Foto Jonathan Frizzy Rayakan Lebaran Bikin Bahagia, Ini Kronologi Suami Dhena Devanka Pindah Agama: Dia Sudah Mualaf

Jumat, 01 Oktober 2021 | 13:39
Instagram

Kronologi suami Dhena Devanka pindah agama terungkap. Foto Jonathan Frizzy rayakan lebaran bareng Dhena Devanka sudah bikin bahagia.

Fotokita.net - Foto Jonathan Frizzy rayakan hari raya Lebaran bikin bahagia netizen di media sosial. Ini kronologi suami Dhena Devanka pindah agama. Dia sudah mualaf.

Jonathan Frizzy termasuk aktor yang senang berbagi foto melalui akun Instagram pribadinya yang sudah mendapat verifikasi. Beragam foto bahagia, dia unggah di Instagram. Entah itu, potret kebersamaan dalam keluarga hingga foto kegiatan syuting sinetron.

Namun, belakangan Jonathan Frizzy lebih banyak mengunggah foto keluarga kecilnya tanpa disertai potret istrinya, Dhena Devanka. Dia memamerkan foto kebersamaan dirinya dengan ketiga anaknya yang tumbuh semakin besar.

Beberapa waktu lalu, Jonathan Frizzy mengunggah foto tak biasa. Ya, foto Jonathan Frizzy rayakan Lebaran bersama Dhena Devanka serta ketiga anaknya bikin netizen bahagia.

"Frizzy Family mengucapkan selamat hari raya idul Fitri mohon maaf lahir dan batin yaa... senangnya bisa berkumpul dengan anak anak sblm kembali sibuk dengan rutinitas pak rafi.Happy Holiday semuanya :)," tulis Jontahan Frizzy seperti dikutip Fotokita.net, Jumat (1/10/2021).

Tentu saja, foto Jonathan Frizzy rayakan Lebaran bareng Dhena Devanka serta anak-anak mereka menuai komentar. Belakangan, kronologi suami Dhena Devanka pindah agama hingga disebut sudah mualaf terungkap.

Baca Juga: Bikin Netizen Mendua Foto Tendangan Si Madun Dhena Devanka Dihujat, Istri Jonathan Frizzy Berkata Lirih ke Paman Ijonk: Anda Tak Paham Perjuangan Hamil

Saat ini, mata publik sedang tertuju pada rumah tangga Dhena Devanka dan Jonathan Frizzy. Biduk pernikahan yang sudah terbangun selama sembilan tahun itu diambang kehancuran. Padahal, pasangan pesohor ini sudahdikaruniai tiga orang anak, di antaranya kembar, Zoe Joanna Frizzy Simanjuntak, Zack Jaden Frizzy Simanjuntak dan Zayn Jowden Frizzy Simanjuntak.

Dalam perjalanan rumah tangganya, isu keretakan hubungan mereka sudah terdengar cukup lama. Namun, Dhena belakangan disebut-sebut cemburu kepada Ririn Dwi Ariyanti, lawan main Ijonk di beberapa sinetron.

Beberapa waktu lalu,publik semakin penasaran terkait kabar rumah tangga Dhena Devanka.Kabar simpang siur mengenai pernikahan keduanya pun semakin mengemuka terutama yang terkait dengan agama.

Mulai dari Dhena yang disebut pindah agama dari Islam mengikuti agama Ijonk yang Kristen untuk menikah di gereja. Kabar ini merupakan versi yang dating dari Benny Simanjuntak, paman Ijonk sejak tahun 2012 silam.

Lantas, beredar pula kabar lainnya justru menyebut Ijonk yang pindah agama dari Kristen menjadi Islam mengikuti keyakinan Dhena. Dan keduanya menikah secara Islam serta tercatat di KUA. Hal ini yang kemudian menjadi dasar Dhena menggugat cerai Ijonk melalui pengadilan Agama.

Baca Juga: Foto Tendangan Si Madun Dhena Devanka Jadi Bukti ke Polisi, Istri Jonathan Frizzy Balas dengan Cara Ini: Makasih Kado Ulang Tahunnya

Informasi tersebut adalah versi Ibnu Ali Tindri, kuasa hukum Dhena Devanka, yang mengungkap bahwa pernikahan kliennya dengan Jonathan Frizzy dilakukan secara Islam dan sah tercatat di Kantor Urusan Agama (KUA).

Apabila mengutip dari arsip Tabloid Bintang, ternyata kedua kabar tersebut jika disimpulkan menjadi sumir.

Pertama, kabar pernikahan Ijonk diungkap oleh Benny Simanjuntak pada 25 Mei 2012. Dia memberitahu media bahwa keponakannya itu akan menikah pada 27 Mei 2012.

"Dena sudah pindah agama. Dia dibaptis sama pendeta Gilbert akhir tahun lalu, dan disaksikan sama opungnya, karena ijonk dekat dengan opungnya," jelas Benny Simanjuntak, paman Ijonk, saat ditemui wartawan di kawasan Tebet, Jakarta 25 Mei 2012.

Namun kemudian masih kabar dari Benny, bahwa pernikahan Ijonk-Dhena yangs sedianya dilangsungkan 27 Mei 2012 batal terlaksana

Menurutnya, pihak keluarga memutuskan untuk tidak melangsungkan pernikahan saat ini karena persiapan yang terlalu mepet.

Baca Juga: Bikin Geram Foto Dhena Devanka Hajar Ijonk, Paman Jonathan Frizzy Emosi Dapat Pertanyaan Ini, Benny Simanjuntak: Itu yang Lu Mau?

Instagram

Kronologi suami Dhena Devanka pindah agama terungkap. Foto Jonathan Frizzy rayakan lebaran bareng Dhena Devanka sudah bikin bahagia.

"Banyak ketidaksiapannya. Pagi tadi keputusan keluarga diundur sebulan, biar benar-benar siap," jelas bos Contoh Management itu, saat dihubungi wartawan, 27 Mei 2012 seperti tertulis dalam arsip berita Tabloid Bintang.

Benny melanjutkan, pernikahan Ijonk dan Dena memang sangat tergesa-gesa. Bahkan terkesan ditutup-tutupi.

Hal itu diduga lantaran Dena yang baru saja berpindah keyakinan, mengikuti keyakinan Ijonk. Mereka khawatir mendapat tentangan dari pihak keluarga calon mempelai wanita."Saya mau nggak usah ada yang ditutup-tutupi," kata Benny.

Benny melanjutkan, dalam berita lainnya, karena persiapan yang kurang matang, pihak keluarga akhirnya memutuskan untuk menunda prosesi permberkatan hingga bulan depan."Dari gereja minta diundur sebulan," terang Benny Simanjuntak, paman Ijonk saat dihubungi wartawan, Minggu siang.

Kapan pastinya tanggal pernikahan Ijonk dan Dena, menurut Benny, pihak keluarga masih belum menentukan."Tanggal pastinya belum ditentukan, karena dari pihak gereja yang akan menentukan. Mudah-mudahan nggak ada halangan lagi, " kata Benny.

Baca Juga: Foto Bulan Madu Dhena Devanka di Amerika Tinggal Kenangan, Desas-desus Jonathan Frizzy Mualaf Terjawab dengan Cara Ini

instagram

Kronologi suami Dhena Devanka pindah agama terungkap. Foto Jonathan Frizzy rayakan lebaran bareng Dhena Devanka sudah bikin bahagia.

Pernyataan sang paman dikuatkan sekaligus diralat oleh Ijonk sendiri pada 18 Juni 2012. Menurutnya pernikahan yang sedianya digelar 27 Mei 2012 bukan batal, tapi diundur.

Saat ditemui di Studio PSI, Pengadegan, Jakarta Selatan, 18 Juni 2012 malam, Ijonk memberikan klarifikasi."Aku sama sekali enggak membatalkan pernikahan. Yang kemarin itu memang diundur saja, bukan dibatalkan ya," terang mantan pacar Masayu Anastasia ini.

Ijonk mengaku masih mencari tanggal yang tepat untuk menggelar pernikahannya dengan Dena."Untuk waktunya doain saja, itu kan hari bahagia enggak mungkin aku diam-diam menikah. Nanti kalau sudah ada tanggal baru dikasih tahu," papar pria kelahiran Pematang Siantar, 13 April 1982 ini.

Namun beberapa bulan kemudian, tepatnya 14 Desember 2012 malam, Ijonk-Dhena menggelar resepsi pernikahan tertutup di Aston Kuningan Suites hotel Ground Floor, Kuningan Jakarta Selatan.

Walau menggelar resepsi pernikahan yang tertutup bagi media, Jonathan Frizzy akhirnya membuka pintu untuk para wartawan.Pria yang akrab disapa Ijonk itu beralasan hal ini dilakukannya karena permintaan dari teman-teman artis dan keluarga yang di tua-kan.

Baca Juga: Sembunyikan Jonathan Frizzy dalam Foto Honeymoon, Dhena Devanka Kini Kena Karma?

Instagram

Kronologi suami Dhena Devanka pindah agama terungkap. Foto Jonathan Frizzy rayakan lebaran bareng Dhena Devanka sudah bikin bahagia.

Ijonk juga mengatakan kalau dirinya sudah menikah secara baik-baik. Ia juga menambahkan, tidak mau mengungkit permasalahan-permasalahan lain di luar pernikahan mereka.

Jadi, setelah batal pada 27 Mei 2012, sebenarnya tidak dikabarkan dan tidak ada pernyataan resmi dari pihak mana pun, bagaimana, kapan, dengan tata cara agama apa Ijonk dan Dhena menikah. Hingga akhirnya digelar resepsi pernikahan pada 14 Desember 2012.

Kini, Jonathan Frizzy digugat cerai Dhena Devanka ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Kabar soal gugatan cerai tersebut diikuti isu agama yang dipeluk oleh Dhena dan Jonathan Frizzy. Pasalnya, mereka diketahui menikah di gereja Gereja Glow Fellowship Centre, Jakarta Pusat pada Mei 2012.

Namun, kuasa hukum Dhena Devanka, Ibnu Ali Tindri mengungkap alasan mengajukan gugatan ke Pengadilan Agama karena bukti pernikahan tercatat di Kantor Urusan Agama (KUA). Ibnu Ali Tindri mengatakan jika pernikahan kliennya dilangsungkan secara Islam.

Baca Juga: Geram Foto Anak Muncul di Media, Putri Nia Daniaty Ancam Balik Mantan Guru dalam Kasus Penipuan CPNS

Dari situ, desas-desus Jonathan Frizzy menjadi mualaf saat menikah dengan Dhena Devanka terjawab dengan cara ini. Ibnu Ali Tindri enggan menjawab dengan tegas perihal Jonathan Frizzy mualaf. Namun, diahanya menegaskan jika gugatan perceraian dilayangkan ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

"Kalau itu (soal mualaf) nanti aja di pokok perkara. Yang pasti gugatan di Pengadilan Agama," ujar Ibnu Ali Tindri saat dihubungi wartawan lewat telepon, Minggu (29/8).

"Gugatan ke PA karena bukti pernikahan tercatat di KUA. Masalah utama karena percekcokan," pungkas Ibnu Ali Tindri.

Berdasarkan PP No 9/1975 tentang Pelaksanaan UU No 1 tahun 1974 tentang Perkawinan, khusus pemeluk agama Islam, gugatan dapat diajukan di Pengadilan Agama (PA). Sedangkan bagi pasangan non-muslim gugatan cerai dapat didaftarkan di Pengadilan Negeri (PN).

Baca Juga: Pamer Foto Petani di Kebun Sendiri, Sahabat Denny Cagur Ini Sakit Hati Jadi Anak Tiri di Grup Lawak yang Dibangun dari Nol

Instagram

Kronologi suami Dhena Devanka pindah agama terungkap. Foto Jonathan Frizzy rayakan lebaran bareng Dhena Devanka sudah bikin bahagia.

Kronologi suami Dhena Devanka pindah agama terungkap. Hal ini berdasarkan keterangan mertua Jonathan Frizzy, Neni. Ibunda Dhena Devanka menjelaskan bahwa menantunya itu sudah mualaf sejak menikah dengan Dhena Devanka.

Saat itu Jonathan Frizzy sudah mengganti kepercayaannya dengan didampingi Kepala KUA Jakarta Selatan.

Hal ini disampaikan Neni saat menemani anaknya, Dhena Devanka hadir pada sidang cerai di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, baru-baru ini.

"Mualaf (Jonathan Frizzy)" ujar Neni.

"Kepala KUA Jakarta Selatan (yang membimbing jadi mualaf)" tegasnya.

Dilanjutkan Neni, Jonathan Frizzy menjadi seorang mualaf sejak 4 Mei 2012. Diketahui, pada 2012 Jonathan Frizzy resmi menikahi Dhena Devanka.

"4 Mei 2012 (Jonathan Frizzy jadi mualaf)" lanjutnya.

Baca Juga: Foto Bareng Aurel Hermansyah, Perut Lesti Kejora Makin Buncit Ramai Dibahas, MUI Buka Soal NIkah Siri Rizky Billar

Diketahui, Jonathan Frizzy selama ini kerap dipertanyakan mengenai keyakinannya. Hal itu karena Jonathan Frizzy dan Dhena Devanka sebelum menikah menganut keyakinan yang berbeda.

Banyak yang menanyakan soal keyakinan keduanya setelah menikah. Ada yang menyebut Dhena Devanka berpindah keyakinan setelah menikah, ada juga yang menyebut jika Jonathan Frizzylah yang pindah keyakinan.

Mengenai hal itu, Neni yang merupakan ibu kandung Dhena Devanka santai dengan ucapan warganet. Ia tidak mendengarkan ucapan warganet itu.

"Itu wallahualam, kita balikin ke orang masing-masing. Kita sebagai muslim nggak setuju dengan perceraian ini tapi bagaimana lagi," lanjutnya.

Mengenai hubungan rumah tangga Dhena Devanka dan Jonathan Frizzy di awal pernikahan, Neni tak mau menjawab. Ia meminta agar awak media menanyakan langsung pada Dhena Devanka.

"Itu Dhena aja (tanyakan pada Dhena)" tutur Neni.

Baca Juga: Foto Gisel Liburan Bareng Wijin Jadi Sorotan, Rupanya Janda Gading Marten Lebih Suka Hubungan Seperti Ini Ketimbang Nikah Siri

Diketahui, Dhena Devanka menggugat cerai Jonathan Frizzy di Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Kini agenda sidang itu sudah menempuh dua kali jalur mediasi.

Jonathan Frizzy sebelumnya terlihat hadir di sidang mediasi. Mediasi keduanya pun gagal dan sidang cerai terus berjalan. Sedangkan Dhena Devanka tak pernah absen dan selalu ingin proses cerainya cepat selesai.

Dhena Devanka mengungkapkan, kini sudah tak lagi mau rujuk dengan Jonathan Frizzy. Hal itu karena ia sudah merasa lelah dan tak lagi memberi kesempatan untuk suaminya itu.

"Karena saya sudah memberikan kesempatan berkali-kali, tapi toleransi saya sudah habis, ya sudah saya tidak mau," ujar Dhena Devanka, ditemui usai sidang di Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

Baca Juga: Foto Panen Kebun Curi Perhatian, Narji Cagur Bikin Ngakak Gegara Ikut Nimbrung Komentari Potret Liburan Gisel Bareng Gempi

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya