Jadi Saksi Jenderal Dudung Islamkan 150 Warga Timor Timur, Ini Profil Habib Husein Ba'agil, Foto Sang Ulama Diarak Kopassus Viral

Senin, 21 Februari 2022 | 18:58
Instagram

Jenderal Dudung Abdurachman kerap ditemani Habib Husein Ba'agil. Katanya, Dudung mengislamkan 150 orang Timor Timur.

Fotokita.net - Ulama asal Tuban, Jawa Timur Habib Husein Ba'agil terkejut saat tahu KSAD Jenderal Dudung Abdurachman sudah mengislamkan 150 warga Timor Timur. Ini pofil sang ulama yang viral gegara foto dirinya diarak anggota Kopassus beredar di media sosial.

KedekatanKepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman dengan sosok bersorban ini menjadi sorotan publik. Sosok bersorban itu adalah Habib Husein bin Hasyim bin Toha Ba'agil.

Habin Husein ini merupakan ulama asal Tuban, Jawa Timur. Momen kedekatan keduanya pun banyak dibagikan di media sosial. Salah satunya saat Habib Husein memberikan ucapan selamat kepada Jenderal TNI Dudung atas diangkatnya menjadi Kasad.

"SELAMAT JENDRAL TNI DUDUNG ABDURRAHMAN ATAS AMANAH BARUNYA SEBAGAI PRESIDEN TNI ANGKATAN DARAT, BERKAH LANCAR MANFAAT," tulisnya dalam keterangan foto.

Bagi yang belum tahu, Habib Husein ini aktif berdakwah menyebarkan agama Islam. Tak hanya itu, Habib Husein juga merupakan pemimpin Majelis Taklim Wal Maulid Ar–Ridwan Tuban.

Meski di tengah kesibukannya, Habib Husein tampak beberapa kali mendampingi Jenderal TNI Dudung. Dalam salah satu unggahan Habib Husein, terlihat ia mendampingi Jenderal Dudung saat berkunjung ke KODAM XIII Merdeka Manado.

Bukan hanya itu, ketika Jenderal Dudungmenerima tiga brevet dari Kopassus pada Selasa (21/12/2021), Habib Husein Ba'agil turut menemani. Asal tahu saja, tiga brevet yang diterima Dudung ialah Brevet Komando, Brevet Antiteror, dan Brevet Para Utama.

Baca Juga: Foto Sahrul Gunawan Datangi Orangtua Serda Rizal Disambut Haru, Ini Alasan Jenderal Dudung Tak Bisa Kejar KKB Papua

Bahkan, fotoHabib Husein Ba'agil ikut bersama Dudung ketika diarak oleh puluhan anggota Kopassus viral di media sosial. Dia juga ikut menemani Dudung saat sesi wawancara dengan media.

Dalam unggahannya, terlihat Habib Husein ikut berfoto di depan Gedung Sarwo Edhi sambil mengepalkan tangan kanannya.

Bukan hanya itu saja, terlihat Habib Husein turut serta mendampingi Jenderal TNI Dudung. Saat kasad berkunjung ke Kodam XVIII Kasuari Manokwari.

Di unggahan lain, tampak Habib Husein berfoto bersama Jenderal Dudung. Tidak hanya berdua, melainkan bersama beberapa warga Papua. Terlihat Habib Husein berdiri di samping Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Pria bernama lengkap Habib Husein bin Hasyim bin Toha Ba'agil itu merupakan seorang ulama kondang asal Tuban, Jawa Timur. Ia selama ini aktif menjadi pendakwah dan juga pemimpin Majelis Taklim Wal Maulid Ar–Ridwan Tuban.

Dalam beberapa momen yang dibagikan di akun Instragram pribadi di @husein.baagil, Habib Husein terlihat memiliki kedekatan dengan TNI, termasuk Jenderal Dudung.

Ia pernah mengucapkan selamat atas kenaikan pangkat Dudung menjadi jenderal bintang tiga atau letnan jenderal pada Juni 2021. Keduanya juga sempat bertemu dan berbincang santai dengan Habib Luthfi bin Yahya, ulama karismatik dari Pekalongan.

Baca Juga: Sebut Jenderal Dudung Tak Terlihat di Semeru, Habib Bahar Bin Smith Diminta Lihat Foto Unggahan TNI AD

Instagram

Jenderal Dudung Abdurachman kerap ditemani Habib Husein Ba'agil. Katanya, Dudung mengislamkan 150 orang Timor Timur.

Kedekatan keduanya juga terlihat dalam beberapa unggahan, seperti ketika Dudung diangkat menjadi KSAD hingga ikut menemani Dudung ketika melakukan kunjungan ke berbagai daerah, mulai dari Poso hingga Papua.

Dalam salah satu ceramahnya, Habib Husein menceritakan pengalamannya mendengar sendiri pengakuan orang asal Timor Leste, dan menyebut Dudung pernah mengislamkan 150 orang.

"Beliau [Dudung] di sela-sela kunjungannya, ada lima orang dari Timor Timur yang mendatangi. Mereka bilang, 'mohon izin Bapak KSAD, saya anak-anaknya Bapak KSAD'. Kaget saya, ini kan orang Timor Timur," beber Habib Husein dalam ceramah yang diunggah di kanal Santri Tuban.

"Saya melihat dengan mata kepala saya sendiri, ada lima orang perwakilan dari orang Timor menemui KSAD. Lalu saya tanya 'Anda siapa?'. 'Saya anak-anak Pak Dudung. Kami satu kampung 150 orang diislamkan sama beliau'," kata Habib Husein.

Habib Husein menceritakan, kisah tersebut sebetulnya bukan untuk konsumsi publik."Ini sebenarnya bukan untuk konsumsi publik, tapi saya bongkar karena saya khawatir banyaknya cercaan [terhadap Dudung]," ujarnya.

"Saya mau tanya kepada Anda, apakah ada di antara kita, yang telah mengislamkan 100 orang? Termasuk saya pun belum," ujarnya di depan jemaah.

Habib Husein melihat dan mendengar sendiri kisah tersebut dari orang Timor yang ditemuinya dan bukan dari Dudung langsung. Dia juga menjelaskan, Dudung mengasuh seribuan anak yatim di berbagai kota sejak dia berpangkat letnan.

Baca Juga: Foto Jenderal Dudung Bertemu Ketua Umum PBNU Ramai Dibahas, MUI Minta KSAD Lebih Baik Urusi Daerah Konflik Ini

Instagram

Jenderal Dudung Abdurachman kerap ditemani Habib Husein Ba'agil. Katanya, Dudung mengislamkan 150 orang Timor Timur.

Sebagai ulama, Habib Husein menceritakan bahwa tantangan terbesar selama menemani Dudung adalah menjaga hati."Saya menemani beliau, tentu yang paling sulit adalah menjaga hati. Sulit. Setengah mati sulitnya. Karena apa, orang kalau sudah kumpul dengan pejabat nomor satu tentu ego itu akan naik," kata habib muda ini.

Habib Husein juga menceritakan kenal pertama dengan Dudung pada tahun 2018 dalam acara buka puasa bersama di Mabes TNI. Kala itu Dudung berpangkat bintang satu atau brigjen. "Saat beliau bintang satu, nonjob, tidak ada jabatan," ujar Habib Husein di depan jemaahnya.

Setelah itu bertemu lagi di Kodam Jaya saat Dudung sudah menjabat Pangdam Jaya. Mereka terus menjalin komunikasi."Saya mendapat kesempatan ngajar di Pembinaan Mental Kodam Jaya, mengisi khotbah Jumat," ujar Habib Husein.

Selama mengajar, dia sering mendapat pertanyaan tentang fikih (hukum Islam) seperti bagaimana hukumnya menjalankan salat saat bertugas di hutan dalam waktu lama dan pakaian dalam keadaan kotor dan sisa najis masih menempel.

Habib Husein juga menceritakan bahwa Dudung sering memberinya kesempatan untuk khotbah dan ceramah di kesatuan mana pun.

"Nggak ada hubungannya dengan politik, Pak. Kalau ngomong politik jangan sama saya, saya bukan orang politik. Saya nggak ngerti politik. Ngomong sama saya [itu soal] halal haram, kitab, [itu] ngomong sama saya. Masalah politik itu urusan mereka, saya nggak urus," kata Habib Husein di depan jemaah.

"[Jika] Beliau terlibat politik, saya nggak ngurus," tegasnya. "Keperluan saya hanya menyampaikan syariat Allah sampai pada mereka dan kepada para pasukan untuk mengenal Allah SWT, untuk mengerti siapa Nabi Muhammad SAW," tandasnya.

Baca Juga: Foto Jenazah Sertu Ari Baskoro Bikin Hati Jenderal Dudung Abdurachman Terluka, Ini Daftar Kejahatan KKB Tendius Gwijangge yang Jadi Biang Kerok

Instagram

Jenderal Dudung Abdurachman kerap ditemani Habib Husein Ba'agil. Katanya, Dudung mengislamkan 150 orang Timor Timur.

Sedang dalam sesi tanya jawab di ceramahnya yang lain, Habib Husein mengakui bahwa dia membela pemerintah yang sah, dalam hal ini pemerintahan Jokowi.

"Saya memang membela pemerintah yang sah, itu sesuai dengan ajaran para habaib. Para habaib itu orang yang loyal para pemerintah," ujarnya. Selain akrab dengan TNI, ia terlihat dekat dengan sejumlah pejabat Polri, seperti Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran.

Selain berdakwah, Habib Husein juga terlihat beberapa kali memperlihatkan aktivitas lain, seperti berolahraga hingga mendaki gunung.

Baru-baru ini,Habib Husein Ba'agil turut menemani Jenderal Dudung menjenguk komedian kondang Tukul Arwanayang sedang dalam masa pemulihan usai operasi. Habib Husein membagikan foto Dudung yang tampak menggenggam tangan Tukul saat menjenguknya.

Habib Husein juga membagikan video yang sebelumnya tayang diakun Instagram resmi TNI AD Dalam video itu terlihat Dudung yang menampilkan sesuatu di HP-nya kepada Tukul. Di momen itulah Dudung menggenggam tangan Tukul.

"Sahabat Tak Mengenal Batas," tulis @tni_angkatan_darat seperti dilihat, Senin (21/2/2022). Tukul terlihat tertawa saat diajak berbincang oleh Jenderal Dudung. Sambil menghibur, Dudung juga mengelus-elus jari telunjuk Tukul.

Tampak Dudung duduk bersama Tukul yang mengenakan baju berwarna merah. Dudung tampak memijat pundak Tukul. Dia juga menepuk-nepuk pundak Tukul hingga mengajaknya berfoto bersama.

Di akhir video, Jenderal Dudung memberi hormat kepada Tukul. Dudung turut memberi semangat dengan mengepalkan tangannya.

Baca Juga: Profil Mayjen Dudung, Pangkostrad Baru yang Berani Lawan Habib Rizieq

Instagram

Jenderal Dudung Abdurachman kerap ditemani Habib Husein Ba'agil. Katanya, Dudung mengislamkan 150 orang Timor Timur.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma