Sandera Mobil Dinas Wali Kota Cilegon, Massa Demo BBM Tanpa Sengaja Ungkap Fakta Mengejutkan, Foto Aksinya Viral

Selasa, 06 September 2022 | 22:54
wargajakpus

Massa demo BBM tanpa sengaja mengungkap fakta mengejutkan setelah menyandera mobil dinas Wali Kota Cilegon Helldy Agustian.

Fotokita.net - Mobil dinas Wali Kota Cilegon Helldy Agustian sempat disandera massa demo memprotes kenaikan harga BBM dikawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat.Aksi tersebut tidak berlangsung lama.

Sekalipun sandera mobil dinas Wali Kota Cilegon tak berlangsung lama, polisi menangkap enam orang peserta demo BBM yang melakukan tindakan yang dianggap 'membahayakan keselamatan orang lain'.

Sempat sandera mobil dinas Wali Kota Cilegon, massa demo BBM malah tanpa sengaja mengungkap fakta mengejutkan. Foto aksinya viral di media sosial.

Pihak kepolisian saat itu juga turun tangan. Enam pedemo diamankan di lokasi setelah melakukan penghadangan mobil Wali Kota Cilegon Helldy Agustian.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin mengatakan keenam pelaku diamankan karena mengancam keselamatan karena aksinya menyandera mobil dinas Wali Kota Cilegon Helldy Agustian.

"Betul, mereka melakukan aksi penyampaian pendapat, namun ada tindakan yang dirasa mengancam keselamatan orang lain dan mengganggu ketertiban," kata Komarudin.

Namun massa kemudian melakukan tindakan anarkistis dan dinilai membahayakan. Mereka menghadang mobil dinas Wakot Cilegon yang sedang melintas di kawasan Patung Kuda, Senin (5/9/2022).

"Terlihat bahwa mereka melaksanakan aksi orasi menyetop kendaraan dan juga naiki kendaraan saat di mobil pelat merah," katanya.

Baca Juga: Baru 3 Bulan Jabat Kapolsek Gambir, Perwira Polisi Ini Terinjak-injak Massa Demo Gegara Masalah Sepele, Foto Terkininya Dicari-cari

wargajakpus

Massa demo BBM tanpa sengaja mengungkap fakta mengejutkan setelah menyandera mobil dinas Wali Kota Cilegon Helldy Agustian.

KabidHumas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan juga memberikan keterangan."Saat ini masih kita periksa 6 tersangka," ujarnya kepada wartawan pada Selasa (6/9/2022).

Zulpan mengatakan keenam tersangka akan dijerat dengan pasal pengeroyokan dan perbuatan tidak menyenangkan. "(Diperiksa) dengan konstruksi Pasal 170 jo 406 jo 335 KUHP," imbuhnya.

Keenam tersangka saat ini masih diperiksa intensif di Polda Metro Jaya.

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengatakan peristiwa tersebut terjadi pada Senin (5/9/2022). Saat itu Helldy hendak menuju gedung MNC di Kebon Sirih, Jakarta Pusat, dan sempat dicegat massa.

"Betul, kemarin mobil kita dicegat yang demo nolak BBM, itu sekitar jam 5 (sore) lewat dikit. Kemarin saya dalam perjalanan ke gedung MNC dalam rangka menerima penghargaan best leadership di sana," kata Helldy kepada wartawan pada Selasa (6/9/2022).

Helldy menganggap hal tersebut 'biasa saja'. Ia pun mengaku memahami situasi massa yang tengah berdemo dan membiarkan massa melakukan orasi hingga kurang dari 10 menit.

"Ya kita biasa aja, karena kita juga berempati ke mereka yang memang kondisinya kan BBM baru aja naik. Kita ngertilah situasinya gimana. Makanya kita biarkan mereka sempat orasi juga di depan mobil," ujarnya

Helldy tidak keluar ketika mobilnya diadang massa. Beberapa petugas seperti Satpol PP dan polisi berpakaian bebas sempat menghalangi pedemo agar tak merusak mobil. Helldy pun dapat melanjutkan perjalanannya kembali.

Helldy Agustian mengapresiasi polisi yang mengamankan pelaku. Namun, Helldy mengaku dirinya tak mempermasalahkan hal itu.

Baca Juga: Wajahnya Masuk di Foto Pengeroyok Ade Armando, Pria Asal Lampung Langsung Buka Suara, Kepala Kampung Sampai Pasang Badan

wargajakpus

Massa demo BBM tanpa sengaja mengungkap fakta mengejutkan setelah menyandera mobil dinas Wali Kota Cilegon Helldy Agustian.

"Pertama, kami mengapresiasi langkah Polda Metro Jaya terkait respons cepat peristiwa kemarin itu. Mobil kami sebenarnya tidak disandera dan tidak ada kerusakan berarti. Kami tidak mempermasalahkan peristiwa kemarin," kata Helldy.

Helldy mengatakan sama sekali tidak mempermasalahkan penghadangan mobil dinasnya saat melintas di kawasan Patung Kuda itu. Menurutnya, peristiwa itu merupakan hal biasa lantaran kondisi saat ada demonstrasi.

"Memang kondisi kemarin kan lagi banyak yang demo. Kami sangat mengerti situasi itu. Makanya kami tidak melakukan tindakan apa pun karena mereka (pedemo) juga kan biasalah orasi begitu di depan mobil," kata dia.

Dia mengatakan tak pernah membuat laporan ke polisi soal penghadangan tersebut. Dia mengatakan mobilnya hanya lecet dan dirinya tak mempermasalahkan hal itu.

"Sekali lagi kami mengapresiasi pihak kepolisian. Kedua, kami tidak mempermasalahkan soal itu dan kami tidak membuat laporan, itu saja. Kemudian kami sangat memahami betul apa yang dirasakan masyarakat terhadap kenaikan BBM ini," terang Helldy.

Foto aksi massa demo BBM yang menyandera mobil dinas Wali Kota Cilegon viral di media sosial. Foto ini berasal dari tangkapan layar video rekaman yang diunggah akunInstagram @wargajakpus. Aksi itu dilakukan elemen organisasi kepemudaan, berkaitan dengan penolakan kenaikan BBM bersubsidi.

Dari video itu juga, mahasiswa terlihat naik, duduk, bahkan tidur di bagian atas kap mesin mobil hingga terjadi cekcok. Mahasiswa kemudian membuka plat merah A 1 R tersebut dan di dalamnya terdapat plat warna hitam kendaraan Toyota Camry Hybrid berplat A 1215 RD yang diketahui mobil dinas milik Walikota Cilegon.

Setelah terjadi aksi adu mulut dan penghadangan, mobil sedan mewah kemudian bisa melanjutkan perjalanannya. Sandera mobil dinas Wali Kota Cilegon, massa demo BBM malah tanpa sengaja ungkap fakta mengejutkan.

Dari informasi lain yang dilihat pada situshttp://infopajakbanten.online/, plat kendaraan A 1215 RD belum terdaftar. Sementara untuk plat A 1 R, terdaftar jenis mobil merk Nissan X-Trail 2.5 ST AT warna hitam.

Wartawan BCO Media masih berupaya mencari informasi terkait data pelat nomor kendaraan di mobil dinas Wali Kota Cilegon Helldy Agustian. Kabag Umum Setda Cilegon Sam Wangge yang berwenang menjawab apakah mobil tersebut kendaraan dinas baru walikota Cilegon, beberapa kali dihubungi via ponselnya belum juga menjawab.

Baca Juga: Harga Minyak Dunia Terjun Bebas Hingga di Bawah Angka 0 Dollar AS, Malaysia dan Vietnam Sudah Turunkan Harga BBM. Begini Alasan Indonesia Belum Juga Reduksi Harga BBM

wargajakpus

Massa demo BBM tanpa sengaja mengungkap fakta mengejutkan setelah menyandera mobil dinas Wali Kota Cilegon Helldy Agustian.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya