Foto Tentara Rusia Duduki Kiev Tersebar, Aktor AS Penentang Donald Trump Nekat Tinggal di Ukrania Demi Lakukan Tindakan Berbahaya Ini

Jumat, 25 Februari 2022 | 18:08
Telegraph

Foto Sean Penn berada di Kiev Ukraina sudah membuat pernggemar terkejut. Dia nekat di tengah perang Rusia demi lakukan tindakan ini.

Fotokita.net - Tentara Rusia telah menduduki Kiev, ibu kota Ukraina, negara yang mendapatkan invasi dari tetangga dekatnya. Foto pasukan Vladimir Putin itu tersebar di media sosial. Namun, aktor Amerika Serikat (AS) Sean Penn yang dikenal sebagai penentang Donald Trump nekat tinggal di Ukraina demi lakukan tindakan berbahaya ini.

Tentara Rusia yang bertempur melawan pasukan Ukraina dilaporkan telah memasuki Kiev. Pasukan Ukraina yang menolak menyerah mati-matian mempertahankan ibu kota negara yang kaya sumber daya alam itu.

Foto tentara Rusia menduduki Kiev tersebar luas di media sosial. Dalam foto yang beredar, militer Rusia menggunakan panser untuk melawan pejuang Ukraina yang tampak terdesak. ratusan korban tewas dalam invasi Rusia ke Ukraina telah memicu simpati dari berbagai pelosok dunia.

Sean Penn, aktor Amerika yang selalu menentang kebijakan mantan Presiden Donald Trump terlihat dalam fotokonferensi pers pemerintah Ukraina di Kiev. Sean Pennterlihat bertemu dengan Volodymyr Zelensky dalam sebuah video yang diunggah ke akun Instagram resmi presiden Ukraina.

Sean Penn berada di Kiev membuat film dokumenter tentang invasi Rusia, kata kantor presiden Ukraina Kamis (24/2/2022).

"Sean Penn datang ke Kiev secara khusus untuk merekam semua peristiwa yang terjadi di Ukraina dan sebagai pembuat film dokumenter untuk memberi tahu dunia kebenaran tentang invasi Rusia ke negara kita," tulis keterangan foto yang muncul di halaman Facebook kantor kepresidenan.

"Hari ini, Sean Penn termasuk di antara mereka yang mendukung Ukraina saat berada di Ukraina. Negara kami berterima kasih kepadanya atas keberanian dan kejujuran yang ditunjukkannya."

Baca Juga: Foto Donald Trump Jadi Olok-olok, Mantan Presiden AS Bikin Malu Saat Wawancara Live Invasi Rusia ke Ukraina

Foto unggahan itu menambahkan bahwa "Penn menunjukkan jenis keberanian yang tidak dimiliki banyak orang lain, termasuk politisi Barat."

Penn, yang sebelumnya mengunjungi Ukraina dan bertemu dengan staf militer pada November, berbicara dengan wartawan dan tentara dan "melihat bagaimana kami membela negara kami," kata kantor presiden.

Bintang 61 tahun dari "Milk" dan "Mystic River" sedang membuat film dokumenter untuk Vice Studios, menurut NBC News. Baik perwakilan Vice maupun Penn tidak segera menanggapi permintaan komentar dari AFP.

Facebook

Foto Sean Penn berada di Kiev Ukraina sudah membuat pernggemar terkejut. Dia nekat di tengah perang Rusia demi lakukan tindakan ini.

Kunjungan terakhirnya terjadi saat pasukan Rusia menyerang jauh ke Ukraina, dengan pertempuran berkecamuk di pinggiran Kyiv, dan rudal serta peluru menghujani beberapa kota Ukraina.

Penn sebelumnya telah menarik kontroversi sebagai akibat terjun ke dalam politik dan urusan saat ini, terutama setelah dia dan aktris Meksiko-Amerika Kate del Castillo mewawancarai gembong narkoba Meksiko Joaquin "El Chapo" Guzman saat dia dalam pelarian.

Pada tahun 2018, Penn dilaporkan berada di Turki untuk membuat film dokumenter yang belum dirilis tentang pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi di konsulat kerajaan.

Sean Penn berada di Ukraina untuk syuting film dokumenter tentang invasi Rusia, Vice Studios mengkonfirmasi. Aktor pemenang Oscar itu muncul pada konferensi pers Kamis di ibu kota Ukraina, Kiev, mendengarkan pejabat pemerintah berbicara tentang krisis tersebut.

Baca Juga: Ditembak Jatuh, Foto Pesawat Angkut Rusia Ramai Dibahas, Tangan Kanan Vladimir Putin Ungkap Fakta Sebenarnya

Telegraph

Foto Sean Penn berada di Kiev Ukraina sudah membuat pernggemar terkejut. Dia nekat di tengah perang Rusia demi lakukan tindakan ini.

Dokumen tersebut adalah produksi Vice Studios yang bekerja sama dengan Vice World News dan Endeavour Content.

Sean Penn terakhir mengunjungi Ukraina pada November 2021 dan mulai mempersiapkan film dokumenternya dengan mengunjungi militer negara itu. Foto-foto perjalanan Penn November dirilis pada saat itu oleh Layanan Pers Operasi Pasukan Gabungan Ukraina.

“Penn telah mengunjungi Kantor Presiden dan berbicara dengan wakil perdana menteri Iryna Vereshchuk, serta wartawan lokal dan anggota militer Ukraina” sejak tiba di Ukraina minggu ini, tulis Newsweek. Kantor Kepresidenan mengeluarkan pernyataan melalui kedutaan Ukraina yang memuji aktor dan pembuat film peraih Oscar itu.

Fans dibuat bingung setelah Sean Penn terlihat pada konferensi pers di Kantor Kepresidenan di Kiev di tengah invasi Rusia.

Saat foto-foto pemenang Oscar di Ukraina beredar di media sosial, para penggemar berbagi keterkejutan mereka. "Uhh, Sean Penn ada di Ukraina sekarang," tulis satu orang. Yang lain menambahkan: “Ukraina membutuhkan banyak hal saat ini. Sean Penn [...] tidak ada di antara mereka.”

"Apa???" tanya salah satu orang bingung. "Man wtf Sean Penn lama melakukan ** di Ukraina," canda pengguna lain.

Aktor I Am Sam berada di tanah di Ukraina untuk syuting film dokumenter tentang invasi Rusia, Vice Studios telah mengkonfirmasi ke Variety. Sean Penn sebelumnya mengunjungi negara itu pada November 2021 untuk mulai mempersiapkan film dokumenternya.

Baca Juga: Profil Batalion Babushka Pasukan Nenek-nenek yang Siap Lawan Rusia, Foto Mereka Dilatih Anggota Neo Nazi Ukraina Viral

Facebook

Foto Sean Penn berada di Kiev Ukraina sudah membuat pernggemar terkejut. Dia nekat di tengah perang Rusia demi lakukan tindakan ini.

Dilansir dari Newsweek, kunjungannya didokumentasikan oleh layanan pers operasi pasukan gabungan Ukraina, yang mengunggah foto-foto pertemuan di media sosial pada saat itu.

Pria berusia 61 tahun itu tiba di Kiev awal pekan ini. Menurut publikasi, ia bertemu dengan wakil perdana menteri Iryna Vereshchuk, serta anggota militer dan jurnalis lokal. Kantor presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengeluarkan pernyataan untuk memuji Penn.

Terjemahan dari pernyataan tersebut memuji aktor tersebut karena datang ke Kiev “untuk merekam semua peristiwa yang saat ini terjadi di Ukraina dan untuk memberi tahu dunia kebenaran tentang invasi Rusia ke negara kita”.

Pernyataan itu melanjutkan: “Sean Penn menunjukkan keberanian yang kurang dari banyak orang lain, khususnya beberapa politisi Barat. Semakin banyak orang seperti itu – teman sejati Ukraina, yang mendukung perjuangan untuk kebebasan – semakin cepat kita dapat menghentikan invasi keji oleh Rusia ini.”

Facebook

Foto Sean Penn berada di Kiev Ukraina sudah membuat pernggemar terkejut. Dia nekat di tengah perang Rusia demi lakukan tindakan ini.

Pernyataan itu menambahkan, “Sean Penn menunjukkan keberanian yang tidak dimiliki banyak orang lain, khususnya beberapa politisi Barat. Semakin banyak orang seperti itu – teman sejati Ukraina, yang mendukung perjuangan untuk kebebasan – semakin cepat kita dapat menghentikan invasi keji oleh Rusia ini.”

Penn sebelumnya menyutradarai film dokumenter Citizen Penn 2020, tentang proses pendirian organisasi nirlaba Core (Community Organized Relief Effort) setelah gempa bumi Haiti pada 2010.

Core juga mengerahkan tim untuk membantu pengujian dan vaksinasi Covid-19 selama pandemi. Menteri Kesehatan Ukraina mengatakan 57 orang telah tewas akibat invasi Rusia, dengan 169 lainnya terluka.

Baca Juga: Tebar Pesona, Foto Tentara Wanita Ukraina Jadi Sorotan, Ini Alasan Perempuan Mati-matian Lawan Rusia

Telegraph

Foto Sean Penn berada di Kiev Ukraina sudah membuat pernggemar terkejut. Dia nekat di tengah perang Rusia demi lakukan tindakan ini.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya