Disebut Wafat Karena Asma dan Sesak Napas, Rina Gunawan Sempat Ungkap Kondisi Terakhirnya ke Ashanty, Dimakamkan dengan Protokol Covid-19

Rabu, 03 Maret 2021 | 09:31
Nakita.Grid.ID

Rina Gunawan dan Teddy Syah

Fotokita.net - Disebut wafat karena asma dan sesak napas, Rina Gunawan sempat ungkap kondisi terakhirnya ke Ashanty, dimakamkan dengan protokol Covid-19.

Sosok Rina Gunawan banyak meninggalkan kesan baik pada semua pihak. Bukan hanya dari kalangan artis atau pelaku industri hiburan Tanah Air, tetangga rumah Rina Gunawan juga memberikan kesan terhadap istri Teddy Syach.

Tetangga Rina Gunawan menceritakan momen terakhir kali bertemu sang aktris sekaligus presenter senior sebelum meninggal dunia.

Menurut tetangga Rina Gunawan, Purnomo, di pertemuan terakhir mereka, istri Teddy Syach itu melemparkan sapaan.

Baca Juga: Rela Diet Ketat Demi Jadi Saksi Nikah Buah Hatinya, Potret Anak Sulung Rina Gunawan Banjir Pujian Hingga Postingan Terakhir Si Bungsu Disorot

"Iya betul (hanya menyapa), dia yang panggil 'tante' sampai sekarang saya masih ingat," ujar Purnomo ketika ditemui di rumah duka yang terletak di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Rabu (3/3/2021).

Sang tetangga pun dibuat pangling dengan perubahan fisik ibu dua anak itu yang tampak lebih langsing.

"Ini anak kayak Rina tapi kok kecil, jadi ibu reflek telepon ibunya (Rina)," terang sang tetangga.

"Kata ibunya memang Rina, sudah langsing karena diet," lanjutnya.

Baca Juga: Sama-sama Kritis Karena Covid-19, Ashanty Sudah Punya Rencana Ini Bersama Rina Gunawan, Aming Ikut Syok: Aku Belum Ikhlas...

Sang tetangga pun berpendapat bahwa Rina Gunawan berpulang ke pangkuan Tuhan dalam kondisi yang sedang cantik.

"Dia lagi cantik-cantiknya dipanggil suruh pulang ya. Jadi aslinya (fisik) dia memang begitu dulu," tutup sang tetangga.

Rina Gunawan diberitakan telah tutup usia pada Selasa (2/3/2021), pukul 18.45 WIB.

Jenazah almarhumah Rina Gunawan, telah dikonfirmasi bakal dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Sebelum Diungkap Teddy Syach, Ashanty Malah Bongkar Fakta Penyebab Rina Gunawan Meninggal Dunia: Ya Allah Kena Covid Bareng Aku...

Kini, jenazah Rina Gunawanmasih berada di rumah sakit dan rencananya bakal diberangkatkan dari RSPI Simprug, Kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, sekira pukul 7 pagi WIB.

Melalui pantauan Grid.ID di lokasi TPU Tanah Kusir, Rabu (3/3/2021) pagi pada pukul 7.15 WIB, penggalian kubur pun diiringi dengan cuaca yang mendung dan tanah masih sedikit basah sisa hujan semalam.

Di lokasi hanya terlihat beberapa petugas penggali kubur, pihak keamanan, dan rekan media yang datang.

Rina Sendiri bakal dimakamakan di Blad 200 blok AA II.

Baca Juga: Bukan Hanya Ashanty yang Syok, Pemeran Sarah di Si Doel Anak Sekolahan Ikut Tersentak Hingga Sebut Pesan Terakhir Buat Rina Gunawan

Adapun menurut pernyataan penggali kubur, Rina bakal dimakamkan berdasarkan protokol covid.

“Iya (bakal pakai protokol covid).” kata Penggali Kubur, Wandi, saat ditemui Grid.ID saat proses menggali kubur.

"Dari sananya bakal langsung pakai APD," ungkap Wandi.

Para penggali kubur nantinya bakal dibantu rumah sakot menerapkan protokol covid.

"Kita juga dipakaikan APD dari sana," imbuh Wandi menyimpulkan.

Baca Juga: Bangga Jalani 21 tahun Pernikahan Tanpa Gosip, Rina Gunawan Banjir Pujian Karena Sukses Lakukan Ini Sebelum Meninggal Dunia

Meskipun demikian, sejauh ini dari pihak rumah sakit ataupun rumah tangga belum ada pernyataan resmi menyoal covid-19.

Diungkap Suami, Teddy Syach, Perempuan bernama lengkap Rina Mustikana Gumilang Gunawan ini sempat terpapar covid-19.

Selebriti yang populer pada era 90-an ini juga sempat dirawat selama satu minggu di ICU Rumah Sakit Pertamina Simprug, Kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Inna lillahi Wa Inna Ilaihi Rajiun, Bangga Jalani 21 Tahun Pernikahan Hingga Sukses Diet, Rina Gunawan Meninggal Dunia di Usia 46 Tahun

Tangkap layar kanal Youtube Intens Investigasi

Teddy Syah dan anaknya menaburkan bunga di pusara Rina Gunawan.

Walaupun begitu, Teddy Syach, selaku Suami belum bisa memastikan apakah Sang Istri meninggal dalam kondisi Covid-19 atau tidak saat mengembuskan nafas terakhirnya.

Menyoal penyakit yang menyebabkan sang istri meninggal dunia, Pria berusia 46 tahun ini menyebut bahwa Rina dirawat karena sesak nafas serta punya penyakit asma bawaan dan radang paru.

Perempuan lahir di Bandung, 28 Juni 1974. Di awal karir, ia sempat menjajal karir sebagai penyanyi dengan mengeluarkan album Yudi pada tahun 1996.

Rina Gunawan kemudian dikenal sebagai pembawa acara salah satu acara talkshow dan sempat bermain dalam beberapa sinetron, termasuk aktris tamu dalam Si Doel Anak Sekolahan.

Baca Juga: Pantas Rela Dinikahi Adilla Dimitri 12 Tahun Lalu, Ternyata Suami Wulan Guritno Banyak Hasilkan Uang dari Profesi Mentereng Ini

Belakangan, Rina Gunawan lebih dikenal sebagai pebisnis dengan layanan jasa pernikahan atau Wedding Organizer.

Jasanya seringkali dipakai para artis, yang teranyar Ashanty menyebut bahwa rencananya Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar bakal diurus oleh almarhum.

Baru-baru ini, Rina Gunawan juga kembali menjadi sorotan setelah sukses menurunkan berat badan hingga 30kg dalam waktu lima bulan.

Baca Juga: Anak Sulungnya Trauma Perceraian, Wulan Guritno Ngotot Pisah dari Adilla Dimitri, Caption Foto Postingan Ini Jadi Penyebabnya?

Grid.ID | Daniel Ahmad

Proses pemakaman almarhumah Rina Gunawan berlangsung pagi ini, Rabu (3/3/2021) di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Proses pemakaman Rina Gunawan dihadiri suami tercinta, Teddy Syah tanpa banyak keluarga terlibat.

Menurut Teddy Syah, sang istri menghembuskan napas terakhir lantaran sesak napas."Karena sesak napas," kata Teddy Syah saat dihubungi wartawan.

Baca Juga: Sama-sama Berjuang Lawan Covid-19, Ashanty Beri Isyarat Penyebab Rina Gunawan Meninggal Dunia Lewat Petunjuk Ini

Dikabarkan Rina sempat terinfeksi covid-19.Tapi Teddy belum bisa memastikan apakah sang istri meninggal lantaran positif covid-19 atau tidak.

"Saya belum tahu berita terakhirnya, apakah sudah negatif atau masih positif," ucapnya.Dia di rumah sakit, di ICU saat ini jenazahnya.Iya di ICU, ada sekitar semingguan," pungkasnya.

Baca Juga: Banjir Pujian Usai Sukses Bikin Pangling Netizen, Teddy Syach Bakal Ungkap Penyebab Rina Gunawan Meninggal Dunia

Usut punya usut, sebelum meninggal dunia, Rina Gunawan positif terpapar virus corona atau Covid-19.

Hal tersebut diketahui dari unggahan Ashanty di Instagram.

Ashanty membocorkan percakapan terakhir dengan Rina Gunawan yang terjadi pada Jumat (26/2/2021) lalu.

Pada percakapan tersebut, Rina terlihat mengirimkan pesan agar Ashanty lekas sembuh dari virus Covid-19.

Baca Juga: Hore, Cukup Bawa KTP dan Isi NIK, BLT Rp 2,4 Juta Langsung Cair di Bulan Ini, Buruan Daftar!

Rina juga menginformasikan bahwa ia positif terkena Covid-19 serta memiliki penyakit bawaan yakni asma.

"Sayang, semoga udah sehat. Teteh kena Covid juga nih," tulis Rina seperti dikutip dari langkapan layar yang dibagikan Ashanty.

Instagram @Ashanty_ash

Ashanty membocorkan percakapan terakhir dengan Rina Gunawan yang terjadi pada Jumat (26/2/2021) lalu.

Wafatnya Rina Gunawan membuat istri Anang Hermansyah ini syok.

Baca Juga: Kerap Bucin Pada Raul Lemos Hingga Tega Korbankan Anak Sendiri, Ternyata Tabiat Asli Krisdayanti Bikin Fotografer Ini Gemetaran Saat Berjumpa Pertama Kali

Pasalnya, Rina dan Ashanty sama-sama berjuang demi mengalahkan virus Covid-19.

"Teh, Ya Allah, sakit barengan, kritis barengan, janji mau berjuang bareng. Janji mau urus nikah Loly, janji mau ketemu," tulis Ashanty dalam keterangan unggahannya.

"Ini chat kita terakhir-terakhir kita sudah lelah sama Covid. Sampe kemarin aku Whatsapp gak dibalas, perasaan aku gak enak. Teteh pergi duluan," tutup Ashanty.

Baca Juga: Baru Sebulan Lepas Status Janda, Ikke Nurjanah Mendadak Bongkar Kondisi Pernikahannya dengan Karlie Fu: Doakan Semuanya Baik-baik Saja

Sebelum mengembuskan napas terakhir, istri Teddy Syach ini sempat berjuang melawan Covid-19 bersama Ashanty.

Mereka berdua bahkan sempat berbagi cerita selama menjalani perawatan di rumah sakit. Keduanya bahkan sempat bersama menghadapi masa kritis.

"Tehhhhhh. ya Allah sakit barengan, kritis barengan, janji mau berjuang bareng, janji mau urus nikahan loly, janji mau ketemu, tlpan lama setelah sekian lamaaaa," tulis Ashanty sebagai keterangan di Instagram.

Bersama kalimat itu, istri Anang Hermansyah tersebut mengunggah sejumlah percakapan dengan Rina Gunawan melalui WhatsApp. Wanita berhijab itu mengatakan sempat dirawat di ICU.

Baca Juga: Hore, Cukup Bawa KTP dan Isi NIK, BLT Rp 2,4 Juta Langsung Cair di Bulan Ini, Buruan Daftar!

Instagram @ashanty_ash

Ashanty membocorkan percakapan terakhir dengan Rina Gunawan yang terjadi pada Jumat (26/2/2021) lalu.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya