Sudah Tahu Arti Ovipar, Vivipar, dan Ovovivipar? Inilah Penjelasan dan Contoh Lengkapnya

Kamis, 10 September 2020 | 05:30
freepik

Bebek

Fotokita.net -Apakah kita sudah tahu arti dari ovipar, vivipar, dan ovovivipar? Inilah pengertian dan contoh lengkapnya.

Kita sudah mengetahui ada beragam jenis hewan yang hidup di sekitar kita. Nah, sebagaimakhluk hidup, hewan juga berkembang biak.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 3 Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku Halaman 2-6

Hewan berkembang biak dengan tiga cara, yakni ovipar, vivipar, dan ovovivipar.

Nah, apakah kita sudah tahu arti ovipar, vivipar, dan ovovivipar?

Kita cari tahu tentang cara hewan berkembang biak tersebut, yuk!

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 3 Makanan Sehat Subtema 1 Halaman 35-39

Ovipar

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ovipar berarti reproduksi yang mengakibatkan telur yang dikeluarkan berkembang dan menetas di luar badan induknya.

Secara sederhana ovipar adalah cara berkembang biak dengan bertelur.

Contoh hewan yang berkembang biak dengan cara ovipar atau bertelur adalah ayam, bebek, burung, cicak, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Harimau Kurus Berjalan Gontai Tertangkap Kamera Netizen Hingga Bikin Geger, Sang Pemilik Akhirnya Bongkar Fakta Mengejutkan Ini

Ovipar,yaitu perkembanganbiakan dengan cara bertelur. embrio hewan ini berkembang didalam telur dengan memanfaatkan cadangan makanan yang ada di dalam telur, sedangkan telur berada di luar tubuh induknya. agar menetas, telur biasanya dierami.

Contoh hewan oviparadalah ikan, amfibi, dan burung.

pikist.com
pikist.com

Cara berkembang biak hewan ada tiga, yaitu ovipar, vivipar, dan ovovivipar.

Unggas (bangsa burung)

Ayam, bebek, dan merpati termasuk unggas yang berkembang biak dengan cara bertelur. Pernahkah kamu melihat ayam atau burung yang mengerami telurnya?

Hewan-hewan tersebut mengerami telurnya hingga menetas. Ayam dan burung mengerami telurnya sekitar 21 hari. Perkembangbiakan ini terjadi karena pembuahan di dalam tubuh.

Baca Juga: Hitunglah Luas Karton Tersebut, Inilah Kunci Jawaban Belajar dari Rumah TVRI Kelas 4-6 SD Senin 7 September 2020

Ikan dan Amfibi

Tidak seperti unggas, kelompok ikan dan amfibi tidak mengerami telurnya hingga menetas. Telur-telur tersebut akan menetas sendiri.

Pembuahan pada ikan dan amfibi terjadi di luar tubuh. Saat bertelur, ikan betina akan mencari perhatian ikan jantan.

Baca Juga: Berapakah Luas Kebun Pak Gatot, Inilah Kunci Jawaban Belajar dari Rumah TVRI Kelas 4-6 SD Senin 7 September 2020

Selanjutnya, akan mengikuti gerakannya. Setelah ikan betina bertelur, ikan jantan akan mengeluarkan sperma. Selanjutnya, pembuahan terjadi di air. Ada juga beberapa jenis ikan dan amfibi yang memelihara telurnya.

Telur kodok betina dikeluarkan dari bagian bawah tubuhnya. Sementara punggungnya dipegangi oleh kaki belakang, kodok jantan. Ikan mujair memelihara telur-telurnya di dalam mulut.

Penyu juga berkembang biak dengan cara bertelur. Akan tetapi, penyu tidak mengerami telurnya. Akan tetapi, ditimbun di tempat tertentu hingga telur menetas.

Oceana

Ilustrasi penyu belimbing yang langka.

Vivipar

Berdasarkan KBBI, vivipar adalah reproduksi pada hewan yang mengakibatkan telur berkembang di dalam tubuh hewan betina dan perkembangan janinnya mendapat makanan dari induknya.

Dengan kata lain, vivipar adalah cara berkembang biak dengan melahirkan, Kids.

Contoh hewan yang berkembang biak dengan cara vivipar atau melahirkan antara lain ialah kucing, kambing, sapi, gajah, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Buatlah Peta Konsep yang Menarik dan Kreatif Tentang Materi Sifat-sifat Cahaya! Kunci Jawaban Belajar dari Rumah TVRI Kelas 4-6 SD

Vivipar, yaitu perkembanganbiakan dengan cara melahirkan. embrio ini berkembang di dalam tubuh iduknya dan mendapatkan makanan dari tubuh induknya melalui plasenta. setelah embrio atau anak hewan ini cukup umur akan dikeluarkan dari tubuh induknya atau dilahirkan.

Contoh hewan viviparadalah mamalia, misalnya kambing, kucing, kuda , kelinci, paus, dan lumba-lumba.

SHUTTERSTOCK/Chase Dekker

Ilustrasi paus biru

Ovovivipar

Menurut KBBI, ovovivipar berarti reproduksi yang dihasilkan dengan cara mengembangkan telur di dalam badan induknya, tetapi embrio enggak mendapat makanan dari induknya, Kids.

Yap! Ovovivipar adalah cara berkembang biak dengan bertelur dan melahirkan.

Contoh hewan yang berkembang biak dengan cara ovovivipar atau bertelur dan melahirkan adalah ular dan ikan hiu.

Baca Juga: Inilah Kisi-kisi Soal dan Jawaban UTS Buku Tematik Kelas 2 SD Tema 2 Bermain di Lingkunganku

Nah, itulah penjelasan tentang apa itu ovipar, vivipar, dan ovovivipar yang merupakan cara berkembang biak hewan.

Nicholas Lindell Reynolds
Creative Commons/ Nicholas Lindell Reynolds

Simbiosis antara hiu dan ikan remora.

Ovovivipar, yaitu perkembanganbiakan hewan dengan cara bertelur beranak. embrio hewan ini berkembang di dalam telur yang masih berada di dalam tubuh induknya. setelah cukup umur, anak hewan menetas dan keluar dari tubuh induknya sehingga tampak seperti melahirkan.

Contoh hewan ovoviviparadalah, hiu, ular boa, dan kadal.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma