Terancam Sanksi Pidana Gegara Kasus Brigadir J, Ini Profil AKBP Ridwan Soplanit yang Terus Ditagih Nikita Mirzani Soal Perkara Musuh Bebuyutan, Foto Sosoknya Disorot

Jumat, 05 Agustus 2022 | 10:46
Wartakota

Ini profil AKBP Ridwan Soplanit yang terancam sanksi pidan gegara kasus Birgadir J. Ridwan pernah ditagih Nikita Mirzani soal perkara Nindy Ayunda.

Fotokita.net -Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Ridwan Rhekynellson Soplanit terancam mendapatkan sanksi pidana gegara penanganan kasus kematian Brigadir Yosua atau Brigadir J dianggap tidak profesional. Saat ini, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi memutasi Ridwan Soplanit menjadiPamen Pelayanan Markas Kepolisian Negara Republik Indonesia (Yanma Polri).

Merujuk pada Surat Telegram (ST) Nomor ST: 1628/VIII/KEP/2022 tanggal 4 Agustus 2022, tertulis nama Ridwan Soplanit bersama rekannya di Polres Metro Jakarta Selatan yang dimutasi gegara kasus kematian Brigadir J. Rekan Ridwan yang ikut dimutasi adalahKanit 1 Satreskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKP Rifaizal Samual.

Selain dimutasi, Ridwan Soplanit terancam sanksi pidana gegara dinilai tidak profesional dalam menangani kasus tewasnya Brigadir J di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo. Ini profil AKBP Ridwan Soplanit yang terus ditagih Nikita Mirzani soal perkara yang membelit musuh bebuyutannya. Foto sosoknya disorot.

Berdasarkan keterangan resmi Kapolri, Ridwan Soplanit termasuk25 personel Polri diperiksa Inspektorat Khusus terkait dugaan pelanggaran kode etik dalam penanganan kasus penembakan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat (Brigadir J).

"Dimutasi dalam status proses pemeriksaan oleh Irsus (Inspektorat Khusus) timsus (tim khusus)," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo yang memberi keterangan kepada wartawan pada Kamis (4/8/2022).

Saat berjumpa dengan wartawan dalam konferensi pers, Kapolri menyatakan ada 25 personel Polri yang diperiksa karena diduga tak profesional dalam penanganan kasus kematian Brigadir J. Selain diusut secara etik, 25 personel itu juga disebut bisa diusut secara proses pidana.

"Jadi Tim Irsus yang dipimpin oleh Irwasum telah memeriksa sampai saat ini 25 personel dan proses masih terus berjalan di mana 25 personel ini kita periksa terkait dengan ketidakprofesionalan dalam penanganan TKP.

Baca Juga: Suaminya Dicopot Usai Tersandung Kasus Brigadir J, Istri Brigjen Hendra Kurniawan Ternyata Pernah Dilabrak Nikita Mirzani Gegara Perkara Ini, Foto Terkininya Tersebar

Dan juga beberapa hal yang kita anggap bahwa itu membuat proses olah TKP dan juga hambatan-hambatan dalam hal penanganan TKP dan penyidikan yang tentunya kita ingin semuanya bisa berjalan dengan baik," terang Listyo Sigit panjang lebar.

Menurut Listyo Sigit, dari 25 polisi yang sudah diperiksa, tiga orang merupakan perwira tinggi. Kemudian lima di antaranya merupakan perwira menengah. "Kita sudah memeriksa 3 personel pati, kombes 5 personel, AKBP 3 personel, kompol 2 personel, pama 7 personel, bintara dan tamtama 5 personel," sebut Listyo Sigit.

Kapolri kemudian mengungkap satuan ke-25 personel yang diperiksa itu. Mereka merupakan personel Polri yang bertugas di Dipropam hingga Polda Metro Jaya. "Dari kesatuan Ditpropam, Polres, dan juga ada beberapa personel dari Polda, dan juga Bareskrim," ujarnya.

Kapolri juga menerangkan,ke-25 personel ini masih terus menjalani pemeriksaan. Proses pemeriksaan yang dilakukan ini terkait etika, namun tak menutup kemungkinan terkait proses pidana.

"Tentunya kita ingin semua proses bisa berjalan dengan baik. Oleh karena itu, terhadap 25 personel yang saat itu telah menjalani pemeriksaan, kita akan menjalankan proses pemeriksaan terkait dengan pelanggaran kode etik," papar Listyo. "Dan tentunya apabila ditemukan ada proses pidana, kita juga akan memproses pidana dimaksud," imbuhnya.

Terancam sanksi pidana gegara dinilai tidak profesional dalam menangani kasus kematian Brigadir J, ini profil AKBP Ridwan Soplanit yang terus ditagih Nikita Mirzani soal perkara yang menjerat musuh bebuyutannya, Nindy Ayunda. Foto sosoknya disorot.

Sebelum dimutasi, AKBP Ridwan Soplanit ikut melakukan pra rekonstruksi insiden baku tembak antara Brigadir J dan Bharada E di tempat kejadian perkara (TKP), yaitu rumah dinas Irjen Ferdy Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Dinilai Bikin Kasus Brigadir J Jalan Lambat, 3 Jenderal Polisi Dihukum dengan Cara Begini, Foto Wajahnya Langsung Dicari

Tribun

Ini profil AKBP Ridwan Soplanit yang terancam sanksi pidan gegara kasus Birgadir J. Ridwan pernah ditagih Nikita Mirzani soal perkara Nindy Ayunda.

Ridwan hadir bersama timpenyidik Polda Metro Jaya yang mulai melakukan para rekonstruksi kasus penembakan Brigadir J sejak pukul 11.20 WIB di teras rumah dinas itu.

Ketika itu, wartawan juga melihat kehadiranDirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian, Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo. Sampaipukul 12.34 WIB polisi masih menggelar rekonstruksi di dalam rumah dan dari luar rumah tak terdengar suara apapun.

Pada tahun 2022, Ridwan Soplanit banyak menangani kasus yang menjadi sorotan masyarakat. Sebagai Kasat Reskrim Polres Jaksel, Ridwan dan timnya mengusutmotif Hamilton Spa & Massage yang menggelar pesta Bungkus Night Vol.2, Selasa (21/6/2022). Setelah viral di media sosial, acara ini terindikasi prostitusi.

Ridwan juga berhasil menangkap pelaku pengeroyokan siswa SMA Negeri 70 pada akhir Juni lalu. Ridwan menangkap enam orang pelaku dalam kasuspengeroyokan ini. Kata Ridwan, korban pengeroyokan merupakan adik kelas para pelaku di SMA Negeri 70 Jakarta.

Pada April 2022, Ridwan menangkapbos PS Store,Putra Siregar, dan artisRico Valentino terkait kasus dugaan pengeroyokan terhadap anak mantan Wakapolri Komjen Syarifuddin.

Bulan Mei lalu, Ridwankembali memanggil selebgram Chandrika Chika terkait kasus dugaan pengeroyokan itu. Ridwanmengatakan, Chika masih akan diperiksa sebagai saksi dalam kasus tersebut.

"Dia (Chandrika Chika) sementara (diperiksa sebagai) saksi," kata Ridwan kepada wartawan diPolres Metro Jaksel, Kamis (19/5/2022). Ridwan menjelaskan, pihaknya akan meminta keterangan tambahan dari Chandrika Chika dalam pemeriksaan.

Baca Juga: Irjen Ferdy Sambo Akhirnya Bicara Perbuatan Anak Buahnya, Keluarga Sentil Sikap Istri Mantan Kadiv Propam di Momen Penting Brigadir J, Foto Buktinya Diunggah

Tribun

Ini profil AKBP Ridwan Soplanit yang terancam sanksi pidan gegara kasus Birgadir J. Ridwan pernah ditagih Nikita Mirzani soal perkara Nindy Ayunda.

"Jadi intinya beberapa keterangan tambahan terkait dengan pemanggilan dia. (Dipanggil) dalam minggu depan, untuk spesifik waktunya kita akan sampaikan," ujar dia.

Ridwan Soplanit pernah terus ditagih Nikita Mirzani soal perkara yang membelit musuh bebuyutannya, Nindy Ayunda. terlebih lagi, Nikita Mirzani sempat ditangkap saat berjalan-jalan di mal bersama anak bungsunya.

Kronologi kasusNindy Ayundabermula setelah seorang perempuan membuat laporan pada polisi, seperti dilansir Kompascom, Rabu (20/7/2022).Wanita bernama Rini Diana melaporkanNindy Ayundake Polres Metro Jakarta Selatan, pada 15 Februari 2021.

Rini Diana menyatakan suaminya, Sulaiman, mantan sopirNindy Ayunda, diduga menjadi korbanpenyekapanyang dilakukan oleh majikannya. Laporan tersebut teregistrasi dengan nomor LP/904/II/YAN2.5/2021/SPKT PMJ dengan sangkaan Pasal 333 KUHP tentang Kejahatan Terhadap Kemerdekaan Orang.

Kasat ReskrimPolres Metro Jakarta SelatanAKBP Ridwan Soplanit mengatakan bahwa pihaknya sudah memeriksa sejumlah saksi. Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, telah menerima Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) soal kasus dugaanpenyekapan olehNindy Ayunda.

Nindy Ayunda mangkir dua kali dari pemeriksaan polisi sebagai terlapor atas kasus dugaanpenyekapan Sulaiman. Setelah dua kali mangkir, rupanya penyidik Sat ReskrimPolres Metro Jakarta Selatan, kembali menjadwalkanNindy Ayunda untuk diperiksa pada Senin (18/7/2022).

Namun,Nindy Ayunda kembali tidak memenuhi panggilan tersebut. penyidik SatreskrimPolres Metro Jakarta Selatan telah mengeluarkan surat perintah jemput paksa.

Baca Juga: Kasus Brigadir J Kian Terang, Kiriman Pesan WA di Ulang Tahun Ajudan Irjen Ferdy Sambo Jadi Sorotan, Keluarga Pamerkan Foto Buktinya

Tribun

Ini profil AKBP Ridwan Soplanit yang terancam sanksi pidan gegara kasus Birgadir J. Ridwan pernah ditagih Nikita Mirzani soal perkara Nindy Ayunda.

Hal itu disampaikan HumasPolres Metro Jakarta Selatan, AKP Nurma Dewi, dilansir dari kanal YouTube MOP Channel, Rabu (20/7/2022). "Hari senin (surat) sudah kita terbitkan. Memang udah kewajiban dari kita, jika memang ada pemanggilan ke-3 tidak dapat menghadap, berati kita membawa," ucap AKP Nurma Dewi.

Belakangan, beredar kabar penyanyi Nindy Ayunda mendatangi Polres Metro Jakarta Selatan, Kamis (28/7/2022) malam untuk diperiksa sebagai saksi kasus dugaan penyekapan dan penganiayaan terhadap Sulaiman, mantan sopir pribadinya. Informasi yang didapat dari internal kepolisian, Nindy tiba sekitar pukul 23.30 WIB.

Menanggapi itu, kuasa hukum Sulaiman, Fahmi Bachmid mempertanyakan kenapa Nindy Ayunda diperiksa pada tengah malam. “Ini jadi pertanyaan bagi kami. Kok bisa dia (Nindy Ayunda) diperiksa tengah malam. Ada apa?” ujar Fahmi kepada wartawan pada Jumat (29/7/2022).

Dia curiga seakan-akan Nindy menghindar dari media dan tidak ingin kasus yang menjeratnya diketahui publik. “Ini kasus pidana, masyarakat berhak mengetahui proses penanganan kasus ini yang korbannya adalah rakyat kecil,” ucapnya.

Fahmi kembali mengingatkan kepada pihak kepolisian agar bersikap profesional dan transparan dalam kasus tersebut. Hingga berita ini diturunkan, Polres Metro Jaksel belum memberikan klarifikasi akan kebenaran informasi tersebut.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Ridwan Soplanit belum menjawab pesan melalui WhatsApp (WA), begitu juga Wakapolres Metro Jakarta Selatan AKBP Harun.

Kasie Humas Polres Metro Jakarta Selatan AKP Nurma Dewi membenarkan Nindy Ayunda semalam sudah datang ke Polres Metro Jakarta Selatan. Kemudian sudah memberikan keterangan. “Mudah-mudahan untuk keterangan dari saudari N dapat membuka suatu perkara," kata Nurma, Jumat (29/7/2022).

Baca Juga: Minta Penyidik Periksa Petir, Pengacara Brigadir J Sampai Bikin Mantan Ketua MK Tersenyum Kecut, Foto Sang Ahli Hukum Dicari-cari

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya