Terlanjur Dikepung Ratusan Polisi, Bechi Pewaris Ponpes Shiddiqiyyah Justru Sembunyi di Tempat Ini, Foto Ayahnya Jabat Tangan Kapolres Jombang Viral

Minggu, 10 Juli 2022 | 12:16
Facebook

Bechi pewaris Ponpes Shiddiqiyyah Jombang ternyata justru sembunyi di tempat ini ketika ruamhnya dikepung ratusan polisi.

Fotokita.net - Ponpes Shiddiqiyyah Ploso Jombang sempat dikepung ratusan personel kepolisian pada Kamis (7/7/2022) sejak pukul 07.00 WIB. Polisi ingin menangkapMoch Subchi Azal Tsani (MSAT) alias Bechi, tersangka kasus pencabulan santriwati. Ternyata Bechi yang juga pewaris Ponpes Shiddiqiyyah justru sembunyi di tempat ini.

Penjemputan paksa terhadap Bechi dilakukan oleh pasukan gabungan Polda Jatim dan Polres Jombang. Pasukan gabungan dipimpin langsung oleh Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat.

Sayangnya, upaya penangkapan sempat mendapatkan penolakan dari ayah Bechi,Kiai Muhammad Muchtar Mu'thi, yang juga menjadi pemilik Ponpes Shiddiqiyyah Jombang. Namun, Kiai Muchtar berjanji mengantarkan sendiri Bechi ke Polda Jatim. Foto ayah Bechi jabat tangan Kapolres Jombang viral di media sosial.

Sebelum berjumpaMursyid Tarekat Shiddiqiyyah Jombang Kiai Muhammad Muchtar Mu'thi, anggota Kapolres Jombang sempatmendapat perlawanan dari ratusan simpatisan, jemaah, dan santri. Itu sebabnya, 323 orang diamankan ke Mapolres Jombang.

Setelah mengepung Ponpes Shiddiqiyyah selama lebih dari 15 jam, Bechi akhirnya menyerahkan diri kepada polisi. Dia langsung dibawa keMapolda Jatim sekitar pukul 23.00 WIB.Bechi lantas ditahan di Rutan Medaeng.

Pada Jumat (8/7/2022), sebanyak 318 simpatisan, jemaah dan santri Ponpes Shiddiqiyyah dipulangkan. Sementara itu,5 orang simpatisan Bechi ditetapkan tersangka dan ditahan di Rutan Polres Jombang karena dianggap menghalang-halangi polisi.

Terlanjur dikepung ratusan polisi, Bechi pewaris Ponpes Shiddiqiyyah Ploso Jombang ternyata justru sembunyi di tempat ini. Hal ini terungkap dari keterangan resmiKetua Umum Organisasi Shiddiqiyyah (Orshid) Joko Herwanto.

Baca Juga: Pantas Kapolres Jombang Sampai Bungkuk-bungkuk, Pemilik Ponpes Shiddiqiyyah Ditemui dalam Kondisi Begini Saat Anaknya Mau Ditangkap, Foto Sosoknya Disebarkan

Facebook

Bechi pewaris Ponpes Shiddiqiyyah Jombang ternyata justru sembunyi di tempat ini ketika ruamhnya dikepung ratusan polisi.

Saat menggelar acara jumpa pers di hotel Jalan Soekarno-Hatta, Peterongan, Jombang, Sabtu (9/7/2022), Joko menjelaskan alasanKiai Muhammad Muchtar Mu'thi menunda penyerahan anaknya ke polisi. Sebab, Kiai Muchtar ingin Bechi menghadiri acara pelantikan pada Kamis lalu.

Menurut Joko,Ponpes Shiddiqiyyah sedang menggelar acara Pelantikan Pengurus Pusat Organisasi Persaudaraan Cinta Tanah Air

Dalam kesempatan itu, Joko menyebutkan, Bechi justrusedang tidak berada di Ponpes Majma'al Bachroin Hubbul Wathon Minal Iman Shiddiqiyyah saat pelantikan berlangsung, bersamaan dengan proses jemput paksa yang sempat ricuh.

Kata Joko, pada saat itu Kiai Muchtar yang akrab disapa Mbah Yai oleh para pengikutnya juga tidak tahu bila putranya sedang tidak berada di dalam pesantren.

"Mbah Yai (Kiai Muchtar) tidak tahu kalau Mas Bechi tidak ada di pesantren saat memberi statement akan mengantar sendiri setelah selesai acara pelantikan. Dipikir Mas Bechi ada di kediaman," kata Joko.

Pada saat aksi jemput paksa Bechi, polisi kembali mendapat penolakan dari petinggi Kiai Muchtar. Saat itu sang kiai meminta polisi tidak mengambil anaknya dan berjanji akan mengantar sendiri ke Polda Jatim setelah acara pelantikan.

Kiai Muchtar menyampaikan permintaan itu kepada Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat. Rekaman permintaan Kiai Muchtar beredar di lingkungan wartawan. Lokasi pengambilan video di kediaman Kiai Muchtar di dalam Ponpes Shiddiqiyyah.

Baca Juga: Sebelum Menyerah ke Polisi, Bechi Pewaris Ponpes Shiddiqiyyah Singgung Peran Mantan Istri Ayahnya, Tertunduk Lesu Saat Foto di Rutan Medaeng

Antara foto via Facebook

Bechi pewaris Ponpes Shiddiqiyyah Jombang ternyata justru sembunyi di tempat ini ketika ruamhnya dikepung ratusan polisi.

"Jangan. Nanti kita antar ke sana," kata Kiai Mukhtar dalam video, Kamis (7/7/2022).

Lantas, Kapolres Jombang kembali mengonfirmasi hal ini.

"Antar ke polda ya mbah yai? Kapan mbah yai?" tanya Kapolres Jombang Nurhidayat.

Kiai Muchtar menyebut akan mengantar sendiri putranya usai acara pelantikan.

"Ya selesai acara ini, pelantikan ini," jawab Kiai Muchtar.

Seakan tak puas, Nurhidayat kembali menanyakan hal ini ke polisi.

"Berarti hari ini diantar ke polda mbah yai? Mas Bechi?" Ujar Nurhidayat.

"Iya nanti. Sampaikan ke bapak kapolda," janji Kiai Mukhtar. "Hari ini masih ada acara."

Baca Juga: Bukan Cuma Luhut Binsar, Prabowo Subianto Kunjungi Ponpes Shiddiqiyyah Demi Tujuan Ini, Foto Menhan Cium Tangan Ayah Bechi Jadi Sorotan

Facebook

Bechi pewaris Ponpes Shiddiqiyyah Jombang ternyata justru sembunyi di tempat ini ketika ruamhnya dikepung ratusan polisi.

Sejurus kemudian, ayah pewaris Ponpes Shiddiqiyyah itu menerima jabatan tangan Kapolres Jombang. Foto ayah Bechi menjabat tangan Kapolres itu viral di media sosial.

Kesepakatan pun terjadi antara keduanya. Namun hingga sore hari, seperti yang dijanjikan Kiai Muchtar, Bechi tak juga muncul. Hingga akhirnya yang bersangkutan menyerahkan diri pukul 23.00 WIB.

"Mas Bechi berada di luar pesantren sampai malam hari dan baru menghubungi keluarga malam hari. Selanjutnya kami antar ke polda bersama Mbah Yai dan Bu Nyai," jelas Joko.

Artinya, kata Joko, Kiai Muchtar telah menepati janjinya kepada polisi untuk mengantar sendiri putranya ke Mapolda Jatim di Surabaya. Yakni setelah Mas Bechi tiba ke Ponpes Shiddiqiyyah Kamis malam.

Hanya saja pimpinan Tarekat Shiddiqiyyah itu tidak satu mobil dengan putranya yang saat itu dikawal polisi.

"Sesuai pernyataan Mbah Yai beliau akan mengantar sendiri putranya ke Polda dan sudah tersampaikan kami antar ke Polda dan Mbah Yai ikut mengantarkan di belakang," ungkapnya.

Sayangnya, Joko enggan menyebutkan di mana posisi Mas Bechi pada saat peristiwa pengepungan dan upaya jemput paksa oleh pihak kepolisian saat itu.

Baca Juga: Ngaku Punya Ilmu Kanuragan, Pewaris Ponpes Shiddiqiyyah Bikin Jiwa Korban Melayang Pakai Cara Begini, Foto Ayahnya Bertemu Luhut Binsar Disorot

Facebook

Bechi pewaris Ponpes Shiddiqiyyah Jombang ternyata justru sembunyi di tempat ini ketika ruamhnya dikepung ratusan polisi.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya