Tahu Kebiasaan Ferdy Sambo, Mantan Kapolda Aceh Penasaran Istri Kadiv Propam Jarang Pulang, Foto Sosoknya Diviralkan

Kamis, 14 Juli 2022 | 21:03
Kompascom

Mantan Kapolda Aceh Mayjen (Purn) Seno Sukarto mengaku tahu kebiasaan Ferdy Sambo. Dia penasaran istri Kadiv Propam jarang pulang.

Fotokita.net - Mantan Kapolda Aceh Mayjen (Purn) Seno Sukarto mengaku tahu kebiasaan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo. Seno yang juga menjabat sebagai Ketua RT di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan dibikin penasaran gegara istri Kadiv Propam jarang pulang ke rumah. Foto sosoknya diviralkan.

Peristiwa polisi tembak polisi yang merenggut nyawa Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir Yosua terjadi di rumah Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo. Namun, penanganan insiden berdarah itu membuat Seno Sukarto sebagai Ketua RT tersinggung. Sebab, dia mengaku tak adayang melapor kepadanya saat kejadian hingga sekarang, kecuali petugas satpam kompleks.

"Sampai sekarang saya ketemu saja nggak. Terus terang saya juga ya kesal, saya ini dianggap apa sih. Maaf saja, saya ini jenderal loh, meskipun RT. Jadi saya memang tersinggung juga dalam hal ini," papar Seno yang ditemui wartawan di rumahnya. Padahal, Seno juga mengaku kebiasaan ferdy Sambo. Mantan Kapolda Aceh ini juga penasaran istri Kadiv Propam jarang pulang ke rumah.

Purnawirawan jenderal bintang dua itu jugamerasa tersinggung karena merasa ada pihak yang dengan seenaknya menyuruh petugas satpam di kompleksnya.

"Sama sekali nggak ada laporan, nggak ada ini, merintahkan satpam seenaknya saja. Kenapa tidak memberi tahu saya sebagai ketua RT," kata Seno.

Beberapa hari setelah insiden polisi tembak polisi, pihak aparat melakukan olah TKP kasus penembakan Brigadir Yosua di rumah Ferdy Sambo. Olah TKP dilakukan pada Selasa (12/7/2022) malam. Proses olah TKP semalam berlangsung secara tertutup.

Seno juga mengaku sempat kesal karena tidak ada yang laporan pada dirinya selaku Ketua RT tentang peristiwa penembakan yang terjadi di lingkungannya. Dia pertama kali tahu peristiwa penembakan di rumah Irjen Ferdy Sambo dari media sosial.

Baca Juga: Sibuk Layani Istri Kadiv Propam Polri, Brigadir Yosua Sampai Belum Sempat Penuhi Permintaan Keluarga, Ibunya Terus Tangisi Foto Almarhum

"Sebetulnya terus terang saya justru membaca YouTube itu. Sampai sekarang saya ketemu saja nggak. Terus terang saya juga ya kesal. Saya ini dianggap apa sih, maaf saja saya ini Jenderal loh, meskipun RT," jelasnya.

Mayjen Pol (Purn) Seno Sukarto menjabat sebagai ketua RT di lingkungan rumah Irjen Ferdy Sambo.Meski usianya tak lagi muda, pria kelahiran 1938 itu masih dipercaya warga sekitar sebagai ketua RT.

Ketika masih berdinas di Polri, Seno pernah menjabat 2 kali sebagai Kapolda, yakni Kapolda Aceh dan Kapolda Sumatera Utara. Ketika tahun 1989, Seno Sukarto sempat menggelar operasi besar-besaran terhadap pencurian kayu di hutan Aceh.

Seno bercerita, dia merupakan angkatan 9 Rajawali. Jabatan terakhirnya semasa dinas yakni sebagai Asisten Kapolri Bidang Perencanaan Umum dan Anggaran (Asrena Kapolri).

Jabatan Asrena Kapolri itu diembannya saat Kapolri dijabat oleh Jenderal Pol Kunarto hingga Jenderal Pol Banurusman Astrosemitro. Artinya, Seno menjabat Asrena Kapolri sejak 1991 hingga 1996.

Kini dia telah pensiun dari dunia kepolisian. Namun, tiba-tiba wilayah yang dipimpinnya menjadi lokasi kasus polisi tembak polisi. Namun, pihak kepolisian yang menyelidiki kasus itu seakan-akan tak menganggapnya. Seno tak pernah diberi tahu soal kasus tersebut.

Seno Sukarto juga mengatakan, CCTV di pos satpam dekat rumah Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo diganti sehari setelah insiden baku tembak.

"Bapak kemarin sempat bilang bahwa Bapak menerima laporan dari satpam bahwa salah satu CCTV di rumah Pak Sambo itu diganti, itu betul Pak?" tanya wartawan.

Baca Juga: Nangis Kejer di Bahu Petinggi Polri, Irjen Ferdy Sambo Ditemui dalam Kondisi Begini, Foto Terkininya Disebarkan Senior

Kompascom

Mantan Kapolda Aceh Mayjen (Purn) Seno Sukarto mengaku tahu kebiasaan Ferdy Sambo. Dia penasaran istri Kadiv Propam jarang pulang.

"Maksudnya itu bukan CCTV di rumah Pak Sambo (yang diganti), (tetapi) CCTV alatnya yang di pos (yang diganti)," jawab Seno.

Seno mengaku tak tahu detail bagaimana decoder CCTV tersebut diganti usai penembakan di rumah Irjen Ferdy Sambo. Dia mengaku hanya mendapat laporan tersebut dari petugas satpam. "Digantinya hari Sabtu (9 Juli), saya tahunya hari Senin (11 Juli)," ujarnya.

Polres Metro Jakarta Selatan mengaku mengambil CCTV tersebut dalam rangka penyitaan. "Mungkin yang dimaksud adalah dekoder CCTV lingkungan yang ada di pos (sekuriti), karena yang lama disita (penyidik)," ujar Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi Susianto kepada wartawan, Rabu (13/7/2022).

Budhi mengatakan CCTV di pos satpam kemudian diganti dengan yang baru. "Dan agar CCTV di lingkungan Kompleks Aspol Duren Tiga tersebut tetap beroperasi, maka diganti yang baru," katanya.

Terkini, dua polisi mendatangi rumah ketua RT Mayjen (Purn) Seno Sukarto. Kedatangan mereka bertujuan meminta izin kepada Ketua RT.

"Ya kan, minta ini, minta izin. Gimana kan, dari Mabes kan harus izin," kata istri ketua RT setempat, Sri Suparti, di kediamannya, Kamis (14/7/2022).

Sri tidak menjelaskan lebih jauh terkait izin untuk apa polisi datang ke rumahnya. Sri menyebut kedua polisi datang pada Rabu (13/7) sekitar pukul 21.00 WIB malam. Kedatangan kedua polisi tersebut disambut baik oleh Seno Sukarto selalu ketua RT. "Ya, nggak apa-apa, kalau memang perlu ya monggo," jelasnya.

Baca Juga: Dengar Suara Letusan, Begini Penyebab Ketua RT Ogah Datangi Rumah Ferdy Sambo, Foto Petinggi Polri Jadi Sorotan

Facebook

Mantan Kapolda Aceh Mayjen (Purn) Seno Sukarto mengaku tahu kebiasaan Ferdy Sambo. Dia penasaran istri Kadiv Propam jarang pulang.

Tahu kebiasaan Irjen Ferdy Sambo, mantan Kapolda Aceh itu penasaran lantaran istri Kadiv Propam Polri jarang pulang ke rumah. Foto sosoknya diviralkan usai melihat ada kejanggalan di sekitar kompleks rumahnya.

Seno Sukarto mengungkapkan keseharian Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo dan istri Putri Sambo. Pria berusia 84 tahun itu mengatakan sebelum berpangkat jenderal Irjen Ferdy sering nongkrong di pos satpam yang berjarak sekitar 20 meter dari rumahnya.

"Kadang-kadang di pos. Saya dahulu sering di pos, apalagi kalau malam minggu," ujar Seno.

Purnawirawan polisi bintang dua itu mengaku sering mengundang warga kompleks untuk mengobrol di pos satpam tersebut. "Saya undang kawan-kawan, termasuk Pak Sambo," katanya.

Kini ada yang berubah. Seno mengaku sudah jarang bertemu Irjen Ferdy Sambo sejak warganya itu menjabat Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri.

"Setelah jadi jenderal dan di Propam, tidak pernah lagi ketemu. Mungkin karena kesibukan," tuturnya. Pak Seno juga jarang melihat Irjen Ferdy bersama nyonya di rumah tersebut.

"Jarang. Saya sering tanya satpam, 'kok sepi?'.'Iya, Pak, tidak ada orang'. Saya tanya satpam karena mereka dekat pos dan gampang melihat," kata Seno.

Baca Juga: Jadi Saksi Kunci Penembakan Brigadir Yosua, Begini Alasan Foto Wajah Istri Ferdy Sambo Jangan Lagi Diumbar

Facebook

Mantan Kapolda Aceh Mayjen (Purn) Seno Sukarto mengaku tahu kebiasaan Ferdy Sambo. Dia penasaran istri Kadiv Propam jarang pulang.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya