Bikin Gempar, Pilkada Solo 2020 Belum Lagi Dimulai, Gibran Rakabuming Ternyata Akui Kalah dari Sosok Ini

Kamis, 27 Agustus 2020 | 07:01
Dok. Tribunnews

Gibran Rakabuming sowan ke kediaman Megawati Soekarnoputri.

Fotokita.net -Belum lagi terjun dalam Pilkada Solo 2020, Gibran Rakabuming Raka ternyata berhasil dikalahkan oleh sosok ini. Siapa dia?

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akhirnya memberikan rekomendasi kepada Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa untuk maju sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo dalam Pemilihan Kepala Daerah 2020.

Gibran Rakabuming Raka bersama pasangannya calon Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa resmi mendapat rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan atau PDIP maju Pilkada Solo 2020.

Rekomendasi itu diumumkan oleh Ketua DPP PDIP Puan Maharani di kantor DPP PDIP Jakarta yang disiarkan langsung secara virtual di Panti Marhaen Semarang pada Jumat (17/7/2020).

Dalam kesempatan itu, penyerahan surat rekomendasi penetapan calon juga diserahkan kepada pasangan calon dalam Pilkada Solo 2020.

Hadir pula Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo, Sekretaris Teguh Prakosa, Bendahara Johni Sofyan Erwandi, dan Wakil Ketua DPC PDIP Solo Bidang Pemenangan Pemilu, Putut Gunawan.

Baca Juga: Gibran Rakabuming Resmi Diusung PDI Perjuangan dalam Pilwalkot Solo 2020, Jokowi Janji Tak Akan Lakukan Hal Ini Saat Anak Sulungnya Mulai Berkampanye Nanti

Dalam pengumuman rekomendasi itu, selain Gibran dan Teguh, ada empat pasangan lain dari PDIP Jawa Tengah antara lain Kabupaten Sukoharjo yakni paslon Etik Suryani dan Agus Santosa, Kabupaten Pekalongan yakni Fadia Arafiq dan Riswadi, Kabupaten Purworejo yakni Agustinus Susanto dan Rahmad Kabuli Jarwinto dan Kabupaten Wonosobo yakni Afif Nurhidayat dan Muhammad Albar.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Kembali Melonjak, Jokowi Malah Bersyukur Tak Lakukan Kebijakan yang Banyak Didesak Warga: Saya Tak Bisa Bayangin Kalau Dulu Kita Lockdown

Sebelum mengikuti Pilkada Solo 2020, Gibran Rakabuming sebagai calon yang diusung PDIP wajib mengikuti Sekolah Pilkada yang digelar partainya.

Ternyata dalam Sekolah Pilkada PDIP, Gibran Rakabuming harus mengakui keunggulan sosok perempuan tangguh ini.

Baca Juga: Selalu Terlihat Mesra dalam Foto, Ternyata Alasan Sherrin Tharia Gugat Cerai Zumi Zola Bermula dari Masalah yang Tak Disangka-sangka Ini

Publik pun terkejut.

Anna Morindaterpilih sebagai peserta terbaik di Sekolah Pilkada yang diadakan PDI Perjuangan.

Anna Morinda menjadi lulusan terbaik dalam Sekolah Partai Calon Kepala Daerah.

Ia unggul dari total 129 peserta Sekolah Pilkada, termasuk dari anak sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Rakasebagai calon Wali Kota Solo.

Lalu siapakah sosok Anna Morinda?

IST

Bakal Calon Wali Kota Metro Lampung, Anna Morinda, di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (19/2/2020)

Profil Anna Morinda

Anna Morinda adalah Ketua DPC PDIP Metro Lampung.

Ia merupakan putri asli Metro yang lahir pada 5 Oktober 1978.

Anna Morinda memiiki gelar Sarjana Ekonomi dan Magister Manajemen.

Kuliah Sarjana ia tamatkan di Universitas Bandar Lampungpada 2002.

Baca Juga: Nasi Sudah Jadi Bubur, Aurel Akui Salah Hingga Bikin Geger, Kini Anak Sulung Anang Ingin Ikuti Jejak Krisdayanti: Sudah Berbaikan?

Kemudian gelar pascasarjana ia peroleh di universitas yang sama pada 2011.

Selain mengemban tugas Ketua DPC PDIP Metro, Anna Morinda juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Metro.

Dapat Dukungan Gerindra

Sementara dikutip dariTribunLampung.co.id, Anna Morinda yang maju sebagai calon Wali Kota Metro diusung PDIP mendapat dukungan koalisi.

Partai Gerindra telah memutuskan untuk mendukung perempuan asli Metro ini.

DPCGerindraMetro memberikan dukungan kepadaAnnaMorindadan Fritz Akhmad Nuzir dalamPilkadaMetro2020.

Ketua DPCGerindraMetro Haidir Basyir mengatakan, sesuai arahan DPD, DPC menyatakan mendukung pasangan Anna-Fritz.

Gerindra Metro siap solid bergerak bersama koalisi rakyat untuk memenangkan kursi wali kota dan wakil wali kota Metro.

Baca Juga: Sama-sama Deklarasi KAMI, Amien Rais Kini Bentuk Partai Baru Usai Mengaku Dikeluarkan PAN, Begini Respon Gatot Nurmantyo

Bakal calon wali kota MetroAnnaMorindamengaku bersyukur atas dukungan yang diberikanGerindra.

"Alhamdulillah, kita dapat banyak masukan serta arahan. Apa yang disampaikan Bung Haidir tentu kita sangat bersyukur," terang Anna dalam rilis yang diterimaTribunlampung.co.id, Minggu (2/8/2020).

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh kaderGerindrayang siap bergerak dengan ikhlas bersama rakyat dan Anna-Fritz, untuk membangun Kota Metro yang unggul cerdas dan religius.

IST

Bakal Calon Wali Kota Metro Lampung, Anna Morinda, di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (19/2/2020)

"Sekali lagi terima kasih. Semoga ke depannya bisa terus bergerak melangkah bersama koalisi rakyat solid bergerak," tuntasnya.

Bakal calon wali kota Metro untuk Pilkada Metro 2020 Anna Morindasecara resmi mengantongi rekomendasi Partai Gerindra.

Rekomendasi partai besutan Prabowo Subianto itu langsung diserahkan oleh Ketua DPC PartaiGerindraHaidir Basyi di kediamannya Jalan Tulang Bawang, Metro Timur, Metro, Kamis (30/7/2020).

Baca Juga: Hore! ASN Panen Rezeki di Tengah Pandemi, Menkeu Sri Mulyani Setuju Tambah Tunjangan PNS Mulai Bulan Ini, Begini Penjelasannya

Saat dikonfirmasi,AnnaMorindamembenarkan PartaiGerindratelah merestui pasangan Anna-Fritz Akhmad Nuzir maju diPilwakotMetro2020.

"Iya (dapat rekomendasiGerindra), Alhamdulillah, kami sangat mengapresiasi dukunganGerindrauntuk Anna-Fritz," ujarnya kepadaTribunlampung.co.id, Sabtu (1/8/2020).

Saat ini, Anna bersama duetnya Fritz Akhmad Nuzir telah mendapat rekomendasi PDI Perjuangan danGerindra.

Kendati demikian, Anna mengaku masih tetap akan menjajaki partai-partai lain yang ingin berkoalisi mengusung Anna-Fritz.

"Iya kita tetap terus berkomunikasi, kita terbuka dengan semua partai yang ingin berkoalisi," jelasnya.

Ungguli Gibran

DiberitakanTribunnews.com, Ketua DPP PDIP bidang Kehormatan Partai Komaruddin Watubun mengungkapkan 129 calon kepala daerah dinyatakan lulus dalam Sekolah Partai Gelombang I yang digelar PDIP, termasuk Gibran Rakabuming Raka.

Namun, dia mengungkapkan Gibran bukan lulusan terbaik dalam Sekolah Partai Calon Kepala Daerah.

Baca Juga: Perjalanan Darat Cuma 4,5 Jam, Gaji Firli Bahuri Sebagai Ketua KPK Jadi Sorotan Usai Akui Bayar Sendiri Sewa Helikopter

Komaruddin yang juga menjadi Kepala Sekolah Partai menyatakan dua calon kepala daerah terbaik dalam Sekolah Partai gelombang pertama ini.

Mereka adalah bakal calon Wali Kota Metro Lampung Anna Morindaserta calon Bupati Manggarai Heribertus Ngabut.

"Peserta terbaik, nomor satuAnna Morinda. Peserta terbaik kedua adalah Heribertus Ngabut, calon Bupati Manggarai," kata Komaruddin melalui keterangannya, Rabu (26/8/2020).

Sementara itu, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan, peserta yang lulus akan mendapat penugasan khusus dari partai.

Baca Juga: Ketagihan Main Politik, Giring Eks Nidji Ngaku Siap Jadi Capres 2024, Tapi Kenapa Teman Bandnya Malah Bongkar Fakta Lain Sang Vokalis?

"Peserta yang lulus masih akan mendapat penugasan khusus usai sekolah dan akan dilaksanakan pemantauan pelaksanaan tugas oleh DPP PDI Perjuangan," ucap Hasto.

(Tribunnews.com/ Chrysnh, Chaerul Umam)(Tribunlampung.co.id/Indra Simanjuntak/Kiki Adipratama)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma