Foto Anak TKI yang Dirawat Wanita Beda Agama di Malaysia Viral, Ditinggal Pergi Ibu Kandungnya Gegara Alasan Ini

Senin, 17 Januari 2022 | 16:29
Facebook

Foto anak TKI yang dirawat wanita beda agama viral. Itu sebabnya, masalah Rohana Abdullah mengundang perhatian publik juga pejabat Malaysia.

Fotokita.net - Kisah Rohana Abdullah, anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia menjadi perbincangan hangat di media sosial. Foto anak TKI yang dirawat wanita beda agama viral. Rohana ditinggal pergi ibu kandungnya sejak bayi gegara alasan ini.

Selama 20 tahun hidupnya, Rohana dirawat dengan penuh kasih sayang oleh Chee Hoi Lan, wanita Malaysia beretnis Tionghoa. Chee Hoi Lan merawat Rohana seperti anak sendiri sejak ditinggal pergi ibu kandungnya saat bayi berusia dua bulan.

Jangan pernah meninggalkan agama. Itu adalah satu-satunya pesan dari ibu kandung Rohana Abdullah, gadis yang diasuh oleh wanita Tionghoa Chee Hoi Lan selama 22 tahun terakhir.

Salimah Osman (52) mengatakan dia memberi pesan kepada Chee Hoi Lan (83) ketika dia harus kembali ke negara asalnya karena izin tinggalnya telah habis.

Dia mengatakan tidak punya pilihan saat itu karena dia tidak ingin masuk daftar hitam karena tinggal lebih lama di negara itu yang menyebabkan dia menyerahkan anaknya untuk dirawat oleh wanita itu.

“Saya tidak punya cara lain. Saat itu, Laoshi (Chee) mengatakan kepada saya bahwa dia bersedia menjaga Rohana karena saya tidak punya orang lain di sini.

"Setelah dipikir-pikir, saya setuju. Meski enggan, saya harus. Yang saya perintahkan adalah tidak pindah agama (anaknya). Itu saja," katanya saat ditemui Harian Metro, Minggu (16/1/2022).

Baca Juga: Disemprot Balik TKI Hong Kong Usai Koar-koar di Medsos, Ustaz Solmed Akhirnya Ngaku Pernah Dianiaya Warga Gegara Hal Sepele Ini

Salimah mengatakan dia kembali ke negara itu segera setelah itu dan merasa lega mengetahui bahwa putranya dirawat dengan baik.

Menurutnya, ia berterima kasih kepada Chee yang telah menggantikan posisinya sebagai ibu selama ini. “Saya berterima kasih kepada Laoshi karena telah menggantikan saya.

"Apa yang bisa saya lakukan, saya ingin datang dan melihat putra saya, tetapi saya tidak bisa karena saya bukan orang yang bahagia.

"Alhamdulillah, dia sudah besar dan masih tetap dalam Islam. Terima kasih Laoshi telah merawat anak saya dengan baik," katanya.

Menurutnya, selama itu ia khawatir anaknya pindah agama karena tinggal bersama non-Muslim. Diahanya bisa berdoa agar kehidupan anaknya dimudahkan dan Allah SWT menjaganya.

“Ibu mana yang tidak sayang anaknya. Tapi saya ingin melakukan sesuatu, saya ingin membawanya kembali ke Indonesia, saya tidak bisa. Saya berhutang budi kepada rakyat dan pemerintah Malaysia yang telah membantu selama anak saya berada di sini.

"Kalau semua sudah selesai, saya akan kembali ke Bandung, tinggal di sana dan bekerja pada tanaman kecil. Setidaknya saya tahu masalah anak saya sudah selesai," katanya.

Baca Juga: Cuma Jadi ART di Singapura, Wanita Nganjuk Ini Sukses Bikin Miliuner Negeri Singa Kalah di Pengadilan Hingga Mundur dari Jabatan Menterengnya

Harian Metro

Foto anak TKI yang dirawat wanita beda agama viral. Itu sebabnya, masalah Rohana Abdullah mengundang perhatian publik juga pejabat Malaysia.

Rohana mengatakan dia mencintai kedua ibunya dan bersyukur bahwa mereka memberikan cintanya. Dia mengatakan dia berharap untuk menghargai jasa mereka berdua setelah ini dan terus hidup bersama.

“Saya berterima kasih kepada semua orang yang mendoakan saya, Laoshi dan ibu. Saya doakan juga semoga sukses untuk semua pihak. Semoga kita semua dimudahkan,” ujarnya.

Ibu kandung Rohana Abdullah dulu adalah pekerja kebersihan di TK tempat Chee Hoi Lan mengajar. Pada 20 tahun lalu, ia terpaksa pulang ke Indonesia karena suatu alasan dan tidak kembali. Sejak saat itu, Chee Hoi Lan lah yang merawatnya hingga kini tumbuh jadi wanita dewasa.

Ketulusan Chee Hoi Lan mengundang simpati publik karena ia bukan hanya merawat Rohana tapi sesuai agamanya, Islam. "Saya sayangkan dia seperti anak sendiri. Sejak kecil, saya pastikan dia makan makanan halal dan melakukan ibadat sebagai seorang Muslim sehinggalah hari ini," ungkapnya dilansir Harian Metro.

"Saya tahu ada benda yang dia tidak boleh makan. Saya tahu ada masanya dia perlu solat dan itu langsung tidak menjadi masalah.

"Saya mengambil tanggungjawab sebagai ibu, saya didik, saya asuh dia seperti mana sepatutnya. Yang membezakan kami adalah budaya dan agama," katanya.

Chee Hoi Lan tidak punya keluhan selagi membesarkan Rohana namun wanita tersebut ingin melihatnya melanjutkan hidup dan menikah. Karena itu, ia ingin Rohana diakui sebagai warga negara Malaysia.

Baca Juga: Selain Bikin Majikannya Dipecat dari Jabatan Bergengsi, TKI Asal Nganjuk Sukses Menang Atas Tuduhan Pencurian dari Bos Bandara Singapura

Harian Metro

Foto anak TKI yang dirawat wanita beda agama viral. Itu sebabnya, masalah Rohana Abdullah mengundang perhatian publik juga pejabat Malaysia.

"Cuma sebelum saya mati, saya mahu lihat dia berkahwin, bekerjaya dan bahagia. Saya lega kerana selama hayat saya, saya pastikan dia terjaga sebagai seorang Muslim, dia akan kekal begitu sampai bila-bila (kapanpun)," kata Chee Hoi Lan.

Wanita 83 tahun yang dulu berprofesi sebagai guru TK itu memang tidak memiliki suami atau anak lain selain Rohana. Rohana pun memanggilnya sebagai 'laoshi' yang artinya guru.

Ditinggal orangtua dan sudah menetap di Malaysia sejak kecil, Rohana tentu ingin mendapat pengakuan sebagai warga negara. Karena ingin meneruskan studi, ia sudah membuat permohonan sejak 2016 dan meminta bantuan tapi belum terkabul hingga sekarang.

"Saya hanya mengharapkan diberikan status yang membolehkannya menjalani hidup seperti orang lain. Ia termasuklah berkahwin, membuka akaun dan perkara lain yang tidak dapat dilakukannya sebelum ini," ujar wanita berhijab itu.

"Bila saya fikirkan, dunia ini tidak adil. Bukan salah saya. Bila emak ayah buat salah, kenapa saya kena tanggung. Saya cuma teruskan hidup sebagai anak. Bila kena berhenti sekolah, saya sangat sedih kerana tidak ada siapa tolong. Saya terpaksa berhenti kerana tidak ada dokumen," kata Rohana Abdullah.

Foto anak TKI yang dirawat wanita beda agama itu viral. Itu sebabnya, masalah Rohana mengundang perhatian publik juga para pejabat Malaysia.Perdana Menteri Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob bahkan telah berjanji untuk membantu Rohana bisa mendapat kewarganegaraan.

Baca Juga: Pamer Foto Tanda Cinta Bareng Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Siapa Sangka YouTuber Kondang Berpenghasilan Rp 300 Juta Sebulan Ini Pernah Rasakan Pahitnya Jadi TKI

Harian Metro

Foto anak TKI yang dirawat wanita beda agama viral. Itu sebabnya, masalah Rohana Abdullah mengundang perhatian publik juga pejabat Malaysia.

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Batu, Gulam Muszaffar Ghulam Mustakim, mengatakan pihaknya sedang melacak keberadaan ayah Rohana yang disebut-sebut beralamat terakhir di Taman Koperasi Polis Tahap 2, dekat sini.

Namun, kata dia, hingga saat ini upaya tersebut belum membuahkan hasil.

"Dengan adanya informasi tentang ayahnya, nanti akan lebih mudah," katanya merujuk pada upaya memperoleh kewarganegaraan bagi Rohana.

Menteri Dalam Negeri Malaysia Hamzah Zainuddin mengaku tersentuh hatinya dengan kisah Rohana Abdullah. "Saya merasa tersentuh apabila diinformasikan terkait perkara ini pada Minggu lalu," kata Hamzah, Minggu (16/1/2022).

Politikus dari Partai Pribumi Malaysia Bersatu ini telah meminta pegawainya untuk menyelidiki kebenaran informasi itu sebelum membuat keputusan apapun terkait masa depan Rohana.

Menurut informasi, Rohana yang saat ini belum mempunyai kewarganegaraan telah memohon kewarganegaraan Malaysia pada 2016, namun belum diproses hingga kini.

Baca Juga: Kisah Cinta Terlarangnya Dibongkar Mantan Istri, Ustaz Kondang Itu Pernah Dapat Surat Terbuka dari TKI Hong Kong yang Mengaku Terluka Gara-gara Persoalan Ini

Harian Metro

Foto anak TKI yang dirawat wanita beda agama viral. Itu sebabnya, masalah Rohana Abdullah mengundang perhatian publik juga pejabat Malaysia.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya