Gempa M 7,4 Guncang NTT, Foto Tsunami Flores 29 Tahun Lalu Bikin Ngeri, Netizen: Cuma Selisih 2 Hari

Selasa, 14 Desember 2021 | 15:22
Arsip Facebook Joko Riyadi

Foto kepanikan warga NTT muncul di media sosial. Namun, ada netizen yang membagikan foto tsunami Flores 29 tahun lalu.

Fotokita.net - Gempa M 7,4 mengguncang Nusa Tenggara Timur (NTT)pada Selasa (14/12/2021) 10.20 WIB. Gempa berada pada kedalaman 10 kilometer. Pusat gempa berada di laut berjarak 113 km ara barat laut dari Larantuka. Gempa M 7,4 itu berpotensi menimbulkan tsunami.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan tsunami. Sebelumnya BMKG menyebut kekuatan gempa M7,5 namun dimutakhirkan menjadi 7,4. Peringatan tsunami dikeluarkan untuk Maluku, NTT, Nusa Tenggara Barat (NTB), serta Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan.

Gempa memicu kepanikan warga di Flores. "Semua orang berlarian ke jalan," kata Agustinus Florianus, warga Kota Maumere, Flores.

BNPB menyatakan ada 15 kali gempa susulan yang terjadi di wilayah NTT. Gempa susulan paling kuat tercatat bermagnitudo M 5,6. "Gempa susulan tercatat hingga pukul 11.40 WIB menunjukkan adanya 15 aktivitas gempa susulan dengan maksimum M 5,6," kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari kepada wartawan, Selasa (14/12/2021).

Baca Juga: Diguncang Gempa Malang, Begini Kondisi Terkini Tempat Kencan Favorit Krisdayanti dan Anang Hermansyah: Patung Gorila Roboh

Dia mengatakan, berdasarkan data BMKG, gempa tersebut dipicu aktivitas sesar aktif di Laut Flores. Dia mengatakan analisis mekanisme sumber juga menunjukkan gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser atau strike slip.

"Parameter lain dengan skala MMI atau Modified Mercally Intensity, BMKG merilis guncangan gempa bumi dirasakan di wilayah Ruteng, Labuan Bajo, Larantuka, Maumere, Adonara dan Lembata III - IV MMI, sedangkan Tambolaka, Waikabubak dan Waingapu III MMI," ujar Muhari.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Flores Timur di Larantuka Alfons Hada Betan mengatakan, pihaknya belum menerima adanya laporan kerusakan. Namun gempa dirasakan beberapa menit yang membuat warga panik berlarian dari rumah.

Berdasarkan sejumlah kabar yang beredar di media sosial ada beberapa bangunan rusak di kepulauan, namun belum ada informasi soal korban dari gempa yang bertitik pusat dekat Pulau Flores tersebut.

Baca Juga: Fakta-fakta Gempa Malang, Warga Lari Ketakutan, Bangunan Roboh Hingga Penjelasan BMKG

Facebook

Foto kepanikan warga NTT muncul di media sosial. Namun, ada netizen yang membagikan foto tsunami Flores 29 tahun lalu.

Sementara itu Pusat Peringatan Tsunami Pasifik yang berbasis di Amerika Serikat menyatakan, berdasarkan parameter awal gempa bumi, gelombang tsunami mungkin terjadi di pantai-pantai yang terletak dalam radius 1.000 km dari pusat gempa.

Badan Survei Geologi AS (USGS) menyebutkan gempa bermagnitudo 7,6 namun memutakhirkannya menjadi 7,3. MYF.

Facebook

Foto kepanikan warga NTT muncul di media sosial. Namun, ada netizen yang membagikan foto tsunami Flores 29 tahun lalu.

Foto kepanikan warga NTT muncul di media sosial. Terlihat dari sejumlah foto yang memotret kondisi warga usai diguncang gempa M 7,4 itu.

Salah satu netizen bernama Joko Riyadi membagikan foto tsunami Flores yang terjadi pada 29 tahun lalu. Melalui akun Facebook atas namanya, Joko yang bermukim di Ende membagikan sebuah foto yang menggambarkan kengerian ketika peristiwa bencana alam itu terjadi.

Baca Juga: Bak Buktikan Terawangan Mbak You, Gempa M 6,7 Guncang Malang, Rumah Bergoyang Kencang Hingga Bikin Warga Panik

Facebook

Foto kepanikan warga NTT muncul di media sosial. Namun, ada netizen yang membagikan foto tsunami Flores 29 tahun lalu.

Dalam foto yang dibagikan Joko, tsunami Flores telah menyapu peradaban yang berada di tepi pantai. Hanya terlihat sejumlah pohon yang masih mampu berdiri tegak, sementara rumah dan bangunan lainnya telah tersapu gelombang. Tak ada yang bersisa.

Joko Riyadi menuliskan keterangan pendukung foto tsunami Flores itu. "Melawan lupa: hari ini tepat 29 thn 2 hari. pada 12 Des 1992 Gempa dahsyat M 7,8 di Laut Flores membangkitkan tsunami menyebabkan 2.500 orang meninggal, 500 orang hilang, lebih dari 500 orang luka-luka dan lebih dr 5.000 orang mengungsi."

"Gempa dan tsunami ini merusak lebih dr 18.000 rumah. Semoga di hari ulang tahun yg ke 29 ini. Tidak ada dampak yg luar biasa dari musibah gempa ini. Semoga Allah menjaga kita semua dari musibah. Tetap Waspada Jangan panik. Dan Hindari HOAX yang tidak perlu," pesan Joko.

Selain itu, di kolom komentar foto ini, Joko juga membagikan potret tugu kenangan yang dibangun untuk mengingat atas peristiwa gempa tektonik yang membangkitkan tsunami Flores yang terjadi pada 29 tahun lalu itu. Kini, gempa kembali kembali mengguncang NTT, termasuk Flores, yang hanya berselang dua hari.

Baca Juga: Pilu, Sempat Unggah Foto Usai Selamat dari Gempa Majene, Istri Anggota TNI Ini Meninggal Karena Ambil HP di Rusun

Facebook Joko Riyadi

Foto kepanikan warga NTT muncul di media sosial. Namun, ada netizen yang membagikan foto tsunami Flores 29 tahun lalu.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya