghuni rumah minimalis ini menjadi sorotan gegara dekorasinya penuh dengan tanaman segar. Lihat foto hasil aplikasinya yuk.

Ibu-ibu pemilik rumah minimalis itu bernama Damarisa Devita. Rumahnya berdiri di atas tanah yang nggak luas-luas amat, 105 meter persegi. Namun, dengan trik dekorasi di rumah minimalis, Damarisa berhasil menjadi selebgram. Jumlah pengikut Instagram miliknya nyarus tembus 16 ribu followers.

Rumah Damarisa yang berada di pinggir Jakarta jadi sorotan lantaran pilihan desain dapur menyatu dengan ruang cuci. Dia juga memilih dekorasi yang penuh dengan tanaman segar. Tentu saja, aura segar terpancar kuat. Nah, lihat yuk foto hasil aplikasinya.

Memiliki lahan sisa tak membuat pasangan ini begitu saja menghabiskan lahan demi memperluas rumah mungil mereka.

Damarisa Devita (32) dan Noer Hidayat Adham (34), justru memanfaatkan lahan sisa sebagai taman di tengah rumah.

Icha dan Adham, begitu pasangan ini akrab disapa, memang memiliki profesi sebagai arsitek.

Dengan begitu untuk desain rumah, mereka berkolaborasi untuk mewujudkannya. Hal utama yang mereka lakukan ketika menata rumah mungil ini adalah mengubah dinding ruang keluarga menjadi jendela-jendela besar.

“Ruang yang sebenarnya mungil jadi terasa lapang karena langsung menghadap taman,” kata Icha.

Jika dilihat sepintas, kita langsung menerka bahwa pemilik rumah punya kecintaan terhadap warna hijau. Dinding ruang tamu, hiasan, sarung bantal kursi, hingga karpet, semuanya berwarna hijau.

Belum lagi koleksi tanaman yang turut menjadi dekorasi dalam ruang. Tapi ternyata, warna hijau bukanlah warna favorit sang pemilik rumah, baik Icha maupun Adham.

Pilihan warna hijau tersebut, menurut Icha, semata-mata untuk menguatkan kesan natural. “Biar rumahnya terkesan makin adem,” ujar Icha.

Baca Juga: Istri Bisa Senyum-senyum, Desain Dapur Warna Hitam Sulap Tampilan Area Memasak dari Aura Kelam Jadi Estetik, Begini 10 Foto Hasilnya

Instagram @damaricha

Desain dapur menyatu dengan ruang cuci yang dekorasinya penuh dengan tanaman segar jadi sorotan. Lihat foto hasil aplikasinya.

Selain pilihan warna, trik penataan rumah mungil lain yang diterapkan Icha dan Adham adalah pemilihan bentuk furnitur. Untuk meja makan misalnya, mereka memesan secara khusus atau custom.

Mereka memilih bentuk meja makan yang ramping tanpa detail serta stool sebagai pengganti kursi makan untuk menghemat ruang.

“Rencananya nanti mau buat meja makan yang bisa dilipat, jadi dapur bisa lebih lapang lagi,” ungkap Icha.

Bukan hanya ruang tamu dan tempat makan yang mencuri perhatian, desain dapur menyatu dengan ruang cuci menjadi sorotan netizen di media sosial. Ibu-ibu pemilik rumah minimalis ini sudah punya jawabannya.

Ruang cucikecil sudah lazim dibuat di rumah-rumah minimalis . Keberadaannya sendiri cukup penting untuk menjaga kerapian dan tampilan rumah. Tak hanya itu, pemilik pun bisa lebih leluasa untuk mencuci serta menjemur dan fokus menaruh segala kebutuhan mencuci di dalamnya.

Tak jarang orang yang membuat ruang cuci di atas lahan yang terbatas. Biarpun begitu, masing-masing dari mereka memiliki trik agar area tersebut tetap nyaman digunakan.

Nah, Icha sengaja memilih desain dapur menyatu dengan ruang cuci. Sebab, ruang cuci yang ada di rumah Damarisa memiliki konsep yang simpel.

Luasnya sendiri ialah 1,1 x 2,3 meter atau sekitar 2,5 meter persegi. Namun ia dapat memaksimalkan isinya dengan sangat efisien.

Sayap kiri ruangan tersebut ia isi dengan sebuah mesin cuci satu tabung yang juga berfungsi sebagai pengering pakaian.

Ukuran mesin cuci yang tidak terlalu besar menjadi keuntungan tersendiri sehingga lahan yang digunakan jadi lebih kecil.

Sementara itu pada sayap kanan ruang cuci, Damarisa menempatkan sebuah jemuran lipat bersusun dan dapat dikembangkan.

Baca Juga: Gak Butuh Lahan Luas, Desain Dapur Sempit Jadi Sorotan Tetangga yang Datangi Rumah Mungil, Intip 7 Foto Aplikasinya

Instagram

Desain dapur menyatu dengan ruang cuci yang dekorasinya penuh dengan tanaman segar jadi sorotan. Lihat foto hasil aplikasinya.

Biarpun ukurannya cukupcompact,jemuran ini terlihat dapat memuat cukup banyak jemuran.

Ruang cuci yang berada di rumah Damarisa dibuat minim sekat dan memiliki ketinggian yang cukup menjulang yaitu, 2,5 meter.

Itu mengapa, udara dan cahaya pun bisa tersirkulasi dengan baik walau ukuran ruangannya kecil.

Selanjutnya, karena digunakan sebagai tempat menjemur, ia pun menggunakan material atap tembus pandang di arealaundryroomkecil tersebut.

Panas matahari bisa masuk dengan baik dan membuat cucian cepat kering walau berada di dalam ruangan. Di samping itu, cahaya alami itu pun bermanfaat menerangi ruangan di siang hari.

Sementara itu, keberadaan saluran pembuangan air juga tak lepas dari perhatian Damarisa.

Mesin cuci yang dimilikinya ditempatkan dekat dengan lubang pembuangan. Air bekas mencuci pun bisa langsung terbuang dan tidak membuat area menjadi banjir.

Ruang cuci merupakan salah satu area yang umumnya tidak ingin diekspos pemilik rumah.

Itu sebabnya mereka menempatkan ruangan tersebut di belakang atau di area rumah yang tidak sering dilewati tamu.

Damarisa sendiri menempatkan ruang cucinya di belakang dapur. Berdampingan memang, namun ia menaruhwire meshsebagai pemisah di antara kedua area tersebut.

Biarpun terdapat sekat, baik arealaundryataupun dapur tetap tampak lega. Hal ini berkat pemilihan desain sekat yang memiliki banyak rongga berukuran besar.

Baca Juga: Curi Perhatian Ibu-ibu Arisan, Desain Dapur Luas Minimalis Ini Bukan Sekadar Tawarkan Kenyamanan, Tengok 7 Foto Aestheticnya

Instagram

Desain dapur menyatu dengan ruang cuci yang dekorasinya penuh dengan tanaman segar jadi sorotan. Lihat foto hasil aplikasinya.

“Keterbatasan ruang memaksa kami untuk menyiasatinya secara tepat. Penempatan area cuci sendiri ada di belakang dapur agar tidak terlalu terekspos, baik mesin cucinya maupun ruang jemurnya,” ungkap Damarisa beberapa waktu lalu seperti dikutip dari 99.co.

Damarisa mengatakan, saat ini ruang cuci pakaian yang dimilikinya cukup untuk mengakomodir kebutuhan mencuci dan menjemur pakaian tiga orang penghuni rumah.

Supaya tidak menumpuk, Damarisa menyiasatinya dengan tidak menumpuk pakaian kotor. “Jadi pakaian yang hendak dijemur bisa muat dan pas di ruang jemur,” imbuhnya.

Ia tidak menampik adanya kendala memiliki ruang cuci di area yang sempit. Damarisa menuturkan, ruangan cuci yangcompactmembuat proses menjemur jadi sedikit sulit.

Area cuci pun memiliki sirkulasi yang cukup padat ketika digunakan bersamaan dengan dapur. Ke depannya, ia dan suami ingin mengembangkan ruangan cuci tersebut agar lebih nyaman digunakan.

Lahan kosong yang letaknya tepat berada di atas dapur akan dirubah menjadi ruang cuci kecil. Sementara itu area bawah akan dirubah menjadi akses ke atas dengan penambahan tangga.

Baca Juga: Fungsi Maksimal di Balik Tampilan Aesthetic, Desain Kabinet Dapur Minimalis Memulas Area Memasak Jadi Tampak Cantik, Simak 8 Foto Hasilnya

Instagram @damaricha

Desain dapur menyatu dengan ruang cuci yang dekorasinya penuh dengan tanaman segar jadi sorotan. Lihat foto hasil aplikasinya.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Sumber : Berbagai sumber

Baca Lainnya