Dinasihati Ustaz Arifin Ilham Usai Tenggak Cairan Pembersih, Begini Nasib Sahabat Nunung Srimulat Gegara Dicekal KPI, Foto Sang Komedian Bikin Syok

Senin, 25 April 2022 | 15:23
Facebook

Sahabat Nunung Srimulat, Tessy sempat mendapat nasihat dari Ustaz Arifin Ilham. Tessy pernah menenggak cairan pembersih kamar mandi.

Fotokita.net - Pelawak senior yang juga sahabat Nunung Srimulat, Tessy pernah nekat menenggak cairan pembersih kamar mandi gegara ingin menghabisi nyawanya sendiri. Saat dirawat di rumah sakit, Tessy Srimulat mendapatkan nasihat dari mendiang Ustaz Arifin Ilham. Begini nasib sahabat Nunung Srimulat usai dicekal KPI selama 6 tahun. Foto sang komedian bikin syok.

Tessy Srimulat sempat ditangkap polisisaat sedang mengkonsumsi narkoba pada Kamis (23/10/2014). Lalu, ia dilarikan ke RS Polri lantaran ia berusaha menenggak cairan pembersih kamar mandi.

Tessy dibekuk polisi karena kedapatan memiliki narkoba jenis sabu. Ditangkapnya Tessy menambah daftar panjang pelawak yang tersandung kasus narkoba. Sebelumnya, Doyok, Derry 4 Sekawan, Gogon dan Polo juga pernah dipenjara karena kasus yang sama.

Ketua Rukun Warga 3 Kelurahan Marga Mulya, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Muhammad Dasuki, mengatakan saat dibekuk polisi, pelawak Kabul Basuki atau yang lebih dikenal dengan nama Tessy, dalam kondisi pucat dan kusut.

"Saya datang, Pak Tessy sudah diborgol dengan Pak Heri," kata Dasuk dilansir dari Tempo, Rabu, 29 Oktober 2014. Heri yang disebut Dasuki adalah Heri Jamhari yang merupakan pemilik rumah nomor 1 yang sering dikunjungi Tessy.

Keduanya, kata dia, sudah berada di teras rumah. Saat ditangkap, Dasuki mengatakan wajah Tessy pucat dan kusut. "Kusut, tidak rapi, seperti orang selesai guling-guling," kata dia. "Kelihatan seperti orang mabuk," kata Dasuki.

Dasuki mengaku hanya menyaksikan penangkapan Tessy selama dua menit. Selama itu pula ia hanya diminta menyaksikan kalau warganya ditangkap polisi karena kasus narkoba. "Saya lihat benar warga saya terkena kasus narkoba," kata dia. "Ada barang buktinya juga," kata Dasuki.

Baca Juga: Dikabarkan Meninggal Lewat Foto Kecelakaan, Nunung Rela Buang Uang Demi Hubungan Intim di Pusat Rehabilitasi

Ihwal Tessy minum cairan pembersih lantai, Dasuki mengaku tidak tahu. Soalnya ketika ia datang, Tessy dan Heri Jamhari sudah dalam kondisi terborgol. "Saya datang, setelah menyaksikan, kemudian mereka dibawa," ujar Dasuki.

PadaSelasa (28/10/2014) malam,Tessy Srimulat masih menjalani perawatan di Rumah Sakit (RS) Polri Kramat Jati, Jakarta. Sayangnya, tak satu petugaspun yang bisa dimintai keterangan tentang kondisi pelawak yang kerap berperan sebagai perempuan tersebut.

Hingga akhirnya, petugas jaga RS Polri, Tasringah memberitahu bahwa pemilik nama asli Kabul Basuki tersebut masih dirawat secara intensif.

"Iya, Tessy masih ada di sini," ungkap Tasrigah, saat ditemui di RS Polri, Jakarta. Sayangnya, ia tak bisa memberitahu lebih lanjut apa yang dikeluhkan Tessy. Ia hanya diberi pesan bahwa Tessy tak bisa dijenguk oleh siapapun untuk sementara waktu ini.

"Saya dapat informasi dari Direktorat Narkoba kalau Tessy juga tidak bisa dijenguk atau apapun. Untuk sakitnya seperti apa, dokter yang merawat di sini yang bisa menjelaskan, bukan hak saya. Yang saya tahu kondisinya sudah membaik," lanjut Tasringah.

Tasringah mengaku, dirinya tak tahu persis kronologis masuknya Tessy ke RS Polri itu. Ia hanya tahu bahwa pelawak yang selalu mengenakan batu akik sebagai cincin itu sudah beberapa hari dirawat di sana.

"Per kapannya sih saya kurang tahu ya. Tapi kurang dari seminggu, sekitar empat hari dia di sini. Iya, benar dia masuk IGD," tandas Tasringah.

Baca Juga: Blak-blakan Dibongkar Aibnya di Depan Nunung, Andre Taulany Kepergok Labrak Sule Hingga Buru-buru Dilerai Azis Gagap

Facebook

Sahabat Nunung Srimulat, Tessy sempat mendapat nasihat dari Ustaz Arifin Ilham. Tessy pernah menenggak cairan pembersih kamar mandi.

Pada Kamis (30/4/2015) Tessymengahadapi vonis di Pengadilan Negeri Bekasi. Pada Saat itu, kondisi Tessi sudah membaik dari sebelumnya. Istrinya, Sri Wahyuni mengakui, Tessy masih sulit mengonsumsi makanan, lantaran organ pencernaannya yang pernah tersentuh cairan pembersih belum sembuh secara total. Tak pelak, ia sering memuntahkan kembali makanannya.

"Dia inginnya makan sembarangan, tapi kalau makan cuma satu sendok terus sudahan, dia juga masih belum bisa nerima makanan. Kebanyakan makan, dia langsung muntah," kata Sri Wahyuni di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu, 29 April 2015.

Sri Wahyuni yang selalu setia mendampingi personel Srimulat itu menambahkan, "Saat ini kondisi Tessy masih terus mendapatkan perawatan di klinik Lapas Bulak Kapal, Bekasi. Dia diinfus terus kalau ke dokter (yang ada di klinik Lapas). Mas Tessy di-check up semua bagus," tambahnya.

Setelah dirawat tiga hari di ICU, ketika itu kondisi Tessy mulai membaik. Dari pemeriksaan dokter, pelawak Srimulat ini terus menunjukkan perkembangan yang positif. Namun, akibat percobaan bunuh diri yang dilakukannya dengan meminum cairan pembersih kloset, ada gangguan khusus terutama di bagian pencernaan Tessy.

"Pak KB sudah enam hari di rumah sakit ini, tiga hari di ICU. Kondisi saat ini menunjukan perbaikan. Tapi memang masalah yang dihadapi pada saluran pencernaan. Oleh karena itu, masih membutuhkan waktu pemulihan," kata dr. Yayok di Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (30/10/2014).

Selain itu, beberapa organ pencernaan seperti kerongkongan, lambung dan usus Tessy juga mengalami masalah akibat reaksi cairan panas karbol. Namun, dr. Yayok enggan menuturkan lebih lanjut lantaran Tessy meminta untuk tidak dijabarkan secara spesifik soal kesehatannya.

"Ada problem mulai dari kerongkongan, lambung dan usus. Ada gangguan pada masalah pencernaan. Saya nggak bisa sampai detail menceritakannya. Karena dari yang bersangkutan juga tidak mau terlalu diekspose terkait kondisi kesehatannya," terang dr. Yayok. "Tapi beliau sudah bisa berkomunikasi kok," lanjutnya.

Baca Juga: Terus-terusan Dituding Rusak Hubungan dengan Andre Taulany, Sule Malah Bongkar Sifat Buruk Sang Sahabat: Jangan Salahin Aku!

Facebook

Sahabat Nunung Srimulat, Tessy sempat mendapat nasihat dari Ustaz Arifin Ilham. Tessy pernah menenggak cairan pembersih kamar mandi.

Ketika menjalani perawatan di RS Polri, sahabat Nunung Srimulat itu mendapatkan nasihat dari mendiang Ustaz Arifin Ilham. Ayah dari Alvin Faiz ini sempat menuliskan ceritanya berjumpa Tessy yang menjalani perawatan. Di foto yang diunggahnya, Tessy tampak terbaring lemah hingga tangannya dipegang Ustaz Arifin Ilham.

Berikut petikan nasihat Ustaz Arifin Ilham kepada Tessy Srimulat saat menjalani perawatan di RS Polri usai menenggak cairan pembersih kamar mandi.

"SubhanAllah dalam perjalanan da'wah, abang sempatkan mampir menjenguk bang Kabul Basuki, dikenal Tessy, pelawak senior Srimulat yg tertangkap dan berniat bunuh diri. Sekitar dua tahun yg lalu abang bertemu beliau di Bandara Soekarna Hatta dalam safari da'wah.

Beliau pesan ke abang, "nasehati saya ustadz, orang semacam saya banyak gelapnya". Karena itulah abang ingat pesan itu dan mampir menjumpai beliau di Rumah Sakit POLRI. Begitu melihat abang langsung beliau menangis. Cepat abang pegang tangan dan abang usap kepala beliau.

"Bang, semua boleh hancur, semua boleh hilang, tetapi HARAPAN tidak boleh hancur dan hilang. Allah sayang abang, makanya Allah beri KESEMPATAN HIDUP. Kisahnya A-Z, kisahnya abang ditangkap polisi, sebenarnya beginilah cara Allah membimbing abang agar bertaubat. Sungguh bang, kalau Allah mencintai hambaNya, maka hamba itu Allah beri KESEMPATAN BERTAUBAT (QS An Nur 21).

Abang jangan putus asa mohon rahmat Allah, sebesar apapun dosa abang, Allah ampuni jika abang bersungguh-sungguh bertaubat (QS Az Zumar 53). Jangan sampai abang bunuh diri, terlalu besar dosa dan berat sekali siksa-Nya di akhirat kelak (QS An Nisa 29-30)."

Terkini, Tessy sibuk dengan kanal YouTube miliknya. Sejak dulu,Tessy Srimulat identik dengan perannya sebagai wanita. Namun belakangan perannya seperti wanita sudah tidak pernah terlihat lagi. Sebab, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) melarang pria yang berperilaku dan berpakaian seperti wanita tampil di televisi.

Baca Juga: Adik Kabarkan Kondisi Terkini Nunung, Inilah Alasan Rumah Sang Komedian Kondang Dikosongkan Usai 6 Penghuninya Positif Covid-19

Facebook

Sahabat Nunung Srimulat, Tessy sempat mendapat nasihat dari Ustaz Arifin Ilham. Tessy pernah menenggak cairan pembersih kamar mandi.

Hal itu diketahui dalam video yang diunggah di kanal YouTube MAIA ALELDUL TV, Kamis (3/3/2022). Adanya aturan itu, Tessy pun merasakan dampaknya. Saat berbincang dengan Maia Estianty, Tessy menceritakan kehidupannya setelah KPI mencekal dirinya karena melakonkan karakter perempuan.

Pria yang memiliki nama asli Kabul Basuki ini mengaku kehilangan banyak pekerjaan baik di televisi maupun dari film. "Banget, bukan turun lagi. KPI lah, saya dilarang pakai pakaian perempuan," kata Tessy.

"Hidup saya kan waktu itu di TV, di film dan sebagainya, itu semua nggak ada yang mau pakai aku gara-gara baju perempuan itu," sambungnya.

Ia mengatakan sejak diberlakukan aturan tersebut, penghasilannya menurun drastis. Bagaimana tidak, selama enam tahun lamanya Tessy tidak memiliki pekerjaan alias menjadi pengangguran. "Itu enam tahun nggak dapat kerjaan. Padahal aslinya lanang (laki-laki)," terang Tessy.

Tak sampai di situ, Tessy harus merelakan sejumlah aset miliknya dijual. Bukan tanpa alasan, pelawak 74 tahun ini menjual aset-aset tersebut untuk biaya hidup.

"Benar-benar rumah kejual, mobil kejual, habis nggak ada penghasilan sama sekali," ungkapnya.

Tapi saat ini sang pelawak mulai bangkit kembali. Seperti artis-artis lainnya, Tessy pun terjun ke dunia YouTube.

Baca Juga: Kabar Duka dari Nunung, Ternyata Ada 6 Anggota Keluarga yang Positif Covid-19, Suaminya Ikut Kena Corona?

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya