Ngerem Mendadak Saat Mau Take Off, Pesawat Batik Air Ternyata Sempat Dapat Masalah Begini, Ini Foto Armada Berusia Lebih dari 15 Tahun

Sabtu, 30 Juli 2022 | 22:06
Youtube

Pesawat Batik Air yang ngerem mendadak saat mau take off ternyata sempat dapat masalah begini. Ini foto armada berusia lebih dari 15 tahun.

Fotokita.net - Pesawat Batik Air denganregistrasi PK-BKF mengalami pengereman mendadak saat mau lepas landas (take off) dariBandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten.Pesawat Batik Air berjenis Airbus A320-200 ini melayanirute Jakarta menuju Makassar.

Pesawat yang mulai digunakan Batik Air sejak Mei 2022 ini ternyata sempat dapat masalah begini beberapa waktu. Ini foto armada terbang yang sudah berusia lebih dari 15 tahun.

Dokter Boyke Dian Nugraha menjadi salah satu penumpang pesawat Batik Air yang mengalami masalah itu. Dokter Boyke sempat menceritakan pengalaman menegangkan dalam pesawat yang mengerem mendadak saat mau take off dari Bandara Soetta itu.

Dalam ceritanya kepada wartawan, Dokter Boykemenyebut sempat mendapat penjelasan dari pilot pesawat saat bertemu dengannya. Dokter Boyke mendapatkan penjelasan, ada gangguan pada ban pesawat Batik Air yang ngerem mendadak beberapa saat sebelum lepas landas di Bandara Soetta.

"Saya tanya kenapa, ban nya dok ada masalah. Jadi terima kasih juga untuk Batik Air, untuk pilotnya yang sigap menghentikan pesawatnya, coba kalau tidak dihentikan, malah bahaya, saya berterima kasih kepada Tuhan, pilotnya profesional. Selama ini saya naik Batik Air juga baik baik saja, semoga acara lancar semua," ucapnya.

Pesawat Batik Air yang ditumpanginya menuju Makassar seharusnyaterbang dari Bandara Soetta pada Sabtu (7/30/2022), pukul 05.30 WIB. Akan tetapi, pesawat dikabarkan harus mengisi bahan bakar.

"Akhirnya pas kita berangkat jam 7.10 kira-kira mau naik mungkin 15 detik lagi terbang karena sudah ngung. Saya kan sering naik pesawat ya, tiba tiba direm. Itu yang namanya jantung deg-degan, artinya sudah ngangkang ke atas tiba tiba direm," cerita Dokter Boyke panjang lebar.

Baca Juga: Bikin Jantung Dokter Boyke Copot, Pesawat Batik Air yang Ngerem Mendadak Ternyata Armada Bekas Maspakai Ini, Begini Foto Penampakannya

Dokter Boyke merasa heran karena tiba-tiba pilot pesawat membatalkan penerbangan. Sang pilot justru mengarahkan pesawat kembali ke terminal. Pesawat pun akhirnya membatalkan lepas landas dari Bandara Soetta.

"Semua kaget juga. Terus tiba-tiba pramugari bilang tenang tenang saja. Lah kita gimana mau tenang tiba-tiba pesawatnya belok ke terminal. Pas pesawat berhenti kan ada teknisi teknisi terus saya ke toilet ketemu pilotnya, pramugarinya juga minta maaf," papar Dokter Boyke.

Pihak Batik Air juga sudah menerangkan penyebab pesawat berjenis Airbus A320-200 dengan registrasi PK-BKF harus ngerem mendadak saat jelang lepas landas dari Bandara Soetta.

Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro, menjelaskan pesawat Batik Air dengan nomor penerbangan ID-6236 dijadwalkan berangkat pada pukul 05.30 WIB dari Bandara Soetta.

"Dalam penerbangan ini, Batik Air bersiap untuk menerbangkan enam kru pesawat dan 131 tamu (penumpang). Setelah tahapan dan prosedur penanganan pesawat dan tamu di darat selesai, pesawat bergerak dan berada di landas pacu (runway) guna persiapan lepas landas (take off)" terang Danang kepada wartawan pada Sabtu (30/7/2022).Danang mengatakan pilot memutuskan membatalkan dan menunda keberangkatan atau rejected take off (RTO). Dia menyebut kondisi mesin saat itu masih rendah."Dalam memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan pada ID-6236, pilot memutuskan untuk membatalkan dan menunda keberangkatan (rejected take off/ RTO) kondisi kecepatan mesin masih rendah, dikarenakan ada indikator pada kokpit yang menunjukkan salah satu komponen pada pesawat perlu dilakukan pengecekan lebih lanjut. Untuk itu, pilot melaporkan atas situasi yang terjadi dan mengemudikan pesawat kembali ke area/ landas parkir (apron)" papar Danang panjang lebar.

Baca Juga: Sempat Dikabarkan Pingsan, Ternyata Begini Kejadian Sebenarnya Pada Pilot Batik Air yang Mendarat Darurat di Kupang. Sang Pilot Pun Dapat Pujian dari Sosok Penting Ini

Youtube

Pesawat Batik Air yang ngerem mendadak saat mau take off ternyata sempat dapat masalah begini. Ini foto armada berusia lebih dari 15 tahun.

Setelah pesawat Batik Air posisi berhenti, awak kabin mengarahkan penumpang kembali ke terminal keberangkatan. Danang meminta maaf atas peristiwa itu."Kepada seluruh tamu bahwa penerbangan ID-6236 mengalami penundaan keberangkatan dipindahkan (mengganti) dengan menggunakan pesawat Batik Air lainnya. Penerbangan ID-6236 dipersiapkan menggunakan Airbus 320-200 registrasi PK-LUR dengan status kondisi laik terbang dan aman.

Penerbangan ID-6236 menggunakan jadwal keberangkatan pukul 09.19 WIB dan waktu kedatangan di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin pada 12.24 WITA," Danang memberikan penjelasan panjang lebar.

Sebelum mengerem mendadak saat mau take off dari Bandara Soetta, pesawat Batik Air ternyata sempat mengalami masalah begini beberapa waktu lalu. Ini foto armada terbang yang berusia lebih 15 tahun.

Pesawat dengan nomor PK-BKF itu sempat melayani ruteJakarta-Riau. Ketika melayani rute itu, pesawat ini mengalami penundaan hingga beberapa jam karena lampu indikator pesawat itu menyala ketika bersiap lepas landas.

Ketika itu, Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro menjelaskan, Batik Air penerbangan D-6852 dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta tujuan Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, Riau (PKU) mengalami penyesuaian jadwal keberangkatan Rabu 18 Mei 2022 dari pukul 10.15 menjadi pukul 14.30.

"Batik Air menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang timbul," ujar Danang, Kamis 19 Mei 2022.

Danang mengatakan, pesawat Airbus 320-200 registrasi PK-BKF sudah menjalani pengecekan (pemeriksaan) menyeluruh oleh teknisi dan pilot sebelum diberangkatkan (pre-flightcheck).

Baca Juga: Sempat Diduga Pingsan dalam Pesawat Hingga Lakukan Pendaratan Darurat, Begini Kondisi Sang Pilot Saat Tiba di Rumah Sakit. Mengapa Peristiwa Itu Bisa Terjadi?

Youtube

Pesawat Batik Air yang ngerem mendadak saat mau take off ternyata sempat dapat masalah begini. Ini foto armada berusia lebih dari 15 tahun.

Pesawat dinyatakan layak dan aman dioperasikan (airworthy for flight). Penerbangan dijadwalkan lepas landas pukul 10.15 WIB, membawa 6 awak pesawat dan 143 penumpang.

Setelah penanganan di darat selesai menurut prosedur, kata Danang, pesawat didorong mundur (push back) bersiap menuju landas hubung (taxiway). Sebelum menujutaxiway, pilot memutuskan kembali ke landas parkir (apron), dikarenakan ada lampu indikator pada kokpit yang perlu dilakukan pengecekan kembali. Hal ini guna memastikan aspek keselamatan penerbangan.

Setelah pesawat parkir sempurna pada tempatnya, seluruh penumpang dikembalikan ke ruang tunggu. Batik Air menginformasikan sesuai perkembangan dan menyiapkan pesawat pengganti sebagai komitmen kenyamanan para penumpang.

Penerbangan ID-6852 diberangkatkan pukul 14.30 WIB dengan pesawat Batik Air lainnya Airbus 320-200 registrasi PK-LUI. Jadwal kedatangan di Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru pukul15.51 WIB.

Apabila Fotokita.net menelusuri sejarah pesawat Batik Air yang ngerem mendadak, ternyata armada dengan nomor registrasi PK-BKF itu bekas pakai dari maskapai ini. Datanya bisa dilihat melalui laman Plane Spotters.

Dalam laman Plane Spotters, pesawat Batik Air berjenisAirbus A320-200 diproduksi di Toulouse, Prancis. Pesawat ini sudah mengudara selama lebih dari 15 tahun. Pesawat ini pertama kali mengudara pada 11 Agustus 2006.

Sebelum digunakan Batik Air, pesawat yang ngerem mendadak itu digunakan maskapai Royal Jordanian. Dalam catatan Plane Spotters, Royal Jordanian memakai pesawat itu dengan nomor registrasi F-OHGX sejak November 2006.

Lalu, terhitung Desember 2013, pesawat yang dipakai Royal Jordanian itu mendapatkan perubahan nomor registrasi, JY-AYX. Batik Air sendiri mulai menggunakan pesawat Airbus A320-200 sejak Mei 2022. Ketika itu, pesawat bekas maskapai Royal Jordanian ini didatangkan untuk mengantisipasi kebutuhan liburan dan lebaran.

Baca Juga: Dikabarkan Pilot Batik Air Pingsan dalam Kokpit Hingga Pesawat Mendarat Darurat, Rupanya Begini Cerita Itu Bermula

Youtube

Pesawat Batik Air yang ngerem mendadak saat mau take off ternyata sempat dapat masalah begini. Ini foto armada berusia lebih dari 15 tahun.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya