Gak Ada Kata Sulit, Ini 9 Cara Foto Tempat Wisata Keren Pakai Kamera Ponsel

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 23:24
CNET

Yuk kita ketahui 9 ara foto tempat wisata keren pakai kamera ponsel. Ternyata nggak ada kata sulit kan? Coba dari sekarang!

Fotokita.net - Inilah 9 cara foto tempat wisata keren pakai kamera ponsel. Nggak kata sulit kok buat mencobanya.

Ponsel canggih iPhone 13 Pro, Google Pixel 6 Pro, dan Samsung Galaxy S21 Ultra memiliki kamera luar biasa yang dapat menangkap jenis foto menakjubkan yang biasanya Anda harapkan dari DSLR pro-level dengan harga setinggi langit.

Bahkan ponsel yang lebih lama atau lebih terjangkau seperti iPhone 11, OnePlus 9 atau Pixel 5 dapat mengambil bidikan menakjubkan yang akan mengesankan Instagram Anda tanpa henti. Inilah 9 cara foto tempat wisata keren pakai kamea ponsel.

Dalam langkah mudah ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara mengambil foto lanskap dengan ponsel Anda, apakah Anda sedang menuju ke pedesaan atau jauh ke jantung pegunungan.

Sementara beberapa tips berlaku untuk handset terbaru dengan beberapa opsi lensa, banyak yang relevan apakah ponsel Anda berusia tiga bulan atau tiga tahun, Apple atau Android.

1. Urutkan pengaturan kamera ponsel Anda

Ponsel Anda mungkin mampu mengambil foto lanskap yang retak dalam mode otomatis default, tetapi mari kita melangkah lebih jauh.

Jika ponsel Anda memiliki mode "pro" yang memberi Anda kontrol pengaturan manual, alihkan ke mode itu. Jika tidak, aplikasi seperti Moment, Lightroom, atau MuseCam memungkinkan Anda mengontrol pengaturan seperti ISO, kecepatan rana, dan white balance.

Yang terpenting, aplikasi ini juga memungkinkan Anda memotret dalam format mentah. Foto mentah tidak menyimpan banyak pengaturan kamera otomatis yang biasanya diterapkan ponsel Anda ke gambar JPEG, seperti keseimbangan putih atau penajaman.

Hasilnya adalah gambar yang memungkinkan Anda mengubah white balance, mengubah nada warna, dan menyelamatkan detail dari sorotan dan bayangan jauh lebih mudah, dan dengan lebih sedikit degradasi foto, dibandingkan dengan JPEG sederhana. Saya akan kembali membahas ini lebih lanjut di bagian pengeditan di bawah ini.

Iphone 13 Pro dan 12 Pro Max, dapat menggunakan format ProRaw baru perusahaan, yang menggunakan beberapa teknik fotografi komputasi seperti pencampuran HDR tetapi masih menghasilkan file DNG yang dapat diedit dengan mudah. Mengetuk tombol Raw pada layar kamera akan mengaktifkan pemotretan mentah.

Baca Juga: 8 Cara Foto Selfie yang Keren, Nomor 7 Bikin Senyum-senyum Sendiri

Dalam lanskap, mengubah white balance seringkali sangat penting. Mampu meredam beberapa sorotan dari langit yang cerah atau memunculkan bayangan di latar depan adalah penting.

Selain itu, kemampuan untuk mengubah white balance setelah Anda mengambil bidikan memberi Anda lebih banyak fleksibilitas dalam pengeditan (terutama yang kesempatan ketika Anda ingin menghangatkan nada di matahari terbenam yang indah, misalnya).

Kelemahan untuk memotret secara mentah adalah bahwa gambar Anda akan memerlukan beberapa pekerjaan di aplikasi pengeditan seperti Lightroom atau Snapseed sebelum Anda dapat membagikannya.

Memotret lanskap sering kali merupakan proses yang lebih lambat, lebih metodis, dan menghabiskan waktu dalam mengedit adalah bagian dari pengalaman membuat gambar yang indah.

2. Keluar pagi-pagi, pulang setelah gelap

Waktu dalam sehari adalah segalanya dalam fotografi lanskap, karena pencahayaan berubah sepenuhnya saat matahari lewat di atas kepala.

Waktu terbaik untuk menangkap cahaya dramatis adalah saat matahari terbit atau terbenam. Matahari rendah di langit pada kedua waktu tersebut, menghasilkan cahaya terarah dan bayangan panjang menutupi pemandangan.

Tengah hari biasanya adalah waktu yang paling buruk untuk memotret, karena cahaya di atas kepala tidak menciptakan banyak detail bayangan, sehingga menghasilkan pemandangan yang bisa terlihat datar dan tidak bernyawa.

Jika Anda memiliki lokasi tertentu dalam pikiran, ada baiknya mengatur alarm Anda dan keluar lebih awal untuk melihat apa yang dapat Anda tangkap saat matahari terbit.

Jika waktu memungkinkan, cobalah dan kembali untuk memotret pemandangan yang sama pada waktu yang berbeda dalam sehari untuk melihat waktu yang paling baik.

Baca Juga: Tinggal Latihan Terus, Ini 7 Cara Foto Estetik Pakai Trik Kamera IPhone, Hasilnya Tambah Keren!

CNET

Yuk kita ketahui 9 ara foto tempat wisata keren pakai kamera ponsel. Ternyata nggak ada kata sulit kan? Coba dari sekarang!

3. Perhatikan cuaca

Cuaca memainkan peran besar dalam fotografi luar ruangan, tetapi tidak lebih dari lanskap. Kondisi cuaca yang berbeda akan mengubah pemandangan Anda, benar-benar mengubah suasana hati, pencahayaan, dan warnanya. Tapi jangan berasumsi bahwa cuaca buruk berarti foto yang buruk.

Secara pribadi, kami menyukai firasat, suasana murung dari lanskap dengan awan badai gelap mengepul di atas. Seringkali cahaya yang datang setelah badai dapat terlihat sangat dramatis.

Jadi, meskipun pendakian ke lokasi yang Anda pilih mungkin melelahkan di tengah hujan lebat, tetap semangat dengan membayangkan foto indah yang mungkin Anda dapatkan di akhir.

Cuaca terburuk untuk lanskap adalah langit abu-abu yang polos dan menyedihkan di mana tidak ada tekstur pada awan, tidak ada cahaya yang menarik di daratan, dan tidak ada kontras dengan pemandangan di depan Anda.

Awasi aplikasi cuaca favorit Anda dan buat keputusan berdasarkan prediksi. Selama Anda telah mengemas pakaian yang tepat, Anda dapat menghadapi cuaca terburuk, dan jika cuaca terlalu buruk, navigasikan Google Maps ke pub terdekat untuk menikmati minuman yang enak.

4. Uji coba dengan lensa lebar dan zoom

Jika ponsel Anda memiliki mode sudut lebar, maka sekaranglah saatnya untuk mencobanya. Jika Anda tidak memiliki mode lebar di ponsel Anda sebagai standar, Anda dapat menggunakan lensa tambahan untuk mendapatkan efek yang sama.

Lanskap superlebar bisa sangat dramatis, karena menangkap begitu banyak pemandangan dalam satu gambar. Puncak-puncak gunung yang tadinya akan keluar dari bingkai tiba-tiba ditangkap dengan segala keagungannya, sementara sungai-sungai yang indah sekarang dapat dilihat secara keseluruhan, meliuk-liuk menjadi sebuah pemandangan.

Namun begitu Anda sudah merasakan kegembiraan melihat pemandangan secara penuh, coba gunakan lensa zoom telefoto di ponsel Anda untuk fokus pada beberapa detail di dalamnya.

Cari formasi batuan yang menarik, pola di lanskap, atau bentuk yang tidak biasa dalam pemandangan. Semuanya dapat menonjol saat Anda memperbesar atau memperkecil elemen pengganggu lainnya.

Baca Juga: Gak Bikin Pusing, Cara Foto di TikTok Ternyata Segampang Ini

CNET

Yuk kita ketahui 9 ara foto tempat wisata keren pakai kamera ponsel. Ternyata nggak ada kata sulit kan? Coba dari sekarang!

5. Berkonsentrasi pada komposisi

Sangat mudah untuk berpikir bahwa hanya menggunakan sudut selebar mungkin adalah jaminan foto lanskap yang keren, tetapi tidak demikian halnya.

Bahkan, untuk mendapatkan yang terbaik dari bidikan lebar Anda, Anda perlu lebih memikirkan komposisi.

6. Kepentingan latar depan

Carilah minat latar depan dalam adegan Anda. Tunggul pohon, bebatuan yang tertutup lumut, bahkan beberapa bunga liar yang cantik semuanya bisa digunakan untuk menarik perhatian penonton ke dalam sebuah pemandangan.

Saat Anda berada di puncak bukit untuk mengambil bidikan, luangkan beberapa menit untuk melihat-lihat sesuatu yang dapat Anda tempatkan dalam bidikan Anda untuk membantu menyatukan pemandangan.

7. Garis terdepan

Garis depan juga merupakan elemen hebat dari komposisi lanskap yang brilian. Jauhkan mata Anda dari jalur, dinding bagus, atau elemen panjang lainnya yang berliku lebih jauh ke dalam pemandanga, justru perspektif berliku itulah yang memungkinkan mata pemirsa mengikuti sepanjang garis dan masuk ke gambar Anda.

8. Cakrawala lurus

Jika ponsel Anda menunjukkan garis kisi atau alat leveling di layar, gunakan itu untuk memastikan garis cakrawala Anda lurus. Kemudian periksa kembali Anda tidak sengaja memotong bagian atas subjek Anda, baik itu gunung, bangunan atau beberapa pohon.

Ingat, Anda dapat melakukan banyak hal untuk meningkatkan gambar biasa-biasa saja dengan pengeditan, tetapi Anda tidak dapat melakukan apa pun untuk menyelamatkan komposisi yang buruk.

Baca Juga: 6 Cara Foto yang Bagus dengan Kamera Ponsel, Salah Satunya Sering Diremehkan

CNET

Yuk kita ketahui 9 ara foto tempat wisata keren pakai kamera ponsel. Ternyata nggak ada kata sulit kan? Coba dari sekarang!

9. Mengedit foto Anda

Gambar Anda belum selesai setelah Anda menekan tombol rana itu; hanya beberapa penyesuaian dalam aplikasi pengeditan yang diperlukan untuk mengubah jepretan sederhana menjadi karya seni yang indah.

Aplikasi pengeditan favorit saya adalah Adobe Lightroom Mobile, tetapi saya juga mendapatkan hasil yang bagus dari Google Snapseed, yang bisa Anda dapatkan secara gratis di Android dan iOS.

Anda dapat melihat kumpulan aplikasi pengeditan terbaik saya, yang mencakup berbagai opsi bagi Anda yang suka sedikit liar dengan pengeditan Anda.

Kami cenderung memulai dengan mengutak-atik white balance sehingga warnanya terlihat akurat, atau untuk memberikan dorongan kehangatan pada matahari terbenam yang indah.

Di sinilah pengambilan gambar mentah menjadi sangat bermanfaat. Saya akan mengubah tingkat eksposur, terutama sorotan dan bayangan, untuk membawa langit cerah sedikit lebih terkendali atau untuk meningkatkan bayangan di latar depan. Sedikit kontras tambahan dapat membantu menambahkan beberapa pukulan ke pemandangan juga.

Saran kami adalah membuat kopi, duduk dan bermain dengan slider di aplikasi pilihan Anda sepuasnya. Cobalah filter yang berbeda dan bereksperimen dengan melapisi efek yang berbeda di atas satu sama lain dengan menyimpan dan mengimpor ulang gambar Anda.

Ingatlah bahwa tidak ada cara yang benar atau salah untuk mengedit gambar, jadi nikmati kesenangan bermain-main, Anda selalu dapat kembali ke gambar aslinya jika tidak menyukai apa yang telah Anda buat.

Baca Juga: Segampang Menjentikkan Jari! Coba 15 Cara Foto yang Bagus Pakai Kamera Ponsel, Jangan Lagi Bilang Sulit

CNET

Yuk kita ketahui 9 ara foto tempat wisata keren pakai kamera ponsel. Ternyata nggak ada kata sulit kan? Coba dari sekarang!

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya