Pantas Relakan Akun Medsosnya Dipakai Kaesang Beri Klarifikasi, Ini Sosok Yusuf Dumdum yang Sudah Jadi Buzzer Jokowi Sejak 2014

Senin, 08 Maret 2021 | 16:38
instagram.com/kaesangp

Felicia Tissue dan Kaesang Pangarep

Fotokita.net - Terlanjur dibully seantero Tanah Air, Kaesang Pangarep beri klarifikasi lewat akun sosok ini, ternyata buzzer Jokowi sejak 2014.

Sudah beberapa hari belakangan ini, sosok anak bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep jadi perbincangan warganet. Sayangnya, nama Kaesang trending karena kabar negatif soal hubungan asmaranya dengan Felicia Tissue.

Sebelumnya tak hanya ibunda Felicia yang menyerang Kaesang, sang mantan calon kakak ipar, Deryl nyatanya juga ikut geram.

Lewat akun YouTube Felicia Tissue, Deryl mencurahkan rasa kecewanya pada Kaesang yang dinilai menghilang setelah melamar adiknya.

Baca Juga: Dikira Diam Saja Usai Anak Bungsunya Dipermalukan, Presiden Jokowi Balas Telak Pernyataan Keluarga Felicia Tissue, Mantan Calon Besan Akhirnya Mau Lakukan Ini

Bahkan Deryl mengaku jijik dengan kelakuan Kaesang yang seperti itu.

Setelah menyaksikan apa yang telah terjadi pada adik perempuanku dalam hubungannya dengan seorang tokoh publik yang terkenal, yang telah berjalan selama lima tahun.

Aku merasa bahwa sebagai seorang kakak dan laki-laki, aku terpaksa harus membagikan apa yang menurutku penting kepada publik, terutama pada perempuan-perempuan yang mendengarkan ini sekarang.

Baca Juga: Terus-terusan Disudutkan Soal Asmara Anak Bungsunya, Pihak Jokowi Akhirnya Buka Suara: Kalau Nggak Suka Jangan Dipaksa

Sebagai wanita yang setia dan berkomitmen pada pria yang ia percaya, Felicia telah ditinggalkan tanpa kejelasan, selain bukti nyata bahwa ia diselingkuhi secara emosional maupun spiritual.

Lelaki yang saya percayakan adik saya ini telah berkali-kali meminta restu orang tua maupun kakek-nenek saya, dan baru-baru ini melamar adik perempuan saya ini pada Desember 2020.

Pada Januari 2021 kemudian lelaki ini menghilang setelah memberi tahu adik saya melalui surat tertulis bahwa ayahnya telah setuju.

Adik saya heran dan kebingungan.

Baca Juga: Pantas Bisnis Sang Pisang Raup Rp 30 Miliar Per Bulan, Ibunda Felicia Tissue Ungkit Sosok Ini yang Ajarkan Kaesang Usaha Kuliner

Adik saya berkali-kali mencoba menghubunginya namun tidak berhasil.

Kemudian adik saya berusaha menghubungi bibi pria ini, kakak iparnya, bahkan ayahnya, melalui dm instagram, tapi tidak ada respon.

Aku tidak dapat membayangkan perasaan adik saya saat itu. Betapa tersiksanya ia saat itu.

Tetapi, adik saya tetap percaya dengan pria ini, dan berdoa untuknya.

Baca Juga: Hidup Sederhana Bareng Felicia Tissue di Singapura, Kaesang Pangarep Ngaku Berdosa Usai Lakukan Ini Saat Tinggal di Negeri Singa

YouTube Felicia Tissue
YouTube Felicia Tissue

Kakak Felicia Tissue, Daryl Chew buka suara

Saat itu saya hanya bisa iri betapa adik saya ini sangat kuat.

Dia pergi ke gereja sebagai orang Kristen yang taat, ke kuil dari kepercayaan nenek moyang kami, juga ke masjid karena ia menghormati kepercayaan islam.

Semua itu hanya untuk mendoakan pria ini.

Baca Juga: Digadang-gadang Jadi Besan Jokowi, Ibunda Felicia Tissue Ternyata Punya Geng Sosialita Bareng Liliana Tanoesoedibjo

Saya tidak bisa berkata-kata karena meski adik saya telah diperlakukan dengan jahat, dia tetap percaya dengan penuh pada lelaki yang ia cintai dengan tulus.

Lelaki yang ia temui di saat lelaki itu sedang dalam saat terendahnya, tanpa punya apa-apa.

Lelaki yang selalu naik bus bersamanya saat ke sekolah dan kencan di akhir minggu.

Baca Juga: Sosok Nadya Arifta Jadi Semangat Baru Kaesang, Sahabat Felicia Tissue Labrak Anak Jokowi: Berikan Dia Penutupan yang Dibutuhkan!

Lelaki yang kemudian melamarnya, namun kemudian menghilang.

Lanjut ke beberapa hari lalu, kebenaran yang menyakitkan terungkap.

Lelaki ini terfoto dan tervideo dengan perempuan lain, yang seharusnya adalah rekan kerja pria ini, yang juga rekan adik saya.

Saat itu, saya tak mampu berkata-kata.

Saya hanya bisa berpikir, “Bagaimana bisa seorang laki-laki melakukan hal semacam itu ke perempuan lain???” Kamu menghabiskan lima tahun seorang wanita, melamarnya, lalu langsung menghilang, untuk kemudian menyakitinya lebih jauh dengan mempertontonkan afeksimu pada perempuan lain, ketika masih tidak memberikan kejelasan pada adik saya.

Sebagai kakak dan lelaki, saya sangat tidak membenarkan perilaku macam itu.

Baca Juga: Diam Seribu Bahasa Dicap Pelakor, Mayangsari Langsung Ambil Tindakan Ini Saat Foto Pribadinya Sengaja Disebarluaskan

Saya jijik dengan kelakuan pria ini dan cara ia memperlakukan adik saya.

Tidak ada wanita di muka bumi ini, apapun kewarganegaraannya, rasnya, maupun agamanya, boleh diperlakukan seperti ini.

Semua wanita pantas dihargai, dihormati, dan diperlakukan dengan bermartabat, adikku bukan pengecualian.

Saya tidak punya pilihan selain menceritakannya di sini karena saya tidak bisa lagi melihat adik saya tersiksa dalam diam.

Saya akan gagal menjadi seorang kakak jika saya tetap diam.Saya tidak bisa hidup begitu.

Baca Juga: Mendadak Hilang Usai Ditagih Rizky Febian Uang Rp 5 Miliar, Kondisi Rumah Baru Teddy Dibongkar Sosok Ini: Udah Ditinggalin Sama Istri Mudanya

Percayalah, kami selalu berusaha untuk menghubungi pria ini dan keluarganya. Kalian pasti akan berpikir betapa berat dan sulitnya hal itu.

Pesanku pada pria ini dan keluarganya adalah, "Seorang lelaki tidak lahir dari kekayaan maupun kekuasaannya, tapi dari didikan keluarganya.

Ada pertanggungjawaban dan konsekuensi ketika sebuah keluarga yang memiliki status, atau bahkan keluarga mana pun, memutuskan untuk membawa anak perempuan keluarga lain ke dalam kehidupannya dan membuatnya tersorot, sesuatu yang bahkan tidak adik saya minta.

Baca Juga: Dicap Wanita Matre, Nia Ramadhani Blak-blakan Minta Anak Konglomerat Penuhi Syarat Ini Sebelum Terima Lamaran di Usia Muda

Jangan pernah berpikir sekalipun bahwa kamu bisa bersembunyi di balik tembokmu, berpikir bahwa mengorbankan kebahagiaan orang lain untuk kepentinganmu adalah hal yang wajar.

Jika kamu tidak bisa menjaga dan melindungi martabat dan perasaan seorang perempuan, maka bagaimana kamu bisa menjaga dan melindungi orang-orangmu? Orang-orang yang kau cintai.

Kamu datang ke dalam keluarga saya, meminta kepercayaan serta cinta adik saya, maka kembalikan itu dengan cara yang pantas ia terima sebagai wanita yang dihormati.

Jadilah lelaki, bersikaplah demikian, lakukan hal yang benar.

Baca Juga: Blak-blakan Tolak Nikah Siri, Luna Maya Jerit Histeris Saat Tahu Ariel Noah Ogah Sepanggung Usai Putus: Elu Tuh Siapa?

Semua orang menonton." Dalam kesempatan ini saya mau berterima kasih secara tulus kepada orang-orang yang telah mendukung adik saya dan keluarga kami melalui kata-kata dan pemberian semangat.

Hal itu sangat berarti untuknya dan untuk kami. Saya bersungguh-sungguh.

Saya juga mau menyampaikan kepada seluruh perempuan, selamat hari perempuan internasional.

Semoga kita semua diberkati dengan kesehatan baik di masa sulit ini, Tuhan memberkati kita semua.

Terima kasih," jelas Daryl panjang lebar.

Baca Juga: Besok Ulang Tahun, Felicia Tissue Dapat Kado Manis Ini Hingga Dibucinin Kaesang, Chef Arnold Sampai Ikut Komentar

Terus dipojokkan oleh keluarga Felicia Tissue, Kaesang Pangarep akhirnya beri klarifikasi.

Tak terima disebut menghilang dan selingkuh, Kaesang Pangarep mengaku telah memutuskan kisah cintanya dengan Felicia Tissue Januari lalu.

Anak bungsu Presiden Joko Widodo tersebut mengaku telah mengakhiri hubungannya dengan Felicia Tissue pada pertengahan Januari 2021.

Tak hanya itu, Kaesang Pangarep juga menyayangkan sikap ibunda Felicia Tissue, Meilia Lau yang mengumbar masalah pribadi di media sosial.

Baca Juga: Sama-sama Simpan Foto Cium Tangan SBY, Tabiat Asli 2 Mantan Panglima TNI Saat Diajak Kudeta AHY Dibongkar

Instagram/@nenk_update

Klarifikasi Kaesang Pangarep

Klarifikasi Kaesang ini seolah bertolak belakang dengan pernyataan keluarga Felicia Tissue.

Sebelumnya ibunda Felicia mengaku Kaesang telah meninggalkan putrinya tanpa kejelasan.

Bahkan di saat hubungan yang terjalin selama 5 tahun tersebut belum ada kepastian, muncul isu Kaesang dekat dengan wanita bernama Nadya Arifta.

Parahnya Nadya Arifta merupakan karyawan Kaesang yang juga dikenal oleh Felicia.

Kini lewat akun Twitter @yusuf_dumdum, Kaesang seolah membantah semua tuduhan sang mantan calon mertua.

Baca Juga: Ada Duka di Antara Bahagia, Engku Emran Disebut Bertunangan dengan Wanita Cantik Ini, Unggahan Laudya Cynthia Bella Disorot

Menurut Kaesang, tindakan Meilia yang membongkar kisah cintanya dengan Felicia sangatlah tidak etis.

"Itu kan masalah pribadi, ngapain diumbar-umbar, nggak etis," ucap Kaesang, dikutip TribunStyle.com, Senin (8/3/2021).

Bahkan di saat itu pula, Kaesang mengaku sudah di maki-maki.

Baca Juga: Berani Bayar Mahal Mantan Pimpinan KPK, Suami Mayangsari Cuma Bisa Gigit Jari Saat Lawan Sri Mulyani di Pengadilan

Namun diakui Kaesang, dirinya kala itu hanya memilih diam daripada ribut.

"Aku sebenarnya sudah ngomong untuk mengakhiri hubungan ini di pertengahan bulan Januari.

Dan di waktu itu juga, aku juga dimaki-maki.

Tapi ya yawislah aku diem aja," ungkapnya.

Kaesang Pangarep memberi klarifikasi bukan lewat akun media sosial miliknya sendiri. Tetapi, Kaesang bersedia buka suara lewat akun Twitter milik Yusuf Dumdum.

Baca Juga: Pamer Foto dengan Outfit Terbuka, Ternyata Anak Gadis Mayangsari Diminta Lakukan Ini Agar Diakui Jadi Penerus Trah Cendana

Lantas siapakah Yusuf Dumdum?

“Munculnya buzzer & influencers militan Jokowi karena: 1) Banyaknya fitnah & serangan di media sosial terhadap presiden yang terjadi secara masif, 2) Hampir tidak ada elit politik yang membela Jokowi ketika diserang habis-habisan oleh oposisi atau buzzer anti-pemerintah melalui media sosial.”

Tulisan itu merupakan salah satu cuitan @yusuf_dumdum. Akun Twitter yang memiliki sekitar 53 ribu pengikut ini sudah mencuitkan dukungan secara konsisten pada satu pihak, sosok Joko Widodo, sejak tahun 2014.

Baca Juga: Diminta Hati-hati Pada Masalah Ini, Sikap Asli Arya Saloka ke Ibu Mertua Dibongkar, Komentar Adik Putri Anne Disorot

Tak heran, akun itu kerap dilabeli sebagai buzzer oleh warganet lainnya. Di balik akun tersebut, pria yang akrab disapa Dumdum ini bilang, dia sudah biasa dituding demikian.

“Saya menganggap isu-isu buzzer itu biasa aja sih, karena dari dulu memang sudah dituduh seperti itu. Bahwasannya pendukung Jokowi yang gencar menyerang yang antipemerintah disebut sebagai buzzer,” kata Dumdum kepada kumparan, Jumat (4/10/2019).

Isu buzzer mencuat belakangan lantaran adanya sejumlah informasi keliru dan kontroversial seputar demonstrasi mahasiswa di Gedung DPR, akhir September lalu. Di antaranya, kasus ‘ambulans bawa batu’ hingga ‘chat anak STM’.

Baca Juga: Air Mata Teddy Syach Kering Saat Istrinya Bilang Dadah di ICU, Rina Gunawan Nangis Sebut Cita-citanya yang Belum Tercapai Bersama Sang Suami

Akun-akun seperti milik Dumdum-lah yang menyebarkannya info yang salah itu. Selaras dengan cuitan akun-akun lain seperti @MurtadhaOne, @eko_kuntadhi, hingga @Dennysiregar7, akun Dumdum kerap melontarkan kritik terhadap demo mahasiswa di Gedung DPR.

Sebab itulah, sebagian pihak menuding Dumdum dan beberapa akun lainnya sebagai buzzer istana. Merujuk pada mereka yang kerap mendengungkan narasi pro pemerintah dan Jokowi. Namun, Dumdum menampik hal itu.

“Dari awal pergerakan saya ya relawan dan kita bergerak bukan sebagai bayaran atau yang disebut sebagai buzzer. Jadi murni dari awal, kita bergerak dari awal bisa dilihat kok pergerakan media sosial saya dari 2014 sampai sekarang selalu mendukung Jokowi dan kita bergerak bukan sebagai buzzer,” terangnya.

Baca Juga: Diblokir Usai Dituding Curangi Gamer Catur Dunia, Ini Sosok Pecatur Indonesia yang Punya Prestasi Mentereng

Sebenarnya, buzzer memang tak perlu melulu dibayar. Centre for Innovation Policy and Governance (CIPG) dalam riset berjudul "Di Balik Fenomena Buzzer: Memahami Lanskap Industri dan Pengaruh Buzzer di Indonesia" menyebut ada buzzer yang digerakkan oleh motif sukarela.

Asalkan mereka mampu mendengungkan suatu isu agar diterima publik, maka bisa dikategorikan sebagai buzzer. Hal ini diungkap Wasisto Raharjo Jati dalam artikel jurnal “Aktivisme Kelas Menengah Berbasis Media Sosial: Munculnya Relawan dalam Pemilu 2014”.

Baca Juga: Lihat Mata Bundanya Cuma Putih, Azriel Hermansyah Makin Merinding Saat Rumah Sakit Tak Bisa Segera Lakukan Ini Pada Ashanty

“Dinamakan sebagai buzzer karena berkaitan dengan tugasnya mendengungkan (buzzing) suatu isu atau wacana untuk diterima dan ditangkap publik sebagai konstruksi berpikir,” terang Staf peneliti di Pusat Penelitian Politik, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2P-LIPI), itu.

Selain itu, Dumdum sendiri menyebut kemunculan ‘buzzer militan Jokowi’ dalam cuitannya merepons isu buzzer yang mencuat akhir-akhir ini.

Namun, ia beralasan menyebut itu bukan untuk membenarkan dirinya sebagai buzzer. Melainkan hanya untuk mengikuti apa yang disampaikan oleh para pihak yang menudingnya demikian.

“Jadi saya tidak memposisikan diri sebagai buzzer, tapi saya memposisikan diri sebagai relawan. Ya mungkin saya lebih sering disebut influencer ya, kalau dari teman-teman saya ya influencer,” katanya.

Baca Juga: Kabar Duka Buat Ikatan Cinta, Bukan Cuma Ratingnya Anjlok Drastis, Mbak You Beri Peringatan Keras ke Arya Saloka Soal Hal Ini: Hati-hati...

(TribunStyle.com/Octavia Monalisa)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya