Tangis Pecah, Foto Istri Tukul Arwana Dimakamkan di Jeruk Purut, Sang Komedian Justru Ingin Pergi dari Rumah, Keluarga Sampai Syok

Selasa, 08 Maret 2022 | 19:34
Tribun

Istri Tukul Arwana meninggal dunia karena asma. Lima tahun kemudian, Tukul Arwan mengalami pendarahan otak hingga ingin pergi dari rumah.

Fotokita.net - Istri Tukul Arwana Hj. Susiana atau kerap disapa sebagai Susi Similikiti telah meninggal dunia pada Selasa (23/8/2016). Wanita berusia 48 tahun itu dimamakam di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan.

Lima tahun selepas kepergian sang istri, Tukul Arwana berjuang memulihkan kondisinya setelah mengalami pendarahan otak hingga menyebabkan stroke. Di tengah pemulihan, sang komedian justru ingin pergi dari rumah.

Istri Tukul Arwana meninggal dunia karena sakit asma. Susi Similikiti mengembuskan napas terakhir diRS Brawijaya, Jakarta Selatan, Selasa (23/8/2016).Pada pagi hari, wanita yang meninggal di usia 48 tahun ini diketahui mengeluh sakit asma akut yang memang sudah lama dideritanya.

Setelah salat magrib, Susi Similikiti ditemukan tak sadarkan diri di dalam kamar. Dibawa ke rumah sakit, dokter mengatakan kalau Susi Similikiti telah meninggal, sejam yang lalu.

Setelah disemayamkan semalaman, jenazah Susiana pun dimakamkan ke TPU Jeruk Purut‎, Jakarta Selatan. Usai dimandikan dan disalati, Tukul mengiringi jenazah Susiana ke tempat pembaringan terakhirnya sekitar pukul 09.30 WIB.

Namun, ketika jasad Susi diletakkan di bibir liang lahat, Tukul tak tampak berada di sisinya. Bahkan, selama proses pemakaman berlangsung, Tukul justru memilih menepi di dekat sebuah tenda kecil.

Ketika itu, Tukultak mampu menahan sedih menyaksikan proses pemakaman terakhir wanita yang akrab disapa Susi Similikiti tersebut. Tak ada sepatah kata pun yang keluar dari lisan Tukul.

Baca Juga: Innalillahi, Baru Sebulan Pamer Foto Nikah, Sahabat Tukul Arwana Unggah Kabar Duka: Udah Aku Kabari Semua

Ketikabeberapa orang menyalaminya untuk mengungkapkan rasa belasungkawa, tatapan mata Tukul tampak kosong. Tersirat jelas komedian berkumis lele itu tampak terpukul dengan kepergian sang istri yang mendadak.

Baru setelah galian makam istri Tukul Arwana selesai, Tukul mendekat sekaligus mendoakan jenazah sang istri. Bibirnya berkomat-kamit membacakan doa.

Selesai berdoa, tangisan Tukul pecah ketika diminta mengucapkan sepatah kata. "Mohon maaf, terima kasih untuk semua yang memberi support kepada keluarga kami. Pokoknya kalau ada sesuatu yang kurang dari istri saya, nanti bisa hubungi ke kami atau ke Pak RT," ucap Tukul Arwana sembari menangis.

Kepergian orang yang begitu dicintai tentu saja membuat Tukul Arwana dan ketiga buah hatinya dari Susi Similikiti tersentak. Pasalnya, Susi Similikiti terkenal sebagai sosok yang berjasa besar dalam perjalanan karier Tukul. Dari bawah, pasangan ini merintis rumah tangga berdua hingga akhirnya Tukul bisa sangat sukses.

Keduanya bahkan bisa membangun rumah mewah dan usaha yang mapan. Susi Similikiti diketahui jago masak sehingga sukses membangun katering ternama.

Tukul mengenang Susi Similikiti lewat opor ayam kesukaannya. Seperti yang kita tahu, dari pernikahan Tukul dan Susi Similikiti, lahir Ega Prayudi, Novita Eka Afriana, dan Wahyu Jovan Utama.

Ega, sang putra sulung kini sudah menjadi seorang anggota kepolisian. Sedangkan Novita dan Jovan masih duduk di bangku sekolah. Nah, untuk ketiganya lah Tukul memilih mencurahkan fokus dan perhatiannya kini.

Baca Juga: Getir! Foto Tukul Arwana Sulit Makan Sendiri, Vega Darwanti Enggan Tutupi Fakta Sebenarnya

Facebook

Istri Tukul Arwana meninggal dunia karena asma. Lima tahun kemudian, Tukul Arwan mengalami pendarahan otak hingga ingin pergi dari rumah.

Saat diwawancara oleh Alvin Adam dalam acara 'Good Friend', Tukul mengaku tak perah kesepian karena sibuk mengurus ketiga anaknya. Menurut Tukul, Susi Similikiti merupakan pribadi yang sayang sekali pada buah hati.

"Kalau kita baik sama anak kan dia seneng, makanya kita enggak boleh enggak baik sama anak," ungkap Tukul.

Tukul juga mengaku setiap bagian di rumahnya selalu punya kenangan akan wanita yang begitu dicintainya. Salah satunya adalah lewat makanan kesukaan Susi Similikiti, opor ayam.

Tukul pun menghadirkan opor yang ia maksud bersama juga nasi putih dan kerupuk. Sederhana, namun kata Alvin rasa opornya lezat dan manis karena menggunakan ayam kampung.

Menurut Tukul, opor ayam kampung ini merupakan salah satu makanan kesukaan almarhum. Tapi, tentu kini bukan Susi Similikiti lagi yang memasak sendiri untuknya.

"Ini alhamdulilah, ini koki-koki dari katering pernikahan Meghan Markle dan Pangeran Harry," kata Tukul sambil bercanda.

Terkini, Tukul Arwana sedang menjalani pemulihan setelah mengalami pendarahan otak yang menyebabkan stroke.Di tengah masa pemulihannya, Tukul Arwana justru ingin pergi dari rumah. Sayang, permintaan tersebut tak bisa dikabulkan oleh keluarganya.

Baca Juga: Foto Tukul Arwana Kurus Beredar, Ternyata Sang Pelawak Belajar Tepuk Tangan Monyet dari Komedian Ini, Begini Kondisinya Sekarang

Facebook

Istri Tukul Arwana meninggal dunia karena asma. Lima tahun kemudian, Tukul Arwan mengalami pendarahan otak hingga ingin pergi dari rumah.

Tukul Arwana kini sedang menjalani masa penyembuhan di rumah seusai mengalami pendarahan otak.

Sosoknya dulu selalu wara-wiri di TV, kini Tukul Arwana jalani masa pemulihan pasca menjalani operasi. Mengetahui kondisinya sudah membaik, Tukul malah ingin pergi ke satu tempat.

Namun satu permintaan Tukul itu ditolak keluarga. Hal ini disampaikan sang manajer, Rizki Kimon saat ia membeberkan kondisi terbaru Tukul.

Rizki Kimon mengucap syukur karena Tukul Arwana semakin banyak memperlihatkan progres kesembuhan yang sangat signifikan. Salah satunya seperti selang nasogastric tube (NGT) yang berfungsi untuk menyuplai makanan dan minuman.

"Selang NGT itu kan kadang tidak harus setiap hari ditempel," ucap Rizki Kimon saat ditemui di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, dikutip dari Kompas.com. "Bisa kadang dicopot untuk melatih Mas Tukul mengunyah lagi, makan tanpa harus lewat selang," imbuhnya.

Rizki Kimon memastikan, Tukul Arwana sudah bisa makan meski dapat bantuan anak-anaknya. "Alhamdulillah sudah bisa makan. Mungkin ada beberapa video yang beredar, yang sama anaknya itu. Mas Tukul sudah bisa makan walaupun masih disuapin," ucap Rizki Kimon.

Sang manajer pun mengungkap ada permintaan Tukul pada keluarga setelah menjalani rawat jalan. Rizki Kimon pun mengungkapkan, pembawa acara tersebut atau Tukul ingin sekali berkunjung ke Kota Semarang, Jawa Tengah.

Baca Juga: Mulai Ditawarkan Foto Studio Mini Tukul Arwana, Jasa Sang Pelawak Senior ke Komedian Pendatang Baru Ramai Dibahas

Facebook

Istri Tukul Arwana meninggal dunia karena asma. Lima tahun kemudian, Tukul Arwan mengalami pendarahan otak hingga ingin pergi dari rumah.

Namun keinginannya belum hal tersebut sampai saat ini belum terealisasikan. Lantaran mengingat jarak yang cukup jauh dari Jakarta dan Tukul Arwana sendiri juga masih dalam proses pemulihan.

"Cuma, mungkin, beliau pengin ke Semarang. Cuma, jarak yang lumayan jauh dan kondisi beliau seperti itu. Kami dari pihak keluarga juga tidak bisa mengiyakan. Di Semarang kan ada rumah, asli Semarang," ucap Rizki Kimon.

Rizki Kimon mengatakan, keluarga Tukul Arwana mengkhawatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan ke Semarang.

Apalagi Tukul Arwana disarankan untuk lebih banyak istirahat dibandingkan bepergian ke luar rumah. Rizki Kimon juga menjawab soal informasi hoaks Tukul Arwana dikabarkan meninggal dunia.

Menurutnya, pihak keluarga sangat santai menanggapinya. "Kalau tanggapan dari keluarga besar sih enggak terlalu mempermasalahkan," ujar Rizki Kimon.

Rizki Kimon berujar, keluarga sangat menjaga informasi miring di luar sana sehingga tidak sampai ke telinga Tukul Arwana.

Ia hanya disuguhkan dengan tayangan yang berbalut komedi. "Perawat yang menjaga pun lebih ke nonton yang universal, yang lucu-lucuan saja."

Baca Juga: Netizen Kalap Lihat Foto Tukul Arwana Nempel Maria Vania, Teman Setiap Malam Ayah Ega Prayudi Sesali Kebiasaan Buruk Sang Komedian

"Bukan yang apa-apa, takutnya nanti pas nonton digosipkan seperti itu, dia-nya down," ucap Rizki Kimon. Pasca operasi akibat pendarahan otak, kondisi Tukul Arwana mulai menunjukkan perkembangan yang baik.

Rizki Kimon selaku manajer mengucap syukur karena Tukul Arwana memperlihatkan progres kesembuhan yang signifikan.

Terkini, Rizki Kimon menyebut Tukul mulai bisa mengenali sesorang dengan mudah. Ya, dibandingkan sebelumnya yang kerap sulit mengingat siapa saja yang wara-wiri menjenguknya. "Kondisinya bagus, bagus banget malah. Beliau dulu kan kalau lihat orang seperti kayak 'ini siapa' baru (tahu).

Kalau sekarang udah (bisa mengingat)," beber Rizki Kimon, dilansir Tribun Style dari YouTube Starpro Indonesia pada Jumat, 25 Februari 2022. "Kayak beberapa yang udah menjenguk itu responnya langsung. Kalau dulu harus buka masker dulu terus mikir, baru tahu ini siapa," tambahnya.

Meski kondisinya sudah mulai membaik, Tukul tetap harus rutin menjalani fisioterapi. Ia juga tidak boleh melakukan aktivitas yang melelahkan. Tak dipungkiri, rasa sedih kini menyelimuti Tukul Arwana.

Biasanya ia bisa bekerja dan beraktivitas bebas, kini harus menjalani 24 jam kegiatannya di rumah. "Sedih sih pasti namanya sakit kan siapa sih yang suka sakit kan. Tapi saya sering menghibur 'mas ayo sembuh mas, kita syuting lagi, kita bikin talkshow lagi' gitu," ucap Rizki Kimon.

Beruntungnya, Tukul Arwana memiliki keluarga dan orang terdekat yang tak pernah absen memberinya dukungan agar cepat pulih kembali.

"Manusiawi beliau sedih dengan keadaan seperti itu. Tapi orang-orang terdekatnya, anak-anaknya yang men-support mas Tukul," pungkasnya.

Baca Juga: Foto Tukul Arwana Selalu Lekat di Hati, Maria Vania Akhirnya Bongkar Fakta Mengejutkan Sebelum Ayah Ega Prayudi Terkapar Akibat Pendarahan Otak

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya