Ngotot Malaysia Tetap Punya Batik, Foto Lavanya Sivaji Kembali Diserbu Netizen +62, Rupanya Miss World Malaysia Punya Gelar Mentereng

Kamis, 21 Oktober 2021 | 14:25
Instagram

Terlepas foto Miss World Malaysia 2021 dengan gaun batik diserbu netizen +62, rupanya Lavanya Sivaji punya gelar mentereng.

Fotokita.net - Pemenang kontes kecantikan Miss World Malaysia Lavanya Sivaji masih ngotot bahwa Malaysia tetap punya batik. Akibatnya, foto Lavanya Sivaji kembali diserbu netizen +62. Rupanya di balik itu, Miss World Malaysia punya gelar mentereng.

Hati Lavanya Sivaji sebetulnya sedang berbahagia. Sebab, dia berhasil meraih mahkota Miss World Malaysia 2021 beberapa hari lalu. Secara resmi Lavanya Sivaji akan mewakili negaranya dalam kontes Miss World Internasional yang digelar di Puerto Rico, Desember 2021.

Dalam keterangan resminya, panitia seleksi Miss World Malaysia telah memberikan selamat kepada Lavanya Sivaji. Mereka menulis, “Selamat kepada Dr. Lavanya Sivaji karena dinobatkan sebagai Miss World Malaysia 2021! Didukung oleh Sabah Tourism Board dan Sabah Association of Tour and Travel Agents (Satta), edisi virtual Miss World Malaysia 2021 Grand Coronation Night sukses digelar di Hyperlive.tv pada 16 Oktober.”

“Dr. Lavanya Sivaji akan mewakili Malaysia di final bergengsi Miss World 2021 yang diadakan di Puerto Rico Desember ini.”

Namun, kebahagiaan Lavanya Sivaji mendadak terganggu gegara keterangan yang ditulisnya di akun Instagram pribadinya. Lavanya Sivaji mengeluarkan pernyataan yang membuat netizen Indonesia murka. Meski sudah minta maaf, foto Lavanya Sivaji kembali diserbu netizen +62.

Baca Juga: Foto Miss World Malaysia Digeruduk Tanpa Ampun, Ujungnya Minta Maaf ke Netizen Indonesia, Omongan Batik Pemicunya

Nama Miss World Malaysia Lavanya Sivaji memang sedang menjadi sorotan usaimengklaim batik berasal dari Malaysia. Klaim itu langsung memantik emosi netizen Indonesia. Akibatnya, netizen +62 langsung membanjiri kolom komentar akun Instagram Lavanya Sivaji.

Saat menghadiri malam final Miss World Malaysia 2021 pada 17 Oktober lalu, Lavanya Sivaji mengenakan gaun batik. Foto Lavanya Sivaji dengan gaun batik ini yang diunggah di Instagram.

"Kain batik melambangkan keragaman bagi orang Malaysia, dengan berbagai warna, cetakan dan desainnya. Oleh karena itu, saya mempersembahkan kepada Anda gaun malam saya untuk Miss World Malaysia 2021 yang terbuat dari kain batik Malaysia," tulis Lavanya Sivaji pada keterangan foto dirinya dengan gaun batik.

Awalnya, foto Lavanya Sivaji memakai gaun batik mendapat tanggapan yang biasa saja dan lebih menyoroti peluangnya dalam ajang kecantikan itu. Namun, setelah Sivaji dinobatkan sebagai Miss World Malaysia 2021, unggahan tersebut langsung dibanjiri protes netizen +62.

Banyak netizen yang menegaskan bahwa batik merupakan buatan dan budaya asli Indonesia. "Seorang Miss itu harus pintar agar bisa merepresentasikan negaranya dengan baik, maka dia harus tau sejarah dan budaya negaranya, bukan milik negara lain. Belajar lagi yok biar pintar," tulis seorang netizen.

Baca Juga: Foto Malaysia Darurat Covid-19 Bikin Miris, Pakar UI: Tolong Jangan Remehkan Ini

Instagram

Terlepas foto Miss World Malaysia 2021 dengan gaun batik diserbu netizen +62, rupanya Lavanya Sivaji punya gelar mentereng.

Lavanya Sivaji lantas mengubah keterangan tersebut dan menyampaikan permintaan maaf lewat sebuah unggahan baru pada Rabu, 20 Oktober 2021. "Saya sangat bersyukur telah diajarkan untuk menghargai keragaman budaya dan saya ingin berterima kasih kepada desainer saya untuk gaun indah ini untuk malam terakhir saya. Saya bangga mewakili negara saya dan saya siap untuk perjalanan yang benar-benar baru," tulisnya dalam keterangan barunya.

Sementara lewat unggahan terbarunya, Lavanya Sivaji menyampaikan permintaan maaf setelah menyebut batik sebagai budaya Malaysia.

"Halo semuanya! Kepada para pageant lovers khususnya di Indonesia. Saya harap kalian semua dalam keadaan sehat. Pertama-tama, saya ingin meminta maaf jika saya telah menyinggung siapa pun atas unggahan saya ini. Saya mengakui kata Batik berasal dari Jawa serta desain dan sejarahnya," tulis Sivaji dalam keterangan unggahan di Instagram.

Dia kemudian mengatakan, sekarang tidak sedikit negara yang juga memiliki batik sebagai salah satu budayanya, termasuk Malaysia.

Baca Juga: Bikin Malu, WNI Ikut Rencana Pembunuhan Mahathir Mohamad Karena Alasan Ini, Begini Nasibnya Sekarang

Instagram

Kali ini klaim atas aset budaya Indonesia datang dari Miss World Malaysia Lavanya Sivaji. Sontak foto Lavanya Sivaji digeruduk tanpa ampun.

"Namun, tidak sedikit negara lain yang mempraktekkan unsur budaya tersebut antara lain Malaysia, Sri Lanka, India dengan desain dan motifnya masing-masing.Baik itu Malaysia, Indonesia atau negara lain, saya akan selalu merasa bangga memakai Batik," sambungnya.

Lavanya Sivaji menutup permintaan maafnya tersebut dengan ucapan terima kasih karena merasa diingatkan untuk menghormati akar, budaya, dan tradisinya.

"Setiap kali saya memakai Batik, saya bisa merasakan kekuatan dari seorang wanita sejati. Kami memiliki kekuatan super. Kami adalah penyembuh. Kami adalah ibu," tambahnya.

Meski sudah meminta maaf, netizen +62 kembali menyerbu foto Lavanya Sivaji. Mereka mengkritik pernyataan Lavanya. Miss Wolrd Malaysia 2021 ini diminta mempelajari lebih dulu sebelum menuangkan sejarah dalam unggahannya.

"Sebelum menggunakan caption atau mengclaim sesuatu mungkin bisa di pelajari dulu sejarah nya darimana agar tidak di serang oleh netizen +62 btw thank you for wearing Batik , salam dari indonesia," seru seorang netizen.

Baca Juga: Dikira Orang Malaysia Usil, Begini Motif Anak SMP Cianjur Nekat Rekam Parodi Lagu Indonesia Raya Hingga Bawa-bawa Nama ASEAN

"Hey batik tu tetap yg punya indonesia. Kalaupun ada negara lain yg punya motif sama gabisa dinamakan batik, karna nama batik sendiri udah terdaftar di unesco!! Jgn ngadi2 deh," timpal netizen lainnya.

Terlepas foto Miss World Malaysia 2021 dengan gaun batik diserbu netizen +62, rupanya Lavanya Sivaji punya gelar mentereng.

Berdasarkan laporan Varnam, Dr. Lavanya lebih dikenal sebagai pendiri 4Them, sebuah proyek amal yang mengadvokasi masalah gizi dan kesehatan seputar komunitas Orang Asli di Malaysia.

Dibesarkan di Taman Seri Gombak, Batu Caves, keturunan India ini melanjutkan pendidikan tinggi kedokteran di Universitas Pertahanan Nasional Malaysia dan praktik di Rumah Sakit Angkatan Tentera Tuanku Mizan Zainal Abidin.

Atlet berusia 25 tahun itu sebelumnya dinobatkan sebagai runner-up ketiga Miss Malaysia Indian Global 2019 dalam ajang bertabur yang kemudian digelar di PJ Hiton.

Baca Juga: Berbulan-bulan Kerja di Malaysia Tak Dibayar, Tukang Bangunan Ini Nekat Jalan Kaki Terobos Hutan Krayan, Selamat Karena Makan Garam dan Micin

Dikenal sebagai pendiri 4Them, sebuah proyek advokasi dan amal yang berfokus pada masalah gizi dan kesehatan mengenai dan berfokus pada komunitas Orang Asli di Malaysia, ratu kecantikan dapat terlihat mengenakan pakaian suku Mah Meri, yang merupakan ciri khas Orang Asli (masyarakat adat) pakaian adat.

Mereka yang ingin mendukung dan menyemangati perjalanan wanita muda yang lancang dan luar biasa ini, kunjungi proyek kecantikannya dengan tujuan (BWAP) halaman 4them.malaysia dan berkenalan dengan penyebab dan wawasannya tentang kemiskinan dan kekurangan gizi di antara komunitas Orang Asli, suatu hal sangat penting yang sering diabaikan oleh masyarakat.

Miss World Malaysia terbuka untuk orang Malaysia Timur dan Barat, tetapi Dr. Lavanya adalah pemenang kedua berturut-turut yang berasal dari Selangor. Ia lahir di Taman Seri Gombak, Batu Caves, namun kemudian pindah ke Rawang, Selangor saat berusia 9 tahun. Ia bersekolah di SMK Seri Garing, Rawang dari tahun 2009 hingga 2014.

Penampilan bukanlah segalanya dan Miss World Malaysia baru kami mengetahuinya. Selain menyandang gelar barunya, ia juga menyandang gelar kedokteran. Ia akhirnya meraihnya pada tahun 2020 setelah 6 tahun belajar kedokteran di Universiti Pertahanan Nasional Malaysia, Kuala Lumpur. Selain itu, ia melakukan housemanship di Rumah Sakit Angkatan Tentera Tuanku Mizan Zainal Abidin dan mendapatkan banyak teman di sana.

Baca Juga: Ada Udang Di Balik Batu? Koar-koar Bubarkan Kementerian BUMN, Ternyata Ahok Punya Agenda Khusus yang Meniru Konsep Malaysia Ini

Instagram

Terlepas foto Miss World Malaysia 2021 dengan gaun batik diserbu netizen +62, rupanya Lavanya Sivaji punya gelar mentereng.

Selain kecantikan dan otak, Lavanya juga memiliki semangat untuk membantu sesama, khususnya komunitas Orang Asli.

Dia adalah pendiri proyek advokasi dan amal bernama 4Them yang berfokus pada masalah nutrisi dan kesehatan komunitas Orang Asli. Proyek terbarunya adalah dengan penduduk desa Mah Meri dari Pulau Carey. Dia membantu mereka menjual T-shirt!

Meskipun dia sibuk dengan kontes, dia tidak membiarkan hal itu menjauhkannya dari hasratnya. Bahkan, dia berhasil menggabungkan keduanya. Pada final Miss World Malaysia, Dr. Lavanya memilih untuk menampilkan pakaian tradisional suku Mah Meri. Menurutnya, kostum itu dibuat dari nol.

Dengan semua pencapaiannya, jelas bahwa Lavanya memiliki dorongan dan kemauan keras untuk mencapai apa pun yang dia inginkan. Benar-benar sesuai dengan gelar Miss World Malaysia.

Baca Juga: Berkali-kali Ditelikung Guru Politiknya, Tokoh Oposisi Ini Akhirnya Bisa Tuntaskan Ambisinya: Jadi Penguasa Baru Lewat Manuver yang Tak Disangka

Instagram

Terlepas foto Miss World Malaysia 2021 dengan gaun batik diserbu netizen +62, rupanya Lavanya Sivaji punya gelar mentereng.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya