Tak Perlu Kamera HP Mahal, 4 Cara Foto Aesthetic Ini Bikin Konten Instagram Kita Sempurna!

Senin, 24 Oktober 2022 | 23:23
Instagram

4 cara foto aesthetic ini dijamin bikin konten Instagram kita jadi sempurna. Ternyata tak perlu kamera HP mahal! Yuk ikuti cara sederhananya.

Fotokita.net - Kita tak perlu kamera HP mahal. 4 cara foto aesthetic ini bikin konten Instagram kita sempurna!

Kira tidak perlu peralatan mahal atau gelar fotografi untuk mengambil foto Instagram yang bagus untuk feed milik kita. Kami membagikan 4 cara foto aesthetic untuk mendapatkan bidikan konten Instagram yang sempurna!

Kita bisa mendapatkan foto Instagram yang sempurna dengan menggunakan apa yang sudah kita miliki setiap saat, kamera HP kita!

Kami telah menyusun panduan praktis ini untuk mengambil, mengedit, dan berbagi foto Instagram semua dari ponsel Anda. Dengan tips dan trik kami, Anda akan mendapatkan konten A+ dalam waktu singkat.

Cara Nomor 1: Periksa Pengaturan Kamera HP untuk Foto Instagram Berkualitas Tinggi

Sebelum hal lain, untuk meningkatkan foto Instagram Anda, Anda harus memeriksa pengaturan kamera Anda.

Sebagian besar kamera ponsel sangat kuat, dengan kamera depan 12 megapiksel dan bukaan /2.2, tetapi bagian yang sulit adalah mempelajari cara menggunakannya.

Jadi, aturan pertama fotografi Instagram adalah selalu melihat apa yang sedang Anda kerjakan sebelum mulai memotret.

1. Matikan HDR

HDR — atau Rentang Dinamis Tinggi — adalah fitur di iPhone dan Android dan pada dasarnya ada untuk membantu Anda mengambil foto yang tampak lebih baik.

Dibutuhkan beberapa foto yang sama pada eksposur berbeda dan menyatukannya menjadi satu, sehingga foto terakhir memiliki banyak detail.

Baca Juga: Padahal Cuma Pakai Kamera HP, 9 Cara Foto Instagram Ini Dijamin Banjir Likes

Instagram

4 cara foto aesthetic ini dijamin bikin konten Instagram kita jadi sempurna. Ternyata tak perlu kamera HP mahal! Yuk ikuti cara sederhananya.

Jika Anda yakin bekerja dengan HDR, itu bisa menjadi luar biasa. Namun, sulit untuk memperbaikinya dan terkadang dapat membuat foto Anda terlihat tidak alami dan tidak biasa.

Untuk mempermudah, biarkan kamera melakukan pekerjaan berat dan matikan pengaturan HDR kamera Anda. Anda masih akan mendapatkan gambar berkualitas tinggi tanpa perlu berpikir terlalu dalam tentang tingkat eksposur Anda.

2. Periksa Mode Foto

Ada begitu banyak pengaturan berbeda pada kamera ponsel akhir-akhir ini sehingga terkadang sulit untuk mengetahui pengaturan apa yang berguna dan mana yang tidak.

Salah satu mode foto yang populer adalah “mode potret”, yang secara otomatis mendeteksi subjek yang cukup terang dalam jarak tertentu dari kamera dan menciptakan efek bokeh (kedalaman bidang).

Mode potret sangat bagus saat Anda mengambil — Anda menamakannya — potret. Tapi itu tidak semua itu baik untuk! Banyak blogger dan influencer menggunakan mode potret untuk foto makanan atau produk juga!

Sekarang, mari kita bicara tentang jebakan fotografi — mode potret tidak bagus saat Anda memotret di dalam atau dalam cahaya redup.

Mode foto ini juga membutuhkan subjek yang diam. Misalnya, jika Anda memotret seseorang yang melompat atau berjalan, Anda akan ingin mematikan mode potret dan beralih ke mode lain.

Tapi jangan biarkan hal itu membuat Anda kecil hati, mode potret harus tetap memiliki tempat di gudang fotografi Anda — selektiflah saat Anda menggunakannya!

Jika Anda menggunakan iPhone dan memotret objek bergerak seperti seseorang yang berpose di dinding yang Instagrammable, cobalah memotret dalam mode foto langsung atau tahan tombol bidik untuk mengaktifkanburst.

Dengan burst, iPhone Anda akan memotret hingga 10 foto yang memungkinkan Anda untuk menyaring dan memilih yang terbaik setelahnya. Jangan khawatir, jika Anda menggunakan Android, Anda juga dapat mengaktifkan fitur burst dengan menahan tombol rana.

Baca Juga: Gak Ada Kata Sulit, Ini 9 Cara Foto Tempat Wisata Keren Pakai Kamera Ponsel

Instagram

4 cara foto aesthetic ini dijamin bikin konten Instagram kita jadi sempurna. Ternyata tak perlu kamera HP mahal! Yuk ikuti cara sederhananya.

Cara Nomor 2: Trik Menangkap Foto Instagram yang Sempurna di Kamera HP

1. Memahami Depth of Field

Membuat DOF (Depth of Field) dengan kamera HP Anda adalah cara yang sangat keren untuk meningkatkan permainan foto Instagram Anda.

Ini tidak terlalu sulit dan setelah Anda menguasainya, pengikut Anda akan bertanya kamera apa yang Anda gunakan untuk mengambil foto Anda!

Katakanlah Anda mengambil gambar seseorang yang menghadap ke air dan Anda ingin orang tersebut dalam fokus dan latar belakang buram, ketuk subjek Anda dan tunggu hingga kotak kuning muncul (jika menggunakan Android, mengetuk layar untuk fokus juga berfungsi!)

Di mana Anda melihat kotak kuning menunjukkan siapa/apa yang menjadi fokus. Anda harus bergerak untuk mendapatkan DOF yang sempurna.

Foto-foto terbaik membutuhkan trial and error, tetapi kami yakin Anda akan segera menemukan mojo Anda.

2. Dapatkan Komposisi Anda dengan Benar

Foto Instagram yang indah mengarahkan pemirsa ke subjek foto sambil menangkap emosi atau cerita.

Saat Anda mengambil foto dengan kamera ponsel, komposisi inilah yang akan membantu gambar Anda berubah dari "baik" menjadi "hebat".

Jadi, bagaimana Anda mendapatkan komposisi yang tepat? Dengan sesuatu yang disebut aturan sepertiga.

Baca Juga: 8 Cara Foto Selfie yang Keren, Nomor 7 Bikin Senyum-senyum Sendiri

Dikenal sebagai aturan emas fotografi, aturan sepertiga membantu memecah gambar Anda menjadi (Anda dapat menebaknya) 3 bagian atau bagian.

Tujuannya adalah untuk menempatkan aspek yang paling menarik dari foto di persimpangan grid untuk menciptakan foto yang seimbang dan tampak alami.

Jika Anda tidak dapat membayangkan kisi-kisi itu sendiri, kamera iPhone dan Android memiliki opsi untuk mengaktifkan kisi-kisi saat memotret.

Catatan: Jika Anda bekerja dengan ponsel Android, buka Pengaturan Kamera Anda, dan pilih Garis Kisi

Seperti aturan apa pun, mereka dibuat untuk dilanggar, bukan? Anda tidak perlu mengikuti aturan sepertiga saat mengambil foto Instagram dengan kamera ponsel Anda. Tapi itu hanya ada untuk membantu Anda sebagai panduan jika Anda membutuhkannya.

3. Pikirkan Tentang Pencahayaan dan Eksposur

Anda tahu ketika Anda mengambil foto di luar, Anda bersemangat untuk mempostingnya, hanya untuk kemudian menyadari bahwa itu benar-benar terlalu terang? Itu bisa terjadi pada yang terbaik dari kita!

Salah satu peretasan fotografi favorit kami adalah untuk mengatasi hal ini: kurangi pencahayaan kamera Anda!

Saat Anda memotret, selalu lebih baik untuk memiliki bidikan yang kurang terang untuk diperbaiki di pos, daripada memiliki foto yang meledak.

Ini sangat mudah dilakukan di iPhone dan Android. Jika Anda menggunakan iPhone, ketuk layar ponsel Anda saat Anda mengambil bidikan dan tunggu hingga kotak kuning muncul.

Setelah itu, pindahkan matahari kecil di sebelah kanan kotak dan Anda akan melihat eksposur menurun dan terus memindahkan matahari terbenam kuning sesuai keinginan Anda.

Baca Juga: Bocoran Settingan Gampang Diikuti, Ini 11 Cara Foto yang Keren Pakai Kamera HP iPhone dan Android

Ini pada dasarnya adalah kesepakatan yang sama di Android - cukup ketuk layar pada bagian yang lebih gelap dan lebih terang dari bidikan dan itu akan menyeimbangkan eksposur secara manual.

TIPS: Cara terbaik untuk mendapatkan foto Instagram yang keren adalah dengan memotret dalam cahaya alami! Jika Anda dapat menggunakan sinar matahari alami atau benar-benar berada di luar, lakukanlah. Anda akan melihat foto Anda akan terlihat jauh lebih profesional daripada memotret di dalam atau dengan flash.

Cara Nomor 3: Pelajari Cara Mengatur Pemotretan

Anda telah menurunkan pengaturan kamera dan sekarang saatnya untuk mengambil foto.

Baik Anda mengambil selfie, berbaring datar, foto makan siang Anda, atau foto seorang blogger di depan dinding mural, penting untuk mempertimbangkan arah seni bidikan Anda!

Di Android, Anda dapat mengatur dan menangkap bidikan Anda dengan kontrol suara. Ambil foto dengan mengucapkan “senyum”, “cheese”, “tangkap”, atau “bidik”.

Fitur kontrol suara dapat membantu untuk selfie dan saat-saat ketika Anda memiliki bidikan yang sempurna tetapi tidak ingin menekan tombol dan merusak momen tersebut.

Menguasai Flat Lay:

Flat lay selalu menjadi sangat populer di Instagram, tetapi tidak ada yang terlihat lebih baik daripada makanan dalam pengaturan flat lay yang indah!

Saat Anda memotret makanan, ada beberapa hal yang harus Anda ingat. Makanan terlihat paling baik dari atas dan dengan cahaya alami.

Pikirkan untuk menggunakan latar belakang bertekstur saat Anda merencanakan bidikan Anda. Putih, beton ringan, marmer, meja kayu, dan pastel adalah pilihan yang bagus.

Baca Juga: Tinggal Latihan Terus, Ini 7 Cara Foto Estetik Pakai Trik Kamera IPhone, Hasilnya Tambah Keren!

Jenna Rae Cakes, toko roti Kanada yang cantik secara estetika, melakukan pekerjaan yang baik dalam memotret makanan panggang mereka.

Tentu saja, bukan hanya makanan yang berfungsi dalam pengaturan flay lay — jepretan produk, dan "deskie" yang menyenangkan selalu bekerja dengan baik di grid Anda!

Anda tidak perlu memiliki studio foto atau pemotretan profesional untuk mengambil konten pembunuh untuk merek atau bisnis Anda. Dengan budget minim, Anda bisa mendirikan studio fotografi sendiri di rumah.

Menemukan Latar Belakang yang Sempurna:

Jika Anda ingin mengambil foto Instagram yang berhenti menggulir, Anda harus menemukan tempat foto terbaik. Tapi, ingat, Anda bisa membuat spot apa saja yang Instagrammable menggunakan mata kreatif Anda.

Baik itu kota tempat Anda tinggal atau bepergian, Anda dapat menelusuri lokasi dan tagar di Instagram untuk mendapatkan inspirasi!

Studio DIY Wall Crawl adalah tempat yang tepat untuk mulai menemukan dinding latar belakang yang mengagumkan untuk bidikan Anda berikutnya!

Tip: Berpose di depan kamera itu sulit, sebaliknya, mintalah teman fotografer Anda untuk memotret Anda dan terus bergerak di depan kamera — beberapa bidikan terbaik diambil saat sedang bergerak.

Pikirkan Tentang Alat Peraga

Baik Anda akan menjadi subjek foto Anda, atau Anda mengambil beberapa bidikan produk, satu atau dua penyangga dapat membantu dalam membangun foto yang lebih baik.

Dari memegang cangkir kopi yang lucu, hingga dedaunan hijau dan tumbuhan, memiliki sesuatu yang "ekstra" pada bingkai Anda dapat menghidupkannya.

Baca Juga: Tinggal Latihan Terus, Ini 7 Cara Foto Estetik Pakai Trik Kamera IPhone, Hasilnya Tambah Keren!

Instagram

4 cara foto aesthetic ini dijamin bikin konten Instagram kita jadi sempurna. Ternyata tak perlu kamera HP mahal! Yuk ikuti cara sederhananya.

Cara Nomor 4: Mengedit dan Pasca Produksi

Anda telah mengambil foto dan Anda tahu itu fotonya, tetapi sekarang saatnya Anda membawanya ke level berikutnya.

1. Edit menggunakan Preset Lightroom

Menggunakan Lightroom untuk mengedit foto Anda adalah salah satu cara terbaik untuk membuat foto Anda terlihat cantik di Instagram. Dan, selain mendapatkan foto cantik yang sangat trendi, preset Lightroom membuat proses pengeditan menjadi sangat mudah dan cepat.

Plus, Anda dapat mengedit dengan Lightroom CC di ponsel Anda secara gratis!

Setelah Anda mulai mengedit dengan Lightroom, bahkan hanya dengan menggunakan preset Lightroom bawaan (yang seperti "filter"), Anda akan mulai melihat kualitas gambar Anda meningkat secara drastis, dan Anda akan mulai mengembangkan gaya yang unik untuk Anda dan umpan Instagram Anda!

Saat Anda puas dengan konten Anda dan merasa siap untuk memposting, hemat waktu dengan menjadwalkan, dan publikasikan konten Anda secara otomatis dengan Nanti.

Meluangkan waktu untuk menjadwalkan posting beberapa hari sekaligus adalah cara yang bagus untuk mengelompokkan posting di awal setiap minggu sehingga Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk memotret dan merencanakan konten Anda tanpa harus menghabiskan banyak waktu di saluran sosial Anda setiap hari !

2. Edit Menggunakan Aplikasi Pengeditan

Mencari pengeditan cepat untuk membantu Anda menaikkan level foto Anda?

Ada banyak sekali aplikasi yang dapat membantu Anda melakukannya, dengan filter yang sedang tren, pengeditan yang cerdas, dan alat koreksi warna yang sempurna.

Baca Juga: Gak Bikin Pusing, Cara Foto di TikTok Ternyata Segampang Ini

Instagram

4 cara foto aesthetic ini dijamin bikin konten Instagram kita jadi sempurna. Ternyata tak perlu kamera HP mahal! Yuk ikuti cara sederhananya.

Ini adalah beberapa aplikasi pengeditan foto favorit kami untuk dicoba.

1. VSCO

2. Tezza

3. Snapseed

4. A Color Story

Faktanya, kami sangat menyukai tren stiker overlay Instagram, sehingga kami membuat stiker kami sendiri untuk Anda gunakan di postingan Anda!

Fotografi Instagram seharusnya tidak terasa berlebihan, atau di luar jangkauan Anda — hanya dengan ponsel Anda memiliki semua alat yang Anda butuhkan untuk membuat gambar dan postingan yang menonjol untuk profil Anda.

Tetapi langkah pertama untuk mendapatkan kisi-kisi cantik itu adalah keluar dan memotret konten Anda!

Baca Juga: Buktikan Sendiri Biar Tahu Rasanya, Ini Cara Foto Aesthetic Cuma Pakai Kamera Murah

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya