Ini Profil Hermanto Dardak yang Bikin Jokowi Ambil Keputusan Penting Buat Jakarta, Foto Ayah Wagub Jatim Dibanjiri Doa

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 10:22
Facebook

Ini profil Hermanto Dardak ayah Wagub Jatim yang meninggal dunia dalam kecelakaan tol. Dia pernah bikin Jokowi ambil keputusan penting.

Fotokita.net - Ini profil Achmad Hermanto Dardak ayah Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Emil Elistianto Dardak yang meninggal dunia dalam kecelakaan tol Pemalang-Batang, Jawa Tengah. Hermanto Dardak pernah bikin Joko Widodo (Jokowi) mengambil keputusan penting buat DKI Jakarta. Foto ayah Wagub Jatim dibanjiri doa.

Achmad Hermanto Dardak meninggal dunia pada Sabtu (20/8/2022) dini hari.Kabar ini dibenarkan Bendahara DPP Partai Demokrat Renville Antonio. "Insya Allah amal baik Almarhum Bapak Hermanto Dardak diterima di sisi Allah SWT dan dosa dosa diampuni-NYA," sebut Renville kepada wartawan yang menghubungi pada Sabtu pagi.

Ini profil Hermanto Dardak yang pernah menjabatWakil Menteri Pekerjaan Umum periode 2009 - 2014. Semasa menjabat, Hermanto pernah bikin Joko Widodo (Jokowi) mengambil keputusan penting buat DKI Jakarta. Foto ayah Wagub Jatim dibanjiri doa.

Kabar duka tersebut terkonfirmasi dengan ungggahan Emil Dardak. Dalam unggahan itu, Wagub Jatim menuliskan kalimat perpisahan untuk sang ayahanda.Achmad Hermanto Dardak juga sekaligus ayah mertua dari artis Arumi Bachsin.

"Farewell my lifelong inspiration. Im so proud to have you as my father. This is your favorite song," tulis Emil Dardak sambil diiringi lagu My Way dari Frank Sinatra.

Kabar duka atas meninggalnya ayah Wagub Jatim Emil Dardak juga dibagikan melalui sejumlah grup WhatsApp warga.

"Innalillahi wa innailaihi roji’uun Allahumaghfirlahu warhamhu waafihi wafuanhu. Telah meninggal dunia Bpk A Hermanto Dardak, karena kecelakaan lalulintas di Pekalongan tadi pagi 20 Agustus 2022. Mohon dimaafkan segala khilafnya. Saat ini berada di RS Poso Pekalongan."

Hermanto Dardak meninggal duniameninggal dunia dalam kecelakaan di ruas Tol Pemalang-Batang KM 341+400 arah Jakarta pada Sabtu sekitar pukul 03.25 WIB.

Baca Juga: Desakan Kapolda Metro Diperiksa Makin Nyaring, Ini Profil Putri Irjen Fadil Imran Pemegang Rekor Mentereng di DPR, Foto Nikahnya Tersebar

Facebook

Ini profil Hermanto Dardak ayah Wagub Jatim yang meninggal dunia dalam kecelakaan tol. Dia pernah bikin Jokowi ambil keputusan penting.

Kecelakaan terjadi saat mobil yang ditumpangi ayah Emil Dardak menempuh perjalanan masuk dari Gerbang Tol Kalikangkung.

Saat di tempat kejadian, sopir mobil Innova diduga mengantuk sehingga menabrak bagian belakang truk yang ada di depannya.

Hermanto Dardak punya nama lengkap Achmad Hermanto Dardak. Pria kelahiran Trenggalek, 6 Januari 1957 ini merupakan seorang insinyur profesional yang menghabiskan kariernya di Kementerian Pekerjaan Umum.

Dia menikahi Sri Widayanti dan memiliki tiga anak yakni Emil Elestianto Dardak, Eril Ariolistanto Dardak, dan Erin Ariodito Dardak.

Hermanto Dardak merupakan lulusan Teknik Sipil ITB di tahun 1980 dan kemudian lulus Master Teknik Sipil dari Universitas New South Wales, Australia pada 1985. Ia kemudian mendapat gelar Doktor Transport Economy dari Universitas New South Wales Australia pada 1990.

Dia pernah dipercaya menjadi Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) 2015-2018. Pada era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Hermanto Dardak diangkat menjadi Wakil Menteri Pekerjaan Umum (Wamen PU).

Hermanto Dardak menjabat sebagai adalah Wakil Menteri Pekerjaan Umum Kabinet Indonesia Bersatu II mendampingi Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto. Ia dilantik pada 11 November 2011.

Kariernya dimulai dari lingkungan Bina Marga Pekerjaan Umum. Sebelum menjadi wakil menteri Pekerjaan Umum, ia sempat menduduki posisi Kepala Biro Perencanaan Pekerjaan Umum, Kepala Pusat Kebijakan Pekerjaan Umum, Dirjen Penataan Ruang Pekerjaan Umum, dan Dirjen Bina Marga Pekerjaan Umum.

Baca Juga: Ini Biodata dan Profil Farel Prayoga Mantan Anak Jalanan yang Bikin Iriana Jokowi Joget, Foto Aksinya di Istana Merdeka Viral

Facebook

Ini profil Hermanto Dardak ayah Wagub Jatim yang meninggal dunia dalam kecelakaan tol. Dia pernah bikin Jokowi ambil keputusan penting.

Ia memperoleh berbagai penghargaan antara lain International Road Federation (IRF) Professional of the Year 2014, Ketua Tim UU jalan, UU tata ruang, Implementor Jembatan Suramadu, Tol Trans-Jawa dan Jembatan Selat Sund dan Satya Lencana Pembangunan dari Presiden Republik Indonesia.

Selain itu juga Honorary Fellow dari Institution of Engineer Asia dan Distinguish Alumni Award Australia.

Pada awal Januari 2013, Hermanto Dardak yang masih menjabat sebagaiWakil Menteri Pekerjaan Umum (PU) mendorong Jokowi yang menjadiGubernur DKI Jakarta mengambil keputusan penting.

Berkat penjelasan Hermanto Dardak di kantor Kementerian PU, Jakarta, Jokowi menyetujui pembangunan enam ruas tol terdalam di ibukota. Keputusan tersebut diambil setelah dirinya mendapatkan penjelasan tentang manfaat dan peran enam ruas tol tersebut dari Hermanto Dardak.

Saat itu, Jokowi menyadar, panjang jalan di Jakarta yang baru sebesar 6-7 persen dari luas ibukota membutuhkan pertambahan panjang jalan. Untuk itu, Gubernur DKI Jakarta akhirnya setuju dengan program pembangunan enam tol senilai Rp42 triliun tersebut.

“Dengan catatan tol itu bisa dipakai untuk busway, transportasi umum massal, tidak hanya untuk kepentingan mobil pribadi,” lanjutnya.

Selanjutnya, Jokowi menemui Menteri PU Djoko Kirmanto di kantornya untuk membahas infrastruktur bidang PU di Jakarta. Dalam pertemuan selama 90 menit tersebut, Djoko Kirmanto didampingi antara lain oleh Wakil Menteri PU Hermanto Dardak dan Direktur Jenderal Sumber Daya Air Mohammad Hasan. Sementera Jokowi disertai Kepala Dinas PU Jakarta Ery Basworo dan Kepala Bappeda Jakarta Sarwo Handayani.

Foto ayah Wagub Jatim Emil Dardak saat ini dibanjiri doa. Hermanto Dardak yang meninggal dunia dalam kecelakaan tol Batang pernah mendorong Jokowi ambil keputusan penting saat memimpin DKI Jakarta.

Baca Juga: Ikut Ditahan Karena Ferdy Sambo, Ini Profil AKBP Handik Zusen yang Jadi Komandan Penembakan Laskar FPI KM 50, Foto Sosoknya Sempat Disebarkan

Facebook

Ini profil Hermanto Dardak ayah Wagub Jatim yang meninggal dunia dalam kecelakaan tol. Dia pernah bikin Jokowi ambil keputusan penting.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya