Ini Foto Tsamara Amany Salaman Anies Baswedan yang Diviralkan Sebagai Antek Yaman, Anggota DPR Sampai Turunkan Tim Investigasi

Sabtu, 23 April 2022 | 11:09
Istimewa

Tsamara Amany disebut antek Yaman gegara foto dirinya salaman dengan Anies Baswedan. Anggota DPR sampai turunkan tim investigasi.

Fotokita.net - Mantan kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tsamara Amany Alatas terus menjadi sorotan. Baru-baru ini, foto Tsamara bersamalan dengan Anies Baswedan diviralkan sebagai "sesama antek Yaman" beredar di media sosial. Anggota DPR sampai turunkan tim investigasi.

Polri merespons Tsamara Amany yang meminta tolong kepada polisi karena disebut kadrun. Polri mengatakan pihaknya akan mengecek dan mendalami cuitan itu terlebih dahulu.

"Yang pasti bakal dicek, diperdalam," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Gatot Repli Handoko saat dimintai konfirmasi, Jumat (22/4/2022).

Gatot belum dapat memaparkan secara detail terkait kasus tersebut. Dia memastikan polisi bakal menindaklanjuti keluhan Tsamara Amany. "Iya, iya (bakal ditindaklanjuti). Nanti kalau ada info lanjut, saya kasih tahu," ucapnya.

Sebelumnya, Tsamara Amany disebut kadrun di media sosial setelah mengumumkan keluar dari PSI. 'Serangan' itu membuat Tsamara meminta polisi turun tangan. Tsamara menunjukkan 'serangan' itu melalui akun Twitter pribadinya. Dalam cuitannya, Tsamara menganggap komentar itu menunjukkan fasisme.

Bahkan, Tsamara juga me-mention akun Divisi Humas Polri. Menurutnya, komentar itu sudah keterlaluan. "Halo, tolong @DivHumas_Polri. Ini keterlaluan. Bukan nasionalisme. Jelas fasisme," cuit @TsamaraDKI, seperti dilihat, Jumat (22/4/2022).

Tsamara mendapat serangan berupa komentar dari sebuah akun di Instagram. Tsamara disebut kembali ke habitat aslinya sebagai kadrun oleh akun dimaksud.

Baca Juga: Keluar dari PSI, Tsamara Amany Ternyata Sudah 2 Kali Menikah, Ini Foto dan Profil Suaminya yang Punya Profesi Mentereng di New York

Berikut ini bunyi komentar (ejaan sudah disesuaikan) yang diunggah Tsamara:

Dia kan genetikanya ada bau-bau gurun pasir jadi tidak betah dengan hal-hal yang berbau nasionalis jadi dia kembali ke habitat aslinya yaitu kadrun. Jika saya yang memegang otoritas tertinggi di Indonesia saya akan mengeluarkan dekrit untuk memerintah angkatan bersenjata kita untuk mengirim seluruh para keturunan imigran Arab Yaman tanpa reserve‬ yang ada di Indonesia untuk dikirim ke camp solusi final akhir dan saya pastikan akan jauh ekstrem apa yang pernah dilakukan Nazi Jerman terhadap orang Yahudi.

Tsamara begitu berang dengan komentar tersebut. Setelah itu, mantan Ketua DPP PSI tersebut mengunggah tangkapan layar (screenshot) komentar dimaksud di Twitter.

Belum kelar serangan itu, Tsamara kembali jadi sasaran perundungan di media sosial. Spekulasi Tsamara Amany mundur dari PSI antara lain, dugaan tidak sepemikiran dengan Giring Ganesha, sampai pernyataan Grace Natalie soal penganiayaan Ade Armando.

Teranyar, ada kabar burung menyebutkan, Tsamara Amany mundur dari PSI lantaran suaminya, Ismail Fajrie Alatas diduga penggemar berat Gubernur DKI, Anies Baswedan.

"Gua yakin ini yang bikin @TsamaraDKI mundur dari PSI . Karena lakinya fans berat @aniesbaswedan sementara mayoritas curut-curut psi_id itu mayoritas hatters anies," ucap @RestyCaayah sembari Retweet unggahan akun Ismail Fajrie Alatas, dikutip Hops.ID pada Rabu, 20 April 2022.

Dalam unggahannya, suami Tsamara Amany tampak melontarkan pujian kepada Anies Baswedan dalam penangan Covid-19.

Baca Juga: Foto Arif Ferdini Bareng Anies Baswedan Digeruduk, Penyebar Video Hoaks Ade Armando Langsung Masuk Bui

Instagram

Tsamara Amany disebut antek Yaman gegara foto dirinya salaman dengan Anies Baswedan. Anggota DPR sampai turunkan tim investigasi.

"Salut dengan kinerja pak gub gub @aniesbaswedan dalam penanganan covid-19. Berdoa dan berharap yang terbaik untuk Jakarta dan Indonesia," tulis @ifalatas.

Sementara pada unggahan akun lain, kecurigaan serupa juga menyeret nama sang suami. "Pantesan Tsamara Amany keluar dari PSI. ternyata suaminya," tulis @mustlkmn, sembari unggah tangkapan layar pujian sang suami Tsamara pada Anies Baswedan.

Kabar burung ini kemudian mendapat respons netizen, pro kontra pun terjadi. "Ternyata suaminya satu geng," jayabay19479190

"Gue yakin batin dan nurani @TsamaraDKI tidak mau keluar dari PSI. Dia harus nurut suami karena ajaran agama. Sesama kadrun ya harus dukung kadrun," sambung @Miduk17.

Netizen lain yang turut berpsekulasi serupa juga menautkan rentetan kecurigaan.

"Saat baca beritanya, aku kok dalam hati bilang jangan-jangan dia kecewa karena Grace Natalie menyebut Anies Baswedan dalam kasus Ade Armando karena sesama orang Arab, apalagi kalo suaminya pendukung Anies Baswedan. Tetapi beberapa waktu belakangan Tsamara memang gak selantang dulu membela pemerintah. Makanya saya mikir bener juga," ucap @Yani03495310 di kolom komentar.

Berikutnya, cuitan akun yang disebut milik kader Ansor berisi foto pernikahan eks politikus PSI Tsamara Amany serta menyebut 'antek Yaman' viral di media sosial (medsos). GP Ansor memberikan klarifikasi bahwa akun tersebut bukan milik kader mereka.

Seperti dilihat detikcom, Sabtu (23/4/2022), akun @GusNadjb me-retweet salah satu akun yang berisi foto pernikahan Tsamara Amany dengan suaminya dan dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dalam retweet-nya, akun @GusNadjb menyebut 'sesama antek Yaman saling berpelukan'.

Baca Juga: Cara Anies Baswedan Unggah Foto Nidji Tampil di JIS Dipuji, Ini Tabiat Asli Giring yang Bikin Mood Sahabatnya Turun

Twitter

Tsamara Amany disebut antek Yaman gegara foto dirinya salaman dengan Anies Baswedan. Anggota DPR sampai turunkan tim investigasi.

Ketua GP Ansor Luqman Hakim yang juga Wakil Ketua Komisi II DPR RI menyebut Ansor telah memberikan klarifikasi di akun resmi mereka bahwa akun @GusNadjb bukan milik kader mereka. Ansor pun kini menyelidiki sosok di balik akun @GusNadjb.

"Ini klarifikasi resmi dari PP Ansor. Tim Cyber Ansor sedang melakukan investigasi untuk membongkar siapa di balik akun yang mencatut foto kader Ansor tersebut," kata Luqman Hakim yang menjadi anggota DPR periode 2019 - 2024 kepada wartawan.

Dari salah satu foto yang viral, memang foto profile picture akun @GusNadjb berisi seorang mengenakan baju loreng Ansor dan peci, lalu foto akun itu berubah. Luqman Hakim menegaskan bahwa akun @GusNadjb mencatut foto kader Ansor dan mencuit soal Tsamara-Anies 'antek Yaman berpelukan'.

"Yang bisa kami pastikan, akun itu secara tidak sah memakai foto kader Ansor. Kami belum tahu siapa pemilik akun itu yang sebenarnya. Tim Cyber Ansor sedang bekerja untuk melacak siapa pemilik akun itu," ujar Luqman.

"Saya sarankan pemilik akun @GusNadjb untuk datang kepada pengurus Ansor terdekat secepatnya guna memberikan penjelasan dan meminta maaf telah mencatut foto kader Ansor," imbuhnya. Luqman Hakim juga membagikan video klarifikasi kader Ansor Muhammad Afifudin yang fotonya dicatut akun @GusNadjb. Dalam video itu, Muhammad Afifudin bersumpah bahwa akun @GusNadjb bukan miliknya.

"Setelah dihubungi sahabat-sahabat tentang viralnya foto saya pada akun Twitter yang beratas namakan @GusNadjb asal Pekalongan. Saya memberi klarifikasi bahwa itu bukan akun saya, bahwa jelas akun tersebut mencatut foto saya. Demi Allah itu bukan akun saya," ucapnya.

Muhammad Afifudin mengatakan foto yang digunakan akun @GusNadjb adalah fotonya saat mengaji daring. Kader Ansor itu meminta pemilik akun @GusNadjb memberikan penjelasan karena telah mencatut fotonya.

"Jadi mohon yang merasa memiliki akun Twitter atas nama @GusNadjb untuk memberikan klarifikasi atas kegaduhan hari ini. Karena di situ foto saya menggunakan loreng Banser yang foto itu diambil dari video ketika saya dan sahabat-sahabat lainnya sedang ngaji online Ramadan di kedai kiaiku. Jadi sebelum terjadi apa-apa, suatu hal yang tidak kita inginkan sama-sama mohon yang memiliki akun Twitter atas nama @GusNadjb untuk memberikan klarifikasi," imbuhnya.

Baca Juga: Foto Wali Kota Bekasi Bareng Anies Baswedan Banjir Komentar, Rahmat Effendi Ngotot Tulis Anggaran Karangan Bunga Rp 1,1 Miliar

Istimewa

Tsamara Amany disebut antek Yaman gegara foto dirinya salaman dengan Anies Baswedan. Anggota DPR sampai turunkan tim investigasi.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma