Dituding Jual Mie Ayam Isi Buntut Tikus, Rupanya Begini Foto Kondisi Warung Makan yang Bikin Geger Warga, Polisi Turun Tangan

Selasa, 24 Agustus 2021 | 09:38
Instagram

Foto kondisi warung makan yang dituding menjual mie ayam isi buntut tikus yang diunggah di media sosial.

Fotokita.net - Sebuah warung mie ayam membuat geger warga Palopo, Sulawesi Selatan baru-baru ini. Penyebabnya, pemilik warung dituding menjual mie ayam berisi buntut tikus. Rupanya begini foto kondisi warung makan yang kini kasusnya ditangani oleh polisi.

Kasus mie ayam dengan buntut tikus ini bermula dari sebuah video unggahan netizen. Dalam video itu, netizen membuat narasi yang mengejutkan. Katanya, mie ayam yang dibelinya berisikan buntut tikus. Bahkan, bukan cuma buntut, kepala tikus pun ada di dalam mie ayam itu.

Bersamaan cerita dalam narasi itu, netizen mengunggah video mie ayam isi buntut tikus itu sebagai bukti. Dalam video tampak mie ayam yang sudah ditaruh dalam mangkuk diaduk-diaduk untuk memberikan bukti atas peristiwa itu.

Akun Instagram@palopo_info mengunggah video mie ayam berisi kepala dan buntut tikus padaKamis (19/8/2021) malam. Peristiwa mie ayam isi buntut tikus ini terjadidi salah satu warung mie ayam di Kota Palopo, Sulawesi Selatan.

Sontak video mie ayam dengan buntut tikus viral di media sosial. Beragam komentar netizen yang dilontarkan dalam video viral itu. Setelah membuat geger warga, polisi turun tangan. Rupanya begini foto kondisi warung makan dituding menjual mie ayam isi buntut tikus.

Baca Juga: Foto Buntut Tikus dalam Mie Ayam Viral, Pemilik Warung Ungkap Fakta Sebenarnya di Depan Polisi

Apabila kita telusuri, akun Instagram @palopo_info masih menanyangkan video mie ayam isi buntut tikus sampai artikel ini ditayangkan.

Dalam unggahan itu disebutkan ada dua orang membeli mie ayam di salah satu warung.Dua pelanggan itu disebut menemukan buntut dan kepala tikus dalam mie ayam yang mereka beli.

"Menurut informasi konsumen membungkus yang menemukan ekor, dan konsumen makan ditempat yang menemukan kepala tikus," tulis akun @palopo_info.

Warung mi ayam tersebut viral setelah video direkam oleh seorang konsumen beredar di sosial media. Dinas Kesehatan Palopo bergerak cepat melakukan pemeriksaan terhadap penjual mie ayam.

Dalam video tersebut, memperlihatkan menunjukkan satu piring berisikan mie ayam dengan buntut diduga tikus. Dalam keterangan video tersebut menarasikan bahwa konsumen tersebut membeli mie ayam dan menemukan buntut tikus dalam bungkusannya.

Tidak hanya ekor tikus, konsumen juga menyebutkan adanya kepala tikus. Perekam video menyebutkan, warung mei ayam tersebut terkenal dan banyak mahasiswa yang makan di tempat tersebut.

Baca Juga: Polisi Kantongi Bukti Kuat, Benarkah Pembunuh Ibu dan Anak di Subang Sudah Ditangkap? Foto Korban yang Hilang Dilacak

Instagram

Foto kondisi warung makan yang dituding menjual mie ayam isi buntut tikus yang diunggah di media sosial.

"Pasti sering makan di situ dulu ya. Sering mahasiswa makan di situ," ucap seorang perempuan dalam video tersebut.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Palopo, Taufiq mengatakan pihaknya sudah melakukan pemeriksaan terhadap warung mie ayam yang viral tersebut. Hal pemeriksaan oleh pihaknya, tidak menemukan indikasi warung tersebut mencampurkan mie ayam dengan daging tikus.

"Sudah kami cek dan periksa kemarin, tidak ditemukan sama sekali tikus dalam bahannya," ujarnya, Jumat (20/8/2021).

Terkait narasi video viral tersebut, Taufiq menyebutkan informasi yang diberikan adalah tidak benar. Pihaknya pun sudah mengingatkan kepada pemilik warung untuk memperhatikan kebersihan dan juga kehalalan makanan yang dijual.

"Yang jelasnya video itu tidak ada yang seperti itu setelah kami datangi warungnya. Kita akan minta klarifikasi pihak yang membuat video tersebut," ucapnya. Dari hasil pelacakan yang dilakukan Dinas Kesehatan Palopo, foto kondisi warung makan yang dituding menjual mie ayam isi buntut tikus diunggah di media sosial. Foto kondisi warung makan itu juga dapat dilihat di bawah ini.

Baca Juga: Rekam Video Bareng Nobu di Banyak Tempat, Foto Gisel Datang ke Kota Ini Bikin Netizen Insecure: Jangan Bikin Kaya Dulu Lagi Ya

Instagram

Foto kondisi warung makan yang dituding menjual mie ayam isi buntut tikus yang diunggah di media sosial.

Polisi jugalangsung mendatangi warung tersebut.Mereka juga melakukan interogasi terhadap pemilik warung.

Pemilik warung mie ayam, Dahlia, membantah bahwa dalam mie ayam jualannya ditemukan buntut tikus, bahkan termasuk kepala tikus. Dia pun disebut heran mengapa pengunggah video viral itu tidak komplain ke dirinya.

"Dia (pelapor) merasa tidak pernah buat seperti itu," ucap Kapolres Palopo AKBP Alfian Nurnas, Senin (23/8/2021).

Alfian mengatakan polisi memang langsung mendatangi warung mie ayam milik Dahlia saat video mie ayam isi buntut tikus itu viral di media sosial (medsos) pada pekan lalu.

"Dari mulai pertama dia tidak tahu ada yang komplain terkait kejadian tersebut gitu loh. Itu keterangan si pelapor yah," katanya.

Saat didatangi polisi, Dahlia membantah sekaligus heran karena pengunggah video yang viral tersebut tak melaporkan kejadian itu jika memang narasi ada kepala dan ekor tikus benar.

"Menurut pelapor harusnya harus komplain ya. Saat kejadian harusnya disampaikan 'Pak, Bu, kok ini kenapa ada makanan seperti ini?" ucap Alfian.

Baca Juga: Titik Terang Sebelum Pembunuh Ibu dan Anak di Subang Ditangkap, Polisi Curigai Saksi Simpan Bukti, Foto Korban di Instagram Lenyap

TribunTimur.com/Arwin Ahmad

Dahlia (kiri) dan anaknya Fitri (kanan) saat ditemui di warungnya.

"Itu tidak ada (komplain), malah munculnya di media sosial. Makanya itu kenapa nggak dilaporkan saja pas kejadian," sambung Alfian.

Alfian juga mengatakan, pihaknya sejak melakukan penyelidikan awal hingga saat ini belum juga menemukan barang bukti seperti dalam video. Maka, dia menyebut kepolisian akan melakukan pemeriksaan ke pelapor dan terlapor.

"Soal barang bukti kita belum dapat ya," pungkas Alfian.

Kini, polisi masih memburu pengunggah video."Sekarang kita cari ini orang-orang yang upload, benar nggak konten yang di video tersebut," terangnya.

Pada Sabtu (21/8/2021) Dahlia memutuskan untuk melapor ke Mapolres Palopo.Dia membantah terkait video yang viral di media sosial.

Ia mengaku difitnah dan nama baik warungnya telah dicemarkan.Didampingi putrinya, Fitri (26), Dahlia melaporkan perihal video itu ke polisi.

"Terkait pencemaran nama baik, jadi kami melaporkan orang yang memvideokan dan akun sosial media yang ikut memposting video dan foto tersebut," tandas Fitri.

Dahlia pun membantah dengan tegas bahwa dirinya tidak melakukan hal demikian."Kami di sini cari nafkah halal, tidak mungkin berbuat seperti itu," tegas Dahlia.

Baca Juga: Foto Korban Pembunuhan Ibu dan Anak yang Hilang Jadi Petunjuk, Polisi Didesak Periksa Sosok Ini, Netizen: Kok HPnya Bisa Dibuka Kuncinya?

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya