'Saya Konfirmasi ke Kabareskrim' Pengacara Brigadir J Bongkar Dalih Ferdy Sambo Nekat NIkahi Sosok Cantik Ini, Foto Buktinya Dirahasiakan

Senin, 19 September 2022 | 08:45
Kompascom/Kristianto Purnomo

Pengacara Brigadir J membongkar dalih Ferdy Sambo yang nekat menikahi sosok cantik ini. Sayang foto buktinya sengaja dirahasiakan.

Fotokita.net - Pengacara Brigadir J Kamaruddin Simanjuntak membongkar dalih Irjen Ferdy Sambo yang nekat menikahi sosok cantik ini sekalipun masih menyandang status suami Putri Candrawathi. "Saya konfirmasi ke Kabareskrim," kata Kamaruddin.

Rumah tangga Ferdy Sambo terus menjadi sorotan. Sebab, publik masih penasaran dengan motif pembunuhan berencana terhadap Brigadir J. Polisi yang enggan membeberkan motif itu secara detail hanya menyebutkan adanya dugaan perselingkuhan.

Sekalipun belum diungkap secara jelas, namun Kamaruddin Simanjuntak memberikan petunjuk mengenai latar belakang perjalanan kasus pembunuhan keji yang sedang dia tangani bersama timnya. Pengacara Brigadir J ini membongkar dalih Ferdy Sambo yang nekat nikahi sosok cantik ini. Dia sampai melakukan konfirmasi ke Kabareskrim. Sayang, foto buktinya dirahasiakan sejumlah pihak.

Dugaan pelecehaan seksual yang dilakukan oleh Brigadir J terhadap Putri Candrawathi disebut menjadi pemicu peristiwa penembakan ajudan Ferdy Sambo di rumah dinas eks Kadiv Propam Polri. Namun, dugaan ini sudah membuat geram sejumlah pihak.

Dalam perkembangannya, Putri Candrawathi yang membuat laporan polisi atas dugaan pelecehan seksual yang dilakukan Brigadir J sudah dihentikan oleh tim penyidik karena tidak ditemukannya unsur pidana.

Terkait dugaan pelecehan seksual yang kembali dimunculkan itu,pengacara Brigadir J, Johnson Panjaitan mengatakan motif di balik pembunuhan Brigadir J sudah sangat berbau busuk. "Sudah dijelaskan juga bahwa tidak ada motif itu (pelecehan seksual), cuma waktu itu sudah sangat bau busuk dan becek motif itu," kata Johnson Panjaitan.

Johnson lantas kembali menyinggung pengusiran dirinya dan pengacara Brigadir J yang lain dari lokasi rekonstruksi pada Selasa (30/8/2022). Johnsonmenyayangkan hal itu karena pihaknya telah berkomitmen untuk mendukung Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan semua pihak yang memperjuangkan marwah institusi Polri.

Baca Juga: Otak Brigadir J Pindah ke Perut, Pemimpin Autopsi Ulang Korban Pembunuhan Subang Beri Jawaban Menohok, Foto Dokter Hastry Dibahas

Kompascom/Kristianto Purnomo

Pengacara Brigadir J membongkar dalih Ferdy Sambo yang nekat menikahi sosok cantik ini. Sayang foto buktinya sengaja dirahasiakan.

"Setelah Kapolri ngomong dimana-mana dan mendapat dukungan dari masyarakat, kami pun berkomitmen mendukung Kapolri dan semua pihak yang ingin institusi ini berdiri tegak dan marwahnya ada," papar Johnson dengan nada tegas saat menjadi narasumber dalam podcast milik Refly Harun, yang juga tercatat sebagai penasihat Kapolri.

"Bukan orang-orang yang hanya menjalankan rekonstruksi dan mengusir kami yang memperjuangkan itu. Kami juga memperjuangkan itu. Jadi itu bukan lembaga nenek moyangnya. Jadi jangan suka-suka, ngomong sembarangan, manis-manis tapi menipu," terang Johnson menambahkan.

Johnson Panjaitan juga menyinggung Komnas HAM yang terkesan mendukung motif pelecehan seksual terhadapPutri Candrawathi. Diamengaku heran dengan sikap Komnas HAM yang menurutnya sejak awal sudah membahas motif di balik pembunuhan Brigadir J.

"Komnas (HAM) yang gak punya laboratorium forensik, cuma mungkin dapat data dari baca-baca saja, bahkan dia juga tahu di mana TKP sudah hancur-hancuran, alat bukti hilang," tuturnya.

"Saya ngomong gini karena ini sudah terbukti karena salah satunya obstruction of justice. Extra judicial killing itu berlanjut dengan obstruction of justice, bukan pelecehan seksual. Ingat itu," kata Johnson Panjaitan menambahkan, dikutip dari kanal YouTube Refly Harun pada Jumat, 16 September 2022.

Johnson Panjaitan menegaskan, legitimasi, nyawa, dan kewibawaan Komnas HAM sedang dipertaruhkan dalam kasus ini. Menurutnya, hal-hal itu dibangun dari darah dan air mata orang-orang yang saat ini tak kunjung ditemukan.

Pengacara lulusan FH Universitas Kristen Indonesia itu juga merasa heran dengan dugaan pelecehan seksual terhadapPutri Candrawathi yang terus berubah-ubah tempat kejadian perkaranya. Apalagi, laporan pelecehan seksual itu sudah dihentikan penyidikannya oleh tim penyidik.

"Yang pro justitia sudah di-SP3, gak ada jalannya pro justitia, tahu-tahu yang gak pro justitia ngomong soal pelecehan. Canggih kan permainan ini?" sebut Johnson.

Baca Juga: Ada Jenderal Ngaku Diperas Ferdy Sambo, Pengacara Brigadir J Syok Lihat Kondisi Mabes Polri Jadi Begini, Foto Brimob Bersenjata Lengkap Dibahas

Kompascom/Kristianto Purnomo

Pengacara Brigadir J membongkar dalih Ferdy Sambo yang nekat menikahi sosok cantik ini. Sayang foto buktinya sengaja dirahasiakan.

"Yang lebih canggih lagi orang yang sudah jadi tersangka, jadi kayak bintang film. Istri orang kaya, dari keluarga terhormat dan sejahtera, calon Kapolri di masa depan, pelukan, ciuman sambil rekonstruksi. Betapa pedihnya saya," tambah Johnson.

Johnson menyebutkan, ketika melihat itu, ia hanya membayangkan tangis ibu Brigadir J sehingga tidak bisa menyampaikan hal yang penting dari rekonstruksi tersebut ke media massa. Kata Johnson,Ferdy Sambo,Putri Candrawathi dan jaringan mereka berhasil menekannya.

"Menurut saya Sambo dan istrinya dan jaringannya itu berhasil menekan saya karena saya gak bisa jawab dengan jernih sebagaimana yang selalu teman-teman komunikasikan dengan saya," sebut Johnson lagi.

"Kalau ditanya substansi, pasti saya jawab substansi. Tapi akibat rekonstruksi yang kayak begitu, saya gak bisa melayaninya," lanjutnya.

Johnson Panjaitan pun meyakini Tuhan akan menjawab doa para ibu yang didiskriminasi dan ditahan, kebalikan dariPutri Candrawathi yang tak kunjung ditahan lantaran kondisi kesehatan yang kurang stabil dan masih memiliki anak kecil.

"PC itu menunjukkan bagaimana kelasnya dia, kemudian memunculkan lagi isu pelecehan seksual hanya dari sebuah pengakuan atau cerita-cerita entah dimana itu. Entah berdasarkan BAP atau bagaimana," tuturnya.

Johnson Panjaitan mengingatkan,Ferdy Sambocs bisa membuat peradilan sesat sehingga akhirnya kebenaran sulit didapatkan. Apalagi, kebohongan dalam pemeriksaan polisi juga didukung oleh Undang-Undang.

Johnson juga mencurigai bahwaPutri Candrawathi ikut mengatur Satgassus Merah Putih yang sempat dipimpin oleh suaminya. "Di dalam praktik, secara resmi memang Kadiv Propamnya Sambo, tapi yang mengontrol semua apa segala macam, uang rumah tangga, termasuk ajudan dan lain sebagainya kan Putri," ujarnya.

"Pertanyaan saya, apakah Putri juga mengatur semua Satgasus, kebutuhan-kebutuhan Satgasus?" imbuhnya.

Sayangnya, pengacara Brigadir J itu mengatakan keterlibatanPutri Candrawathi sulit dibuktikan karena DPR tidak menggunakan hak konstitusionalnya untuk memeriksa hal ini.

Baca Juga: Terlanjur Lukai Hati Keluarga Brigadir J, Komnas HAM Ungkap Dugaan Pelecehan Putri Candrawathi Demi Tujuan Mulia Ini, Foto Istri Ferdy Sambo Dikuliti

Kompascom/Kristianto Purnomo

Pengacara Brigadir J membongkar dalih Ferdy Sambo yang nekat menikahi sosok cantik ini. Sayang foto buktinya sengaja dirahasiakan.

Sementara itu, koordinator pengacara Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak membongkar dalih Ferdy Sambo nekat menikahi sosok cantik ini. Foto buktinya dirahasiakan sejumlah pihak.

Isu pernikahan Ferdy Sambo dan sosok cantik ini memang sudah berembus kencang di publik. Terkini, Kamaruddin Simanjuntak membongkar dalih Ferdy Sambo yang nekat menikahi sosok cantik ini sekalipun masih menyandang status sebagai suami Putri Candrawathi.

Kamaruddin bahkan menyebutkan, pernikahanFerdy Sambo dan sosok cantik ini sudah diketahuiPutri Candrawathi, Kabareskrim, Dirtipidum maupun Dirtipideksus. Dalih Ferdy Sambo yang nekat menikahi sosok cantik inididuga kuat jadi penyebabFerdy Sambo membunuhBrigadir J.

Dalih Ferdy Sambo yang nekat menikahi sosok cantik ini sekalipun masih berstatus suami Putri Candrawathi diungkapkan langsung Kamaruddin Simanjuntak dalam tayangan di kanal YouTube Uya Kuya TV pada Kamis (15/9/2022).

Kamaruddin Simanjuntak menyampaikan keterangan soal pernikahanFerdy Sambodengan wanita idaman lain yang diberi julukan sosok cantik. Bahkan Kamaruddin Simanjuntak pun sudah mengkonfirmasi kepada Kabareskrim, Dirtipidum maupun Dirtipideksus terkait pernikahan kedua Ferdy Sambo dan sosok cantik itu.

Bukan cuma itu, Kamaruddin Simanjuntak pun menyebut sosok yang menikahkan Ferdy Sambodengan sosok cantik, padahal di saat ituFerdy Sambo masih jadi suami sah dariPutri Candrawathi. "Saya konfirmasi ke Kabareskrim, Dirtipidum maupun Dirtipideksus. (mereka) Membenarkan bahwa mereka (Ferdy Sambodan sosok cantik) telah menikah dan dinikahkan oleh rohaniawan," kata Kamaruddin, dikutip dari kanal YouTube Uya Kuya TV.

Kamaruddin Simanjuntak pun meminta kepada penyidik untuk menangkap rohaniawan yang menikahkan Ferdy Samboitu, karena dianggap menyalahi undang-undang. "Tangkap rohaniawan itu. Kenapa menikahkan polisi perwira yang sudah menikah.Ferdy Sambo ini telah menikah di luar undang-undang," tegas Kamaruddin.

Sampai dengan saat ini Kamaruddin Simanjuntak percaya bahwa alasan kliennya dibunuh adalah karena membocorkan masalah pribadiFerdy Sambo ke istrinya,Putri Candrawathi.

"Joshua memberitahu kepada ibunya (Putri Candrawathi tentang pernikahanFerdy Sambo). Karena Ibu Putri itu kan dianggap ibunya," ujar Kamaruddin. Hubungan gelapFerdy Sambo sang jenderal bintang dua dengan sosok cantik tercium olehPutri Candrawathisejak 21 Juni 2022.

Kamaruddin menyebutkan, pernikahan tersebut diizinkan oleh rohaniawan karenaFerdy SambodanPutri Candrawathi sudah tak harmonis. "Mereka ini sudah lama tidak harmonis sehingga ketidakharmonisan itu dipakai sebagai dalih untukFerdy Sambomenikahi yang lain, sehingga rohaniawan mau menikahkan," tandas Kamaruddin.

Baca Juga: Dikira Hilang Usai Diusir Dirtipidum Bareskrim, Pengacara Brigadir J Diam-diam Dapat Job Baru dari Juragan Tanah, Foto Kamaruddin Simanjuntak Jadi Sorotan

Antara

Pengacara Brigadir J membongkar dalih Ferdy Sambo yang nekat menikahi sosok cantik ini. Sayang foto buktinya sengaja dirahasiakan.

Namun, isu mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo telah menikah lagi sudah disangkal. Kuasa hukum Ferdy Sambo, Arman Hanis, membantah isu pernikahan itu.

"Kami tim kuasa hukum membantah hal tersebut," kata Arman kepada wartawan yang meminta konfirmasinya pada Minggu (18/9/202).

Isu terkait Ferdy Sambo menikah itu beredar di media sosial. Sambo disebut telah menikah meski masih berstatus suami dari Putri Candrawathi.

Arman mengatakan isu yang beredar tersebut tidak benar. Dia menyebut isu tersebut hanya spekulasi sebab tidak ada bukti konkret.

"Karena berita tersebut tidak benar dan hanya berdasarkan spekulasi serta tidak disertai bukti-bukti," sebut Arman.

Arman menolak berkomentar lebih jauh terkait isu pernikahan Ferdy Sambo dengan sosok cantik itu. Sebab menurutnya, isu itu bukan bagian dari perkara yang sedang ditanganinya.

"Kami tidak memberikan tanggapan lebih lanjut karena tidak berhubungan dengan perkara yang kami tangani," tandas Arman lugas.

Baca Juga: Pantas Jaksa Sampai Balikin Berkas Perkara, Ternyata Ada Tersangka Kasus Brigadir J Belum Mau Jujur, Foto Ferdy Sambo Dibahas

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya