Pantas Indra Kenz Lesu di Foto Bareng Polisi, Karyawan Crazy Rich Medan Nekat Lakukan Ini

Senin, 07 Maret 2022 | 09:16
Istimewa

Indra Kenz tampak lesu saat memakai baju tahanan. Karyawan bisnis kulinernya nekat lakukan ini. Laporannya juga ditunda polisi.

Fotokita.net -Crazy Rich Medan Indra Kesuma dikenal Indra Kenz sudah ditetapkan sebagai tersangka. Foto Indra Kenz memakai baju tahanan Bareskrim Polri beredar di media sosial. Dalam foto yang viral itu, tampang Indra Kenz tampak lesu. Ternyata karyawan Crazy Rich Medan nekat lakukan ini.

Indra Kenz resmi ditahan Bareskrim Polri terkait kasus investasi bodong aplikasi Binomo. Wajah Indra Kenz yang terlihat sangat lesu saat mengenakan seragam tahanan oranye pun ramai beredar di jagat media sosial.

Dalam foto yang diunggah sejumlah akun berita, sahabat Doni Salmanan itu mengenakan seragam orange dan bawahan celana pendek putih serta wajah yang ditutupi masker hitam.

Pemilik nama lengkap Indra Kesuma itu terancam dimiskinkan pihak kepolisian. Ancaman ini muncul setelah Indra Kenz ditahan kepolisian sejak Jumat (25/2/2022).

Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Polri Brigjen Whisnu Hermawan menyebut saat ini pihaknya sudah memiliki daftar aset Indra Kenz. Daftar tersebut disimpan polisi untuk kemungkinan dilakukan penyitaan ke depannya.

Indra Kenz menjadi tersangka dan ditahan polisi terkait kasus investasi bodong aplikasi Binomo. Bareskrim Polri menyita sejumlah aset milik Indra Kenz, yang juga dijerat pasal tindak pidana pencucian uang (TPPU). Aset yang disita berupa mobil Ferrari hingga Tesla.

Bareskrim Polri mengirimkan surat ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) serta Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPTAK) terkait aset Indra Kenz. Surat tersebut terkait keperluan penyitaan.

Baca Juga: Zaman Indra Kenz Kaya Raya Mau Diajak Foto Bareng, Ternyata Deddy Corbuzier Ikut Kecipratan Duit Crazy Rich Medan

"Ada mobil listrik merek Tesla model 3 warna biru, mobil Ferrari California tahun 2012, rumah di Deli Serdang Sumut seharga kurang-lebih Rp 6 miliar, rumah di Medan seharga kurang-lebih Rp 1,7 miliar, rumah di Tangerang," ujar Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Polri Brigjen Whisnu Hermawan saat dihubungi, Jumat (4/3).

Aset milik Indra Kenz mayoritas berada di Medan, Sumatera Utara (Sumut). Selain itu, rekening milik Indra Kenz yang berisi miliaran rupiah disita.

Polisi memberikan penjelasan terkait foto tersangka afiliator Binomo itu yang terlihat lemas saat mengenakan baju tahanan. Polisi menyebut kondisi Indra Kenz saat ini dalam keadaan baik.

"Kondisi Indra sampai saat ini masih keadaan sehat, karena kan kita ada tim yang setiap hari itu melakukan pengecekan kesehatan tahanan yang ada di rutan Mabes," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Gatot Repli Handoko saat dihubungi, Minggu (6/3/2022).

Gatot menyebut Indra Kenz terlihat lemas dalam foto bukan karena sakit. Dia menegaskan Indra Kenz atau Indra Kesuma belum pernah sakit selama berada di rutan Bareskrim.

"Itu kan orang lemes banyak, mungkin belum makan atau apa. Itu sehat kondisinya masih sehat, barusan kita cek," ujar Gatot. "Nggak, nggak pernah sakit, belum pernah sakit di dalam rutan," tambahnya.

Sementara itu, Indra Kenz, sempat melaporkan korban aplikasi Binomo ke Polda Metro Jaya atas dugaan pencemaran nama baik, yang akhirnya laporan itu ditarik ke Bareskrim Polri. Kabareskrim Komjen Agus Andrianto memilih untuk tidak melanjutkan laporan Indra Kenz terhadap korban Binomo.

Baca Juga: Kadung Dicibir, Indra Kenz Pamer Foto Tidur di Atas Tumpukan Uang, Polisi Enggan Gegabah Sita Aset Afliator Binomo

Facebook

Indra Kenz tampak lesu saat memakai baju tahanan. Karyawan bisnis kulinernya nekat lakukan ini. Laporannya juga ditunda polisi.

"Seharusnya tidak dilanjutkan, bukan tindak pidana," ujar Agus saat dimintai konfirmasi, Minggu (6/3/2022).

Terpisah, Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Brigjen Whisnu Hermawan menyebut pengusutan terhadap laporan yang dibuat Indra Kenz itu saat ini memang ditunda. "Pencemaran nama baik ditunda dulu prosesnya," ucap Whisnu.

Sebelumnya, Indra Kenz melaporkan korban investasi bodong aplikasi Binomo, Maru Nazara, atas dugaan pencemaran nama baik. Kala itu, Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto menegaskan laporan Indra Kenz terhadap korban baru akan diproses apabila aplikasi Binomo terbukti tidak bodong.

"Kalau Binomo ternyata nggak benar sebagai produk investasi bodong, baru laporan pencemaran (nama baik Indra Kenz) diproses," ujar Agus saat dihubungi, Jumat (11/2).

Rumah mewah Indra Kenz yang beredar di media sosial seharga sekitar Rp 30 miliar rupanya berlokasi di Kompleks Cemara Asri, Kecamatan Pecut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Dari pengamatan awak media di lapangan, rumah mewah Indra Kenz ini masih belum siap direnovasi. Terlihat ada pasir dan sekumpulan batu bata merah berada di sekitar rumah mewah tersebut.

Tampak pula di depan rumah mewah putih Indra ini terdapat semacam pekarangan.Untuk pintunya masih ada yang ditutup dengan tripleks. Selain itu ada juga beberapa plafon di teras rumahnya yang masih masih bolong.

Baca Juga: Kini Ditahan, Adam Deni Pamer Dokumen yang Sebut Nama Indra Kenz, Foto Crazy Rich Medan Bagi-bagi Duit Bareng Fuji Banjir Komentar

Facebook

Indra Kenz tampak lesu saat memakai baju tahanan. Karyawan bisnis kulinernya nekat lakukan ini. Laporannya juga ditunda polisi.

Bukan hanya itu, ada beberapa kaca yang tergelatak begitu saja di teras rumahnya. Tak terlihat ada pekerja yang merenovasi rumah Indra dari luar.

Sementara itu, warga sekitar yang kurang berkenan disebutkan namanya membenarkan bahwa rumah mewah itu punya Indra Kenz. "Ia itu rumah Indra. Tapi sudah lama tidak nampak. Paling tahun lalu lah," ujarnya.

Dia pun mengetahui bahwa Indra sedang dirundung kasus dan ditangkap pihak kepolisian. Oleh karena itu, ia sempat melontarkan pertanyaan apakah rumah Indra akan disita.

Di samping itu, ia juga membenarkan bahwa rumah orangtua Indra yang ingin di bangun berlokasi di Komplek Cemara Asri. "Kayaknya di sini juga tapi tidak tahu tepatnya di mana," ujarnya.

Rumah mewah Indra ini pun disebutkannya sudah beberapa kali berpindah tangan. Diapun tak tahu secara pasti siapa pemilik sebelumnya. "Ini rumah sudah lumayan lama. Sudah berapa kali pindah tangan. Kalau yang lalu - lalu kurang tahu siapa," tutupnya.

Pantas tampang Indra Kenz lesu di foto bareng polisi, termyata karyawan Crazy Rich Medan nekat lakukan ini. Kasus investasi bodong yang menimpa Indra Kenz memang berdampak kepada bisnis kulinernya yang ada di Kota Medan.

Berdasarkan pantauan di lapangan, Jumat (4/3/2022) Kuliner Mie Jongkok milik Indra yang terletak di Jalan Karya, Sei Agul, Kecamatan Medan Barat tampak tertutup rapat. Belum ada tampak aktivitas penghuni dari dalam ruko yang dikabarkan berstatus sewaan.

Baca Juga: Polisi Sampai Rahasiakan Foto Jasad Sahabat Indro Warkop, Begini Nasib Anak-anak Pelawak yang Jadi Yatim Sejak Kecil

Tribunnews

Indra Kenz tampak lesu saat memakai baju tahanan. Karyawan bisnis kulinernya nekat lakukan ini. Laporannya juga ditunda polisi.

Saat ditelusuri, operasional Mie Jongkok ini sudah tutup sejak empat hari lalu hingga saat ini. "Kalau tutupnya ini kita tahunya udah 3-4 hari mau jalan seminggu lah," ungkap Budi, warga sekitar.

Dia melanjutkan, aktivitas penghuni ruko tersebut juga terbatas dan hanya keluar sesekali. "Kalau aktivitas ada cuma kadang keluarnya itu kadang pas mau ambil air isi ulang aja atau keluarnya itu malam. Gak ada lagi aktivitas selain itu," tuturnya.

Selain itu, menurut seorang pedagang di sekitaran Ruko Mie Jongkok, penghuni ruko ini merupakan keluarga Tionghoa.

"Kalau yang nempatin ini orang Tionghoa ada ibu sama dua anak laki-laki. Mereka dulu ini pindahan Multatuli kabarnya. Kalau sosialisasi sih jarang paling cuma negor biasa aja," ujarnya.

"Kalau pegawainya ini muslim 2-3 orang lah, tapi selama tutup ini gak ada kita nampak," lanjutnya.

Selain Mie Jongkok, Indra Kenz juga memiliki bisnis lainnya di Medan, diantaranya Literally Cafe, Kursus Trading, Manajemen Artis Disotiv dan bisnis kecantikan cliniclulu.id.

Baca Juga: Crazy Rich Bandung Dicari Polisi, Foto Rizky Billar Berebut Duit Doni Salmanan Viral, Suami Lesti Kejora: Kita Baru Kenal

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya