Jawaban Cara Melestarikan Budaya Bangsa Kelas 5 SD Tema 7 Halaman 185

Selasa, 15 Februari 2022 | 23:44
pxhere

Wayang kulit.

Fotokita.net - Berikut jawaban cara melestarikan budaya bangsa yang menjadi soal dalam buku tematik kelas 5 SD Tema 7 halaman 185.

Cara Melestarikan Budaya Bangsa

1. Mempunyai sikap mau menerima keragaman suku bangsa dan budaya yang ada di masyarakat2. Mempelajari Kesenian Daerah Lain3. Mengembangkan Budaya Daerah Sendiri

4. Mengikuti dan mempelajari budaya bangsa5. Pendidikan tentang budaya daerah6. Melaksanakan lomba budaya daerah

7. Mengadakan pentas seni daerah8. Mendukung upaya mengembangkan budaya daerah

Indonesia tak hanya memiliki banyak suku, namun juga beragam budaya. Keanekaragaman budaya ini telah diwariskan secara turun-temurun oleh nenek moyang bangsa Indonesia.

Keberagaman budaya menjadi identitas yang berharga untuk bangsa Indonesia. Sebab, budaya mengandung ciri khas unik dan nilai-nilai penting dari berbagai wilayah.

Baca Juga: Jawaban Apakah yang Dapat Kamu Simpulkan dari Letak Geografis Indonesia

Tak hanya itu, keragaman budaya juga mampu memelihara kesatuan dan persatuan bangsa.

Itu sebabnya, kita sebagai masyarakat harus terus menghargai dan melestarikan budaya bangsa. Tujuannya agar budaya tidak luntur dan dapat diwariskan lagi untuk generasi mendatang.

Bagaimana cara melestarikan budaya bangsa?

Mempelajari Budaya Bangsa

Untuk melestarikan budaya, masyarakat harus mengenal budaya sendiri terlebih dahulu. Setelah mengenal budaya, masyarakat akan lebih menghargai dan mencintai budaya Tanah Air.

Mempelajari budaya bisa dilakukan dengan sejumlah kegiatan sederhana, mulai dari mengikuti kegiatan budaya, mencari tahu tentang budaya, hingga bergabung ke dalam komunitas.

Memperkenalkan Budaya Kepada Orang Lain

Setelah mengenal budaya sendiri, masyarakat dapat memperkenalkan budaya sendiri ke negara lain. Dengan begitu, budaya dapat dikenal dengan lebih luas. Selain itu, budaya juga semakin dihormati oleh orang lain.

Baca Juga: Jawaban Jelaskan Apakah yang Dimaksud dengan Wawasan Nusantara

Memperkenalkan Budaya ke Negara Lain

Pelestarian budaya dapat dilakukan dengan memperkenalkan budaya ke negara lain. Tujuannya agar negara lain mengenal dan menghargai budaya Tanah Air.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengenalkan budaya ke negara lain. Salah satunya dengan mengunggah budaya sendiri di media sosial. Mulai dari tarian, pakaian adat, dan lainnya.

Tidak Terpengaruh Budaya Asing

Di era teknologi ini, budaya asing semakin mudah untuk masuk ke Tanah Air. Budaya tersebut pun kerap menggeser keberadaan budaya lokal.

Dalam hal ini, kita sebagai masyarakat tidak boleh terpengaruh degan budaya asing. Kita harus tetap mencintai budaya sendiri dan mempertahankan budaya lokal.

Baca Juga: Jawaban Apa yang Menyebabkan Sistem Subak Berhasil Meraih Perhatian Dunia Kelas 5 SD Tema 5

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya