13 Cara Foto Instagram Aesthetic Hanya dengan Kamera Ponsel, Sekarang Jangan Ngeluh Lagi

Selasa, 25 Oktober 2022 | 23:27
Instagram

Inilah 13 cara foto Instagram aesthetic yang hanya memakai kamera ponsel. Jadi, sekatang jangan mengeluh lagi ya.

Fotokita.net - Inilah 13 cara foto Instagram aesthetic hanya dengan kamera ponsel. Jadi, mulai sekarang jangan mengeluh lagi ya.

Instagram mejadi kiblat sejumlah besar foto yang diambil dengan ponsel saat ini. Bahkan, hingga awal tahun 2021, diperkirakan lebih dari 50 miliar foto telah diunggah ke Instagram sejak didirikan pada 2010.

Agar foto kita menonjol di Instagram, tentu kita harus mengambil gambar dengan sungguh-sunguh. Nah, 13 cara foto Instagram aesthetic ini hanya membutuhkan alat fotografi berupa kamera ponsel. Jadi, sekarang jangan mengeluh lagi.

Dengan begitu banyak foto yang harus diperebutkan, cukup sulit untuk menarik perhatian pada diri sendiri di Instagram dan menonjol dari yang lain.

Namun, jika Anda mengunggah foto berkualitas baik ke akun Anda, peluang eksposur Anda dapat meningkat.

Pada artikel ini, kita akan mempraktikan 13 cara foto Instagram nan aesthetic. Kita bisa mengambil foto Instagram yang bagus dengan kamera ponsel kesayangan. Yuk, kita simak baik-baik.

1.Dapatkan pencahayaan terbaik

Saat mengambil foto untuk Instagram dengan ponsel Anda, pencahayaan adalah yang paling penting. Memahami pencahayaan dan cara menggunakannya dapat membantu Anda mengubah foto yang terlihat biasa-biasa saja menjadi gambar yang menakjubkan.

Pencahayaan terbaik untuk digunakan adalah pencahayaan alami, tetapi Anda harus berhati-hati dengannya. Matahari adalah sumber cahaya yang keras yang dapat memberikan bayangan yang tidak menarik pada Anda atau subjek Anda.

Waktu terburuk untuk mengambil foto di luar ruangan adalah tengah hari pada hari yang cerah dan cerah. Setidaknya pada hari yang mendung, awan menyebarkan matahari dan menciptakan cahaya yang lebih lembut dan merata.

Waktu favorit banyak fotografer untuk memotret adalah saat golden hour. Ini adalah periode saat matahari terbit atau terbenam di mana matahari berada rendah di cakrawala dan memancarkan cahaya keemasan yang hangat pada subjek Anda.

Baca Juga: Gak Ada Kata Sulit, Ini 9 Cara Foto Tempat Wisata Keren Pakai Kamera Ponsel

Instagram

Inilah 13 cara foto Instagram aesthetic yang hanya memakai kamera ponsel. Jadi, sekatang jangan mengeluh lagi ya.

Jika Anda mengambil gambar di dalam ruangan, sangat penting bagi Anda untuk menggunakan pencahayaan yang memadai karena smartphone terkenal tidak berkinerja baik dalam kondisi cahaya rendah.

Pada siang hari Anda dapat memanfaatkan cahaya alami di dalam ruangan dengan mengambil foto di dekat jendela, skylight, pintu, atau bukaan lain di mana cahaya matahari dapat masuk. Atau, Anda dapat menggunakan lampu rumah jika lampu tersebut memberikan penerangan yang cukup untuk ponsel Anda, atau Anda dapat mengatur lampu sendiri. Tapi apa pun yang Anda lakukan, jangan gunakan flash di ponsel Anda. Itu merusak foto.

2. Ekspos dengan baik

Setelah Anda memiliki pencahayaan yang tepat, Anda perlu memeriksa kamera ponsel cerdas Anda untuk memeriksa apakah eksposurnya baik-baik saja. Anda tidak ingin foto Anda terlalu terang hingga ke titik di mana sangat terang sehingga Anda tidak dapat melihat detail dalam sorotan, atau terlalu gelap karena kurang terang.

Ponsel cerdas melakukan pekerjaan yang cukup baik untuk secara otomatis mendapatkan pengaturan eksposur yang benar, tetapi terkadang yang terbaik adalah menggunakan mode manual dan menyesuaikan eksposur sendiri, terutama dalam kondisi pencahayaan yang rumit. Dengan menyesuaikan ISO dan kecepatan rana, Anda dapat mengontrol eksposur foto.

Metode lain yang dapat Anda coba adalah pengukuran. Jika aplikasi kamera Anda memiliki mode manual, Anda dapat memilih mode pengukuran yang sesuai dengan situasi Anda. Anda juga dapat mengubah nilai eksposur (EV) untuk mendapatkan eksposur yang Anda inginkan.

Instagram

Inilah 13 cara foto Instagram aesthetic yang hanya memakai kamera ponsel. Jadi, sekatang jangan mengeluh lagi ya.

3. Perhatikan komposisi

Dalam fotografi, komposisi mengacu pada cara berbagai elemen diatur dalam sebuah foto agar terlihat bagus, mirip dengan bagaimana seorang komposer musik mengatur not musik dengan cara yang terdengar bagus di telinga.

Salah satu prinsip komposisi yang paling terkenal adalah aturan sepertiga, yang membagi gambar menjadi tiga bagian di mana tujuannya adalah untuk menyelaraskan titik menarik di foto Anda dengan garis dan di mana mereka berpotongan.

Tapi itu bukan satu-satunya teknik komposisi yang bisa Anda gunakan untuk membuat foto Instagram Anda terlihat bagus. Menggunakan simetri dan asimetri juga dapat membuat beberapa gambar yang mencolok. Hal yang sama berlaku untuk penggunaan ruang negatif dan positif.

Peraturan dibuat untuk dilanggar. Setelah Anda memahami prinsip komposisi, Anda dapat mengubah aturan tersebut dan melanggarnya untuk menangkap beberapa bidikan yang unik dan kreatif.

Baca Juga: Buktikan Sendiri Biar Tahu Rasanya, Ini Cara Foto Aesthetic Cuma Pakai Kamera Murah

Instagram

Inilah 13 cara foto Instagram aesthetic yang hanya memakai kamera ponsel. Jadi, sekatang jangan mengeluh lagi ya.

4. Ubah sudut

Terkadang, untuk mendapatkan foto terbaik, Anda hanya perlu bergerak sedikit. Perspektif yang berbeda dapat memberi Anda peluang tembakan hebat yang seharusnya Anda lewatkan jika Anda hanya bertahan di satu posisi.

Jangan takut untuk turun ke tanah atau memanjat di atas benda-benda untuk mendapatkan bidikan Anda. Anda mungkin terlihat gila dan beberapa orang mungkin melihat Anda lucu di depan umum, tetapi hasilnya akan sepadan.

Sudut yang Anda pilih juga dapat memengaruhi cara seseorang melihat subjek. Misalnya, memotret dari sudut rendah dapat membuat subjek tampak lebih besar dari aslinya, sedangkan bidikan dari sudut tinggi dapat membuat subjek terlihat kecil dan tunduk.

Jadi ketika memilih sudut, pikirkan tentang apa yang Anda ingin gambar Anda katakan dan pergi dengan sudut yang melengkapi pesan itu.

5. Tekankan subjek Anda

Sebuah foto tanpa subjek yang jelas dapat membingungkan dan tampak kurang arah. Untuk mengambil foto Instagram yang bagus dengan ponsel Anda, Anda memerlukan subjek yang menarik dan menarik secara visual. Subjek Anda bisa apa saja mulai dari manusia hingga serangga, hewan, bangunan, lanskap, dan banyak lagi.

Foto terbaik adalah foto yang subjeknya menarik perhatian Anda. Untuk melakukan ini dengan foto Instagram Anda, Anda dapat bermain dengan warna, skala, tekstur, pencahayaan, dll. untuk membuat subjek Anda menonjol. Anda juga dapat menggunakan kontras dan kesederhanaan untuk membuat subjek Anda lebih menonjol.

Menekankan subjek berarti mengarahkan mata ke tempat yang seharusnya dilihat. Jadi, jangan takut untuk menggunakan metode kreatif dan artistik untuk menarik perhatian subjek Anda.

Instagram

Inilah 13 cara foto Instagram aesthetic yang hanya memakai kamera ponsel. Jadi, sekatang jangan mengeluh lagi ya.

6. Tambahkan kedalaman

Kita hidup di dunia tiga dimensi, namun foto yang kita ambil dengan kamera kita adalah dua dimensi. Salah satu cara untuk mengambil foto Instagram yang bagus dengan ponsel Anda, Anda perlu menambahkan kedalaman pada gambar Anda. Bagaimana Anda melakukannya?

Baca Juga: 7 Cara Foto yang Estetik dengan Kamera HP, Wajib Kita Coba Nih!

Cara terbaik untuk menambahkan kedalaman pada gambar Anda adalah dengan memiliki beberapa elemen latar depan, tengah, dan latar belakang di foto Anda. Misalnya, gambar di bawah ini menciptakan kedalaman dengan menempatkan cangkir kopi di latar depan dan elemen lain di belakangnya.

Ini tidak hanya akan menciptakan kedalaman pada foto Anda dengan menambahkan lapisan ke gambar, tetapi juga memberi Anda kesempatan untuk menggunakan fokus kamera untuk mengarahkan mata ke subjek dengan mengaburkan elemen latar belakang dan latar depan.

7. Rencanakan bidikan Anda

Terkadang bidikan Instagram yang sempurna terjadi saat itu juga. Di lain waktu, untuk mendapatkan bidikan Insta yang sempurna, Anda harus merencanakan ke depan.

Misalnya, jika kisi Instagram Anda memiliki estetika tertentu, maka Anda perlu merencanakan bidikan Anda dan memastikannya sesuai dengan estetika umum merek pribadi atau profesional Anda.

Merencanakan pemotretan Anda tidak harus memakan waktu berhari-hari atau berminggu-minggu. Itu bisa terjadi dalam hitungan detik, terutama dengan fotografi jalanan, misalnya.

Merencanakan foto hanya tentang meluangkan waktu untuk memikirkan gambar yang ingin Anda ambil dan bagaimana Anda dapat menangkapnya sebaik mungkin pada saat yang tepat. Apa yang dapat Anda tambahkan atau hapus dari bingkai untuk membuat foto terbaik?

Merencanakan bidikan Anda juga memungkinkan Anda memilih latar belakang terbaik untuk subjek Anda, menyertakan alat peraga yang menghidupkan gambar, mengemas perlengkapan ekstra, dan mendapatkan pencahayaan terbaik.

Sangat mudah untuk melihat gambar yang direncanakan dan dipikirkan dengan matang, bahkan jika itu adalah bidikan candid.

Instagram

Inilah 13 cara foto Instagram aesthetic yang hanya memakai kamera ponsel. Jadi, sekatang jangan mengeluh lagi ya.

8. Gunakan peralatan yang tepat

Bagian penting, namun sering diabaikan tentang cara mengambil gambar Instagram yang bagus dengan ponsel Anda adalah ponsel itu sendiri. Anda tidak dapat berharap untuk mendapatkan foto Instagram yang bagus dari ponsel Anda jika kualitas kameranya buruk.

Baca Juga: Gak Bikin Pusing, Cara Foto di TikTok Ternyata Segampang Ini

Jika Anda ingin mengambil foto seluler yang bagus untuk Instagram, Anda harus menggunakan ponsel dengan kamera yang bagus.

Perlengkapan penting lainnya adalah tripod. Jika Anda ingin mencegah foto buram, mengambil bidikan kreatif, atau mengambil foto seluruh tubuh Anda sendiri, maka Anda harus menggunakan tripod. Tidak ada dua cara tentang hal itu. Setiap Instagramer berpengaruh menggunakan tripod, begitu juga Anda.

Dan, seperti yang disebutkan sebelumnya, pencahayaan sangat penting dalam fotografi seluler. Anda bisa mendapatkan tripod dengan light ring yang dapat membantu Anda mendapatkan pencahayaan yang lebih baik untuk foto Instagram Anda.

Jika tidak, Anda bisa mendapatkan lampu khusus untuk ponsel cerdas Anda yang dirancang khusus untuk fotografi seluler. Ingat, Anda harus menghindari penggunaan flash on-board ponsel.

9. Jangan gunakan aplikasi Instagram

Meski terdengar aneh, sebaiknya jangan gunakan aplikasi Instagram untuk mengambil gambar atau mengeditnya. Kamera asli Instagram sangat terbatas fungsinya dan editor foto memampatkan foto Anda setelah Anda mengeditnya.

Lebih baik menggunakan aplikasi kamera yang memiliki mode manual dan aplikasi pengeditan foto yang tidak memampatkan foto Anda saat Anda menyimpannya. Anda cukup menggunakan aplikasi Instagram untuk mengunggah foto Anda.

Instagram

Inilah 13 cara foto Instagram aesthetic yang hanya memakai kamera ponsel. Jadi, sekatang jangan mengeluh lagi ya.

10. Pelajari kamera ponsel Anda

Sebuah kamera hanya sebaik operatornya. Jadi, untuk mengambil gambar yang bagus untuk Instagram dengan ponsel Anda, Anda perlu mempelajari lebih lanjut tentang kameranya. Karena ukurannya, smartphone memiliki beberapa keterbatasan dibandingkan dengan kamera khusus seperti DSLR.

Memahami keterbatasan ini dan bekerja di dalamnya akan memungkinkan Anda untuk mengambil gambar terbaik dengan kamera ponsel Anda.

Baca Juga: Anak Kecil Aja Bisa Tuh! Ini 10 Cara Foto yang Estetik di Kamera HP, Hasilnya Bak Fotografer Pro

11. Zoom digital

Jika subjek Anda jauh dari Anda, lebih baik untuk mendekatinya jika memungkinkan daripada menggunakan zoom digital di ponsel Anda. Itu karena zoom digital semakin menurunkan kualitas gambar saat Anda memperbesar.

Beberapa ponsel cerdas memiliki lensa telefoto atau kamera periskop yang mengklaim dapat memberikan zoom optik 3x atau 5x, atau zoom hibrida 10x.

Meskipun opsi ini memberikan hasil yang jauh lebih baik daripada zoom digital, selalu lebih baik untuk memperbesar dengan kaki Anda.

12. Pengeditan berlebihan

Salah satu cara untuk merusak foto yang berpotensi bagus adalah dengan menambahkan terlalu banyak efek dan filter saat mengedit. Ini mengalihkan perhatian dari gambar dan menjadikan pengeditan sebagai titik fokus. Kecuali itu yang Anda inginkan, yang terbaik adalah membuat pengeditan sesederhana mungkin sehingga tidak mengganggu.

13. Terus berlatih

Misalnya, berlatihlah mengambil foto dalam kondisi pencahayaan yang berbeda di dalam ruangan sampai Anda menguasainya dan kemudian berlatihlah di luar ruangan.

Anda dapat memulai dalam mode otomatis dan bekerja dengan cara Anda menggunakan mode manual. Sebelum Anda menyadarinya, Anda akan menjadi fotografer seluler yang cukup kompeten.

Mengambil foto yang bagus untuk Instagram dengan ponsel cerdas Anda seharusnya tidak sulit sama sekali jika Anda memiliki alat yang tepat dan Anda tahu apa yang Anda lakukan.

Dengan mengikuti tips di atas dan berlatih terus-menerus, Anda seharusnya dapat mengambil foto Instagram yang bagus dengan ponsel Anda dalam waktu singkat.

Baca Juga: Dikasih Tahu Fotografer Pro, Ini 10 Cara Foto yang Bagus Pakai Kamera Smartphone, Wajib Dicoba Nih!

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Sumber : Berbagai sumber

Baca Lainnya