Jadi Tersangka Karena Bantu Hacker Bjorka, Pemuda Madiun Ternyata Punya Kebiasaan Begini di Rumah, Foto Wajahnya Muncul

Jumat, 16 September 2022 | 17:35
Istimewa

Pemuda Madiun yang jadi tersangka karena bantu hacker Bjorka ternyata punya kebiasaan begini di rumah. Foto wajahnya muncul.

Fotokita.net -Muhammad Agung Hidayatulloh (MAH), pemuda asal Madiun, Jawa Timur telah ditetapkan sebagai tersangka karena diduga terlibat dalam kasus pembocoran data hacker Bjorka hingga tersebar di internet. Sekalipun menjadi tersangka, pemuda berusia 21 tahun ini tak ditahan oleh pihak kepolisian.

Polisi menyebutkan, MAH diduga membantu Bjorka menyediakan kanal di aplikasi percakapan Telegram. Dia juga pernah membuat postingan di kanal tersebut. "Jadi timsus telah melakukan beberapa upaya dan berhasil melakukan mengamankan, tersangka inisial MAH," ujarjuru bicara Divhumas Polri Kombes Ade Yaya Suryana kepada wartawan, Jumat (16/9/2022).

Jadi tersangka karena diduga ikut membantu hacker Bjorka dalam kasus pembocoran data di internet, pemuda Madiun ternyata punya kebiasaan begini di rumahnya. Foto wajahnya muncul di media sosial.

Muhammad Agung Hidayatulloh resmi ditetapkan sebagai tersangka meski telah dipulangkan. Dia diduga membantu hacker Bjorka dalam pembobolan data-data hingga tersebar di internet.

Muhammad Agung Hiyatulloh diduga membantu menyediakan kanal di aplikasi percakapan Telegram. Dia juga pernah memposting di kanal tersebut.

Tersangka diduga membantu Bjorka demi mendapatkan uang. Selain itu, dia diduga membantu Bjorka karena ingin terkenal.

"Adapun motifnya, motif tersangka membantu Bjorka agar dapat menjadi terkenal dan mendapatkan uang," tutur Ade.

Sekalipun menjadi tersangka,MAH tidak ditahan karena disebut telah kooperatif. "Tadi ada bilang penahanan nggak? Belum kan. Nah iya berarti sedang di proses dan tidak dilakukan penahanan karena kooperatif," kata Ade.

Baca Juga: Motif Bantu Hacker Bjorka Diungkap, Ibunda Pemuda Madiun Sampai Harus Memelas Begini, Foto Tersangka Sempat Beredar

Kompastv

Pemuda Madiun yang jadi tersangka karena bantu hacker Bjorka ternyata punya kebiasaan begini di rumah. Foto wajahnya muncul.

Ade mengatakan tim khusus yang telah dibentuk pemerintah masih melakukan pendalaman terhadap MAH. Dia menyebut timsus bekerja di sejumlah wilayah di Indonesia.

"Timsus itu kan ada beberapa lembaga tadi sudah disampaikan, kegiatannya tentu ada di Jakarta, ada di mana-mana," katanya.

"Sekarang timsus pendalaman lebih lanjut, informasi update selanjutnya kita tunggu, mohon sabar," tambahnya.

Ade juga mengungkap tersangka MAH ikut mengunggah dalam channel Telegram 'Bjorkanism'. Ada tiga postingan yang diunggahnya.Postingan pertama diunggah Muhammad Agung Hiyatullah pada 8 September 2022. Dalam unggahannya, MAH menuliskan 'stop being idiot'.

"Tersangka pernah melakukan posting di channel @Bjorkanism sebanyak tiga kali, yaitu tanggal 8 September 2022, dalam tanda petik stop being idiot," kata Kombes Ade Yaya Suryana.

Postingan kedua diunggah Muhammad Agung Hiyatullah pada 9 September 2022. Ade mengatakan, dalam unggahan itu, Muhammad Agung Hiyatullah menuliskan perihal Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi target pembobolan data pribadi berikutnya.

"Kemudian, tanggal 9 September 2022, dalam tanda petik the next leaks will come from the President of Indonesia," ujarnya.

Postingan berikutnya diunggah Muhammad Agung Hiyatullah pada 10 September 2022. Muhammad Agung Hiyatullah, disebut Ade, diduga menuliskan ancaman akan membocorkan data dari MyPertamina.

"Dan tanggal 10 September 2022 dalam tanda petik to support people who has stabbling by holding demonstration in Indonesia regarding the price fuel oil, i will publish MyPertamina database soon. Jadi itu yang di-publish oleh tersangka tersebut," ungkap Ade.

Baca Juga: Sosok Hacker Bjorka Tinggal Dicokok, Motifnya Ternyata Dipicu 3 Masalah Ini, Foto Profilnya Siap Dirilis?

Istimewa

Pemuda Madiun yang jadi tersangka karena bantu hacker Bjorka ternyata punya kebiasaan begini di rumah. Foto wajahnya muncul.

MAH yang ditangkap polisi ternyata anak buruh tani. Sehari-harinya dia berjualan es di Pasar Pintu Dungus untuk membantu orangtua.

Ibunda tersangka, Prihatin (48) terkejut saat mengetahui anak laki-lakinya itu ditangkap polisi. Anaknya ditangkap di kediamannya di Desa Banjarsari Kulon, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur pada Rabu (14/9/2022) malam.

Prihatian tak percaya bahwa anaknya merupakan sosok Bjorka yang melakukan aksi peretasan data pemerintah. Sebab, untuk hidup sehari-hari saja sulit dan di rumah tidak memiliki komputer.

"Kami di rumah tidak punya komputer. Dan untuk makan sehari-hari saja sudah repot," kata Prihatin di kediamannya, Kamis (15/9/2022) dikutip dari Kompas.com.

Awalnya, dia mengetahui, anaknya itu dijemput oleh empat polisi berpakaian preman. Dia tak tahu menahu apa yang telah dilakukan anaknya sehingga harus dibawa ke Polsek Dagangan. Prihatin berharap anaknya segera dipulangkan agar segera berkumpul bersama keluarga.

RCTI

Pemuda Madiun yang jadi tersangka karena bantu hacker Bjorka ternyata punya kebiasaan begini di rumah. Foto wajahnya muncul.

Jadi tersangka karena diduga ikut membantu hacker Bjorka dalam pembobolan data di internet, pemuda Madiun berinisial MAH ternyata punya kebiasaan begini di rumahnya. Foto wajahnya muncul di media sosial.

Kepala Desa Banjarsari Kulon, Bambang Hermawan memastikan pemuda yang ditangkap polisi itu adalah warganya. Hanya saja dirinya belum bisa memastikan MAH ditangkap terkait perkara yang mana.

“Itu memang warga kita. Cuma kami belum bisa konfirmasi dalam arti masalahnya apa belum tahu. Karena belum ada pemberitahuan dari kepolisian,” kata Bambang.

Dia selama ini mengenal MAH sebagai sosok pendiam dan sehari-hari berjualan es di pasar. “Sehari-hari anak jual es warna-warni pasar pintu. Anaknya juga pendiam dan terkadang main hadroh,” kata dia.

Baca Juga: Apes! Kena Tuding Sebagai Hacker Bjorka, Remaja Asal Cirebon Sampai Panik Klarifikasi ke Polisi, Foto Wajahnya Terlanjur Disebarkan

Istimewa

Pemuda Madiun yang jadi tersangka karena bantu hacker Bjorka ternyata punya kebiasaan begini di rumah. Foto wajahnya muncul.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya