HP 1 Jutaan Bukan Hambatan! Begini 9 Cara Foto Keren yang Gampang Buat Langsung Dicoba

Jumat, 14 Oktober 2022 | 21:00
Unsplash

Begini 9 cara foto keren yang gampang buat langsung dicoba. Punya HP dengan kisaran harga 1 jutaan bukan hambatan!

Fotokita.net - Punya HP di kisaran harga 1 jutaan, tapi ingin bisa dapat foto keren? Nah, begini 9 cara foto keren yang gampang buat langsung dicoba.

Sekarang kita semua sudah familiar dengan dasar-dasar fotografi smartphone: Anda mengeluarkan HP dan menekan sebuah tombol.

Tetapi jika Anda benar-benar berencana untuk melestarikan kenangan itu untuk anak cucu, maka Anda pasti ingin ponsel Anda terlihat terbaik. Jadi, tinggal ikuti 9 cara foto keren yang gampang buat langsung dicoba ini. Punya HP 1 jutaan bukan hambatan.

Pengaturan kamera, pencahayaan, mode pemandangan, dan komposisi semuanya dapat berperan, seperti yang akan kami jelaskan.

Dan ketika foto Anda terlihat sangat fantastis, pastikan Anda juga meluangkan waktu untuk mencadangkannya di tempat yang aman.

1. Atur fokus dan eksposur

Kamera HP telah berkembang pesat dalam waktu singkat, dan sebagian besar handset sekarang memberi Anda kendali atas fokus dan eksposur bidikan Anda.

Jika fokus manual tersedia, biasanya diaktifkan dengan ketukan di layar, pada titik di mana Anda ingin kamera fokus.

Periksa juga pengaturan untuk aplikasi kamera ponsel Anda. Jika Anda menemukan opsi pengenalan wajah, itu akan secara otomatis membidik wajah, membantu Anda menghindari pemotretan di mana wajah teman Anda berantakan.

Lalu ada eksposur, atau seberapa banyak cahaya yang diizinkan masuk ke dalam bingkai. Di aplikasi kamera iPhone default, Anda dapat mengetuk sekali untuk fokus, lalu tahan dan seret untuk menyesuaikan eksposur.

Ini adalah cerita serupa di aplikasi kamera untuk stok Android: Ketuk sekali untuk fokus, lalu Anda dapat menyesuaikan eksposur melalui penggeser yang muncul di samping atau atas layar.

Baca Juga: Segampang Menjentikkan Jari! Coba 15 Cara Foto yang Bagus Pakai Kamera Ponsel, Jangan Lagi Bilang Sulit

Ist

Begini 9 cara foto keren yang gampang buat langsung dicoba. Punya HP dengan kisaran harga 1 jutaan bukan hambatan!

2. Gunakan Mode HDR

HDR, atau Rentang Dinamis Tinggi, kini menjadi fitur pokok untuk aplikasi kamera HP. Sederhananya, ini menghadirkan detail dari bagian paling gelap dan paling terang dari gambar Anda dan menciptakan keseimbangan warna yang lebih baik secara keseluruhan.

Kelemahannya adalah, dalam mode HDR, foto membutuhkan waktu lebih lama untuk diproses saat ponsel cerdas Anda menyelesaikan semua ini.

Ini sangat cocok untuk pemotretan lanskap dan potret, terutama bila ada rentang yang lebar antara bagian paling gelap dan paling terang dari foto Anda.

Karena dibutuhkan beberapa milidetik lebih lama untuk mengambil bidikan, Anda harus menghindari menggunakannya pada subjek yang bergerak cepat atau ketika Anda tidak dapat menjaga HP Anda tetap stabil. Apa pun merek dan model HP Anda, Anda akan melihat "mode HDR" di tempat yang menonjol di suatu tempat di layar.

Kemungkinan juga Anda dapat mengatur ini untuk secara otomatis masuk, yang berarti mode HDR akan diaktifkan kapan pun kamera merasakannya. Anda juga dapat mengaktifkan dan menonaktifkan mode HDR secara manual.

Ist

Begini 9 cara foto keren yang gampang buat langsung dicoba. Punya HP dengan kisaran harga 1 jutaan bukan hambatan!

3. Gunakan cahaya matahari

Cahaya adalah salah satu faktor terpenting dalam foto apa pun. Jika Anda dapat memanfaatkan cahaya matahari yang tersedia, maka Anda tidak perlu menggunakan lampu kilat bawaan ponsel Anda (yang mungkin memberi Anda hasil yang kurang ideal, terutama di kejauhan).

Jika Anda bisa, posisikan subjek Anda sehingga mereka cukup terang dari depan dan tidak siluet oleh cahaya yang kuat dari belakang. Tentu saja, ini tidak selalu memungkinkan untuk bidikan cepat, tetapi lakukan apa yang Anda bisa.

Menggunakan cahaya buatan juga bisa berhasil, meskipun Anda harus lebih berhati-hati. Dalam pemandangan malam, misalnya, mintalah teman Anda untuk berdiri lebih dekat dengan cahaya lampu buatan daripada lebih dalam di bayangan, dan pastikan wajah mereka diterangi dengan baik.

Menggunakan flash dapat membantu, tetapi jika Anda punya waktu, cobalah satu bidikan dengan flash dan satu tanpa untuk melihat perbedaannya.

Baca Juga: 17 Cara Foto Aesthetic Cuma Modal Kursi, Langsung Praktek Aja Deh!

Ist

Begini 9 cara foto keren yang gampang buat langsung dicoba. Punya HP dengan kisaran harga 1 jutaan bukan hambatan!

4. Jangan goyang-goyang

Satu bagian kamera HP masih tertinggal di belakang kamera digital adalah sensitivitas mereka terhadap gerakan.

Bahkan sedikit goyangan dapat membuat foto kamera HP tampak seperti diambil di atas perahu goyang, sementara DSLR yang lebih profesional dapat mengatasi jenis gerakan ini dengan lebih baik.

Oleh karena itu, penting untuk meminimalkan guncangan kamera sebanyak mungkin. Membeli tripod mungkin tampak berlebihan, tetapi Anda dapat memilih model tripod kecil dan murah yang dibuat khusus untuk smartphone.

Jika Anda tidak ingin mendapatkan tripod, gunakan apa pun yang tersedia—dinding, bahu teman, atau bahkan lengan Anda yang lain. Menjaga bidikan tetap stabil sangat penting dalam kondisi cahaya rendah, ketika waktu pencahayaan harus lebih lama.

Ist

Begini 9 cara foto keren yang gampang buat langsung dicoba. Punya HP dengan kisaran harga 1 jutaan bukan hambatan!

5. Terapkan aturan sepertiga

Ini adalah trik fotografi lama yang sudah ada selama bertahun-tahun, tetapi Anda masih bisa menerapkannya ke smartphone.Menurut aturan pertiga, sebuah gambar dibagi menjadi sembilan blok sama besar yang membentuk kisi tiga kali tiga.

Anda harus bertujuan untuk mendapatkan bagian paling menarik dari gambar Anda (seperti garis pohon atau sekelompok wajah) di dekat sudut segmen ini, tempat garis kisi imajiner bertemu.

Untuk meningkatkan komposisi bidikan Anda, cobalah aturan sepertiga. Baik Anda memotret teman di bar atau mengerjakan bidikan lanskap, Anda akan merasa sederhana dan efektif.

Ini bahkan lebih sederhana ketika Anda tidak perlu membayangkan sendiri garis pemisahnya. Ini adalah zaman fotografi kamaera HP instan, hampir setiap aplikasi kamera di luar sana akan menampilkannya untuk Anda.

Pada aplikasi kamera Android stok, Anda akan melihat ikon kisi di tepi layar, sementara di iOS opsi kisi ada di bawah Foto & Kamera di Pengaturan.

Baca Juga: Dikasih Tahu Fotografer Pro, Ini 10 Cara Foto yang Bagus Pakai Kamera Smartphone, Wajib Dicoba Nih!

Ist

Begini 9 cara foto keren yang gampang buat langsung dicoba. Punya HP dengan kisaran harga 1 jutaan bukan hambatan!

6. Ambil foto secara beruntun

Hari-hari menunggu film Anda diproses dan dikembangkan sebelum Anda dapat melihat foto Anda sudah lama berlalu.

Manfaatkan dunia baru fotografi instan kami yang berani dengan menembakkan sebanyak mungkin bidikan. Kemudian, Anda dapat meninjau gambar Anda setelah acara dan menghapus semua kecuali yang terbaik.

Sebagian besar ponsel hadir dengan mode burst untuk tujuan ini. Di iOS dan (stok) Android, Anda mengaktifkannya dengan menahan tombol rana dalam mode Foto. Anda dapat menyelami pengaturan kamera untuk membuat perubahan pada cara kerja mode burst.

Aplikasi kamera pihak ketiga juga sering memiliki mode burst. Ini memberi Anda berbagai gambar berbeda yang berguna untuk dipilih, dan dapat terbukti berguna dalam hampir semua situasi, mulai dari pemotretan keluarga biasa dengan sepupu Anda yang rentan berkedip hingga foto satwa liar.

Ist

Begini 9 cara foto keren yang gampang buat langsung dicoba. Punya HP dengan kisaran harga 1 jutaan bukan hambatan!

7. Edit gambar saat bepergian

Mendapatkan gambar yang bagus dari ponsel Anda tidak dimulai dan diakhiri dengan aplikasi kamera pilihan Anda.

Anda juga dapat menambahkan aplikasi pengeditan foto ke dalam campuran untuk mengubah bidikan Anda sebelum membagikannya ke dunia yang lebih luas.

Anda dimanjakan dengan pilihan di departemen ini. Selain galeri foto asli dan aplikasi pengeditan yang disediakan oleh Apple dan Google, alternatif seperti Snapseed (di atas), Adobe Photoshop Express, dan VSCO dapat melakukan keajaiban dengan gambar Anda. Adobe bahkan memasukkan AI ke dalam aplikasi pengeditan foto mereka.

Anda dapat menambahkan filter, mengubah warna, meluruskan gambar, dan banyak lagi. Perhatikan juga perbaikan "satu sentuhan" yang menyempurnakan gambar Anda dengan sedikit usaha dari Anda.

Beberapa aplikasi pengeditan gambar mengimpor foto yang diambil oleh kamera Anda, sementara yang lain memiliki komponen kamera terintegrasi sendiri. Yang membawa kita ke tip berikutnya…

Baca Juga: Nyesel Baru Tahu Kan? Cara Bikin Foto Aesthetic Ala 90-an Ternyata Semudah Ini, Hasilnya Keren Abis!

Ist

Begini 9 cara foto keren yang gampang buat langsung dicoba. Punya HP dengan kisaran harga 1 jutaan bukan hambatan!

8. Instal aplikasi kamera pihak ketiga

Jika Anda belum pernah berkelana di luar aplikasi kamera default ponsel Anda, maka Anda mungkin akan terkejut dengan banyaknya alternatif pihak ketiga di luar sana. Mereka memberi Anda akses ke pengaturan ekstra, fitur berbeda, dan kumpulan filter untuk membuat foto seluler Anda terlihat terbaik.

Ambil Manual untuk iOS, misalnya, yang memungkinkan Anda mengontrol kecepatan rana, ISO, white balance, dan lainnya.Afterlight untuk iOS dan Android memberi Anda akses ke seperangkat alat pro yang serupa, bersama dengan sekumpulan filter yang mengesankan.

Berbicara tentang filter, Instagram untuk iOS dan Android (di atas) bukan hanya jejaring sosial. Itu juga dapat mengubah foto jelek Anda menjadi karya seni dengan beberapa ketukan.

Aplikasi ini sekarang menyertakan sejumlah alat pengeditan dan penyesuaian selain filter yang terkenal, menjadikannya salah satu aplikasi pengambilan foto terbaik yang bisa Anda dapatkan.

Ist

Begini 9 cara foto keren yang gampang buat langsung dicoba. Punya HP dengan kisaran harga 1 jutaan bukan hambatan!

9. Jelajahi aplikasi kamera default

Bahkan dengan banyak aplikasi kamera pihak ketiga untuk dipilih, ada baiknya menjelajahi semua yang ditawarkan aplikasi default di ponsel Anda. Jika Anda menggunakan iOS, kamera internal dilengkapi dengan pilihan filter langsung yang dapat Anda pilih (ketuk ikon di sudut kanan atas untuk melihatnya).

Dan jika Anda menggunakan iPhone 7 Plus, maka Anda dapat menggeser ke mode Portrait untuk efek depth-of-field instan (di mana subjek tetap tajam tetapi latar belakangnya kabur).

Di Android, aplikasi kamera yang Anda miliki akan bervariasi tergantung pada pabrikan yang membuat ponsel Anda. Aplikasi Google Camera stok memiliki filter pencahayaan yang sangat berguna yang tersedia melalui ikon termometer.

Anda dapat memilih dari preset termasuk mendung dan tungsten, sehingga Anda bisa mendapatkan warna yang terlihat tepat, apa pun jenis cahaya yang Anda hadapi. Sementara itu, aplikasi kamera default dari Samsung, LG, Sony, Huawei (di atas), dan lainnya menyertakan berbagai adegan dan alat tambahan untuk dimainkan.

Pada handset Samsung yang lebih baru, misalnya, Anda dapat mengetuk tombol Mode untuk membuka mode Pro yang dikemas dengan filter dan penyesuaian untuk warna dan kontras yang dapat diubah bahkan sebelum Anda mengambil bidikan. Jadi buka aplikasi Anda, dan lakukan penjelajahan.

Baca Juga: Wajib Dicoba! Ini Cara Foto Aesthetic Ala TikTok, Ternyata Segampang Ini

Ist

Begini 9 cara foto keren yang gampang buat langsung dicoba. Punya HP dengan kisaran harga 1 jutaan bukan hambatan!

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Sumber : popsci.com

Baca Lainnya