Gagal Unggah Foto dan Video Facebook, IG dan WhatsApp Down Lebih dari 8 Jam, Ini Penyebabnya

Selasa, 05 Oktober 2021 | 06:53
pixabay

Gagal unggah foto dan video, ternyata ini penyebab Facebook, IG dan WhatsApp sudah down lebih dari 8 jam. Berikut penjelasannya.

Fotokita.net - Layanan Facebook, IG, dan WhatsApp sudah down lebih dari 8 jam sejak Senin (4/10/2021) malam. Pengguna ketiga aplikasi media sosial itu gagal mengunggah foto dan video. Ternyata ini penyebabnya.

Para pengguna Facebook, Instagram, dan WhatsApp melaporkan tak bisa melakukan aktivitasnya di ketiga layanan tersebut alias down. Laporan ini berdatangan dari sejumlah negara, termasuk Indonesia. Kejadian mulai muncul padaSenin (4/10/2021) malam hingga Selasa (5/10/2021) pagi ini.

Pengguna tiga layanan milik Facebook Inc. itupun ramai-ramai mengeluhkan layanan down ini di Twitter. Salah satunya, mereka gagal mengunggah foto dan video di Facebook, IG dan WhatsApp.

Pemilik akun Twitter dengan handle @depops mengeluhkan hal itu. Ia mengatakan, walau sudah melakukan sejumlah hal seperti restart ponsel, mengganti kartu SIM, mengecek koneksi WiFi, menghapus WhatsApp dan menginstal kembali, tetap saja layanan milik Facebook ini tidak bisa terhubung.

"Ternyata down semua!" tweet @depops dengan menyertakan hastag #instagramdown #whatsappdown.

Baca Juga: Tolak Kebijakan Baru WhatsApp, Pengguna Tak Lagi Bisa Berbagi Foto

Keluhan senada juga disampaikan oleh pengguna Twitter dengan handle @gempi05.

"emang nih ya di refresh berkali kali wa sama ig kirain wifi rumah bermasalah taunya emang lagi down !! plis lah @instagram @WhatsApp @Facebook" tweet dia.

Kebanyakan netizen juga menyayangkan layanan milik Facebook Inc yang error ini. Sebab ketiga aplikasi tersebut sangat dibutuhkan untuk keperluan pekerjaan, khususnya untuk berkomunikasi.

Kebanyakan pengguna akun Twitter lain juga mengeluhkan hal serupa. Keluhan warganet bisa dengan mudah dicari dengan memasukkan kata kunci "facebook wa ig down", "facebook down", "wa down", "ig down", dan sebagainya.

Dari pantauan, pengguna ketiga layanan milik Facebook itu berbondong-bondong beralih ke Telegram dan Twitter untuk berkomunikasi.

Baca Juga: Lagi Jadi Omongan, Ini 5 Fakta di Balik Pesan WhatsApp Soal Privasi Data, Pengguna Malah Kabur

Tidak dapatnya diakses ketiga aplikasi itu justru membuat netizen heboh di Twitter. Banyak netizen yang membandingkan tumbangnya tiga layanan Facebook dengan Twitter yang masih dapat digunakan secara normal.

Meme atau guyonan seputar Twitter yang masih bertahan di tengah layanan WhatsApp, Facebook, dan Instagram yang bermasalah pun mulai bersliweran di linimasa.

Tidak sedikit meme itu membahas mengenai netizen yang memilih Twitter untuk mengetahui apa yang terjadi dengan layanan WhatsApp, Facebook, dan Instagram.

Pengguna aplikasi pesan instan WhatsApp dan sosial media Facebook dan Instagram mengalami kesulitan karena down beberapa jam yang lalu.

Pengguna ketiga aplikasi tersebut memang masih bisa membuka seperti biasa. Hanya saja semua aplikasi tersebut tidak mengalami pembaruan sehingga tidak bisa mendapatkan informasi terbaru.

Baca Juga: Mulai Ditinggal, WhatsApp Mendadak Bagikan Info di Status Pengguna, Warganet Malah Tertawa: Panik!

Misalnya informasi yang ada di Facebook merupakan unggahan yang ada pada satu hari yang lalu. Bahkan pengguna tidak bisa membaca komentar yang ada di setiap unggahan. Begitu juga dengan Instagram yang belum bisa memberikan unggahan terbaru.

Pantauan KompasTekno di situs Downdetector, layanan Facebook, Instagram, dan WhatsApp mulai error pada Senin (4/10/2021) pukul 22.00 WIB. Lalu, laporan down ketiga aplikasi milik Facebook Inc. menyentuh puncaknya pada Senin malam sekitar pukul 23.00.

Ketika itu, laporan down Facebook menyentuh angka 122.000 laporan. Sementara laporan error untuk layanan Instagram dan WhatsApp mencapai angka 98.000 dan 34.000.

Pantauan hingga Selasa pagi pukul 06.00 WIB, laporan down tiga layanan itu masih berdatangan di situs Downdetector, tapi jumlahnya sudah menurun. Ini menandakan layanan Facebook, Instagram, dan WhatsApp sudah error kurang lebih selama 8 jam.

Laporan gangguan itu bukan hanya terjadi di Indonesia, melainkan juga di berbagai negara, seperti dari Asia Tenggara dan bahkan di Amerika Serikat dan negara-negara Eropa.

Baca Juga: Belum Selesai Data Privasi, Pengguna Whatsapp Mendadak Diminta Jangan Klik Pesan Ini: Hati-hati!

Gagal unggah foto dan video, ternyata ini penyebab Facebook, IG dan WhatsApp down lebih dari 8 jam.

Pihak Facebook, WhatsApp, Instagram sendiri telah mengetahui adanya gangguan ini di sejumlah negara, dan mengaku sedang melakukan investigasi. Mereka pun meminta maaf atas gangguan yang terjadi.

“Kami menyadari beberapa orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan produk kami. Kami sedang berupaya agar semuanya kembali normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” tulis Facebook.

WhatsApp juga memberikan penjelasan serupa, “Kami menyadari beberapa orang mengalami masalah dengan WhatsApp saat ini. Kami sedang berupaya untuk mengembalikan semuanya menjadi normal dan akan mengirimkan pembaruan di sini sesegera mungkin,” tulis WhatsApp.

Baca Juga: WhatsApp Kita Disadap Orang Lain? Begini 5 Tanda Akun WA Lagi Dipantau Tanpa Izin

Uniknya ketiga aplikasi tersebut justru memberikan penjelasan melalui Twitter. Whastapp mengakui kalau mereka memang mengalami masalah untuk sementara ini meski belum dijelaskan apa penyebabnya.

"Kami segera bekerja untuk mengemmbalikan semuanya kembali normal dan memberikan info terbaru secepatnya," tulis WhatsApp di akun twitter resmi milik mereka.

Begitu juga dengan Facebook yang menulis pesan yang senada di akun Twitter resmi mereka. Hanya saja MIcke Schroepfer Direktur Teknologi Facebook memberikan sedikit penjelasan melalui sosial media yang sama.

"Kami mengalami masalah networking dan tim bekerja secepat mungkin untuk memperbaiki dan mengembalikan semuanya secepatnya," tulisnya.

Baca Juga: Begini Cara Simpel Menyadap WhatsApp Pasangan Kita Tanpa Aplikasi, Cukup Pakai Browser Hape Saja, Awas Jangan Sampai Ketahuan!

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya