Bukan Cuma Citayam Fashion Week, Baim Wong Dihujat Satu Indonesia Gegara Penjual Juz Amma Disebut Pengemis, Foto Korbannya Banjir Simpati

Senin, 25 Juli 2022 | 11:32
Youtube

Baim Wong dihujat satu Indonesia gegara penjual Juz Amma disebut pengemis. Ternyata bukan cuma Citayam Fashion Week.

Fotokita.net - Aktor sekaligus YouTuber Baim Wong kembali menuai kontroversi. Bersama istrinya, Paula Verhoeven, Baim menjadi sorotan usai mendaftarkan Citayam Fashion Week kePangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI). Akibatnya, Baim langsung panen hujatan.

Dianggap memanfaatkan kepopuleranBonge serta kawan-kawannya, aksi Baim yang mendaftarkan Citayam Fashion Week ke PDKI kena sentil dengan ungkapan 'Created by the poor stolen by the rich'.

Ternyata bukan cuma Citayam Fashion Week, Baim Wong pernah dihujat satu Indonesia gegara penjual Juz Amma disebut pengemis. Foto korbannya langsung banjir simpati dari banyak kalangan, termasuk Nikita Mirzani.

Sebelum mengajukan Citayam Fashion Week sebagai merek dagang, Baim dan Paula sudah menyambangi rumah Bonge di Cilebut, Jawa Barat. Mereka secara blak-blakan ingin menggelar fashion show itu sebagai event tahunan dengan anggaran awal sekitar Rp 500 juta.

"Jadi Baim Paula akan mengajak Bonge bikin event Citayam Fashion Week. Kita sudah sediakan uang sebesar Rp 500 juta. Jadi kita pengin bikin Citayam Fashion Week jadi event yang luar biasa, insyaAllah menjadi event tahunan," kata Paula.

Baim dan Paula mendaftarkanmerek dagang Citayam Fashion Week melalui perusahaan pribadi PT Tiger Wong Entertainment kepada Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI). Mereka mendaftarkannya pada 20 Juli 2022 dengan nomor teregistrasi JID2022052181 dan statusnya masih dalam proses.

Dalam surat pengajuan tertulis, Baim dan Paula menjelaskan, Citayam Fashion Week sebagai jenis barang atau jasa bersifat hiburan dalam sifat peragaan busana.

Baca Juga: Foto Kakek Suhud Balas Tatapan Baim Wong Banjir Komentar, Suami Paula Verhoeven Dibikin Malu, Baru Tahu Ibadah Penjual Buku Agama

Citayam Fashion Week akan menjadi layanan hiburan yaitu menyediakan podcast di bidang mode, layanan pelaporan berita di bidang fashion, menyediakan video online yang tidak dapat diunduh di bidang mode, organisasi peragaan busana untuk tujuan hiburan, pelaksanaan pameran, peragaan busana, dan pameran kebudayaan untuk tujuan hiburan.

Perusahaan Baim Wong yang mendaftarkan Citayam Fashion Week akan menjadikannya merek layanan penyedia video online yang dapat diunduh di bidang mode, organisasi peragaan busana untuk tujuan hiburan, pelaksanaan pameran, peragaan busana, dan pameran kebudayaan untuk tujuan hiburan.

Ternyata selain PT Tiger Wong, seseorang yang bernama Indigo Aditya Nugrho juga mendaftarkan Citayam Fashion Week ke Kemenkumham. Permohonan itu tertera dengan nomor JID2022052496.

Tampak permohonan itu diterima dan dilindungi sejak 21 Juli 2022. Dalam permohonan itu Citayam Fashion Week dijadikan nama sebuah brand ajang pemilihan kontes, kesenian, kebudayaan dan pendidikan.

Langkah Baim dan Paulamendaftarkan Citayam Fashion Week langsung panen hujatan dari netizen. Banyak netizen yang tidak suka pasangan suami istri itu mengambil keuntungan dari fenomena Citayam Fashion Week.

"Idenya dari orang menengah ke bawah, dicuri orang berduit ntar orang menengah ke bawah tersingkirkan.. daripada begitu mending bina anak anak CFW tiap pekan dibina agar berakhlak baik dan jadi orang bermanfaat. Pemerintah keduluan ambil tindakan," jelas akun rend***.

"Coba di kasih bantuan, berupa uang, pakaian, makanan. jangan mengganggu mereka yg mencari rece, demi loe yg mencari jutaan," imbuh akun uer****.

Baca Juga: Foto Kakek Suhud Pasang Tampang Memelas Terima Bantuan Beredar, Tetangga Bongkar Kebohongan Penjual Buku Agama, Haji Sasa Pengusaha Kaltim Buka Suara

Facebook

Baim Wong dihujat satu Indonesia gegara penjual Juz Amma disebut pengemis. Ternyata bukan cuma Citayam Fashion Week.

Terkait hujatan yang diterimanya, Baim Wong buka suara kepada wartawan. Mulanya, diamenyayangkan adanya komentar negatif terhadap dirinya. Baim meminta masyarakat Indonesia membudayakan tak memfitnah sebelum ada penjelasan.

"Yang kalian hrs Tau, Dan yg terpenting bonge, Roy, jeje Dan kurma ada di dalamnya. Saya kadang menyayangkan opini2 yg negatif ketika niat dan tujuan kita berbeda dgn pandangan sempit mereka. Budayakan mendengarkan org yg bersangkutan sblm melayangkan opini. Takutnya semua menjadi fitnah," tulis Baim lewat pesan singkat kepada wartawan.

Rupanya bukan cuma Citayam Fashion Week, Baim Wong pernah dihujat satu Indonesia gegara penjual Juz Amma disebut pengemis. Foto korbannya langsung banjir simpati dari banyak kalangan. Salah satunya, Nikita Mirzani.

Baim yang dihujat satu Indonesia bermula dari kejadian seorang kakek yang bernama Suhud ingin menawarkan dagangannya kepada suami Paula Verhoeven itu pada Oktober 2021. Konten kakek Suhud yang berjualan Juz Amma disebut pengmis oleh Baim viral di media sosia.

Sekalipun sempat memanas di media sosial, cerita perseteruan antara Kakek Suhud dan Baim Wong berujung damai. Keduanya saling bertemu dan saling memaafkan satu sama lain. Namun, Baim sempat dihujat satu Indonesia gegara penjual Juz Amma disebut pengemis.

Foto korban Baim Wong itu viral.Mulai dari awal Kakek Suhud yang disebut pengemis oleh suami Paula Verhoeven, dirinya bertemu dengan Nikita Mirzani, mendapatkan banyak bantuan dari berbagai kalangan, hingga diangkat menjadi bapak angkat oleh salah satu pengusaha asal Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim).

Kejadian tak mengenakan menimpa seorang kakek berusia 70 tahunan beberapa waktu lalu. Kakek Suhud ingin menawarkan jualannya kepada Baim Wong. Dirinya pun mengikuti sang aktor sembari menawarkan jualan.

Baca Juga: Netizen Terlanjur Hujat Foto Baim Wong, Tabiat Asli Kakek Suhud Dibongkar Orang Dekatnya: Kita Juga Bingung Ngejelasinnya

Youtube

Baim Wong dihujat satu Indonesia gegara penjual Juz Amma disebut pengemis. Ternyata bukan cuma Citayam Fashion Week.

Tapi sayang, apa yang dilakukan kakek Suhud justru membuat sang aktor bertindak arogan. Ayah dari Kiano Tiger Wong itu justru kesal dan menyebut bahwa Kakek Suhud sengaja mengejarnya untuk meminta uang.

Baim bahkan menyebut kakek itu mengemis kepadanya. Hingga ia memberikan ganjaran dengan cara memberikan beberapa driver ojek online (Ojol) uang, masing-masing senilai Rp 100 ribu.

Apa yang menimpa Kakek Suhud, dan dibuat konten oleh Baim, ternyata menjadi sorotan netizen. Banyak di antara mereka memviralkan kejadian tersebut. Hingga kisah sedih Kakek Suhud pun didengar oleh pegiat media sosial.

Apa yang dilakukan Baim kepada Kakek Suhud ternyata langsung viral dan menjadi perhatian publik. Tak hanya diberikan respons menohok dari Nikita Mirzani yang langsung sigap membantu Kakek Suhud, dirinya harus kehilangan ratusan ribu subscriber di channel YouTubenya.

Berbondong-bondong netizen satu Indonesia geram dengan apa yang dilakukan Baim. Karena menurut warganet, pria kelahiran 27 April 1981 itu tak punya adab dan sopan santun. Lanraran membentak dan menyebut seorang kakek penjual buku agama sebagai seorang pengemis.

Para penggiat media sosial itu langsung memberikan donasi kepada Kakek Suhud. Tak hanya itu, aktris Nikita Mirzani juga mencari keberadaan Kakek Suhud untuk kemudian diberi bantuan. Kakek Suhudbahkan muncul di channel YouTube Langit Entertainment, kemudian diangkat sebagai kakek dari janda tiga orang anak tersebut.

Ceritanya kadung viral di media sosial, hingga latar belakangnya pun terkuak. Siapa sangka, kakek 70 tahunan itu ternyata seorang penjual buku agama keliling. Tiap hari dirinya menjajakan buku agama. Namun, di situasi pandemi dan banyak anak sekolah hanya belajar daring, dagangan Kakek Suhud pun tak selaris yang dikira.

Baca Juga: Foto Tampang Haji Sasa yang Mau Tanggung Biaya Hidup Kakek Suhud, Ini Profil Pengusaha Kaltim yang Habiskan Rp 1 Miliar Buat Borong Dagangan Warga

Facebook

Baim Wong dihujat satu Indonesia gegara penjual Juz Amma disebut pengemis. Ternyata bukan cuma Citayam Fashion Week.

Bahkan disampaikan anak angkatnya, Suriansyah, sang bapak angkat biasanya hanya membawa pulang uang senilai puluhan ribu saja. "Kadang kalau nggak laku, beliau nggak makan," kata Sasa, panggilan akrabnya.

Cerita miris yang dialami Kakek Suhud terdengar hingga Bumi Mulawarman. Suriansyah atau akrab disapa Sasa, merupakan seorang pengusaha mapan asal Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim).

Ia mengaku, sebelumnya tak pernah kenal dengan Kakek Suhud. Cerita kakek malang itu ia tahu dari pengikutnya di TikTok. Yah, kisah Kakek Suhud disebut pengemis oleh Baim Wong memang viral di media sosial.

Para pengeikut Sasa di TikTok pun meminta kepada dirinya untuk membantu kakek itu. Tak menunggu waktu lama, pria asli Benua Etam itu langsung membeli tiket dan terbang ke Jakarta untuk menemui Kakek Suhud.

Gayung bersambut, pertemuan singkat keduanya berlangsung harmonis. Ia pun mendengar semua curhatan Kakek Suhud.

"Beliau cerita semuanya ke saya, mulai dari kenapa ia berjualan, sampai gimana perasaannya waktu disebut begitu sama dia (Baim Wong), tapi beliau memang punya hati yang lapang. Nggak marah, nggak dendam, semua dimaafkan," kata Sasa saat dihubungi melalui telepon seluler, Kamis (14/10/2021).

Sejak itu, Kakek Suhud sudah resmi menjadi bapak angkat dari Sasa, kisah perseteruannya dengan Baim Wong pun sudah menempuh jalur damai. Namun foto korban marah-marah Baim Wong itu sudah banjir simpati dari netizen satu Indonesia.

Baca Juga: Foto Tampang Kakek Suhud Banjir Simpati, Klarifikasi Baim Wong Disebut Pelintir Fakta Sebenarnya: Dia Cerita yang Bukan-bukan

Facebook

Baim Wong dihujat satu Indonesia gegara penjual Juz Amma disebut pengemis. Ternyata bukan cuma Citayam Fashion Week.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya