Motif Bantu Hacker Bjorka Diungkap, Ibunda Pemuda Madiun Sampai Harus Memelas Begini, Foto Tersangka Sempat Beredar

Jumat, 16 September 2022 | 16:46
Istimewa

Ibunda pemuda Madiun sampai harus memelas begini saat motof anaknya bantu hacker Bjorka diungkap. Foto tersangka beredar.

Fotokita.net - Seorang pemuda asal Madiun, Jawa Timur bernamaMuhammad Agung Hidayatulloh (MAH) telah ditetapkan oleh polisi sebagai tersangka karena menjadi bagian dari hacker Bjorka. Motif pemuda berusia 21 tahun ini membantu hacker Bjorka diungkap polisi.

Tim terpadu yang dibentukkhusus untuk mengusut hacker Bjorka telah menangkap MAH di wilayah Madiun pada Rabu (14/9/2022). Selain mengungkap motifnya, polisi juga menyebutkan, barang bukti yang digunakan pemuda Madiun itu membantu Bjorka telah disita.

Motif anaknya membantu hacker Bjorka diungkap polisi, ibunda pemuda Madiun itu sampai harus memelas begini saat wawancara dengan sejumlah wartawan yang mendatangi rumahnya. Foto tersangka sempat beredar di media sosial.

Bjorka melakukan peretasan ke sejumlah instansi pemerintah. Peretasan yang menyasar sejumlah instansi hingga pejabat negara tengah menjadi sorotan dengan aksi hacker yang menggunakan identitas Bjorka di dunia maya.

Hingga kini hacker Bjorka diduga telah meretas data pelanggan Indihome, data registrasi SIM Card, data KPU RI, data pejabat negara dan sejumlah dokumen surat menyurat milik Presiden Joko Widodo, termasuk surat yang dikirim oleh Badan Intelijen Negara (BIN).

Setelah membuat geger publik, hacker Bjorka menjadi buruan tim khusus. Setelah sempat menangkap remaja Cirebon yang diduga sebagai hacker Bjorka, kini polisi mengamankan MAH yang disebutkan ikut terlibat dalam aktivitashacker Bjorka.

"Timsus telah melakukan beberapa upaya dan berhasil mengamankan tersangka berinisial MAH," kata Juru Bicara Divisi Humas Polri Kombes Ade Yaya kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta pada Jumat (16/9/2022).

Baca Juga: Apes! Kena Tuding Sebagai Hacker Bjorka, Remaja Asal Cirebon Sampai Panik Klarifikasi ke Polisi, Foto Wajahnya Terlanjur Disebarkan

Kolase

Ibunda pemuda Madiun sampai harus memelas begini saat motof anaknya bantu hacker Bjorka diungkap. Foto tersangka beredar.

Ade menyebutkan, kini MAH telah ditetapkan tersangka. Sekalipun demikian, MAH tidak ditahan. Kata Ade, MAH berperan sebagai salah satu dari kelompok Bjorka. "Yang berperan sebagai penyedia chanel telegram dengan nama channel Bjorkanism," ucapnya.

"Adapun peran tersangka merupakan bagian dari kelompok Bjorka yang berperan sebagai penyedia channel Telegram, dengan nama channel Bjorkanism. Selanjutnya, channel Telegram tersebut digunakan untuk meng-upload informasi," tuturnya.

Ademengatakan, telegram itu digunakan untuk mengunggah informasi yang diunggah Bjorka. Ia menyebutkan MAH sempat tiga kali beberapa membuat unggahan dalam telegram itu yakni pada 8-10 September 2022.

Beberapa unggahan itu di antaranya bertuliskan "stop being idiot" hingga "the next leaks will come from presiden republik of Indonesia".

Ade juga mengungkap motif dari MAH. Pemuda Madian ini disebut membantu Bjorka karena ingin terkenal dan mendapat uang.

"Adapun motif tersangka membantu Bjorka agar dapat menjadi terkenal dan mendapatkan uang," ucap dia.

"Kemudian timsus juga telah mengamankan beberapa barang bukti, yaitu satu buah SIM card seluler, kemudian dua unit handphone milik tersangka, kemudian satu lembar KTP atas nama inisial MAH," kata Ade Yaya.

Motif anaknya yang disebut sudah membantu hacker Bjorka membocorkan data diungkap polisi, ibunda pemuda Madiun sampai harus memelas begini. Foto tersangka sempat beredar di medias sosial.

Baca Juga: Sosok Hacker Bjorka Tinggal Dicokok, Motifnya Ternyata Dipicu 3 Masalah Ini, Foto Profilnya Siap Dirilis?

Istimewa

Ibunda pemuda Madiun sampai harus memelas begini saat motof anaknya bantu hacker Bjorka diungkap. Foto tersangka beredar.

MAH yang menjadi tersangka lantaran diduga terlibat aktivitas hacker Bjorka ternyata anak buruh tani. Sehari-harinya dia berjualan es di Pasar Pintu Dungus untuk membantu orangtua.

Ibunda pemuda Madiun itu, Prihatin (48) terkejut ketika mengetahui anak laki-lakinya itu ditangkap polisi. Anaknya ditangkap di rumahnya yang berada di Desa Banjarsari Kulon, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun pada Rabu (14/9/2022) malam.

Prihatin tak percaya bahwa anaknya merupakan sosok Bjorka yang melakukan aksi peretasan data pemerintah. Sebab, untuk hidup sehari-hari saja sulit dan di rumah tidak memiliki komputer.

"Kami di rumah tidak punya komputer. Dan untuk makan sehari-hari saja sudah repot," ujar Prihatin yang dijumpai wartawan Kompascom di rumahnya pada Kamis (15/9/2022).

Mulanya, Prihatin mengetahui, sang anak itu dijemput oleh empat polisi berpakaian preman. Dia tak tahu menahu apa yang telah dilakukan anaknya sehingga harus dibawa ke Polsek Dagangan. Prihatin berharap anaknya segera dipulangkan agar segera berkumpul bersama keluarga.

Istimewa

Ibunda pemuda Madiun sampai harus memelas begini saat motof anaknya bantu hacker Bjorka diungkap. Foto tersangka beredar.

Sementara itu, Kepala Desa Banjarsari Kulon, Bambang Hermawan memastikan pemuda yang ditangkap polisi itu adalah warganya. Hanya saja dirinya belum bisa memastikan MAH ditangkap terkait perkara yang mana.

“Itu memang warga kita. Cuma kami belum bisa konfirmasi dalam arti masalahnya apa belum tahu. Karena belum ada pemberitahuan dari kepolisian,” kata Bambang.

Dia selama ini mengenal MAH sebagai sosok pendiam dan sehari-hari berjualan es di pasar. “Sehari-hari anak jual es warna-warni pasar pintu. Anaknya juga pendiam dan terkadang main hadroh,” kata dia.

Baca Juga: Terlanjur Disebut Bjorka Dalang Pembunuh Munir, Mantan Danjen Kopassus Justru Dapat Vonis Bebas Karena Alasan Ini, Foto Muchdi Pr Kini Sulit Dicari

Istimewa

Ibunda pemuda Madiun sampai harus memelas begini saat motof anaknya bantu hacker Bjorka diungkap. Foto tersangka beredar.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya