Dihujat Satu Indonesia, Ini Sosok Penting yang Minta Putri Candrawathi Tak Ditahan, Foto Istri Ferdy Sambo Kena Getahnya

Senin, 05 September 2022 | 10:39
Kompascom/Kristianto Purnomo

Ternyata ini sosok penting yang minta Putri Candrawathi tak ditahan hingga dihujat satu Indonesia. Foto istri Ferdy Sambo kena getahnya.

Fotokita.net - Ternyata ini sosok penting yang minta Putri Candrawathi tak ditahan sekalipun sudah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat. Akibatnya, sosok ini dihujat netizen satu Indonesia.

Putri Candrawathi menjadi salah satu tersangka dalam kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J. Selain Putri, ada empat tersangka lainnya, yaituIrjen Ferdy Sambo, Bharada Richard Eliezer, Bripka Ricky Rizal, dan Kuat Maruf. Para tersangka dijerat dengan Pasal 340 subsider Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 KUHP juncto Pasal 56 KUHP.

Berbeda dengan empat tersangka lainnya, Putri Candrawathi sampai saat ini tak ditahan oleh Tim Khusus Polri. Saat menjalani rekonstruksi kasus Brigadir J, istri Ferdy Sambo juga tidak memakai baju tahanan. Ternyata ini sosok penting yang minta Putri Candrawathi tak ditahan. Foto istri Ferdy Sambo sampai kena getahnya.

Tim Khusus Polri telah mengutarakan alasannya tidak menahan Putri Candrawathi selaku salah satu tersangka pembunuhan Brigadir J.Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto angkat bicara terkait alasan tak kunjung ditahannya Putri Candrawathi.

Kata Agung, penyidik memiliki pertimbangan dalam penangguhan penahanan untuk Putri Candrawathi. “Pertama alasan kesehatan, kedua kemanusiaan, yang ketiga masih memiliki balita. Jadi itu," kata Komjen Agung, Kamis (1/9/2022).

Ada tiga pertimbangan penyidik Timsus Polri tidak melakukan penahanan terhadap Putri Candrawathi. Pertama, kondisi kesehatan Putri yang dirasa masih belum stabil. Kedua, dikarenakan alasan kemanusiaan. Ketiga, dikarenakan yang bersangkutan masih memiliki anak balita.

Meski demikian, Putri Candrawathi sudah dicekal oleh penyidik Bareskrim Polri dan diminta untuk melakukan wajib lapor.

Alasan belum ditahannya Putri Candrawathi juga diungkapkanKadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo. "Yang menjadi pertimbangan dari penyidik alasan kemanusiaan, kemudian ada permintaan dari pihak pengacara keluarga untuk tidak ditahan," kata Dedi. "Tidak ada perlakuan yang berbeda terhadap Putri," imbuhnya.

Baca Juga: Timsus Didesak Pakai Lie Detector, Saksi Ngaku Lihat Brigadir J Banting Pintu Dapur Rumah Magelang, Foto Adegan Putri Candrawathi Disorot

Kompascom/Kristianto Purnomo

Ternyata ini sosok penting yang minta Putri Candrawathi tak ditahan hingga dihujat satu Indonesia. Foto istri Ferdy Sambo kena getahnya.

Dedi menyebutkan, Putri Candrawathi dikenakan wajib lapor setiap dua kali dalam sepekan dan pihak imigrasi telah melakukan pencekalan atau mencegah untuk bepergian ke luar negeri.

"Pihak pengacaranya juga kooperatif apabila dibutuhkan setiap saat oleh penyidik, siap," ujarnya.

Putri Candrawathi dibandingkan dengan Vanessa Angel terkait penahanan. Diketahui Istri Ferdy Sambo itu tak ditahan meskipun sudah jadi tersangka pembunuhan Brigadir J.

Bukan cum dengan mendiang Vanessa Angel, netizen juga membandingkanAngelina Sondakh yang masuk penjara saat anaknya berusia balita yakni 2,5 tahun. Netizenbahkan meminta Angelina Sondakh untuk ikut bersuara, agar lebih didengar pihak berwajib.

Perlakuan kepada Putri Candrawathi yang dianggap berbeda dengan perempuan-perempuan dengan kasus yang sama ini pun, memunculkan pandangan bahwa hukum berlaku tidak adil, tajam ke atas dan tumpul ke bawah.

Cuitan dengan tagar Komnas trending di Twitter. Salah satu yang membuat riuh netizen, adalah karena pernyataan dari Komnas Perempuan, yang memberikan dukungan agar Putri Candrawathi tidak ditahan karena sedang menyusui.

Netizen pun membandingkannya dengan ibu-ibu berkasus serupa di tempat lain yang tetap ditahan, meski harus membawa anaknya ke rutan. Sementara itu, Angelina Sondakh mengaku tak ingin kasusnya diungkit atau disama-samakan dengan kasus yang tengah ramai belakangan.

Irma Hutabarat, aktivis Srikandi Indonesia Bersatu menyoroti tersangka kasus pembunuhan berencanaPutri Candrawathi yang belum ditahan. Menurutnya, sudah jelas bahwa istriFerdy Samboitu melakukan kejahatan yang luar biasa terhadapBrigadir J.

Baca Juga: Keluar dari Mulut Brigadir J, Begini Ucapan Ajudan Kesayangan yang Bikin Darah Ferdy Sambo Mendidih, Foto Adegan Rekanya Banjir Emosi

Youtube

Ternyata ini sosok penting yang minta Putri Candrawathi tak ditahan hingga dihujat satu Indonesia. Foto istri Ferdy Sambo kena getahnya.

"Melihat latar belakang dari peristiwa ini bukan pidana biasa Pak Mahfud bilang ini ekstra ordinary crime. Apa kita terapkan equality before the law apa kita melecehkannya?" terang Irma dalam tayangan Perempuan Bicara di tvOne, Jumat (2/9/2022).

Kata Irma, pelecehan hukum yang dilakukanPutri Candrawathi sudah dimulai dari awal laporan palsu skenariopelecehan seksual.

"Putri Sambo ini sudah berbohong sejak awal. Dia berpura-pura sebagai korban, yang namanya korban ngga pernah menghilangkan barang bukti. Hanya pelaku yang menghilangkan barang bukti," katanya.

Selain itu Irma menilai, Putri sama sekali tidak kooperatif. Dirinya menyebut apa yang dilakukan Putri melecehkan asas persamaan terhadap hukum.

"Oke sekarang alasan (penyidik) bisa subjektif. Tapi Kapolri berjanji di depan DPR dia akan kembalikan citra Polri. Saya jadi bertanya ini bercanda apa ngga sih? Kasus ini benar-benar menentukan citra kepolisian tapi yang dilakukan bertolak belakang," kata Irma.

Menurutnya alasan kemanusiaan lantaran memiliki anak kecil tidak bisa digunakan kepada Putri Candrawathi. "Memang cuma dia yang punya anak kecil? Kalau dibandingkan dengan yang lain engga pernah ada nyonya jenderal dalam kasus pembunuhan berencana, tidak membuat tatanan hukum menjadi runtuh," urainya.

Irma juga menyebutkan, tidak pantas membandingkan perbuatan yang dilakukanPutri Candrawathi dengan Vanessa Angel atau Angelina Sondakh. "Mereka itu ngga membunuh orang kok," ujarnya.

Lebih lanjut Irma menyorotiKomnas Perempuan yang selalu memfokuskan kondisiPutri Candrawathi. "Kalau bicara kemanusiaan ada manusia yang ada nyawa hilang disitu. Kalau Komnas Perempuan mau membela hak perempuan, bicara dong tentang Ibunya Yosua. Kenapa harus bicara tentangPutri Candrawathi yang selalu dapat previlage," ujarnya.

Baca Juga: Tonton Adegan Putri Candrawathi, Hancur Karir Anak Buah Ferdy Sambo Tertangkap Basah Simpan Barang Bukti Paling Dicari Polri, Foto Terkininya Sulit Dicari

Kompascom/Kristianto Purnomo

Ternyata ini sosok penting yang minta Putri Candrawathi tak ditahan hingga dihujat satu Indonesia. Foto istri Ferdy Sambo kena getahnya.

Dihujat satu Indonesia, rupanya ini sosok penting yang minta Putri Candrawathi tak ditahan sekalipun menjadi tersangka dalam kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J. Foto istri Ferdy Sambo sampai kena getahnya.

Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) menyebutkan, Putri Candrawathi tidak ditahan dengan alasan kesehatan hingga memiliki anak balita telah sesuai dengan rekomendasi mereka.

Komisioner Komnas Perempuan Theresia Iswarini mengatakan pihaknya memberikan rekomendasi kepada kepolisian untuk tidak melakukan penahanan terhadap perempuan memiliki isu maternitas, menyusui hingga punya memiliki anak balita.

"Sesuai rekomendasi karena Komnas Perempuan melakukan hal yang sama juga pada perempuan yang lain," kata perempuan yang akrab disapa Rini seperti dikutip dari CNNIndonesia pada Jumat (2/9/2022).

Rini menyebutkan, rekomendasi tersebut berlaku untuk semua perempuan di tanah air tanpa terkecuali. Kata aktivis prempuan ini, tak ada keistimewaan yang diberikan kepada Putri karena pihaknya melakukan hal yang sama terhadap perempuan lain yang tengah berhadapan dengan hukum.

"Jadi tidak ada sebuah kekhususan untuk kasus PC (Putri Candrawathi) sebenarnya. Semua perempuan yang berhadapan dengan hukum begitu kami merekomendasikan yang sama," terang Rini dalam wawancaranya itu.

Rini lantas menyebut bahwa hal itu sesuai dengan apa yang tercantum dalam Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP).

Baca Juga: Dilarang Ambil Pistol Ferdy Sambo yang Jatuh, Begini Nasib Ajudan Suami Putri Candrawathi Usai Muncul dalam Rekonstruksi, Foto Sosoknya Sampai Dicari

Youtube

Ternyata ini sosok penting yang minta Putri Candrawathi tak ditahan hingga dihujat satu Indonesia. Foto istri Ferdy Sambo kena getahnya.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya