Ditangkap Bareskrim Karena Kasus Penistaan Agama, Foto Yahya Waloni Terbaring Lemah dengan Selang Oksigen di RS Dicibir, Netizen: Alhamdulillah

Kamis, 26 Agustus 2021 | 20:38
Instagram

Foto Yahya Waloni saat bercemarah, kini ditangkap Bareskrim Polri.

Fotokita.net - Penceramah Yahya Waloni ditangkap tim dariDirektorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri pada Kamis (26/8/2021). Beberapa waktu lalu, foto Yahya Waloni terbaring lemah dengan selang oksigen di rumah sakit beredar di media sosial. Foto itu malah dicibir netizen.

Kabar penangkapan Yahya Waloni sudah mendapatkan konfirmasi dariKaropenmas Mabes Polri, Brigjen Rusdi Hartono. Kepada awak media, Rusdi membenarkan kabar penangkapan Yahya Waloni oleh Bareskrim Polri."Ya benar (ditangkap)," kata Rusdi.

Hingga kini, polisi belum memberikan keterangan lebih lanjut soal kronologi penangkapan Yahya Waloni. Meski demikian, Rusdi memastikan penangkapan Yahya terkait kasus dugaan penodaan agama."Penodaan agama," tegasnya.

Yahya Waloni sebelumnya dilaporkan ke Bareskrim Polri oleh komunitas Masyarakat Cinta Pluralisme soal dugaan penistaan agama terhadap Injil. Yahya Waloni dinilai menista agama dalam ceramah yang menyebut Bible itu palsu.

Pelaporan tersebut tertuang dalam Laporan Polisi (LP) Nomor: LP/B/0287/IV/2021/BARESKRIM. Yahya Waloni dilaporkan dengan dugaan kebencian atau permusuhan individu dan/atau antargolongan (SARA) pada Selasa (27/4/2021).

Baca Juga: Foto Pelaku Perampokan Toko Emas di Medan Terekam Kamera, Penjaga Toko Ungkap Fakta Mengejutkan

Dalam kasus ini, Yahya dilaporkan bersama pemilik akun YouTube Tri Datu. Dalam video ceramah itu, Yahya Waloni menyampaikan bahwa Bible tak hanya fiktif, tapi juga palsu.

Di dalam LP tersebut, mereka disangkakan dengan UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Pasal 45 A juncto Pasal 28 Ayat (2) dan/atau Pasal 156a KUHP.

Awak media yang mendapatkan kiriman foto penangkapan Yahya Waloni menguraikan kondisi sang penceramah. Pada saat penangkapan,Yahya Waloni memakai peci dan batik. Sejumlah penyidik terlihat berada di lokasi.

Di foto lainnya, Yahya Waloni tampak masuk ke dalam mobil. Yahya Waloni diketahui ditangkap di kawasan Cibubur.

Informasi mengenai penangkapan ini dibenarkan oleh Dirsiber Bareskrim Polri Brigjen Asep Edi Suheri. Namun Asep belum membeberkan lebih lanjut mengenai penangkapan tersebut.

Baca Juga: Foto Muhammad Kece Hilang dari Instagram, Sang YouTuber Resmi Jadi Penghuni Bui, Ustaz Yusuf Mansur Beri Pesan Ini

Instagram

Foto Yahya Waloni bersama penggemarnya, kini ditangkap Bareskrim Polri.

"Benar," kata Asep saat dimintai konfirmasi soal penangkapan Yahya Waloni.

Pada 9 Agustus lalu, foto Yahya Waloni terbaring lemah di atas ranjang rumah sakit beredar di media sosial. Matanya terpejam sementara hidungnya terpasang selang oksigen. Tangan kirinya juga dipasangi infus.

Namun, banyak netizen yang malah mencibir foto Yahya Waloni terbaring lemah dengan selang oksigen di rumah sakit itu. Apa penyebanya?

Sebelum membahas foto sang pencemarah, siapa sebenarnya Yahya Waloni? Bagaimana latar belakang dan karier Yahya Waloni? Simak penjelasan tentang profil Yahya Waloni dari berbagai sumber berikut ini.

Yahya Yopie Waloni atau yang lebih dikenal Yahya Waloni adalah seorang penceramah berdarah Minahasa. Ia lahir di Manado, 30 November 1970. Saat ini Yahya Waloni berusia 50 tahun.

Siapa yang menyangka ternyata Yahya Waloni tumbuh besar di keluarga Kristen yang taat. Meskipun kini profesinya sebagai penceramah, namun dia bukan berasal dari keluarga muslim.

Baca Juga: Foto Fortuner Pelat Polisi Viral, KTP Sopir Ungkap Fakta Mengejutkan, Ternyata Begini Statusnya

Istimewa

Foto penangkapan Yahya Waloni oleh tim Bareskrim Polri.

Bahkan Yahya Waloni sebelum menjadi seorang penceramah merupakan seorang pendeta. Sebelumnya ia terdaftar sebagai pendeta pada Badan Pengelola Am Sinode GKI di Tanah Papua, Wilayah VI Sorong-Kaimana. Selama menjadi pendeta ia dikenal dengan frontal dan kontroversi.

Hingga Yahya Waloni memeluk agama Islam pada Rabu, 11 Oktober 2006 melalui Sekretaris Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Tolitoli yang bernama Komarudin Sofa. Ia memeluk agama Islam juga bersama istri dan anak-anaknya.

Setelah memeluk agama Islam, Yahya Waloni mengganti namanya menjadi Muhammad Yahya. Nama istri Yahya Waloni dari Lusiana menjadi Mutmainnah.

Nama anak-anaknya juga diganti dari Silviana menjadi Nur Hidayah, lalu Sarah menjadi Siti Sarah. Kemudian anaknya yang bernama Zakaria tetap menggunakan nama tersebut.

Yahya Waloni pernah menjabat sebagai Rektor di Sekolah Tinggi Theologia (STT) Calvinis Ebenhaezer di Sorong pada tahun 1997-2004. Pada akhir masa jabatannya sebagai rektor tersebut ia kemudian berpindah ke Balikpapan, Kalimantan Timur.

Baca Juga: Foto Terkini Rumah Korban Pembunuhan di Subang Bikin Merinding, Saksi Lihat Pelaku Parkir Alphard Sebelum Jasad Ditemukan

Istimewa

Foto penangkapan Yahya Waloni oleh tim Bareskrim Polri.

Ia kemudian menjadi dosen di Universitas Balikpapan (Uniba) hingga pada tahun 2006. Yahya Waloni juga pernah menjabat sebagai anggota DPRD di salah satu kabupaten di Sulawesi Utara.

Dalam foto yang beredar viral di media sosial, sosok yang diduga Yahya Waloni terlihat terbaring di rumah sakit dengan selang oksigen. Terlihat tangan Ustadz Yahya Waloni mengenakan selang infus dan selang oksigen pada hidungnya.

Kabar yang beredar, Yahya Waloni tengah terpapar Covid-19. Namun hingga kini belum ada kabar pasti dari pihak keluarga Yahya Waloni.

Salah satu akun Instagram yang mengunggah foto Yahya Waloni terbaring lemah dengan selang oksigen di rumah sakit, @kerjabareng_isback. Sontak foto unggahan ini mendapat banyak komentar.

"@kerjabersama_isback oohhh ya Ampuun.. yg Waloni itu ya namanya?? Orang jahatt ini. Dia knp?? Sakit?? Alhamdulillah," tulis @evita_0105.

Baca Juga: Polisi Kantongi Bukti Kuat, Benarkah Pembunuh Ibu dan Anak di Subang Sudah Ditangkap? Foto Korban yang Hilang Dilacak

Instagram

Foto Yahya Waloni terbaring lemah dengan selang oksigen di rumah sakit beredar di media sosial. Foto itu malah dicibir netizen.

Akun @kerjabersama_isback langsung menimpali, "@evita_0105 sakit kok alhamdulillah."

"@_risski.20009 biar otaknya slalu positif, biarkan waloni positif covid trs min," kata @readone_4ndar.

Yahya Waloni merupakan seorang penceramah yang dikenal karena aksi kontroversi yang kerap disorot oleh publik. Bahkan, Ustaz Yahya Waloni tak takut COVID-19. Padahal Yahya Waloni telah berulang kali diperingati oleh istrinya untuk mengenakan masker.

Yahya Waloni dalam YouTube Hadits TV memastikan, sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia, ia selalu menolak untuk menggunakan masker. Bahkan hukuman denda yang berlaku tidak membuatnya takut karena ia yakin bahwa Covid-19 tidak ada.

Baca Juga: Foto Terkini Rumah Korban Pembunuhan di Subang Bikin Merinding, Saksi Lihat Pelaku Parkir Alphard Sebelum Jasad Ditemukan

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya