Kenyang Terbang Ekstrem di Afrika, Kondisi Pilot Susi Air yang Pesawatnya Hancur di Hutan Papua Jadi Sorotan, Foto Evakuasinya Beredar

Jumat, 24 Juni 2022 | 11:37
Facebook

Pesawat Susi Air ditemukan hancur di hutan Papua. Kondisi pilotnya jadi sorotan. Dia kenyang pengalaman terbang ekstrem di Afrika.

Fotokita.net - Pesawat Susi Air jenisPilatus Porter PC-6 dengan nomor penerbangan PK- BVM mengalami kecelakaan dalam penerbangan dari Duma ke Timika. Pesawat itu ditemukan dalam kondisi hancur di hutan Papua. Kondisi pilot Susi AirDayle Peter Houzet yang kenyang terbang ekstrem di Afrika menjadi sorotan. Foto evakuasinya terungkap.

Tim SAR gabungan yang diterjunkan berhasil menemukan lokas kecelakaan pesawat Susi Air. Evakuasienam penumpang dan pilot pesawat Susi Air dilakukan dengan menggunakanhelikopter Caracal TNI-AU.

Foto evakuasi pesawat Susi Air yang terlihat hancur lebur di hutan Papua beredar di media sosial. Di foto itu, pesawat Susi Air terlihat patah di sejumlah bagian. Badan pesawat terhempas di antara pepohonan hutan Papua. Kondisi pilot Susi Air yang pesawatnya hancur itu menjadi sorotan. Dia sudah kenyang terbang ekstrem di Afrika.

Tim SAR gabungan langsung melaksanakan proses evakuasi menggunakan helikopter TNI AU. Pada pukul 12.06 WIT, helikopter TNI AU EC-725/HT-7202 yang membawa tujuh korban kecelakaan berhasil mendarat.

Adapun setelah helikopter mendarat, para korban kecelakaan pesawat langsung diangkut oleh ambulans untuk menuju RSUD Kabupaten Mimika. Mereka mendapatkan pengobatan dan pemulihan pascakecelakaan tersebut.

Adapun nama-nama penumpang pesawat Susi Air dalam penerbangan menuju Timika adalah Merina Dimpau, Fickien Dimpau, Philipus Dimpau, Leo Dimpau, Seruwarkis Diabilu, dan Lukas Dimbau.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan menjelaskan kondisi pesawat Susi Air, yang mengalami kecelakaan di Timika, rusak parah. Pesawat mendarat darurat saat perjalanan dari Bandara Moses Kilangin Timika menuju Duma, Kabupaten Paniai.

Baca Juga: Semua Penumpang di Pesawatnya Selamat, Ternyata Pilot Susi Air yang Kecelakaan di Papua Punya Pengalaman Ekstrem, Foto Sosoknya Beredar

“Pilatus Porter PC-6 PK BVM milik PT Asi Pudjiastuti Aviation mengalami rusak berat diakibatkan crash landing pada posisi C0 4°02’54.00″S/136°43’06.00″E,” tutur Ramadhan pada Kamis, 23 Juni 2022, sebagaimana dilansir Tempo.

Meski demikian, Ramadhan memastikan seluruh korban kecelakaan pesawat Susi Air selamat. Penumpang telah mendapatkan perawatan medis di RSUD Mimika.

“Dari tujuh penumpang selamat, tiga penumpang dan pilot mengalami luka patah kaki, sedangkan tiga penumpang lainnya mengalami luka-luka,” kata Ramadhan.

Pesawat Susi Air yang diawaki oleh pilot Dayle Peter Houzet mengalami kecelakaan pukul 08.20 WIT. Pesawat sebelumnya hilang kontak setelah berangkat dari Timika menuju Duma pukul 05.34 WIT. Seharusnya, pesawat dijadwalkan kembali ke Timika sekitar pukul 08.00 WIT.

Menurut Ramadhan, dalam proses evakuasi, personel gabungan Badan SAR Nasional (Basarnas) berhasil menemukan titik koordinat pesawat jatuh.

Komandan Lanud Timika Letkol Inf Slamet Suhartono kepadaAntara, Kamis mengakui, ada delapan orang yang dievakuasi dari lokasi pesawat Susi Airmengalami musibah. Belum diketahui nama penumpang yang dievakuasi karena kami fokus mengevakuasi korban yang mengalami luka-luka.

Tujuh dari delapan orang yang dievakuasi mengalami luka-luka termasuk pilot Dayle Peter Hauzet terluka cukup parah yakni patah kaki. "Seluruhnya sudah dievakuasi ke Timika," kata Letkol (P) Slamet yang mengaku ikut hingga ke lokasi pesawat nahas berada.

Baca Juga: Sok-sokan Sandera Pilot Susi Air, Jalur Pasokan Amunisi KKB Papua Malah Dijepit TNI Polri, Gigit Jari Tak Dapat Jatah Dana Desa

Instagram

Pesawat Susi Air ditemukan hancur di hutan Papua. Kondisi pilotnya jadi sorotan. Dia kenyang pengalaman terbang ekstrem di Afrika.

Ketika ditanya tentang kondisi pesawat Komandan Lanud Timika mengakui, mengalami kerusakan dan kotak hitam pesawat belum diambil.

Dijelaskan, dari keterangan yang didapat terungkap insiden itu terjadi saat pesawat dalam perjalanan dari Duma menuju Timika.Namun untuk memastikan masih menunggu laporan dari KNKT berdasarkan informasi dari kotak hitam, jelas Letkol (P) Slamet yang dihubungi dari Jayapura.

Jarak Timika-Duma ditempuh sekitar 15 menit penerbangan. Sebelumnya dilaporkan pesawat Susi Air dengan nomor penerbangan jenis Pilatus Porter PC-6 dengan nomor penerbangan PK- BVM, Kamis (23/6/2022) mengalami insiden dalam penerbangan Timika-Duma-Timika membawa enam penumpang.

Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Rosedi menjelaskan, pesawat tersebut berangkat dari Bandara Moses Kilangin. “Pesawat dengan registrasi PK-BVM tipe Pilatus Porter PC-6 tersebut lepas landas dari Timika pada pukul 05.32 WIT dengan pelayanan keberangkatan oleh AirNav Cabang Pembantu Timika dan diperkirakan tiba di Duma pada pukul 05.49 WIT,” kata Rosedi dalam peryataan tertulisnya, Kamis (23/6/2022).

Dia menjelaskan, keberangkatan pesawat penerbangan subsidi perintis tersebut membawa enam orang penumpang. Pesawat tersebut berjalan normal dengan kondisi cuaca cerah.

AirNav kemudian mendapatkan informasi dari pihak Susi Air bahwa PK-BVM mengalami kecelakaan. “Ini langsung ditindaklanjuti dengan penetapan kondisi darurat dan koordinasi yang intens dengan BASARNAS Timika, Lanud TNI AU Timika, dan penerbangan lain yang sedang beroperasi di sekitar rute penerbangan PK-BVM,” jelas Rosedi.

Berdasarkan informasi lanjutan, kata Rosedi, disampaikan bahwa PK-BVM ditemukan dalam kondisicrashsekitar 3 NM atau sekitar lima kilometer dari Duma.Berkat kolaborasi yang baik dari semua pihak, Rosedi memastikan seluruh kru dan penumpang pesawat PK-BVM dapat ditemukan dalam kondisi selamat dan telah dievakuasi ke rumah sakit Timika.

Baca Juga: Terus Serang Kebijakan Tangan Kanan Prabowo Hingga Bikin Gempar, Nama Susi Pudjiastuti Mendadak Trending Usai Menteri KKP Ditangkap KPK, Ini Sepak Terjangnya

Facebook

Pesawat Susi Air ditemukan hancur di hutan Papua. Kondisi pilotnya jadi sorotan. Dia kenyang pengalaman terbang ekstrem di Afrika.

Pilot Susi Air yang pesawatnya kecelakaan saat membawa enam penumpang rute Timika- Duma-Timika itu bernama Dayle Peter Hauzet. Sebagai penerbang pesawat sipil, Dayle ternyata kenyang terbang ekstrem di benua Afrika.

Dayle kerap membagikan pengalaman terbang melalui beragam foto yang diunggah melalui akun Facebook pribadinya. Dayle adalah warga negara Afrika Selatan. Dia tinggal di Eastern Cape, East London, sebuah kota di Afrika Selatan.

Apabila ditelusuri melalui foto di akun Facebook miliknya, Dayle pernah terbang melintasi Tanzania, salah satu daerah penting di Benua Afrika. Dia juga berani mendaratkan pesawatnya di kaki Gunung Kilimanjaro, tengara Afrika yang menjadi tujuan penjelajahan para petualang mancanegara.

Dengan menggunakan pesawat baling-baling, Dayle berhasil mendarat di tengah padang sabana yang dipenuhi rerumputan liar. Dari keterangan foto yang dia bagikan, pesawatnya berhasil mendarat di atas kerikil dan tanah, tanpa landasan permanen. Di kejauhan terlihat Gunung Kilimanjaro menjulang tinggi.

Saat senggang, Dayle senang mengikuti lomba lari maraton. Dia juga menjaga kebugaran dengan melatih tubuhnya di tempat fitness. Pria bertubuh fit ini senang berlaga di atas salju dengan snowboard kesayangannya.

Foto sosok pilot Susi Air yang mengalami kecelakaan di Papua muncul di media sosial. Teman-teman Dayle juga senang membagikan foto pengalaman mereka saat bermain bersama pilot Susi Air itu.

Baca Juga: Foto Puan Maharani Tanam Padi Disentil Susi Pudjiastuti, Rupanya Mantan Menteri KKP Sampai Mohon-mohon ke Megawati Lakukan Ini

Facebook

Pesawat Susi Air ditemukan hancur di hutan Papua. Kondisi pilotnya jadi sorotan. Dia kenyang pengalaman terbang ekstrem di Afrika.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma