Setia ke Megawati, Ronny Talapessy Pengacara Baru Bharada E Berani Pasang Badan Buat Ahok di Kasus Penistaan Agama, Foto Terkininya Muncul Lagi

Jumat, 12 Agustus 2022 | 18:23
Facebook

Ronny Talapessy pengacara baru Bharada E berani pasang badan buat Ahok di kasus penistaan agama. Dia selalu setia ke Megawati Soekarnoputri.

Fotokita.net - Pengacara baru Bharada Richard Eliezer atau Bharada E Ronny Talapessy tercatat sebagai anggota PDI Perjuangan yang selalu setia ke mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri. Ternyata Ronny pernah berani pasang badan buat Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di kasus penistaan agama. Foto terkininya muncul lagi.

Kabar penunjukan Ronny Talapessy sebagai pengacara baru Bharada E muncul tiba-tiba. Hal ini terungkap setelah Bharada E menyatakan mencabut kuasanya dari pengacaraDeolipa Yumara dan Muhammad Boerhanuddin dicabut.

Penunjukan Ronny Talapessy sebagai pengacara Bharada E tentu saja membuat publik bertanya-tanya. Banyak netizen mencari foto terkini dari anggota PDI Perjuangan yang setia ke Megawati Soekarno Putri. Ronny Talapessy ternyata pernah pasang badan buat Ahok di kasus penistaan agama. Foto terkininya muncul lagi ke publik.

PengacaraDeolipa dan Boerhanuddin belum genap sepekan menjadi kuasa hukum Bharada E, terhitung sejak 6 Agustus 2022. Pencabutan kuasa terhadap Deolipa dan Boerhanuddin tertuang dalam surat yang diketik dengan bubuhan materai dan tanda tangan Eliezer.

"Dengan ini menerangkan bahwa terhitung tanggal 10 Agustus 2022 mencabut kuasa yang telah diberikan kepada Deolipa Yumara dan Muh Burhanuddin," demikian petikan surat itu.

Adapun Bareskrim Polri menyebut Bharada E telah mencabut surat kuasa terhadap pengacara Deolipa Yumara dan Muhammad Boerhanuddin. Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi mengatakan, pihaknya berwenang mencabut kuasa Deolipa dan Boerhanuddin sebagai pengacara Bharada E.

Sebab, di awal, pihak kepolisian lah yang menunjuk keduanya sebagai kuasa hukum Eliezer. "Ya namanya juga ditunjuk kalau penunjukannya ditarikan terserah yang nunjuk," kata Andi kepada wartawan pada Jumat (12/8/2022).

Brigjen Andi Rian mengatakan pencabutan kuasa tersebut dilakukan Bharada E pada Rabu (10/8). "Pengacara bukan mengundurkan diri, tetapi kuasa si pengacara dicabut oleh si pemberi kuasa," kata Andi.

Jenderal bintang satu itu mengatakan Deolipa dan Burhanuddin merupakan pengacara yang ditunjuk penyidik guna mendampingi Bharada E saat pemeriksaan.

Baca Juga: Pantas Bharada E Habisi Brigadir J, Putri Candrawathi Janjikan Uang Segini Buat Si Ajudan, Foto Istri Irjen Ferdy Sambo Pegang Tangan Yosua Beredar

Kolase

Ronny Talapessy pengacara baru Bharada E berani pasang badan buat Ahok di kasus penistaan agama. Dia selalu setia ke Megawati Soekarnoputri.

Ronny Talapessy resmi menjadi pengacara baru Bharada E sejak Rabu (10/8/2022).Ronny Talapessy angkat bicara soal penunjukan dirinya sebagai kuasa hukum Bharada E, tersangka kasus pembunuhan Brigadir J. Dia berjanji bakal semaksimal mungkin dalam membela Bharada E demi mendapatkan keadilan.

"Ini, kan, masih proses penyidikan, kami hormati kerja dari timsus dan penyidik. Kami akan mempersiapkan pembelaan yang maksimal untuk Bharada E untuk mendapatkan keadilan," papar Ronny kepada wartawan pada Jumat (12/8/2022).

Ronny lalu melanjutkan, ketika proses persidangan nanti, dia bersama tim bakal mengajukan saksi yang bisa meringankan hukuman Bharada E. "Dalam proses peradilan, kami rencananya mengajukan saksi yang meringankan, kemudian ahli-ahli," ujar Ronny.

Ronny mengaku diminta langsung oleh orangtua Bharada E untuk mendampingi kasus hukum putranya. Menurut dia, keluarga Bharada E merasa nyaman jika bekerja sama dengan pengacara yang sudah mereka kenal.

"Kan atas pembicaraan keluarga mereka kan penginnya kan nyaman sama lawyer yang mereka kenal kan. Jadi saya bertemu keluarga, sesudah itu sepakat saya akan membantu Bharada E," terang Ronny.

Ronny mengaku sudah menyiapkan langkah awal untuk membela Bharada E dalam kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J. Politisi PDI Perjuangan yang setia ke Megawati Soekarnoputri itu mengatakan, dirinya bakal menyiapkan saksi yang bisa meringankan hukuman Bharada E.

"Untuk mendapatkan haknya Bharada E dulu kan. Haknya contohnya untuk nanti ke depannya kita rencanakan menghadirkan saksi yang meringankan, saksi ahli. Kemudian beberapa poin yang memang kita ajukan," urai Ronny.

Nama Ronny sudah tidak asing lagi, bukan hanya karena rekam jejaknya dalam menangani berbagai kasus hukum, tetapi juga sepak terjangnya di bidang politik. Selain pengacara, sosok Ronny juga dikenal sebagai politisi PDI Perjuangan. Dia menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI-P Jakarta.

Mengutip laman rbtlawfirm, pemilik nama lengkap Ronny Berty Talapessy itu merupakan anggota Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi). Selain itu, Ronny juga menjadi anggota Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin).

Baca Juga: Bukan Hanya Perintah Tembak Brigadir J, Irjen Ferdy Sambo Iming-imingi Ini ke Anak Buahnya, Foto Pengacara Bharada E Bikin Heboh

Kolase

Ronny Talapessy pengacara baru Bharada E berani pasang badan buat Ahok di kasus penistaan agama. Dia selalu setia ke Megawati Soekarnoputri.

Ronny merampungkan pendidikan sarjananya di Fakultas Hukum Universitas Atmajaya Jakarta. Sementara, gelar master hukum dia peroleh dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Setia ke Megawati Soekarnoputri, Ronny Talapessy pengacara baru Bharada E ternyata berani pasang badan buat Ahok di kasus penistaan agama tahun 2017. Foto terkininya muncul lagi di jagat maya.

Ronny juga pernah mencalonkan dirinya sebagai anggota legislatif pada 2019 silam. Dia berasal dari Daerah Pemilihan Banten II. Selain berkiprah di ranah politik, Ronny juga berkecimpung di bidang advokasi. Dia tergabung dalam RBT Law Firm.

Banyak kasus yang telah ditanganinya. Salah satunya membela Rosario de Marshall alias Hercules, mantan preman di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Ronny juga pernah menangani kasus kecelakaan maut di Tugu Tani, Jakarta Pusat, yang menewaskan 9 orang pada 2012 silam. Dia saat itu membela para korban yang ditabrak mobil Xenia maut yang dikemudikan Afriyani Susanti.

Selain itu, dia juga pernah menjadi Ketua Advokasi Indonesia Traffic Watch (ITW). Kala itu, pihaknya menggugat Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang mengeluarkan Pergub Nomor 195 Tahun 2014 tentang Pembatasan Lalu Lintas Sepeda Motor. Aturan tersebut mengatur sepeda motor tak dapat melintas di Jalan Sudirman-Thamrin.

Nama Ronny sempat mencuat ketika menjadi salah satu anggota dari tim pengacara Ahok dalam kasus dugaan penodaan agama pada tahun 2017 lalu. Ketika itu,Ahok melalui keluarganya memutuskan mencabut permohonan banding atas vonis 2 tahun penjara dalam kasus penodaan agama. Salah satu pengacara Ahok, Ronny Talapessy menilai hal tersebut sebagai sikap Ahok yang merupakan seorang negarawan.

"Beliau sebagai negarawan menurut saya, bersikap yang menurut kami beliau menerima putusan ini. Ya tentunya pertimbangan keluarga. Kami dari tim hukum melihatnya seperti itu, kan kami beberapa kali diskusi. Ini sikap gentleman, sikap ksatria. Beliau siap untuk menerima keputusan tersebut," kata Ronny kepada wartawan detik pada Senin (22/5/2017) malam.
Menurut Ronny, salah satu pertimbangan Ahok kemungkinan adalah menghindari polemik berlanjut. Ahok, kata Ronny, menghormati umat Islam yang akan segera bertemu dengan bulan Ramadan.
Baca Juga: Dipecat Bharada E, Pengacara Deolipa Yumara Curiga Isi Surat Cabut Kuasa Kliennya, Foto Kabareskrim Polri Disentil
Facebook

Ronny Talapessy pengacara baru Bharada E berani pasang badan buat Ahok di kasus penistaan agama. Dia selalu setia ke Megawati Soekarnoputri.

"Ini merupakan bentuk beliau sangat menghormati umat Islam. Beliau tidak ingin jika nanti banding dilanjutkan, ada demo-demo lagi yang bisa mengganggu ibadah umat muslim di bulan Ramadan.
Kalau ada seperti itu lagi kan aparat jadi bertugas juga, kan petugas juga ada yang muslim dan berpuasa. Jadi kalau menurut saya, Pak Ahok mencabut banding karena menghormati umat muslim," tutur Ronny.
Ronny menampik bahwa dicabutnya permohonan banding Ahok merupakan bagian dari strategi. Ia mengatakan apa yang dilakukan oleh Ahok merupakan upaya untuk menghormati hukum.
"Tidak ada hubungannya untuk memperkeruh suasana, memperkeruh bagaimana. Ini kan masalah hukum kok, Pak Ahok menghormati hukum," tuturnya.
Ronny menyampaikan Ahok saat ini ditahanan dalam kondisi yang baik. Ia mengatakan Ahok banyak menghabiskan waktunya untuk menulis buku dan berolahraga.
"Pak Ahok sehat, Pak Ahok baik. Beliau sekarang banyak menulis, banyak menghabiskan waktu untuk menulis buku. Beliau berolahraga juga," tutup Ronny ketika itu.
Baca Juga: Begini Alasan Kabareskrim Murka ke Pengacara Bharada E, Foto Deolipa Yumara Jadi Sorotan
Facebook

Ronny Talapessy pengacara baru Bharada E berani pasang badan buat Ahok di kasus penistaan agama. Dia selalu setia ke Megawati Soekarnoputri.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya