Fakta Sebenarnya Penjual Agar-agar Beli Nasi Padang Rp 5000 Terbongkar, Ini Foto Tampangnya Saat Terima Uang Ratusan Juta dari Netizen

Sabtu, 31 Juli 2021 | 18:45
Kolase

Fakta sebenarnya seorang penjual agar-agar keliling membeli nasi padang dengan uang Rp 5.000 terbongkar.

Fotokita.net - Fakta sebenarnya seorang penjual agar-agar keliling membeli nasi padang dengan uang Rp 5.000 terbongkar. Intip foto tampangnya saat menerima uang ratusan juta dari netizen.

Video rekaman seorang penjual agar-agar yang ingin membeli nasi padang dengan uang uang Rp 5.000 viral di TikTok. Video ini diunggah akun TikTok@elsameliaa pada Kamis (29/7/2021).

Dalam video itu, penjual agar-agar ini mengatakan ingin membeli nasi Padang namun ia hanya memiliki uang Rp 5.000. Ia mengatakannya dengan senyum malu-malu kepada pemilik akun.

Di tangan penjual agar-agar itu pun terlihat uang pecahan Rp 5.000 digenggamnya erat.

"Ada bapak yang jualan agar-agar mau beli nasi padang, aku gak video jualannya karena takut kesinggung. Dia senyum sambil megang uang Rp 5000. Ga tega banget liat wajah bapanya. Di masa pandemi gini berasa banget kalo jualan sepi. Apalagi ini cuma jual agar-agar," kata akun@elsameliaa.

Baca Juga: 7 Foto Lawas Sahabat Ariel NOAH yang Kini Sebut Musik Jadi Pintu Maksiat, Mantan Luna Maya Merasa Kehilangan Hal Ini

Dalam video itu, pemilik akun yang bernama Elsa Amelia menjelaskan kalau dia memberikan nasi Padang dengan porsi ekstra banyak agar bapak ini kenyang.

Saat hendak membayar, Elsa mempersilakan penjual agar-agar ini menerima nasi Padang tanpa harus menyerahkan uang Rp 5.000 yang digenggamnya itu.

Senyum penjual agar-agar itu merekah sambil mengucapkan terima kasih berulang kali. Ternyata video yang diunggah Elsa mendapat respon luar biasa dari netizen.

Banyak netizen yang mengaku tak tega usai menonton video yang direkam Elsa Amelia itu. Mereka punmeminta Elsa untuk membuka donasi yang ditujukan bagi penjual agar-agar ini.

Di ujung cerita,hasil donasi tersebut terkumpul sebesar Rp 108.048.000. Uang ratusan juta itu terkumpul hanya dalam 2 hari. Elsa pun tak menyangka kalau respon netizen begitu besar. Ia mengaku sampai kewalahan menerima sumbangan ini.

"Saya gemetaran, syok campur aduk semua rasa, bahagia dan penuh haru. Semoga hasil dari donasi ini bisa membantu Pak Eman," Elsa Amelia saat ditemui awak media.

Baca Juga: 7 Foto Sederhana Jusuf Hamka, Pengusaha Muslim Tionghoa yang Curiga dengan Langkah Bisnis Keluarga Cendana

Menurutnya angka tersebut masih bisa bertambah karena meskipun donasi sudah ditutup tetap saja ada warga yang mengirimkan uang.

Saat berjumpa awak media, Elsa Amelia juga menjelaskan kalau restoran Padang milik orangtuanya ini berlokasi di Garut. Ketika merekam video, Elsa sama sekali tak berniat apapun. Ia hanya ingin membagikan pengalaman yang menginspirasi.

"Namanya Pak Eman. Dia sudah berjualan lebih dari 10 tahun dan saat ini tinggal di Cilawu. Dari Cilawu ke Garut Kota lumayan jauh sekitar 10 kilometer dan Pak Eman itu jalan kaki," ujar Elsa.

Soal uang donasi yang terkumpul, Elsa mengaku sudah mencairkan uangnya dan akan segera diberikan untuk Pak Eman. Demi transparansi, Elsa selalu mengupdate perkembangan uang donasi ini lewat akun tiktoknya. Ini juga sekaligus menjadi bukti kalau Elsa tidak melakukan penipuan.

Ribuan netizen pun melemparkan komentar pujian untuk aksi yang dilakukan Elsa.

"Ngeliat orang2 kaya bapaknya dy mau beli senyum sungkan keiris hati, nangis bgt ya Allah, setulus itu ya org2 ky mereka," ujar netizen.

Baca Juga: Miris! PPKM Level 4 Diperpanjang, Laut Kepulauan Seribu Makin Penuh Sampah, Foto Buktinya Viral

TRIBUNJABAR.ID/SIDQI AL GHIFARI

Eman Suherman (46) warga Garut penjual agar-agar menerima donasi yang disalurkan dari warganet melalui Elsa Amelia, pemilik warung nasi padang, Jumat (30/7/2021).

"Sampe mondar mandir loo pas dibungkusin nasi pasti laper banget dia. semoga diberi kesehatan dan lancar rezekinya aminnn," sahut netizen lain.

"Luar biasa 100jt lbh .. hanya krna beli nasi padang 5rb Allah langsung kirim kan pasukan baik hati untuk membantu beliau," pungkas netizen lain.

Kini, uang donasi ratusan juta dari netizen sudah diserahkan kepada Eman Suherman, penjual agar-agar yang berusia 46 tahun.

"Tadi pas hasil donasinya itu diberikan, Pak Eman sudah memotong 2,5 persen untuk zakat. Katanya, Pak Eman mau roda buat jualan, nanti kita bikinkan dari hasil donasi ini," ujarnya.

Amel mengucapkan terima kasih kepada semua masyarakat Indonesia yang sudah bergabung bersamanya dan berdonasi untuk Eman.

"Semoga kita semua bisa menularkan banya kebaikan apalagi di masa pandemi seperti ini," ucap mahasiswi semester lima Fakultas MIPA Universitas Garut itu.

Baca Juga: 7 Foto Pilu Urip Arpan, Aktor Betawi yang Tutup Usia dalam Sunyi, Hidup Tiap Bulan Bergantung Sumbangan Deddy Mizwar

TikTok

Fakta sebenarnya seorang penjual agar-agar keliling membeli nasi padang dengan uang Rp 5.000 terbongkar

Eman tentu tak pernah menyangka mendapat uang hingga Rp 108 juta. Sebab, sehari-hari, dia "cuma" berjualan agar-agar keliling.

Namun, warga Garut itu ketiban rezeki setelah video yang menampilkan gambar berisi dia membeli nasi padang, viral.

Karena video itu viral, fakta sebenarnya Eman membelinasi padang dengan uang Rp 5.000 terbongkar.Nasi tersebut untuk istrinya yang sedang mengandung.

"Nasi padang yang dibelinya itu ia bawa untuk istrinya di rumah. Istrinya sedang mengandung enam bulan," ujar Wawan (48) saudara Eman, Jumat (30/7/2021).

Ia mengatakan, Eman merupakan sosok pekerja keras.Dia rela berjalan sejauh sembilan kilometer setiap hari untuk berjualan agar-agar ke pusat Kota Garut.

"Dia tidak mau diam di rumah, kalau tidak kerja katanya suka enggak enak badan," ucapnya.

Eman setiap hari hanya mendapat penghasilan kotor Rp 30 ribu hingga Rp 40 ribu dari hasil berjualan agar-agar.

"Makanya saya heran, ini nasi padang dari mana. Pas di rumah ia berikan kepada istrinya," tandas Wawan.

Baca Juga: 7 Foto Mesra Eng Hian Bareng Wanita Cantik, Otak Sukses Rekor Baru Bulutangkis Indonesia di Olimpiade

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya