Cara Mudah Cari HP Baru Lebaran 2021, Adu Keren Kamera Realme 8 dengan Samsung Galaxy A32, Lihat Hasil Foto-fotonya

Rabu, 21 April 2021 | 17:54
Samsung

Samsung Galaxy A32

Fotokita.net - Cara mudah cari HP baru Lebaran 2021, adu keren kamera realme 8 dengan Samsung Galaxy A32, lihat hasil foto-fotonya.

Kemampuan kamera di dalam HP semakin meningkat. Para produsen HP terus memanjakan konsumen dengan fitur-fitur kamera paling anyar.

Kini, menyambut Lebaran 1442 H, tentu kita ingin mengganti smartphone, terutama yang memiliki kamera dengan kemampuan foto yang mumpuni.

Di Indonesia sendiri, deretan ponsel tersaji dengan persaingan resolusi kamera HP dengan megapixel yang tinggi.

Baca Juga: 5 Pilihan Hape Kamera yang Baik dengan Harga Pas di Kantong

Sebagai informasi saja, resolusi kamera smartphone tertinggi berada di angka 108 MP.

Namun seberapa penting megapixel di sebuah kamera HP?

Mengutip dari perbincangan Nextren denganseorang fotografer profesional, Bona Soetirto dalam program ChatTech, Senin (19/4 2021), ternyata kehadiran megapixel yang besar tidak begitu penting dalam sebuah smartphone.

"Sebenernya kalo besarnya megapixel, menurut saya pribadi sebenernya gak sepenting itu, karena sebenarnya aspek di HP itu megapixel itu paling terakhir," ungkapnya.

Baca Juga: Yuk Ketahui Perbedaan Kamera Full Frame dengan Kamera Biasa

Ia pun menjelaskan bahwa ada aspek-aspek lain yang dirasa lebih penting daripada hanya sekedar megapixel.

"Menurut saya yang pertama itu justru di colour, dynamic range warna, dan low ligt," jelasnya.

Keberadaan tiga hal tersebut dikatakan memiliki hubungan erat dengan sebuah pixel di kamera HP.

Fitur seperti warna, dianggap Bona sebagai sesuatu yang penting, karena biasanya momen yang diambil dengan smartphone itu tidak untuk dicetak.

Baca Juga: Wajib Tahu 5 Rekomendasi Kamera Mirrorless Pengganti DSLR Saat Liburan

Jadi secara singkatnya, kemampuan sensor kamera dalam mengisolir warna ketika mengambil gambar adalah sesuatu yang penting.

"Saya pernah coba kamera HP dengan resolusi yg lebih gede dari itu. Saya ngerasa itu emang lebih detil, tapi secara warna kurang puas," ujarnya.

"Jadi menurut saya, perubahan megapixel itu gunanya untuk apa dulu dan menurut saya gak perlu-perlu banget."

Baca Juga: Cara Mudah Bikin Foto Instagram Keren dengan Fitur Kamera Hape

Bagus

Hasil foto kamera belakang Oppo Reno5 F

Megapixel Besar Memotong Pixel

Dalam kesempatan itu, Bona juga menerangkan bahwa besaran megapixel yang disediakan dalam sebuah sensor kamera itu berasal dari potongan pixel yang lebih banyak.

Dikatakan bahwa sebuah kamera memiliki sensor yang juga terdiri dari sejumlah bidang yang diibaratkan seperti buku kotak-kotak.

"Kemudian bidang itu disi oleh pixels di mana pixels itu akhirnya berbentuk 8 bar," kata Bona.

Jadi sebenarnya jumlah sensor kamera HP tidak mengalami perubahan, meskipun pixelnya makin besar.

Baca Juga: Teknologi AI di Kamera Hape Mengubah Dunia Fotografi Masa Depan

Namun sejumlah vendor memanfaatkannya dengan cara memotong lebih banyak pixel di dalam bidang sensor yang ada agar lebih detil, bukan menambahnya.

Kini, beberapa smartphone tang sedang menjadi perbincangan adalah realme 8 dan Samsung Galaxy A32. Kedua ponsel ini membawa spesifikasi yang menarik untuk disajikan di tengah konsumen.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai keunggulan masing-masing, yuk simak perbandingan spesifikasi antara realme 8 dan Samsung Galaxy A32 dari sisi kamera dan desain.

Baca Juga: Yuk Kita Intip Seluk Beluk Kofipon, Komunitas Fotografi Hape

Rifki Antariksa/Samsung

Hasil foto dengan lensa ultra wide Samsung Galaxy A32.

Kamera realme 8 membawa konfigurasi empat kamera di bagian belakang yang terdiri dari kamera utama 64MP, sudut ultra lebar 8MP 119 derajat, dan lensa makro dan lensa potret B&W.

Kamera utama 64MP hadir dengan sensor ukuran super besar, bukaan f / 1.79 dan piksel super tinggi 64MP. Kemampuan kameranya juga didukung beragam fitur keren.

Salah satu yang menarik perhatian adalah Mode Tilt Shift. Mode ini memungkinkan kita menyesuaikan bentuk, sudut, posisi, dan ukuran efek blur secara manual.

Kita dapat dengan mudah memilih dan menyesuaikan efek buram agar sesuai dengan pemandangannya.

Selain Model Tilt Shift, terdapat pula Mode Starry generasi terbaru, Neon Potrait untuk foto malam, hingga Dynamic Bokeh untuk mendapatkan latar belakang yang menarik.

Baca Juga: Ragam Foto Jembatan Cinta, Si Ikon Wisata Unik di Pulau Tidung

Di bagian depan terdapat kamera selfie 16MP Ultra-clear untuk memenuhi kebutuhan selfie dengan aperture f/2.45. Kamera depannya sudah mendukung fitur bermanfaat seperti mode kecantikan pintar, Efek Bokeh, dan lain-lain.

Tak beda jauh, Samsung Galaxy A32 mengusung konfigurasi quad camera yang kekinian,dilengkapi empat kamera belakang dan satu kamera depan.

Galaxy A32 dibekali lensa utama 64MP, ultra wide 8MP, macro 5MP, depth 5MP, dan selfie 20MP.

Baca Juga: Tujuh Pulau di Kepulauan Seribu Ini Bisa Jadi Spot Foto yang Keren

Rifki Antariksa/Samsung

Hasil foto dengan lensa Tele Samsung Galaxy A72.

Keunggulan lain yang bisa dinikmati di Galaxy A32 adalah cakupan gambar yang lebih luas.

Hal tersebut diwujudkan dengan kehadiran lensa ultra wide yang dimiliki tiap model.

Galaxy A32 sendiri dibekali lensa ultra wide 8MP (F/2.2).Galaxy A32 juga dibekali dengan kemampuan digital zoom hingga 10 kali.

Terakhir, kamera Galaxy A32 dilengkapi dengan mode Pro.

Mode tersebut memunginkan pengguna untuk mengatur kamera sesuai kebutuhan.

Mulai dari ISO, hingga aperture dapat diatur oleh pengguna secara bebas.

Dengan begitu, pengguna dapat menyesuaikan dengan keadaan dalam menggambil foto yang diinginkan.

Baca Juga: Ingin Motret ke Tanjung Lesung? Jangan Lupa Persiapkan 4 Hal Ini

Salah satu merek yang setia dengan visi trendsetting technology adalah realme, yang baru saja merilis realme 8 pada 7 April 2021 lalu.

Smartphone berslogan Capture Infinity ini punya banyak fitur unggulan yang bisa dimanfaatkan oleh konsumen setianya.

Setelah mendapatkan respon positif pada sesi flash sale kemarin, kini realme 8 akan tersedia secara offline di realme Official Store seluruh Indonesia mulai 10 April. Maka kesempatan konsumen untuk mendapatkan realme 8 semakin terbuka lebar.

Baca Juga: Hape Berkamera Ciamik Ini Masuk Daftar Smartphone Radiasi Tertinggi

realme
realme

realme 8 warna hitam

realme 8 adalah smartphone kelas menengah dengan fitur yang lengkap. Salah satu yang menyita perhatian adalah kemampuan fotografinya yang memungkinkan pengguna untuk menghasilkan foto unik dan artistik. Kamera utama realme 8 adalah ultra-clear quad camera dengan resolusi 64MP layaknya smartphone flagship, sensor berukuran ekstra besar, aperture f/1.79, dan 64MP super high pixels. Kamera utamanya disandingkan dengan lensa ultra-wide 8MP untuk foto lanskap, lensa makro 2MP untuk foto jarak dekat, dan lensa portrait black and white 2MP untuk foto yang terkesan retro.

Untuk menemani kemampuan kamera realme 8, hadir fitur Starry Mode generasi kedua yang telah dioptimalisasi. Fitur ini mampu memisahkan langkah pencerahan langit berbintang berdasarkan algoritma lalu diproses oleh ISP dalam prosesor, untuk meningkatkan efek kecerahan dan mengurangi noise pada gambar.

Baca Juga: Ide Fotografi dalam Ketenangan dan Keindahan Alam Tanjung Lesung

Selanjutnya dengan fitur Tilt-shift Mode, pengguna bisa mengubah dunia nyata menjadi dunia miniatur. Dengan fitur ini, pengguna bisa menyesuaikan bentuk, sudut, posisi, dan ukuran efek blur secara manual agar sesuai dengan pemandangannya.Ada pula fitur New Super Nightscape terbaru di realme 8, untuk mengabadikan foto malam dalam detail yang kaya lewat teknologi Smart-ISO, dan Super Nightscape Mode yang ditingkatkan.

Lalu algoritma Pure Raw Nightscape di realme 8, dengan AI Image noise reduction bisa secara otomatis menjaga kualitas gambar atau video nightscape lebih hidup dan jernih.

Selain kemampuan kamera mantap, realme 8 juga diperkuat oleh prosesor gaming bertenaga MediaTek Helio G95.

Dengan Clock-speed 2.05Ghz dipadukan dengan GPU ARM G76 yang kuat dan Copper Liquid Cooling System, mampu menghadirkan efisiensi pendinginan 14.4%. Hal ini mampu menghadirkan pengalaman bermain game yang mulus dan kualitas gambar tinggi.

Baca Juga: Rupanya Teknologi Deepfake Bisa Ganti Video Wajah Siapapun. Ngeri!

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya