Bikin Heboh Warga Karena Dikira Petir, Dentuman di Jakarta Terkait Gempa? BMKG Ungkap Fakta Sebenarnya

Senin, 21 September 2020 | 08:14
ecmwf.inf

Petir

Fotokita.net - Suara dentuman keras kembali didengar oleh warga Jakarta dan sekitarnya pada Senin (21/9/2020) pagi.

Sebelumnya, pada Minggu malam dan Senin dini hari, suara dentuman juga terdengar.

Di akun Twitter, sejumlah warganet melaporkan mendengar adanya dentuman selama dua kali, sekitar pukul 05.32 WIB.

"Ada yg merasa mendengar #dentuman ngga warga sekitaran #jatibening ? Tadi saya dengar -/+ sekitar pukul 05:30-05:32, ada 2 kali. Pada pukul 05:32 jelas banget suara nya," tulis akun @MelatiAndra.

Baca Juga: Warga Jakarta Kembali Dengar Dentuman Misterius Pagi Ini, Mbah Mijan Malah Terawang Ada Tragedi Besar, Reaksi Keras Netizen Jadi Sorotan

"Semalam ngedenger suara dentuman yg awalnya mikir petir karena memang kemarin seharian hujan, tapi suaranya terdengar berkali² sampe pagi ini juga (5:35 AM. Lokasi: Klender-Jaktim," tulis @reshtfd

"Barusan aja kedengeran di rumah gw #dentuman jam 05.33 pagi. gila kenceng bgt," tulis @insomniaczs

Baca Juga: Bikin Geger Warga Jakarta, Dentuman Misterius Terdengar 2 Kali Hingga Sebabkan Getaran, Ahli Beberkan Fakta Sebenarnya

Pada Minggu malam, dentuman keras juga terdengar khususnya untuk warga Jakarta Selatan.

Bunyi dentuman bahkan menyebabkan kaca rumah sampai bergetar.

Penjelasan BMKG

Terkait adanya dentuman pada Minggu malam, Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono mengungkapkan terkait suara dentuman tersebut, pihaknya mengaku menangkap adanya aktivitas petir yang terjadi di sekitar Gunung Salak, Bogor.

Baca Juga: Niat Hati Beli Hape Berkamera Buat Belajar Online, Anak SMP Ini Malah Diberi Gratis Karena Uangnya Kurang, Videonya Jadi Sorotan

"Hasil monitoring petir oleh BMKGmenggunakan peralatan lightning detector menunjukkan adanya beberapa aktivitas petir yang terjadi di sekitar Gunung SalakBogor antara pukul 19.00 hingga 21.00 WIB," ujar Daryono saat dihubungi Kompas.com, Minggu (20/9/2020) malam.

Instagram #jktinfo

Tangkap layar akun Instagram #jktinfo yang mengabarkan mendengar suara dentuman keras di Jakarta, Senin (21/9/2020) pagi.

Pihaknya belum dapat memastikan apakah ada keterkaitan antara aktivitas tersebut dengan sumber suara dentuman yang terdengar di Jakarta Selatan dan sebagian Jakarta Timur.

Meski begitu, BMKGtetap menggunakan acuan dari hasil monitoring dengan terdengarnya suara dentuman.

Baca Juga: Cepat Daftar Di Sini, Cuma Isi NIK, Nama Lengkap dan Alamat Rumah Bisa Dapat Bantuan Tunai Rp 2,4 Juta, Nggak Pake Ribet!

"Acuan kami adalah data hasil monitoring peralatan kami yang menunjukkan bahwa memang ada beberapa aktivitas petir yang terjadi saat rentang waktu terdengarnya suara dentuman yang dilaporkan oleh warga," lanjut dia.

Selain itu, Daryono juga memastikan bahwa suara dentuman malam ini tidak bersumber dari aktivitas gempa bumi.

Baca Juga: Ditransfer ke Rekening Besok, Cepat Lakukan Langkah Ini Saat Terima SMS BPJS Ketenakerjaan Agar Bantuan Rp 600 Ribu Tak Hangus, Gampang Kok!

Twitter/HumasBMKG

Ilustrasi suara dentuman

Tidak ada gempa

Sementara, terkait adanya suara dentuman, Daryono menambahkan, biasanya gempa dengan kedalaman sangat dangkal dapat menimbulkan suara dentuman.

Namun, saat warga melaporkan adanya suara dentuman malam ini, BMKGtidak mencatat adanya aktivitas seismik di Jakarta dan sekitarnya.

"Hasil monitoring BMKGmenggunakan sensor gempa yang terpasang dekat Jakarta, yaitu di Citeko, Bogor dan Pondok Aren, Tangerang Selatan, menunjukkan bahwa tidak ada catatan aktivitas gempa yang terjadi di wilayah Jakarta dan sekitarnya antara pukul 19.00 hingga 21.00 WIB," jelas Daryono.

Baca Juga: Lama Sebelum Tagih Utang Bambang Trihatmodjo, Menkeu Sri Mulyani Sukses Rebut Rp 1,2 Triliun Harta Anak Kesayangan Pak Harto, Begini Kisah Pertarungannya

Mengenai kejadian ini, tidak ada tanda atau penamaan khusus dari fenomena ini.

Daryono mengungkapkan, faktor penyebab bunyi dentuman yang terdengar warga Jakarta dan sekitarnya diduga berasal dari petir. Mengenai kejadian ini, pihaknya menyebut tidak menutup kemungkinan fenomena ini akan berulang.

Dentuman pada April belum terungkap

Dentuman di wilayah Jabodetabek juga pernah terjadi pada April lalu.

Hingga kini, suara dentuman itu masih belum terjawab.

Baca Juga: Mantan Istrinya Mantap Pindah Agama, Taqy Malik Akhirnya Bongkar 1 Kata yang Bikin Dia Emosi Hingga Ceraikan Salmafina Sunan Lewat Video Call

TWITTER/VOLCANOYTZ
TWITTER/VOLCANOYTZ

Ilustrasi dentuman misterius

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM belum bisa memastikan asal suara dentuman yang terdengar oleh warga di Jabodetabek pada Sabtu (11/4/2020) dini hari.

Kepala Bidang Gunung Api PVMBG, Hendra Gunawan, mengatakan, suara dentuman keras yang terdengar berkali-kali itu kemungkinan bukan berasal dari letusan Gunung Anak Krakakatau di Selat Sunda.

Meski Gunung Anak Krakataumengalami erupsi sejak Jumat (10/4/2020) malam, namun menurut Hendra letusannya relatif kecil.

Baca Juga: Sang Ibunda Syok Dengar Kabar Anaknya Jadi Pelaku Mutilasi, Perilaku Laeli Atik Berubah Drastis Sejak Dekat dengan Sosok Ini

Dentuman keras di Jabodetabek kemungkinan bukan berasal dari letusan tersebut.

Video detik-detik Gunung Anak Krakatauerupsi, Jumat tengah malam hingga Sabtu (11/4/2020) dinihari.

Baca Juga: Setelah Bansos Beras, Pemerintah Cairkan Bantuan Tunai Rp 500 Ribu Per Keluarga, Cara Dapatnya Mudah Kok

"Saya kira bukan (karena Gunung Anak Krakatau). Itu terlalu jauh," kata Hendra dalam wawancaranya di Radio Elshinta, Sabtu (11/4/2020).

(Feryanto Hadi)

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judulSenin Pagi, Warga Jakarta dan Sekitarnya Kembali Mendengar Dentuman Misterius,

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma