Jawaban Bagaimana dengan Kehidupan dan Budaya Indonesia Kelas 6 SD

Selasa, 11 Oktober 2022 | 23:59
Freepik

Jawaban bagaimana dengan kehidupan dan budaya Indonesia yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 6 SD tema 1.

Fotokita.net - Jawaban bagaimana dengan kehidupan dan budaya Indonesia yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 6 SD tema 1.

Bagaimana dengan kehidupan dan budaya Indonesia?
Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudera. Letak tersebut membuat Indonesia berada di tempat yang cukup strategis. Dengan letak yang cukup strategis tersebut, Indonesia memiliki fasilitas jalur transportasi yang sangat menguntungkan, baik itu jalur darat, laut, mau pun udara. Selain itu, letak yang strategis ini juga menyebabkan Indonesia memiliki iklim tropis. Selain memiliki letak dan iklim yang sangat baik, Indonesia juga merupakan satu-satunya negara yang terdiri atas beribu-ribu pulau. Indonesia setidaknya memiliki 17.504 pulau besar dan pulau kecil dan sekitar 6000 pulau di antaranya tidak berpenghuni. Pulau tidak berpenghuni ini menyebar di sekitar garis Khatulistiwa.

Wilayah Indonesia terbentang sepanjang 3.977 mil di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Apabila perairan antara pulau-pulau tersebut digabungkan, luas Indonesia mencapai 1,9 juta mil2. Pulau terpadat di Indonesia terletak di Pulau Jawa. Jumlah penduduk di Pulau ini mencapai setengah dari jumlah populasi di Indonesia. Oleh karena itu, Pulau Jawa ini dijadikan sebagai wilayah pusat dari Negara Indonesia, karena ibukota negara Indonesia terletak di pulau ini, yaitu Jakarta.
Kebudayaan Indonesia merupakan gabungan dari seluruh kebudayaan lokal yang telah ada sebelum wilayah tersebut terbentuk menjadi Indonesia pada 1945. Seluruh kebudayaan yang beraneka ragam di Indonesia pada saat itu menjadi bagian integral daripada kebudayaan Indonesia.

Walaupun kebudayaan Indonesia beraneka ragam, pada dasarnya kebudayaan ini terbentuk dan dipengaruhi oleh kebudayaan dari wilayah lain, seperti Tionghoa, India dan kebudayaan dari Arab. Kebudayaan India sendiri telah masuk ke dalam kebudayaan Indonesia sebelum Indonesia belum terbentuk. Kebudayaan India mulai masuk ke Indonesia seiring dengan penyebaran agama Hindu dan Buddha di Nusantara. Kebudayaan Hindu dan Buddha sempat mendominasi nusantara pada abad ke-5 Masehi. Hal ini ditandai dengan berdirinya kerajaan bernafaskan Hindu dan Buddha tertua di nusantara, yaitu Kutai. Kerajaan Kutai ini berdiri hingga pada penghujung abad ke-15 Masehi.

Baca Juga: Jawaban Apa Manfaat yang Dirasakan Ketika Batik Semakin Dikenal

Sementara untuk kebudayaan Tionghoa, kebudayaan ini masuk dan memengaruhi kebudayaan Indonesia akibat dari adanya interaksi pedagangan yang intensif antara pedagang-pedagang Tionghoa dan nusantara. Selain itu, banyak pula perantau-perantau Tionghoa yang masuk dan menetap di Indonesia. Mereka menetap dan menikahi penduduk lokal lalu menghasilkan perpaduan kebudayaan Tionghoa dan lokal yang unik. Kebudayaan inilah yang menjadi salah satu akar daripada kebudayaan lokal modern di Indonesia, seperti kebudayaan Jawa dan Betawi.

Kehidupan sosial masyarakat Indonesia sebagian besar diisi dengan kegiatan-kegiatan sosial, seperti bekerja, berinteraksi, dan lain sebagainya. Dalam berinteraksi sosial, masyarakat Indonesia memiliki bahasa daerahnya masing-masing. Namun, bahasa resmi masyarakat Indonesia adalah bahasa Indonesia. Hal ini tercantum dalam Undang-Undang Dasar RI 1945, Pasal 36 dan tersirat dalam Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Selain itu, bahasa Indonesia ini juga diresmikan pada hari kemerdekaan bangsa Indonesia tahun 1945.

Bahasa Indonesia merupakan bahasa dinamis yang hingga saat ini terus menghasilkan kata-kata baru, baik melalui penciptaan mau pun penyerapan dari bahasa daerah atau bahasa asing. Selain bahasa, masyarakat Indonesia juga memiliki kesenian-kesenian yang beragam. Jenis kesenian Indonesia dapat dikategorikan dalam beberapa klasifikasi, seperti seni musik, seni tari, seni busana, seni bela diri, dan masih banyak lagi.

Kebanyakan dari kesenian Indonesia ini dipengaruhi oleh beberapa kebudayaan dari wilayah lain. Contohnya, seni tari dari daerah Jawa dan Bali terkenal dengan pengaruh dari aspek-aspek kebudayaan dan mitologi Hindu.

Baca Juga: Jawaban Contoh Tumbuhan yang Berkembang Biak Secara Generatif

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya