Nasi Sudah Jadi Bubur, Terlanjur Bikin iBox Dihujat, Pembeli iPhone 12 Akhirnya Mau Lakukan Ini

Minggu, 27 Desember 2020 | 21:51
Zihan Fajrin

Ramainya iBox jelang perilisan iPhone 11.

Fotokita.net - Nasi sudah jadi bubur, terlanjur bikin iBox dihujat, pembeli iPhone 12 akhirnya mau lakukan ini.

Setelah sempat ramai diperbincangkan oleh pengguna TikTok dan Twitter, video yang diunggah oleh pemilik akun TikTok @julio.ioio mendapat respon dari pihak Erajaya.

Erajaya pun melakukan penelusuran dengan mewawancarai staf yang terlibat, serta meninjau ulang rekaman CCTV pada saat momen kejadian.

"Oleh sebab itu untuk dapat mengetahui lebih jauh persepsi kurangnya pelayanan staf iBox, kami telah mengundang pemilik akun TikTok @julio.ioio melalui Direct Message (DM) dan Whatsapp untuk dapat bersilaturahmi," terang pihak Erajaya, Sabtu (26/12/2020).

Baca Juga: Hore! Bukan Lagi Sembako, Bansos Tunai Rp 300 Ribu Cair Mulai Januari 2021, Ini Alasannya

Erajaya selaku pemilik gerai resmi produk-produk Apple di Indonesia, iBox menyampaikan klarifikasinya terkait video yang beredar di media sosial, seperti TikTok dan Twitter.

"Video pengalaman belanja" yang diunggah oleh akun TikTok @julio.ioio menampilkan pengalaman belanja di iBox Senayan City.

Baca Juga: Diragukan WHO, Negara Ini Ikuti Jejak Jokowi Borong Vaksin Sinovac China Hingga Sebut 91% Efektif

Dalam video tersebut, dinarasikan pemilik akun mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan, saat membutuhkan informasi soal iPhone 12 pada Kamis 24 Desember 2020.

Menurut pemilik akun, pramuniaga di iBox di Senayan City tidak memberikan pelayanan yang baik karena penampilannya.

Atas video yang beredar tersebut, Erajaya pun melakukan penelusuran dengan mewawancarai staf yang terlibat, serta me-review rekaman CCTV pada saat peristiwa terjadi.

Baca Juga: Terus-terusan Dicecar Keponakan Sendiri, Mahfud MD Akhirnya Balas Pertanyaan Menohok: Siapa Ulama yang Dikriminalisasi Sekarang Ini?

Hasilnya, Erajaya mengatakan terdapat perbedaan antara kronologis kejadian yang disampaikan oleh staf iBox dan rekaman CCTV di lokasi toko, dengan isi “Video Pengalaman Berbelanja” yang telah beredar di internet.

"Oleh sebab itu untuk dapat mengetahui lebih jauh persepsi kurangnya pelayanan staf iBox, kami telah mengundang pemilik akun TikTok @julio.ioio melalui Direct Message (DM) dan Whatsapp untuk dapat bersilaturahmi," terang pihak Erajaya, kepada KompasTekno, Sabtu (26/12/2020).

Namun hingga berita ini ditayangkan, pihak Erajaya mengaku belum mendapatkan tanggapan dari akun @julio.ioio.

Baca Juga: Unggah Foto Penuh Bercak Merah di Wajah, Dewi Perssik Mendadak Minta Didoakan: Ini Teguran untuk Menggugurkan Dosaku

Erajaya sendiri mengatakan selalu menghargai dan menyambut baik masukan pelanggan.

"Feedback yang konstruktif dan faktual akan membantu memperbaiki dan meningkatkan pelayanan staf di seluruh jaringan ritel Erajaya Group," terang Erajaya.

Sementara itu, pemilik akun TikTok @julio.ioio meminta maaf setelah video yang diunggahnya viral di dunia maya.

Dalam video tersebut ia menceritakan pengalaman yang "tidak menyenangkan" saat membeli iPhone 12 di gerai iBox.

Baca Juga: Bikin Geger Enggan Salami Soimah Usai Turun Panggung, Agnez Mo Malah Ditanggapi Begini: Cerdas Banget Langsung Paham Kode

Melalui sebuah video pendek, @julio.ioio mengaku tidak berniat untuk menjatuhkan pihak mana pun, melainkan semata-mata untuk memberikan masukan kepada pihak iBox.

Ia turut menjelaskan bahwa ini bukanlah pengalaman pertamanya dalam berbelanja di gerai iBox.

Baca Juga: Mati-matian Bela Sang Presiden Saat Pilpres, Relawan Jokowi Gigit Jari Usai Pengumuman Menteri

Tangkapan Layar (HAI)

Tangkapan layar dari iBox Indonesia yang diserbu netizen karena video yang viral di TikTok.

Ia mengaku memiliki sejumlah produk Apple yang ia beli di iBox seperti Macbook Pro Touch Bar, iPad Pro, dan dua buah iPhone.

"Jadi gue mohon maaf yang sebesar-besarnya kalau pihak iBox merasa dirugikan. Ini murni hanya pendapat customer, gue tidak ingin viral juga di sini," tutur pemilik akun TikTok @julio.ioio.

Selain permohonan maaf, Julio juga menceritakan bagaimana ia dilayani oleh pramuniaga iBox yang ia anggap "tidak menyenangkan".

Baca Juga: Belum Lagi Sertijab Menkes, Dokter Terawan Malah Unggah Foto Ini Saat Menteri Baru Pimpin Rapat Vaksin Covid-19

Menurut Julio ketika berada di iBox tersebut, ia harus memanggil pramuniaga terlebih dahulu untuk mendapat informasi tentang produk yang akan ia beli.

Julio pun merasa informasi yang diberikan pramuniaga kurang memuaskan.

"Dan pertanyaan-pertanyaan yang gue sama pacar tanya, jawabannya kurang memuaskan. Menurut gue sih ogah-ogahan," ungkap Julio.

Baca Juga: Tancap Gas Datang ke Jakarta Lewat Darat, Risma Malah Dapat Peringatan dari Sosok Ini: Jangan Gatel Lihat Taman Nggak Rapi

Ia pun menegaskan bahwa video tersebut hanya merupakan opini pelanggan.

Video permohonan maaf yang diunggah @julio.ioio merupakan tanggapan atas viralnya "video pengalaman belanja" yang telah ia unggah sebelumnya melalui akun TikTok pribadinya.

Baca Juga: Tanah Pesantren FPI di Megamendung Disomasi, Penampilan Habib Rizieq Berkepala Plontos di Dalam Sel Jadi Sorotan

Dalam video tersebut, dinarasikan pemilik akun mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan, saat membutuhkan informasi soal iPhone 12 pada Kamis 24 Desember 2020.

Menurut pemilik akun, pramuniaga di iBox di Senayan City tidak memberikan pelayanan yang baik karena penampilannya. Hingga saat ini, telah disaksikan oleh lebih dari 10,3 juta pengguna TikTok.

Baca Juga: Sengaja Bikin Foto Keluarga, Penampilan Istri Ahok Saat Rayakan Natal Banjir Pujian, Apa Kabar Veronica Tan?

(KompasTekno)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya