Wajah Suami Ning Imaz Bertemu Eko Kuntadhi Jadi Sorotan, Ternyata Sosok Ini Lebih Kasar Hina Istri Gus Rifqil Muslim, Foto Tampangnya Disebarkan

Jumat, 16 September 2022 | 10:33
Istimewa

Ternyata sosok ini lebih kasar saat menghina istri Gus Rifqil Muslim. Wajah suami Ning Imaz bertemu Eko Kuntadhi jadi sorotan.

Fotokita.net - Gus Rifqil Muslim, suami Ustazah Imaz Fatimatuz Zahra telah bertemu pegiat media sosial Eko Kuntadhi di Lirboyo, Kediri, Jawa Timur. Eko Kuntadhi membuat Gus Rifqil emosi lantaran dakwah istrinya dihina melalui platform media sosial.

Setelah melihat hinaan Eko Kuntadhi, Gus Rifqil Muslim segera mengajak bertemu pegiat media sosial itu. Begitu viral, Eko menghapus cuitannya di Twitter dan Instagram. Dia lantas meminta maaf kepada Ning Imaz dan Gus Rifqil melalui media massa.

Saat bertemu Eko Kuntadhi, wajah suami Ning Imaz menjadi sorotan. Ternyata bukan cuma Eko Kuntadhi, sosok ini lebih kasar saat menghina istri Gus Rifqil Muslim. Foto tampangnya disebarkan di media sosial.

Eko Kuntadhi tiba di Lirboyo Kediri pukul 17.05 WIB, diterima oleh salah satu dzurriyah Pondok Pesantren Lirboyo KH Agus Abdul Muid Shohib, di Auditorium Yayasan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin pada Kamis (15/09/2022)

Selain Gus Muid, ada Gus Rifqil Muslim yang mendampingi Ning Imaz, lalu gus Dahlan Ridlwan dan Gus Abu Bakar. Kurang lebih satu jam berada di Auditorium Pondok Lirboyo, pertemuan itu menghasilkan enam poin kesepakatan terkait kasus penghinaan Ning Imaz melalui media sosial.

Eko Kuntadhi mengunggah potongan video Ustadzah Imaz Fatimatuz Zahra yang di dalamnya dibubuhi kata-kata kasar, pada Senin (12/9/2022) malam, pukul 22.51 WIB. Sejak itu, Eko kebanjiran kecaman dari banyak teman dan kerabat. Mereka mengingatkan Eko, orang yang ada dalam video tersebut adalah putri kyai dari Pesantren Lirboyo, Kediri.

Kecaman pun datang dari berbagai pihak, termasuk Rais Syuriyah PCINU Australia-New Zealand KH Nadirsyah Hosen dan suami Ning Imaz, Gus Rifqil Muslim. Netizen ramai-ramai menyerang Twitter Eko Kuntadhi.

Berdasarkan catatan NU Online, Eko menghapus unggahan itu tanpa permintaan maaf pada Selasa (13/9/2022). Banyak kalangan menganggap Eko sudah menghina ulama perempuan muda NU itu. Lantas usaiunggahan itu dihapus, tangkapan layar dari unggahan Eko pun tersebar di media sosial. Isu ini semakin memanas, pada Rabu (14/9/2022).

Baca Juga: Dakwah Istrinya Dihina Eko Kuntadhi, Ini Sosok Gus Rifqil Muslim Pemilik Gelar Bergengsi dari Kampus Mentereng, Foto Nikahnya Beredar

Istimewa

Ternyata sosok ini lebih kasar saat menghina istri Gus Rifqil Muslim. Wajah suami Ning Imaz bertemu Eko Kuntadhi jadi sorotan.

Bahkan, Ning Imaz sempat menduduki peringkat teratas atau trending topic di Twitter. Topik lain yang menjadi perbincangan hangat di Twitter adalah tentang Eko Kuntadhi dan mengaku NU. Semua pihak menyerang Eko Kuntadhi dan mendesaknya minta maaf sekaligus memberi dukungan kepada Ning Imaz.

Menurut catatan penulisAru Lego Triono melalui NU Online, padahari yang sama, Ning Imaz mengabarkan bahwa Eko Kuntadhi akan meminta maaf langsung ke Lirboyo, pada Kamis (15/9/2022). Eko akan diperhadapkan kepada para kiai dan masyayikh Pondok Lirboyo. Eko pun menyanggupi. Dia kemudian menghubungi banyak media, termasuk NU Online, untuk mengabarkan tentang keberangkatannya ke Lirboyo.

Bukan cuma itu, Eko juga menyampaikan permohonan maaf melalui saluran media-media. Dia mengaku kurang teliti, tidak cermat, dan hanya bercanda saat mengunggah potongan video Ning Imaz itu.

Bahkan, Eko pun mengaku bukan pembuat tulisan kasar yang terdapat dalam video tersebut. Dia mendapatkan video itu dari sebaran yang sudah masif di media sosial, di Twitter dan grup-grup media sosial.

Di satu sisi, Ning Imaz meng-tweet. Dia menyindir Eko bahwa kalau hendak meminta maaf bukanlah kepada dirinya, tetapi ke Imam Ibnu Katsir dan umat Islam se-Indonesia karena agamanya dihina-hina. Ning Imaz juga menyadarkan Eko bahwa jangan menyampaikan sesuatu yang bukan pada ranahnya. Mengkritik keilmuan harus dengan ilmu dan etika.

Pada Kamis pukul 17.05 WIB, Eko tiba di Lirboyo bersama kerabatnya, Guntur Romli. Dia menyampaikan maaf langsung kepada Ning Imaz dan keluarga pesantren Lirboyo. Selain itu, terdapat beberapa poin kesepakatan antara Eko Kuntadhi dan pihak pesantren.

Aru yang melaporkan untuk NU Online menyebutkan,Eko Kuntadhi 'puasa nge-tweet' sejak mengunggah video potongan Ning Imaz di Twitter. Bahkan, dia juga puasa mengunggah apa pun di Instagram. Pasalnya, di dua platform media sosial itulah Eko mengunggah video yang dinilai menghina Ning Imaz.

Sampai saat ini, unggahan di media sosial Eko Kuntadhi hanyalah sebuah foto bungkusan makanan bertuliskan dokumen rahasia negara. Postingan ini dibubuhi keterangan tulisan, "Dari pagi beli pecel sampai malam begini belum berani gue buka. Takut kena pasal...."

Unggahan itu juga sama seperti yang ada di Instagram, diunggah pada Senin (12/9/2022) malam, pukul 23.07 atau beberapa menit setelah Eko mengunggah potongan video Ning Imaz. Tidak ada satu pun unggahan terbaru hingga saat ini.

Baca Juga: Dihina Eko Kuntadhi, Ning Imaz Dicekoki Ilmu Begini Sedari Kecil, Foto Sosoknya Ramai Dibahas

Istimewa

Ternyata sosok ini lebih kasar saat menghina istri Gus Rifqil Muslim. Wajah suami Ning Imaz bertemu Eko Kuntadhi jadi sorotan.

Walaupun sudah tidak ada lagi unggahan dari Eko Kuntadhi dan Ning Imaz, namun keduanya tetap menjadi perbincangan hangat di Twitter. Hal ini tentu karena kasus Eko Kuntadhi yang dianggap menghina Ning Imaz.

Dalam laporan terakhir, ada 1.110 tweet yang membicarakan tentang Eko Kuntadhi. Sementara untuk Ning Imaz, ada 490 tweet yang membincangnya dalam satu jam terakhir. Lalu ada 500 tweet yang membicarakan akun @jagalkadrun1312, sebuah akun anonim yang juga menghina Ning Imaz dengan mengunggah potongan video itu. Namun, akun tersebut kini telah hilang dari Twitter.

Gus Rifqil Muslim, suami Ning Imaz mengakui bahwa dirinya sempat emosi ketika tahu istrinya yang sedang hamil dihina di media sosial. Namun, istrinya yang memintanya untuk lebih bersabar dan bersikap membiarkan saja.

"Seperti saya sampaikan tadi waktu mediasi bahwasanya saya mencoba mengembalikan kepada sampeyan semua sebagai seorang laki-laki yang mempunyai istri, istrinya sedang hamil, kemudian diserang begitu. Jangankan di sosial media, dikatain saja kami pasti akan merasa emosi. Cuma, ketika itu setelah saya ngaji, saya pulang masuk ke kamar. Istri saya langsung bilang, 'mas, kersane' atau biarkan saja," ujar Gus Rifqil kepada wartawan detik di Ponpes Lirboyo, Kamis (15/9/2022).

Gus Rifqil menceritakan, istrinya sempat menyebutkan bahwa apa yang dilakukan Eko Kuntadhi itu bagian dari risiko media sosial. Ada hate speech, tidak semua orang suka dengan apa yang disampaikan di media sosial.

"Tapi setelah HP saya taruh, saya ke kamar mandi, keluar dari kamar mandi saya bilang ke istri saya. 'Sepertinya saya tidak bisa sabar.' Cuma bagaimana me-manage emosi saya waktu itu karena waktu itu istri saya bilang kersane mawon. Saya tidak langsung serta merta meledak-ledak di sosial media, tidak," cerita Gus Rifqil.

Sekalipun sudah dibalut emosi, Gus Rifqil mencoba tetap bersikap tabayun dengan Eko Kuntadhi. Hingga akhirnya dia menyampaikan balasan cuitan atas unggahan Eko tentang Ning Imaz sehalus mungkin. Gus Rifqil mempertanyakan, apakah Eko sudah menonton video dakwah Ning Imaz secara lengkap?

"Terus kemudian saya mengontak mas Guntur Romli, karena ternyata mas Eko ini pernah beberapa kali dengan mas Guntur. Saya bilang, 'mas tolong dimediasi, agar Eko ini tabayun, bertemu dengan saya'. Itu yang pertama kali saya lakukan setelah mengetwit itu," kisah Gus Rifqil.

Rupanya cuitan Gus Rifqil itu menuai respons beragam dari netizen. Ia sendiri menggambarkan perasaannya saat membaca komentar warganet saat itu dengan istilah 'luar biasa.'

Baca Juga: 'Aslinya Aku Ini Bukan Gus Apalagi Kyai' Gus Samsudin Didesak Jalani Profesi Ini Lagi Setelah Berseteru dengan Pesulap Merah, Foto YouTuber Blitar Terlanjur Digeruduk

Twitter

Ternyata sosok ini lebih kasar saat menghina istri Gus Rifqil Muslim. Wajah suami Ning Imaz bertemu Eko Kuntadhi jadi sorotan.

"Wah luar biasa di Twitter itu. Masya Allah, ada yang mem-bully mengatakan, 'ini suami macam apa?' Tidak perlu saya sebut satu per satu. Bahkan ada yang menyamakan lebih bermartabat Sambo yang membunuh orang, ada yang mengatakan lebih elegan Will Smith yang menampar Chris Rock. Ini sebenarnya bisa saja saya lakukan, bahkan tadi mungkin terlihat, saya memendam itu saat ketemu (dengan Eko Kuntadhi)," cerita Gus Rifqil panjang lebar.

Gus Rifqil mengakui, dirinya memendam dalam-dalam emosinya ketika Eko Kuntadhi datang ke Ponpes Lirboyo untuk menyampaikan penjelasan dan meminta maaf. Dia sampai mempertanyakan, laki-laki mana yang rela istrinya dihina seperti itu?

"Laki-laki mana yang rela istrinya yang hamil dihina seperti itu? Cuma saya masih menggunakan otak saya, saya masih meniru adab yang diajarkan para kiai-kiai, para ulama kita, para Masyaikh kita. Saya juga belajar dari kasus ketika kiai saya Mbah Maimun Zubair dulu dihina, ketika orangnya (yang menghina) datang justru memaafkan," Gus Rifqil mengisahkan.

"Dulu Gus Mus juga pernah dihina di Twitter 'Gundulmu Mus', itu juga memaafkan. Dan tentunya nasihat-nasihat dari para kiai para Masyaikh juga dari tokoh-tokoh yang alhamdulillah memberikan respons baik dan dukungan kepada istri saya dan kepada saya sekeluarga lewat DM dan sebagainya. Alhamdulilah sudah disepakati oleh keluarga, dalam hal ini kami berdua nderek dawuh Masyaikh karena kami semua santri, basic-nya santri, dan santri itu mengikuti apa kata kiainya, apa kata sesepuhnya," ujarnya.

Pada akhirnya, sikap memaafkan lah yang dipilih baik oleh Ning Imaz, Gus Rifqil, maupun keluarga besar Ponpes Lirboyo. Menurut Gus Rifqil sikap memaafkan itu yang diambil justru untuk menjaga muruah dan nama besar Ponpes Lirboyo yang selalu mengajarkan akhakul karimah.

"Poinnya di sini supaya bisa mengedukasi ke masyarakat, agar bermedia sosial yang baik, yang santun, dan dalam hal ini ketika ada orang yang meminta maaf, ya, selayaknya sebagai seorang Muslim, kita harus memaafkan," ujar Gus Rifqil. Wajah suami Ning Imaz bertemu Eko Kuntadhi jadi sorotan, ternyata sosok ini lebih kasar hina istri Gus Rifqil Muslim. Foto tampangnya sempat disebarkan.

Beberapa pengikutiEko Kuntadhi juga ikut mengolok-olok Ning Imaz. Beberapa di antaranya adalah pemilik akun Twitter@jagalkadrun1312 dan @justinkanya. Keduanya kedapatan ikut mengejek Ning Imaz. Dalam tangkapan layar yang viral, akun @jagalkadrun1312 membuat status yang dianggap tidak pantas.

"Semoga anak-anak bangsa ini kagak punya ibu yak kayak gini ya. Ini sudah gangguan jiwa stres tingkat dewa," kata akun tersebut. Tidak cukup hanya sampai di situ, akun @justinkanya juga menulis status yang sangat di luar kepatutan. "Cocok jadi budak seks ISIS," ujar akun tersebut.

Namun seperti halnya Eko Kuntadhi yang sudah menghapus postingannya, @jagalkadrun1312 dan @justinkanya pun sudah men-delete unggahannya. Bukan cuma itu, pengikut Eko Kuntadhi sudah bersembunyi di Twitter.

Saat ini akun @jagalkadrun1312, hanya tertulis “This account doesn’t exist. Try searching for another.” Demikian pula dengan akun @justinkanya, tidak muncul apa-apa, hanya tertulis “These Tweets are protected.”

Banyak netizen yang menduga sosok di balik akun @jagalkadrun1312 adalah Sinyo Alvin. Foto tampangnya sempat disebarkan. Namun, kini akun itu menghilang dari media sosial.

Baca Juga: Konten YouTube Cuma Akting, Profesi Asli Gus Samsudin Dikuliti Ternyata Jauh dari Kata Sakti Mandraguna, Foto Terkini Dukun Blitar Diolok-olok

Twitter

Ternyata sosok ini lebih kasar saat menghina istri Gus Rifqil Muslim. Wajah suami Ning Imaz bertemu Eko Kuntadhi jadi sorotan.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya